Monday, 23 February 2015

Jambu Biji untuk Mengobati Sariawan

Assalaamu'alaikum.. ^_^

Beberapa hari yang lalu saya sariawan. Entah datangnya dari mana, yang jelas di bibir bagian dalam sudah ada sariawannya. Hmmm... mungkin saya sedang lelah, hehe... jadi daya tahan tubuh saya melemah. Nah, saya ini sering mengajari siswa saya, jika daya tahan tubuh melemah dan terkena sariawan, kita harus memperbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Masa iya, saya ngajarin mereka, trus pelajaran itu saya abaikan. Nggak dong, akhirnya setelah 3 hari sariawan itu saya diamkan (berharap untuk sembuh sendiri, tapi tak kunjung sembuh), saya berusaha untuk mengonsumsi lebih banyak vitamin C.

Saya lebih memilih vitamin C yang berasal dari buah atau sayur, bukan yang buatan dalam bentuk permen. Pasalnya, kalau buah atau sayur, selain punya kandungan vitamin, dia juga berserat/selulosa tinggi yang berguna untuk melancarkan buang air besar. Jadi ibarat pepatah, sekali mendayung dua pulau terlampaui. Kalau di buku pelajaran IPA kelas 5 SD, buah yang banyak mengandung vitamin C adalah jambu biji, kiwi, dan jeruk, sedang sayurannya yaitu cabai. Kebetulan, pas saya belanja bulanan, ada jambu biji (Guava Crystal) Sunpride, saya langsung beli deh.

Saya belanja Guava Crystal Sunpride
Kenapa saya beli? Alasannya, pertama karena Guava Crystalnya Sunpride ditanam di Indonesia, jadi minim bahkan nggak ada lilin di kulitnya. Tahukah kamu? hehe... Vitamin C pada jambu biji paling banyak terdapat di kulit dan daging buah dekat kulit. Jadi kalau nggak ada lilinnya, tinggal dicuci pakai air biasa trus langsung dimakan deh. Kedua, kandungan vitamin C-nya lebih banyak dari jeruk. Ketiga, bijinya sedikit, jadi nggak perlu repot buang bijinya dulu. Keempat, saya ingin membuktikan kebenaran kandungan vitamin C-nya si Guava Crystal ini. Kelima dan terakhir, karena lagi diskon, hehehe...

Trus bagaimana cara pengobatannya? Sembuh nggak sariawannya? Penasaran..??
Dalam sehari, saya makan 2 buah Guava Crystal dengan kulitnya tanpa dikombinasikan dengan buah yang lain, dan aktivitas saya tetap sama seperti biasa. Hasilnya, 3 hari kemudian, sariawan saya SEMBUH. Beneran sembuh... Amazing ya. Dan dengan bangga saya bilang kalau alasan nomor empat itu benar, hehe.

Alhamdulillah sudah sembuh
Itulah makanya, saya tuh sedari kecil suka banget dengan jambu biji. Selain karena itu satu-satunya pohon buah yang ada di depan rumah saya, manfaatnya itu lho, banyak banget. Walaupun mengandung vitamin C dalam dosis yang tinggi, tapi rasa si jambu biji tidak lantas menjadi asam, dia tetap manis (apalagi kalau saya yang makan, jadi tambah manis :D) dan renyah.

12 comments:

  1. Replies
    1. Yap.. betulll... :) Trus yang lembut di tengah2 itu bisa dimakan karna bijinya sedikit banget... :)

      Delete
  2. Saya butuh banget nih jambu biji, kalo sariawan datangnya suka berjamaah sih..hiks..

    tapi belum ada sunpride di sini(Kendari)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, Ka.. bolehlah beli jambu biji lokal di pasar. Sama buah2an asam yg lain. Tapi memang yg paling enak itu jambu biji.. hehehe

      Delete
  3. Ini ga diikutkan lomba blog sunpride mak? Lagi ada lomba blog kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikut, Mak, hehehe... Tapi based on pengalaman dulu.. :)

      Delete
  4. buah-buahan emang paling mujarab sembuhin sakit macem sariawan ya mak ..enaak lagii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, apalagi yang vitamin C-nya banyak.. :)

      Delete
  5. di Siak g ada sunpride mak,tapi kalo pulang ke batam kadang bei pisang sunpride hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Hanna, itu buah2an yang kemarin difoto waktu Mbak Hanna travelling, dijadikan postingan saja Mbak.. pengen baca.. :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...