Thursday 3 September 2015

Kolom Search di Blogspot

Assalaamu'alaikum... ^_^

Teman ReeNgan sering enggak melihat ada kolom search di blog yang teman-teman kunjungi? Saya? Sering banget. Pertama kali membuat blog ini pun, kolom search itu ada di sini. Namun, suatu waktu ketika saya mulai mengutak-atik ReeNgan, saya menghapus kolom search itu. Saat itu saya pikir untuk apa ini ada di sini. Ya sih, saya belum merasakan kegunaan kolom tersebut. Sampai pada bulan Agustus kemarin saya mulai memasangnya lagi. Kenapa saya memasangnya lagi? Apa alasannya?

Saat itu, saya sedang membuat draft postingan dan saya rasa saya pernah memposting yang berhubungan dengan draft tersebut, sehingga saya ingin memberikan semacam link ke postingan yang sedang saya ketik. Saya kebingungan.. hahahaha.. Karena postingan saya sudah banyak sekali (ini yang sudah publish maupun yang hanya draft saja). Capek juga ternyata scrolling satu-satu postingan. Sejak itu, "Oke fix, saya harus memasang kembali kolom search this blog di ReeNgan. Caranya? Berikut saya jelaskan untuk blogspot saja ya.. :)

1. Masuk ke dashboard blogspot kita
2. Pilih Tata Letak -> Klik Tambahkan Gadget (di sidebar) -> akan muncul pop-up gadget

3. Scroll ke bawah untuk menemukan gadget "Kotak Penelusuran" -> Klik tanda + -> akan muncul pop-up "Kotak Penelusuran"

4. Teman bisa mengganti judul "Search This Blog" dengan nama yang diinginkan -> Klik "Simpan

5. Kemudian geser-geser gadget "Search" di sidebar ke tempat yang Teman inginkan
6. Klik "Simpan Setelan" biar perubahan kita terlihat di blog

Bagaimana? Mudah kan?

Saat ini, saya baru memanfaatkan kolom search ini untuk mencari kata kunci dalam blog saya sendiri ketika saya membutuhkan link menuju postingan yang saya perlukan. Caranya? Saya tinggal mengetik kata kunci di kolom search, contoh nih ya, saya mengetik kata kunci sistem amplop, maka akan keluar semua postingan yang ada kata-kata sistem amplop, sistem, dan amplop di bagian paling atas postingan blog, seperti ini:

Ummm... tahu enggak, kalau misalnya kita memberikan backlink untuk postingan kita sendiri itu bermanfaat besar lho untuk traffic blog kita, apa namanya itu? Alexa rank ya.. hehehe.
Namun, manfaat yang paling besar adalah memudahkan pembaca blog kita, seperti Teman ReeNgan yang saat ini sedang membaca ReeNgan, saat ingin mencari sesuatu di blog kita.

Terimakasih Teman ReeNgan, sudah membaca postingan-postingan ReeNgan..!! ^_^

4 comments:

  1. Search blog selalu ada di semua blogku untuk membantu pengunjung menemukan artikel tertentu di blogku :)

    ReplyDelete
  2. selain membantu pengunjung ya mencari artikel tertentu, kadang sy sendiri juga terbantu saat mencari suatu postingan. jd memang harus ada nih fitur search di blog

    ReplyDelete
  3. punyaku udah aku pasang mbak..biasanya biar aku nggak bingung saat mencari sesuatu :)

    ReplyDelete
  4. wah aku malah g pengen ada kolom searchnya :3

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...