Friday, 30 January 2015

Wisata Stasiun, Kenapa Nggak?

Assalaamu'alaikum... ^_^

stasiun
Sudah banyak kali saya menulis kalau saya sekarang adalah seorang pengguna commuterline. Ya... walau masih seputaran berangkat - pulang kerja. Pernah juga beberapa kali janjian ketemuan dengan teman di stasiun-stasiun tertentu, seperti stasiun Jakarta Kota, stasiun Bekasi, dan stasiun Bogor. Dari situ saya melihat keunikan masing-masing stasiun, sampai akhirnya saya benar-benar memutuskan untuk mengeksplore lebih dalam semua stasiun di Jakarta yang dilewati oleh commuterline.

Ide itu terdengar gila nggak sih? Emm.. belum segila orang yang wisata ke kutub selatan ya?? Ide ini tercetus saat malam tahun baru 2015 dan menjadi salah satu "My Goal Plan in 2015" (kalau salah grammarnya, tolong dikoreksi ya.. :)). Pasti kalau saya ngomong ini ke teman-teman, mereka akan bilang "Emang nggak ada obyek wisata lain yang lebih menarik dari stasiun??!!", hehehehe... Jangan salah, stasiun di Jakarta ini sangat menarik lho kalau dicermati lebih dalam. Banyak arsitektur Belanda yang masih dipertahankan di beberapa stasiun lama. Saya yakin banyak cerita bersejarah yang bisa saya dapatkan di stasiun-stasiun tersebut. Selain itu, wisata stasiun ini tergolong murah menurut saya, hehe... Dengan kartu Commet yang saya miliki, misalnya saya menempuh jalur Bogor - Jakarta Kota dengan 24 stasiun pemberhentian, dimana saya akan berhenti di tiap-tiap stasiun dan keluar dari stasiun, saya hanya akan mengeluarkan ongkos sejumlah kurang lebih Rp 60.000 saja.

Loket Tiket Stasiun Tanjung Priok (sumber gambar)
Namun, saya nggak mau hanya melihat-lihat arsitektur, dan fasilitas yang ada di bagian dalam stasiun saja. Melainkan melihat bagian luarnya juga, bangunan apa saja yang ada di sekitarnya. Bahkan kalau ada obyek wisata atau kuliner ngehits di sekitar stasiun juga boleh, kayak Taman Safari di Puncak Bogor (melepas lelah di sini setelah dari perjalanan wisata stasiun jalur Jakarta Kota - Bogor). Selama perjalanan pun, saya berkeinginan tidak akan menggunakan motor pribadi, tapi naik commuterline, kecuali jika mengunjungi obyek wisata di sekitar stasiun.

Lihat kamu habis wisata stasiun tuh, sesuatuu... (sumber gambar)
Saya sebenarnya sudah bergabung dengan komunitas Jakarta by Train, yang sudah beberapa kali mengadakan tur KRL. Namun, sayangnya saya tidak bisa ikut. Kali ini, saya ingin berwisata sendiri, eh bareng suami ding, dan dengan bantuan panduan dari website commuterline. Sesuai dengan petunjuk di websitenya, ada 6 jalur commuterline yang nantinya harus saya lewati, yakni jalur Bogor - Jakarta Kota; Bogor - Jatinegara; Bekasi - Jakarta Kota; Parung Panjang - Tanah Abang; Tangerang - Duri; dan Tanjung Priok - Jakarta Kota. Saya sih yakin kalau wisata ini tidak bisa dilaksanakan sekonyong-konyong, harus ada rencana yang matang, seperti mana jalur yang harus dilewati terlebih dulu, sehari bisa berapa stasiun, estimasi biaya wisatanya berapa, dan jenis alat untuk merekam tempat dan moment wisata. Kemungkinan, bulan Februari saya bakal menyelesaikan daftar ini dan bulan Maret baru mulai wisata stasiunnya.

stasiun manggarai
Stasiun Manggarai (sumber gambar)
Kalau dipikir-pikir, dengan ini saya bisa dong ya mendapatkan beberapa keuntungan sekaligus untuk posting di blog. Pertama posting tentang stasiun, kedua tentang obyek wisata di sekitar stasiun, dan ketiga tentang kuliner maknyus juga di sekitar stasiun. 

Minta doanya ya pembaca ReeNgan.. ^_^ semoga rencana saya ini bisa terlaksana dan selesai di tahun 2015 ini.


37 comments:

  1. Menarik banget, keunikan wisata stasiun jarang diulas :D
    Tapi foto foto nya kuraaanggg hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Teh, karena itulah saya pengen banget mengulasnya, yah walopun nggak detail banget... :)
      Itu foto punya orang Teh, yang punya saya cuma yg foto pertama doang.. hehehe... namanya juga baru mau dilaksanakan.
      Minta doanya ya Teh... :)

      Delete
  2. Ini bukan wisata yang mengada-ada ...
    Ini wisata yang unik ... Wisata stasiun.
    Dan jika kita punya waktu yang banyak ...kita bisa luaskan explorasi dengan memfoto suasana masyarakat di sekitar stasiun. Atau hal-hal unik seputar stasiun.
    Selain foto plang nama stasiun tersebut tentunya

    Salam saya
    (31/1 : 1)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga pengennya kayak gitu Om, melihat suasana masyarakat sekitar. Tapi karna goal ini hanya 10 bulan, kayaknya belum bisa deh.. Soalnya yg 10 bulan itu yang saya pakai hanya hari libur saja.. (maklum, masih nguli di kantor..).
      Minta doanya ya Om, semoga terlaksana dengan lancar.. :)

      Delete
  3. Aku biasanya agenda anak2 pas liburan sekolah,wisata stasiunnya...yang penting waktunya pas..bukan jam kerja saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren banget Mak. Mengajarkan anak2 naik kendaraan umum.. :)

      Delete
  4. Mak Riski, ada gak sih ya jalur Stasiun Sudimara--Bekasi? Bunda ini belum pernah (*norakya?) naek yang namanya commuter line itu. Pengen banget, tapi anak-anak pada gak kepengen, jadi siapa donk yang diajak? hehe... Ide yang keren, Riski.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada Bun, tapi transit dulu. Ayo bun, sama saya perginya... :)

      Delete
  5. Hihihi boleh juga idenya. Aku tunggu postingannya, terutama yang kuliner. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... Makanya, saya minta doanya ya Mak, semoga terlaksana, lancar dan bermanfaat... :)

      Delete
  6. bunda yati rahmat, ada bundaa, walau nyambung2.

    Btw, ini juga jadi agenda saya kalau lagi iseng. Beberapa stasiun dan jalur sudah saya lalui, cuma ada 2 jalur yang belum saya coba dan sampai sekarang masih penasaran, masih jadi resolusi, jalur Tanah Abang - Maja (terutama Serpong - Maja yang banyak stasiun2 tua, belum pernah) dan Duri-Tangerang.

    ReplyDelete
  7. Oh yaa, pastikan sebelum jalan-jalan, jangan sampai kejadian kayak saya nih
    http://bunda3f.blogspot.com/2013/08/berjalan-jalan-naik-kereta-listrik.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah... Wah terimakasih sarannya, Mbak Maya.. :)

      Delete
  8. Kebiasaan aku malah kadang kalo berangkat ke kantornya kepagian suka dilebih2in stasiunnya sekalian ngeliat2 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahhh... saya nggak pernah berangkat kepagian.. Gimana Mbak, suasananya??

      Delete
  9. Stasiun Tugu Jogja jangan dilewatkan ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin, minta doanya ya, semoga saya bisa kesana... :)

      Delete
  10. menarik juga . Di Cirebon untuk memperkenalkan kereta api ada progran untuk anak TK diajak naik kereta ekonomi ke jakarta pulang pergi, Nah di jakarta turunya kan di statsiun kota, mereka bisa ke kota tua. Bagus juga ya. dan untuk yang SMP dan SMA diajak naik kereta ciremai ekspres yag ke Bandung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh.. yang itu menarik tuh Bu, mengenalkan stasiun & kereta api ke anak. Itu program CSR dari KAI atau bayar sendiri, Bu?

      Delete
  11. huwa asyik nih jangan berangkat pas hari kerja atau jam padat aja :) biar lebih lega kalo bawa anak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okey Kak, siap!.... Terimakasih sarannya..

      Delete
  12. saya sih baru sekali naik kereta,, pengen sih wisata stasiun, ngeliat daerah orang,, cuma sayang di tempat saya gak ada jalur keretanya,, semoga terlaksana ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin... :). Semoga keinginan iilajah juga terkabul.. :)

      Delete
  13. salam kenal mak.. :) nice posting, wisata ke stasiun kereta memang jarang diulas ya.. padahal bangunan stasiun ini ada saja yang menarik :) sukses selalu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mak.. :) Apalagi bangunan stasiun tua peninggalan jaman Belanda dulu... :)

      Delete
  14. Hehe menarik sekali.. selain arsitertur bangunan tentu saja sejarah dibalik berdirinya stasiun itu yang memiliki daya tarik tersendiri.. seru ya... semoga tercapai harapannya tahun ini. Sukses selallu!
    Salam :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia yang saya maui... Hanya belum tahu nanti tanyanya sama siapa di situ, dan apakah boleh. Karena saya bukan dari lembaga tertentu.. :)

      Delete
    2. Itu juga kendalanya... terus apa pata karyawan tahu benar atau setidaknya kenal dengan sejarah dibalik pendirian stasiun itu ? Hhhmm. Menarik untuk ditelusuri, semakin menarik rencana perjalanan ini :D

      Delete
  15. kalau ke stasiun bekasi jangan lupa colek aku mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke sipp... Nanti diajak jalan2 keliling Bekasi kah? Hehe...

      Delete
  16. hi mbak..salam kenal..
    wahh aku kalau lagi naik commuterline pun biasanya gak lupa foto-foto entah relnya, stasiunnya, penumpang yang lagi nunggunya.. hihihi tapi gak sampe kepikiran buat wisata stasiun..ide baguss mbak :)

    sampe sekarang belum pernah ke st. tanjung priuk.. penasaran banget :))

    ReplyDelete
  17. Mantab banged itu bu, jadi pengen kesana juga klo ada waktu.. ^^

    ReplyDelete
  18. Waaaah jarang banget bahkan gatau kalau ada wisata stasiun.... keren...keren... kapan2 bisa nyoba kesana hehe

    ReplyDelete
  19. Bisa dibilang murah ya :D 24 Stasiun dengan harga 60.000 :D

    ReplyDelete
  20. Saya juga senang main ke stasiun. Banyak inspirasi di sana selain popotoan. Jeprat-jepret asyik, deh, pokoknya. :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...