Wednesday 9 November 2016

IPMI Trend Show 2017, Bukti Kecintaan Terhadap Rancangan Perancang Indonesia

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Kemarin, hari Selasa tanggal 8 November 2016 (Ya Allah perasaan petasan tahun baru, baru kemarin dinyalain, sekarang sudah mau akhir tahun aja ya), saya berkesempatan menghadiri Press Conference (Jumpa Press) IPMI Trend Show 2017 di The Hall Senayan City Jakarta. IPMI merupakan kepanjangan dari Ikatan Perancang Mode Indonesia. Berarti IPMI Trend Show ini nanti bakalan banyak fashion shownya dong ya, hehehe.  Karya-karya mode yang ditampilkan disini semuanya adalah karya perancang dalam negeri, yang terbukti enggak kalah gregetnya dari karya perancang bule. Ternyata penyelenggaraan IPMI Trend Show sendiri sudah berlangsung secara rutin setiap tahunnya selama 30 tahun, wow! Selama itu pula, banyak mitra loyal yang mendukung penyelenggaraan IPMI Trend Show.

Pada jumpa press kemarin, hadir sebagai narasumber yaitu Ibu Sjamsidar Isa (Founder & Ketua IPMI), Bapak Triawan Munaf (Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia), Ibu Halina (Marketing Director of Senayan City), Bapak Tri Handoko (Ketua IPMI Trend Show 2017), Ibu Aida Nurmala (CEO of Studio One), dan Ibu Palupi Chandra (Head of Coorporate Communication & CSR Martha Tilaar Group). Ibu Sjamsidar Isa bilang bahwa penyelenggaraan IPMI Trend Show yang rutin tiap tahun ini dimaksudkan untuk memperkenalkan rancangan para desainer berbakat Indonesia dan agar orang-orang Indonesia sendiri bangga mengenakan rancangan para desainer Indonesia itu. Selain itu, karena proses membuat satu baju sendiri melibatkan banyak pihak, diharapkan dengan adanya IPMI Trend Show dan semakin banyaknya orang-orang yang tertarik dengan rancangan desainer Indonesia, maka semakin terbuka juga lapangan pekerjaan.
Narasumber (kiri ke kanan: Ibu Palupi Chandra, Ibu Aida Nurmala, Ibu Halina, Ibu Sjamsidar Isa, Bapak Triawan Munaf, Bapak Tri Handoko)

IPMI Trend Show 2017 sendiri diberi tema LOVE, yang berarti terselenggaranya acara ini adalah bukti kecintaan IPMI terhadap dunia fesyen Indonesia dan kecintaan para perancang Indonesia terhadap pekerjaannya. Hal itu dibuktikan oleh IPMI dengan rutin menggelar IPMI Trend Show setiap tahunnya selama 30 tahun. Bagi Tri Handoko sendiri, selaku ketua penyelenggara IPMI Trend Show 2017, " IPMI Trend Show adalah sebuah acara yang konsisten hadir selama 30 tahun. Oleh karena itu, menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi saya dan para rekan desainer untuk merayakan 30 tahun anniversary IPMI Trend Show". Begitu juga dengan bapak Triawan Munaf selaku Kepala BEKRAF Indonesia yang mengatakan bahwa BEKRAF akan terus mendukung acara-acara yang mengangkat kreasi anak bangsa seperti IPMI Trend Show ini. 

Banyak sekali mitra-mitra loyal IPMI Trend Show yang sudah mendukung terselenggaranya acara tersebut selama 30 tahun, yakni Studio One sebagai event organizer, tata suara dan tata cahaya, Senayan City sebagai tempat terselenggaranya acara, serta PAC Martha Tilaar sebagai official make up & hair do IPMI Trend Show 2017. Pada IPMI Trend Show 2017 ini pula, ASUS Indonesia mengambil bagian mendukung terselenggaranya acara tersebut. 

ASUS Transformer 3

ASUS dengan produk barunya yakni ASUS ZenBook 3 dan ASUS Transformer 3 Pro memang mendukung dunia kreatif dan desain. ASUS Transformer 3 pro contohnya dilengkapi dengan Grafis Intel HD 520, layar sentuh 12,6" IPS WQHD, desain yang tipis dan ringan, baterai yang dicap tahan hingga 8 jam, serta dilengkapi dengan stylus digadang bisa memberi kemudahan untuk para desainer, animator atau orang-orang yang suka menggambar. 

ASUS ZenBook 3
Coba lihat! Tipis kan? ASUS ZenBook 3 inih
Sedang ASUS ZenBook 3, saya mupeng banget karena tipis (hanya 11,9 mm), ringan (910 gram sudah dengan baterai), dan ternyata dalamannya juga keren seperti prosesornya Intel Core i7-7500U, OS nya windows 10 Home (64 bit), log innya bisa pakai sidik jari kita biar aman, layarnya anti gores karena sudah pakai Corning Gorilla Glass 4, memorinya sampai dengan 16 GB. Untuk audionya, ASUS bekerja sama dengan pakar audio yakni Harman Kardon, dilengkapi dengan Dual Five-magnet speaker biar suaranya lebih jelas dan 4 channel smart amplifier agar suaranya lebih keras. Baterainya dibilang bisa tahan sampai 9 jam, dan cepat diisinya (60% dalam waktu 49 menit). Mupeng? Belum? Coba deh lihat sendiri, trus sentuh, dan rasakan sensasi mupengnya, hehehe.

Oh iya, selama IPMI Trend Show 2017 ini, ASUS mengadakan kompetisi mendesain yaitu ASUS-Microsoft Tech Fashion, Fashion Illustration Competition. IPMI Trend Show ini berlangsung selama 4 hari, dari tanggal 8 - 18 November 2016. Hadiah Tech Fashionnya yaitu 1 buah ZenBook UX390 senilai Rp 19.299.000,- untuk kategori ZenBook, 1 buah ASUS Transformer T303 senilai Rp 19.299.000,- untuk kategori Transformer, dan voucher MAP Rp 500.000,- untuk karya terpilih. Syarat dan ketentuannya silakan bisa dibaca dengan teliti di link berikut:

Link Tech-Fashion Competition: https://drive.google.com/file/d/0B1oeuHFW-epXSjc1eC1malhPeHM/view

Ada yang istimewa di IPMI Trend Show 2017 yang sudah dimulai kemarin dan berakhir tanggal 11 November 2016 ini, yaitu:
  1. Ada dua anggota baru (Andreas Odang dan Stella Rissa) yang akan menampilkan koleksinya di sini.
  2. Menghadirkan konsep presentasi "WHITE CUBE" dan "MINI RUNWAY". White Cube ini adalah sebuah ruangan minimalis untuk para desainer memperlihatkan rancangannya, sedangkan Mini Runway adalah format seperti biasa (fashion show). White Cube sendiri akan dimeriahkan oleh Era Soekamto, Mel Ahyar, Danny Sariadi, Stella Rissa, Yongki Budisutisna, Yogie Pratama, Tri Handoko dan Andreas Odang. Sedang Ghea Panggabean, Tuty Cholid, Barli Asmara, Widhi Budimulia, Cita Tenun Indonesia, Votum, Hian Tjen, "Made In Indonesia", Carmanita, dan Denny Wirawan akan menunjukkan koleksinya di panggung Mini Runway.
  3. Ada kompetisi Fashion Film yang bertajuk Visionare Fashion Film Competition.
  4. Ada Parade "Made In Indonesia". Sebuah gerakan yang diprakarsai oleh IPMI dan didukung oleh BEKRAF untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap produk dalam negeri. Label "Made In Indonesia" akan diberikan secara cuma-cuma sebagai symbol of quality kepada desainer dan label lokal/dalam negeri.

Teman ReeNgan ada yang tertarik ingin melihat pagelaran IPMI Trend Show 2017? Atau tertarik ikutan ASUS-Microsoft Fashion Illustration Competition? Yuk ah cuss ke link yang saya bagi di atas, hehehe. [] Riski Ringan

4 comments:

  1. Kemaren saya sudah hadir,Mbak untuk mengikuti Fashion Show di White Cube

    ReplyDelete
  2. Whaaa Asus kenapa sll ada yg baru hahaha. Inovasi terus ya.

    ReplyDelete
  3. Belum pernah liat acara fashion show nih Mba. Dan aku mupeng sama Asusnya.

    ReplyDelete
  4. Ga nolak kalau dapat yang Transformer. Cakeeep!

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...