Monday 17 October 2016

D.I.M.L #3 : Seharian di Rumah dan Resep Kepel Tempe Ala ReeNgan

Assalaamu'alaikum... ^_^


Sepagi ini, ditemani satu buah jeruk manis dan teh hangat bikinan suami *okay, blame me if you want to ^^*. Iya, suami saya memang seneng banget bikin teh, dulu dia senang ngepel, tapi sudah saya rebut hobinya itu, muahahaha. 

Setelah dua D.I.M.L saya sebelumnya yang selalu jalan-jalan, kali ini saya mau nulis D.I.M.L kalau saya seharian di rumah. Ini benar-benar di dalam rumah saja lho, enggak keluar rumah. Hari Minggu (16 Oktober 2016), saya memutuskan untuk istirahat saja di rumah setelah dari Senin-Sabtu saya beraktivitas di luar. Saya bilang ke suami kalau saya ingin di rumah saja, jadi semacam biar seimbang lah ya badan dan kondisi rumah, hehehe.
Bangun tidur, seperti biasa saya cuci muka, gosok gigi, dan lain-lain yang biasa dilakukan di kamar mandi lah. Trus bikin telur dadar dan ngangetin kepel tempe yang dibuat semalam. Hahaha, saya ingat semalam sepulang nonton film di bioskop (judulnya The Accountant), saya baru ingat kalau punya tempe dan misalnya mau dimasak besok paginya, itu tempe sudah enggak enak. Akhirnya, malam-malam jam 21.30-an saya klothak-klothak ngeracik tempe. Kebiasaan suami saya, misalnya dia lagi di rumah dan sedang santai, trus saya lagi masak, dia biasanya ngelihatin saya masak. Katanya kayak nonton acara masak di TV, cuma ini lebih seru *saya heran, itu serunya di bagian mana*. Akhirnya saya bikin saja tempe kepel. Nih resep tempe kepel ala ReeNgan:

Bahan:
Tempe ditumbuk
1 butir telur
Tepung terigu secukupnya
Sambal terasi sachet 2 bungkus
2 butir bawang putih
Lada bulat secukupnya
Garam secukupnya
Minyak goreng

Cara membuatnya:
  1. Haluskan bawang putih, lada & garam
  2. Masukkan tempe tumbuk ke dalam wadah
  3. Masukkan semua bahan kecuali minyak goreng karena itu hanya untuk menggoreng
  4. Aduk rata semua bahan
  5. Panaskan minyak goreng, sampai benar-benar panas ya tapi jangan sampai ngebul/keluar asap. Apinya sedang saja
  6. Goreng adonan tempe sampai kecokelatan, nggorengnya sesendok-sesendok ya ^_^
Tepung terigunya itu saya tambahkan sesendok-sesendok, jadi sesendok masuk terus diuleni adonannya. Waktu adonan sudah enggak terlalu ngepyur, cicipi rasanya. Kalau kurang asin bisa ditambahi garam, kalau keasinan ya tambahi tepungnya. Namanya saja yang tempe kepel, tapi bentuknya itu enggak kepel kok.

Tempe tumbuk digoreng

Telur dadar pakai daun bawang

Balik lagi ke Minggu. Trus saya dan suami sarapan pakai telur dadar dan tempe kepel ala-ala itu. Karena setrikaan sudah menggunung, jadi saya nyetrika dulu. Nih, alat perang saya saat nyetrika ada koran, alas setrika (3 sarung ditumpuk jadi 1), setrikaannya, gunting, seliter air & HP yang dimatikan paket datanya untuk menonton youtube offline. Itu guntingnya buat ngguntingin sisa-sisa benang yang biasanya suka ada saja di pakaian. Kalau air putih ya buat minumnya saya, karena kan nyetrika itu panas dan ngeluarin banyak keringat, jadi ya tubuh kita harus terhidrasi dengan baik *jiahh, bahasanya ceu, bilang saja haus butuh minum*. Habis nyetrika, sudah banyak kerjaan rumah yang nungguin dengan cantiknya.

Siangnya, alhamdulillah saya bisa tidur siang, suatu keistimewaan yang jarang saya dapat, hehehe. Bangun tidur ku terus BW, iya BW (blogwalking) sekitar 2 jam an gitu lah. Trus endebre-endebre entah apa yang saya kerjakan sampai malam, saya lupa. Oh iya, tahun ini genap 5 tahun saya enggak punya TV, daaannn minggu kemarin suami membawa TV ke rumah. Alhamdulillah banget, masih ada orang baik yang mau ngasih TVnya dengan cuma-cuma, merk "Tajam" (bacanya pakai bahasa Inggris ya) Aquos 32 inchi. Hahaha, tapi trus saya sedikit kecele. Jadi gini, di TV itu kan ada kabel HDMInya ya yang bisa disambungin ke HP, jadi kita bisa nonton HP pakai TV. Setelah beli kabel HDMI yang enggak murah, saya baru tahu kalau HP saya (Samsung Galaxy Grand Prime) tidak ada HDMI out-nya, huaaaa...! Trus jadinya beli antena dalam yang 50 ribuan saja lah biar nonton TVnya enggak terlalu sering T_T. Sedih. Acara TV yang saya tonton tadi malam adalah Festival Film Bandung. Selamat untuk penyelenggara, para nominasi, dan pemenang-pemenangnya!

Ini suka duka selama 5 tahun enggak punya TV : Televisi (TV)

Itu saja sih, cerita saya seharian di rumah. Jadi, biarpun di rumah, kita mesti produktif ya. Walaupun sih, ada saatnya malas datang tiba-tiba dan keukeuh banget enggak mau pisah dari kita. Nanti saya tulis caranya putus dari malas yang datang tiba-tiba tapi minta langsung jadian itu. Soalnya saya sering tiba-tiba jadian sama si malas, hiks...
Teman ReeNgan kalau seharian di rumah, ngapain saja? [] Riski Ringan

9 comments:

  1. Wahhh 5 tahun ndak ada tipi? Saya sudah lama bnget mbak malahan. Hheee...

    Itu resep bikin kepel tempenya mau kuoraktekkan lah buat ibuk d rumah. Hheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... ini kalau enggak dikasih juga saya enggak kepikiran buat beli TV, Mba ^_^. Saya mikirnya, kapan gitu saya bisa nonton TV ya, hehehe

      Delete
  2. Sedep iku mbak...tempe ditumbuk aaaaak. Sambel tomat mana sambel tomat ahhaha

    ReplyDelete
  3. tempenya kalau pake daun bawang kayaknya lebih enak ya mba... :)

    ReplyDelete
  4. Waahh..ide kreatif nih, mau coba ah di rumah selalu ada tempe biasanya digoreng biasa atau ditepungin. Ini ada alternatif lain...Makasih yaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tempe sebetulnya bisa diolah jadi macam-macam penganan, Mba Ety ^_^

      Delete
  5. ane sudah nyoba, dan hasilnya gurih2 nyoi.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...