Sunday, 1 February 2015

10 Inspirasi Undangan Pernikahan

Assalaamu'alaikum... ^_^

Undangan Pernikahan
Wiii... sudah bulan Februari saja ya. Bakal banyak yang menikah kah bulan ini? Hehehe... kalau di Jakarta sih nggak ada musim nikah, adanya hari menikah, hari Sabtu dan Minggu. 

Ada nggak pembaca ReeNgan yang lagi mempersiapkan pernikahan? Kaget nggak.. kaget nggak? hehe. Banyak banget ya ternyata yang harus dipersiapkan, mulai dari surat-surat persyaratan, jumlah tamu, sewa gedung atau di rumah saja, catering, sampai undangan bahkan sebenarnya omong-omongan pribadi dengan calon pasangan juga wajib lho, apalagi soal perencanaan keuangan :).
Eh.. saya dan teman kantor saya kadang sering ngomongin soal resepsi pernikahan itu. Ternyata ada kesamaan pendapat diantara kami, yakni pilih undangan yang sederhana saja tapi bermakna dan diingat. Ya, saya yakin ada beberapa pasangan yang ribut soal undangan pernikahan ini. Berikut saya bagi 10 inspirasi undangan pernikahan, semoga salah satunya ada yang cocok dengan selera pembaca ReeNgan.

undangan pernikahan
Undangan Berbahasa Daerah
Sekarang sudah banyak lho yang mencetak undangan pernikahannya dalam bahasa daerah. Jangan takut tidak dipahami oleh orang lain, karena biasanya orang hanya melihat nama mempelai, tanggal resepsi, tempat resepsi, dan waktu resepsi. Desain undangan bisa dibuat sesimpel mungkin. Kan, semakin simpel desain dan jenis kertasnya, maka undangan akan semakin murah, hehehe. Saya sendiri menggunakan jenis undangan ini, dalam bahasa Jawa Kromo Hinggil (klik kalimat ini untuk melihat isi undangan berbahasa Jawa). Bagaimana jika kedua mempelai berasal dari daerah yang berbeda? Bisa dikomunikasikan ingin menggunakan bahasa daerahnya siapa, atau bahasa daerah keduanya bisa digunakan. Jadi, undangannya ada 2 versi gitu, versi bahasa daerah mempelai laki-laki dan versi si mempelai perempuan. Selain unik, undangan berbahasa daerah juga dimaksudkan untuk melestarikan budaya daerah, :).
Undangan Paspor
Jenis undangan ini kita sendiri yang mengurusinya, bukan kedutaan ya, hehehe. Undangannya biasa, tapi mengambil desain mirip paspor. Mungkin saja ada orang seperti saya yang belum punya paspor sama sekali, jadi ngerti bagaimana paspor itu, hehe. Ayo siapa yang mau ngirimin undangan paspor ke saya?

Undangan Kartu Pos
Nah, kalau yang ini lebih simpel dari undangan paspor tadi. Desainnya meniru desain kartu pos.
Undangan Balon
Inti undangannya dicetak di balon, dan untuk melihatnya lebih jelas, balon tersebut harus ditiup dulu. Ya hitung-hitung mengenal masa kecil dulu lah ya.. :).

undangan pernikahan
Undangan VCD/DVD
Kalau undangannya dalam bentuk kepingan VCD/DVD, maka si penerima undangan harus punya pemutarnya. Kecuali, kalau undangannya di tulis di keping VCD/DVD tersebut. Tergolong murah sebetulnya kalau langsung dicetak di kepingan VCD/DVD bekas. Sudah murah, kita juga ikut gerakan 3R dan go green!.

undangan pernikahan
Undangan Roll Film
Jaman sekarang sudah banyak yang nggak tahu tentang roll film. Bisa jadi undangan yang unik tuh kalau dibuat. Bisa juga sekalian nostalgia ke jadul, mengenang kalau foto, ekspresi harus ditahan selama beberapa menit.

undangan pernikahan
Undangan Confetti
Jangan pernah memberi undangan ini ke teman yang punya lemah jantung! Tapi tergolong unik juga ya. Confetti itu kan salah satu simbol ucapan selamat berbahagia. Selain kedua mempelai yang berbahagian, para undangan juga sudah seharusnya ikut bahagia, kan?

Undangan Poster Film
Ini nih, bagi yang punya cita-cita jadi pemain film, jenis undangan ini bisa memenuhi keinginan kalian. Biasanya yang dipakai adalah poster film romantis atau action romantis. Asal jangan film horror saja, yang ada nanti undangannya bakal dilempar jauh-jauh dan nggak akan dibaca, hehehe.

Undangan Dalam Botol
Pernah lihat salah satu adegan di beberapa film nggak? Dimana ada cowok atau cewek memasukkan surat ke dalam botol lalu menghanyutkannya. Dia berharap surat itu ditemukan oleh seseorang. Jenis undangan ini mengambil konsep tersebut. Tapi, botolnya tidak dihanyutkan semua ke laut, nanti kapan sampainya. Botol yang dipakai juga bisa dari botol bekas yang dibersihkan dan direbus terlebih dahulu. 

undangan pernikahan
(sumber gambar)
Undangan Bingkai Foto
Nah... ini nih undangan yang nggak akan dibuang. Pasalnya, bagian isi undangan itu bisa dilepas dan alas undangan bisa dijadikan bingkai foto. Kreatif kan?? Orang yang bikin undangan terakhir ini juga nggak kalah kreatif, namanya Mbak Dini pemilik Kupunya Handmade.

Sebetulnya masih banyak lagi inspirasi undangan pernikahan yang menarik :), tapi 10 dulu ya. Ada beberapa jenis undangan di atas yang bisa dibikin sendiri, istilah kerennya di D.I.Y. (Do It Yourself). So.. daripada kita bayar mahal-mahal di undangan pernikahan tapi cateringnya biasa, mending undangannya sederhana tapi bekesan dan cateringnya enak.

Pembaca ReeNgan yang sudah menikah, undangan pernikahannya masih ada yang disimpan? Bagi yang mau mempersiapkan pernikahan, ayooo.. berkreasi dengan undangannya.. :).

29 comments:

  1. wakz,baru tahu ad aundangan roll film,kreatif banget idenya heheeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tuh Mbak, kreatif. Yg jadi pertanyaan, bagaimana cara memasukkan kertas ke dalam rollnya?

      Delete
  2. Ih itu yang undangan poster film aku save ah >.< ., nyontek idenya, tinggal otak-atik ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat kepentingan pribadi kan ya? :) nggak utk diperjualbelikan?

      Delete
  3. Yg terakhir lucu, Mba.
    Kalo inget dulu sy stress Mba mikirin undangan ga jadi2.
    Molor mulu dari jadwal yg sudah ditentukan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga sama, padahal udah sederhana banget. Eh pas jadi, salahnya banyak banget. Ya udah diganti smua sm dianya... :)

      Delete
  4. Aduh itu yang roll film sama confetti lucu bangeeet :D :D :D

    ReplyDelete
  5. Undangan balon itu lucu juga ya, bisa dibawa nanti ke acaranya buat jadi pagar ayu sekalian para undangannya hehehe...
    Kalo undangan yang diburn di VCD/DVD menurut saya ga praktis karena harus ditonton dulu, pernah beberapa kali nerima dan kayaknya 'males' aja gitu hahaha...

    Makasih buat idenya, btw :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha... bener juga itu yang balon nanti diberi tandatangan yg diundang, trus ditiup lagi pas acara terus dilepas deh sama pengantinnya. Tapinya, takutnya pada nggak dibawa.
      Kalau misalnya ditulis saja gitu di VCDnya, pake VCD bekas, trus ditulis sendiri kira2 pegel nggak ya...

      Delete
  6. Kebayang tuh, yang undangan pake' botol. Jadinya pembawa undangannya dikirain penjual minuman... Bawaannya juga sedikit rempong pastinya. Btw, ide-idenya unik hhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh iya bener, hahaha...
      Aku ngebayangin dia pake sepeda trus di boncengannya ada sekerat botol... banyak yg nyetop kali ya, dikira penjual minuman, hahahaha

      Delete
  7. Klo yg diundang yg tua2 kasian tuh klo harus niup balon dulu mba ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. Minta tolong cucunya.. :) pasti seneng tuh cucunya dpt mainan balon ada tulisannya.. :)

      Delete
  8. Wah kreatif ya. Undangan dalam bahasa daerah kayaknya ini sesuatu bingits, hehe..
    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bingitz Kakaaa... Dulu saya dapat banyak komentar positif karna undangannya pake bahasa daerah...

      Delete
  9. Waah lucu-lucu ya...Jadi ingat sepuluh tahun lalu undangannya biasa saja karena nikah mendadak. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting pernikahannya langgeng sampai akhir.. :) amiin

      Delete
  10. wah unik2 banget. aku suka yang bentuk balon. unik banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan lagi, sudah banyak yg bisa sablon balon kan ya Mba?
      Kalau saya suka undangan yang pertama, hehehehe (ya iyalah, kan itu undangan saya sendiri... :))

      Delete
  11. Kartu undangan pernikahan bentuknya beraneka ragam, baik model maupun ukurannya.
    Ada yang mirip buku, gede dan tebal
    Waktu saya mantu kartu undangan sederhana saja, hemat biaya.
    Terima kasih infonya
    Salam hangat dari Surabaya
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap.. :) Maka dari itu saya bikin kartu undangan yg pertama itu pakdhe, sederhana tapi berkesan... :)

      Delete
  12. Pernah dapat yang bentuk paspor, bagus... aku sendiri... gatau bakal bikin undangan atau enggak =))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya..??!! masih disimpen ga Na, undangan paspornya?
      Ayolah cepetan bikin undangan.. :)

      Delete
  13. Ituu yang model kantor poa lucu. . . Aaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idah mau yg kayak gitu nanti?? Mau dong aku dikirimin... :)

      Delete
  14. Bagus-bagus mbak ^^ Tapi kalo sebagus itu, kayaknya buat orang2 spesial aja deh :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...