Tuesday 18 August 2015

Lagi Pilih-pilih Deposito di Cermati.com

Assalaamu'alaikum.. ^_^


Judulnya mengundang ga, Teman? Lagi pilih-pilih deposito, hehehe...

Alhamdulillah setelah saya menerapkan pengaturan keuangan pribadi saya, lalu menahan segala godaan hawa nafsu pingin shopping, etece etece, akhirnya saya bisa menabung juga #tebarconfetti.Ceritanya saya ke toko buku lalu membaca lagi sebuah buku yang isinya ya enggak jauh-jauh dari pengaturan keuangan keluarga, bagaimana sebuah keluarga itu bisa lho hidupnya debt free (tanpa utang). Malahan ada yang bisa membeli rumah kemudian melunasinya dalam jangka waktu yang singkat.

Rahasianya apa?? Setelah saya baca, ternyata rahasia mereka itu sederhana, mereka menentukan target, mencari dana, berhemat, lalu berinvestasi. Investasi untuk skala kecil, seperti saya (yang enggak mau ribet) bisa dengan menabung, beli emas, asuransi + investasi, dan deposito. Menabung yang untuk investasi itu tentunya bukan tabungan biasa, melainkan tabungan berjangka yang hanya bisa diambil pada waktu yang telah ditentukan bersama nasabah dengan pihak bank. Beli emas adalah tipe investasi yang sepertinya sudah ada sejak zaman mbah buyutnya mbah buyut saya deh. Namun, beli emas ada resikonya ya, mungkin saat kita beli harga emas sedang naik.

cermati, KTA, bank, deposito
Perbandingan deposito di tiap bank
Yang deposito ini nih yang bikin saya tertarik, karena memang saya ingin menyimpan uang saya dalam waktu yang agak lama. Sayangnya, saya belum benar-benar tahu prosedur deposito dan bank mana yang menyediakan deposito paling bagus. Tapi kalau harus ke semua bank untuk membandingkan deposito mereka, kok rasanya enggak punya waktu ya.. (maklum sok sibuk :)). Akhirnya, saya baru ingat ada beberapa teman blogger yang mereview satu situs keuangan, namanya cermati.com (mirip judul ya.. hehe). Kali aja ya, di situ ada informasi tentang deposito.

cermati, KTA, kredit, deposito
Contoh macam-macam informasi di cermati.com
Daaannn...jreng..jreng.. pas dibuka situsnya, ternyata adaaa... nangkring dengan manisnya di laman paling atas. Oke, saya baru tahu dari cermati.com bahwa deposito ada dua macam, yakni deposito biasa dan deposito syariah. Bedanya, kalau deposito biasa nanti ada semacam hadiah untuk kita (istilah kerennya ya bunga deposito), sedang yang syariah itu enggak ada. Saya klik dong yang biasa, langsung muncul secepat kilat hampir semua bank yang mempunyai layanan deposito. Saya sukses katrok, ternyata ada lho deposito yang hanya sebulan, ada yang 3 bulan atau 6 bulan juga. Kenapa katrok? Karena selama ini saya tahunya deposito itu baru bisa diambil setelah puluhan tahun, hehehe. Benar-benar dijabarkan dan dibandingkan semuanya lah di cermati.com itu. Mau cari deposito sesuai dengan jumlah uang yang mau kita simpan atau mencari deposito berdasarkan banyaknya bunga deposito, bisa banget. Ada juga penjelasan tentang deposito dan istilah-istilahnya di bagian bawah setelah macam-macam bank penyedia layanan deposito.

Dari situ saya langsung memilih 2 bank yang cocok dengan kondisi keuangan saya. Insyaa Allah besok atau lusa saya akan ke bank tersebut untuk menanyakan detailnya. Di cermati.com memang sudah lengkap, saya hanya ingin meyakinkan diri sendiri dan mengamati pelayanan Custumer Service (CS)-nya, hehehe.

Selain deposito, di cermati.com juga ada informasi tentang Kredit Kepemilikan Rumah, KTA (Kredit Tanpa Agunan), kredit multiguna, kredit motor, kredit mobil, kartu kredit, tabungan berjangka, tabungan biasa, tabungan syariah, produk asuransi, dan ternyata ada tip-tip keuangannya juga. Wiiiihhh... jadi semangat nih ngoprek di cermati.com.

Teman ReeNgan ada juga enggak yang sedang mencari informasi keuangan? Bisa lho, main-main ke cermati.com, cepat kok bukanya, dan enggak ribet tampilannya, ^_^.

7 comments:

  1. Semua harus di pikirkan kembali dengan matang ya Mbak.

    ReplyDelete
  2. Pilih2 deposito dengan cermat ya, mba.

    ReplyDelete
  3. cermati memang selalu memberikan solusi :)

    ReplyDelete
  4. Semoga beruntung ya mba, :D nanti saya nyusul..

    ReplyDelete
  5. mantab mba, saya juga dapet affiliasi seperti ini :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...