Monday 21 November 2016

Resep Tempe Goreng Krispi Bumbu Minimalis Tanpa Tepung ^_^

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Coba Teman ReeNgan bayangin, lagi hujan, dingin, perut keroncongan, trus tiba-tiba sudah tersedia makanan hangat dan wedang hangat. Beuhhh..!! Dijamin itu selimut bakal ditendang dan dibiarkan merana di kasur karena Teman ReeNgan sudah pindah ke lain hatiiiii... *lalu nyanyi*. Tapiiiii... itu jaaaraaang sekali terjadi ya. Seperti siang ini nih, saya lapar karena hujan deras dan suhu mendingin. Saat saya ke belakang untuk buang air kecil, saya melihat ada dua onggok tempe di lemari dapur. Yuhuuu... saya lupa kalau kemarin dikasih tempe sama Pak Bos di kantor. Bulan ini dikasihnya seminggu dua kali, kalau bulan lalu sih tiap dua hari sekali, hehehe. Habis baca ini, ada yang mau daftar jadi karyawan kantornya Pak Bos saya?


Jadi gini, di dekat rumah pak Bos itu ada panti asuhan namanya Rumah Tahfidh. Salah satu kegiatan kewirausahaan di situ ya membuat tempe untuk dijual. Saya sudah sering dapat tempe ini sih. Ada yang saya masak bareng lombok ijo, ada yang saya bikin sambal tumpang, dan lebih sering sih gorengan tempe. Testimoni saya? Tempenya enak, gurih, baunya harum, dan kedelainya padat, jamur tempenya juga oke, serta enggak ada rasa kecut yang kadang ada di tempe.


Pinginnya sih itu tempe saya bikin gorengan, tapi karena sudah siang dan saya 3 jam lagi harus berangkat kerja, jadi saya memutuskan untuk bikin tempe goreng saja. Entah dapat wangsit darimana, saya kok pingin tempe gorengnya tipis dan chruncy *krispi lah gitu*. Oke, yuk mari kita masak

Tempe Goreng Krispi Tanpa Tepung

Bahan utama:
Tempe
Minyak goreng
Air putih

Bumbu halus:
Garam
Bawang putih (enggak harus ada, tapi kalau ada, tempenya bisa lebih maknyus)
Ketumbar (enggak harus ada, tapi kalau ada, tempe gorengnya bisa lebih sedap)

Cara memasak:
  1. Uleg bumbu halus sampai halus banget
  2. Masukkan bumbu halus ke dalam wadah yang sudah diisi air putih (air putihnya sedikit dulu, nanti baru ditambah setelah tempenya sudah diiris)
  3. Iris tempenya tipis-tipis, tapi jangan ketipisan (kalau susah tipis ya yang penting tebalnya enggak sampai 1 cm)
  4. Rendam tempe yang sudah diiris ke dalam air bumbu (usahakan sampai terendam semua ya) selama kurang lebih 10-15 menit (jangan lupa, air bumbunya dicicipi apakah sudah asin atau belum)
  5. Panaskan minyak dengan api sedang (jangan sampai minyaknya berasap)
  6. Goreng tempe, bolak-balik sampai kecoklatan
  7. Angkat dan tiriskan minyaknya
  8. Kalau mau tambah krispi, setelah semua tempe digoreng, goreng lagi tempe yang sudah digoreng (sebentar saja sampai warnanya lebih cokelat)

Tempe krispi

Sudaaaahhh... selesai. Sekarang tempe goreng siap dinikmati. Bisa jadi snack atau lauk makan (tinggal ambil nasi sama sambal terasi sachetan ya, hehehe).

Buat Teman ReeNgan yang tinggal di Jakarta, bisa lho pesan tempenya di Rumah Tahfidh. Di foto berikut ada alamat dan nomor HP yang bisa dihubungi ^_^ [] Riski Ringan

 

4 comments:

  1. Mauuu..mbaak aku jarang banget bisa makan tempe. Ada yang jual orang Vietnam ditokonya tapi jarang banget. Kayaknya aku harus belajar buat deh biar bisa makan tempe goreng krispi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di luar Indonesia, tempe jadi makanan langka ya Kak Dewi. Padahal, tempe itu enak...

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...