Saturday 22 October 2016

3 Ruangan Yang Kudu Bersih & Rapi Semalas Apapun Saya

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Rasa malas kadang suka datang tiba-tiba, enggak diundang enggak apa tiba-tiba nongol trus minta jadian. Itu sering kejadian sama saya. Sering banget lho saya melihat dengan mata berbinar-binar ke orang-orang terutama perempuan-perempuan (karena saya perempuan juga) yang tiap hari kayaknya enggak pernah jadian dengan si Malas. Mereka enerjik banget lah. Eh iya, sama suami saya, dia enggak pernah kelihatan jadian sama malas. Tapi tiap ditanya resepnya biar tetap semangat setiap hari, jawabannya benar-benar di luar kepala saya (baca : saya enggak paham). Padahal sih katanya cukup bangun dari tempat tidur atau kursi trus mandi air dingin tapi dinikmati mandinya.

Hehehe... tapi, se"malas" apapun saya, tetap ada ruangan dalam rumah saya yang harus bersih dan rapi. Ada yang untuk sayanya, ada juga yang tujuannya agar orang lain memaklumi. Ini bukan bermaksud riya lho (minta dipuji orang lain), tapi biar orang lain yang bertamu ke rumah saya itu merasa nyaman dan aman  ^_^. Okay, enggak perlu panjang kata, cuma ada 3 ruangan di rumah saya yang perlu bersih dan rapi tiap hari.

1. Kamar Tidur
Kamar tidurnya adalah kamar tidur sendiri. Seenggak moodnya saya beberes rumah, saya rasanya senang kalau kamar tidur saya rapi dan bersih, terutama tempat tidurnya. Enggak butuh waktu lama kok untuk membersihkan tempat tidurku *nyanyi...^_^*, paling 3-5 menit juga beres. Untuk barang-barang lainnya, saya benar-benar mengusahakan untuk kembali diletakkan di tempat penyimpanannya setelah selesai dipakai. Contohnya seperti make up, buku, charger, gunting kuku (saya meletakkan gunting kuku di wadah khusus semeja dengan tempat make up), dan lainnya.

Saya sukanya tempat tidur yang kelihatan luas, makanya bantal dan bantal guling posisinya saya sejajarkan, jadi terlihat luas kasurnya. Dalam Islam, saya pernah membaca tentang salah satu adab sebelum tidur, yakni membersihkan kasur sambil membaca surat An Naas. Trus saya pernah membaca salah satu hasil polling di website Sleep Foundation-nya orang Amerika atau Kanada *maaf saya lupa*, bahwa hasilnya banyak yang mengaku tidurnya lebih baik ketika kasurnya itu bersih, rapi, dan wangi.

2. Ruang Tamu
Kalau yang ini jelas lah untuk kenyamanan tamu ya. Di rumah kontrakan saya, ruang tamunya itu berfungsi juga sebagai garasi motor, jadi tiap ada bekas ban motor ya saya sapu dan pel. Kadang enggak sampai seruangan juga ngepelnya, cukup di bekas ban motornya saja, hehehe. Di ruang tamu saya enggak ada meja kursi, tapi di ruang tamu rumah orang tua saya ada lah meja dan kursi. Tiap seminggu sekali pegangan kursi dan mejanya dilap. Kalau sedang panas cuacanya, kursi-kursi itu dijemur dan dipukul-pukul, hehehe *mencurahkan stress pas kegiatan ini ^_^*.

3. Kamar Mandi + Toilet
Karena kadang ada kamar mandi yang terpisah dengan toiletnya, kan? Ada juga yang jadi satu. Kamar mandi + toilet yang harus bersih tentunya yang biasa dipakai untuk semua orang. Biasanya sih, pas mandi, kalau saya melihat ada yang bernoda di lantai, langsung saya sikat. Jadi pas membersihkan kamar mandi tiap 1 atau 2 minggu itu, kerjaan saya enggak terlalu berat. Oh iya, toilet/WCnya saya bersihkan tiap 2 atau 3 hari sekali. Saya sengaja memilih kontrakan yang kamar mandinya tidak punya bak permanen, karena membersihkannya butuh waktu dan kadang susah bersih. Itu juga salah satu faktor jadi enggak mood membersihkan kamar mandi. Kalau pakai bak portable, yang dijual Mamang-mamang yang teknik marketingnya pakai mukul-mukulin si baknya itu, kan jadi lebih mudah membersihkan baknya. Makanya, di kamar mandi saya, ada satu lemari kaca kecil untuk peralatan mandi dan satu tempat sikat lantai kamar mandi dan sikat toilet.

Saya selalu teringat dengan kalimat ini "Orang yang kamar mandinya bersih dan wangi, sebetulnya orang itu senang bersih-bersih". Ya, walaupun enggak semuanya betul sih, tapi seenggaknya kalau kamar mandinya bersih, kesehatan keluarga juga terjaga. Lalu kamar mandi yang bersih dan wangi itu bisa membuat mood tamu (yang pakai kamar mandi) menjadi lebih baik dan melupakan pemandangan berantakan yang dia lihat sepanjang jalan menuju kamar mandi.

Yap, cuma 3 ruangan itu saja yang harus bersih dan rapi tiap hari, se-enggak moodnya kita beberes rumah. Dan dari pengalaman saya nih, kalau kita sudah mulai merapikan tempat tidur lalu mandi dan membersihkan kamar mandi sedikit-sedikit, mood kita bakal balik lagi lho. Saat itu, kita bisa bilang putus ke si Malas. Mau dicoba? Boleh banget.
Btw, kalau Teman ReeNgan sendiri, ruangan mana yang menurut Teman ReeNgan harus selalu rapi dan bersih di rumahnya Teman ReeNgan? [] Riski Ringan

6 comments:

  1. Samaaa. Kalau aku nomor 1 kamar mandi dan toilet hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, rasanya mood jadi baik kalau lihat kamar mandi + toilet bersih... ^^

      Delete
  2. Samaaa, aku juga 3 ruangan ituuu.. jadi pingin bobo liat foto tempat tidurnya, hahaha.

    ReplyDelete
  3. Daaaan aku aling rajin bersih2 Toilet, entalah dari jaman seolah selalu dapet tugas dirumah bersihin toilet, eh sampe sekaraang hahhaha

    ReplyDelete
  4. Jadi pingin bersih-bersih baca postingan ini hehehe. Membiasakan meletakkan barang pada tempatnya ini yang susah haha

    ReplyDelete
  5. kalo aku kamar tidur paling penting mbak. klo kamar rapi bawaannya semangat beraktivitas. sama kamar mandi aku pokoknya nggak basah aja. #tukangnongkrongdiwclamalama ngapain hayo? :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...