Friday 3 March 2017

Cara Cerdas Kredit Mobil yang Menguntungkan

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Suatu hari di tempat kerja saya, teman saya curhat: "Saya pingin beli mobil, nanti saya daftarin ke *** (merk transportasi online). Saya pernah ngobrol-ngobrol dengan drivernya, katanya lumayan penghasilan mereka seharinya".

Curhatan teman saya ini ternyata sesuai dengan salah satu alasan meningkatnya permintaan mobil di Indonesia, yang dijabarkan oleh Bapak Indra Prabowo (Managing Director of Mobil123.com & Otospirit.com). Ada beberapa alasan sebenarnya, yaitu investasi (seperti yang akan dilakukan oleh teman saya itu), kebutuhan (seperti adik saya yang anaknya sudah 3, jadi tidak nyaman jika memakai motor), lifestyle & masyarakat masih ada yang merasakan kurang nyaman dengan transportasi umum. Ada dua cara membeli mobil, bisa tunai atau dengan kredit. Banyak keuntungan membeli mobil dengan tunai, yaitu harganya lebih murah, lebih mudah dijual kembali karena suratnya sudah lengkap, dan tidak memikirkan angsuran tiap bulannya. Beda dengan membeli mobil dengan cara kredit yang sudah pasti harganya akan lebih mahal, dan kita tiap bulan harus membayar angsuran beserta bunganya. Saya pribadi memilih membeli dengan cara tunai.

Namun, jika teman-teman ada yang ingin membeli mobil secara kredit karena kebutuhan yang sangat mendesak, mungkin penjelasan berikut akan membantu. Penjelasan berikut saya dapat saat menghadiri acara yang diadakan oleh mobil123.com tentang "Tips Kredit Mobil yang Menguntungkan" di Tartine Cafe tanggal 28 Februari 2017. Acara dibuka oleh Bapak Irwan Nurfiandi (Head Marketing of Mobil123.com). Beliau mengatakan bahwa acara ini diadakan karena mobil123 sebagai portal otomotif no.1 di Indonesia ingin membuka wawasan kita tentang cara kredit mobil yang menguntungkan. Mobil123.com sendiri merupakan sebuah portal (website) tentang otomotif mulai dari motor, mobil (baru dan bekas), spesifikasinya, sampai berita otomotif dan tip-tip yang berhubungan dengan otomotif. Jadi, sebelum ke showroom motor atau mobil, Teman ReeNgan bisa melihat dulu spesifikasi plus harga dari motor atau mobil berbagai merk di mobil123.com.

Dalam acara ini, mobil123 mengundang Ibu Betty Anjarini dari MPM Finance. Beliau memberikan beberapa tip kredit mobil, mulai dari tip memilih perusahaan pembiayaan, tip kredit mobil yang menguntungkan, sampai cara cepat mendapatkan kredit mobil.

Tip Memilih Perusahaan Pembiayaan :
  1. Berpengalaman dan memiliki reputasi yang baik
  2. Pastikan staff yang bertugas mampu memberikan pelayanan yang baik, ramah, dan mampu menjelaskan produk dengan baik (mulai dari besaran bunga, biaya administrasi, asuransi, dan lainnya)
  3. Perusahaan tersebut memiliki cara pembayaran angsuran yang fleksibel/bisa di ATM, kantor pos, minimarket
  4. Kendaraan harus dilengkapi dengan asuransi selama masa kredit berlangsung
  5. Perusahaan memiliki keamanan yang baik untuk penyimpanan BPKB kendaraan

Tip Kredit Mobil yang Menguntungkan :
  1. Pilih jenis kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan
  2. Pilih perusahaan pembiayaan yang punya reputasi yang baik
  3. Pastikan besaran angsuran sesuai dengan kemampuan finansial anda (maksimal adalah 30% dari penghasilan anda yang sudah dikurangi kebutuhan bulanan).
  4. Pastikan kendaraan sudah dicover oleh asuransi dengan skema yang komprehensif (all risk)
  5. Pelajari dengan cermat isi perjanjian pembayaran pasal-demi pasalnya, dan jangan malu atau takut bertanya pada perusahaan asuransi tersebut jika anda tidak mengerti dengan isi perjanjian

Tip Memperoleh Persetujuan Kredit :
  1. Tidak pernah masuk blacklist APPI dan BI checking
  2. Dokumen persyaratan harus lengkap dan sesuai kondisi sebenarnya
  3. Besaran angsuran yang diambil harus sesuai dengan kapasitas finansial anda Bu Betty sendiri bilang bahwa beliau lebih memilih ringan di besaran angsuran (dengan kata lain, mending DP besar daripada DP kecil)
  4. Penuhi syarat minimum uang muka (DP)
  5. Memiliki tempat tinggal tetap yang jelas
  6. Tujuan pembiayaan jelas: produktif atau konsumtif
  7. Jadilah calon konsumen yang kooperatif dalam memberikan jawaban ketika proses survey

Itu tip-tip yang saya dapatkan. Namun, semua kembali lagi ke Teman ReeNgan. Saran saya, berpikirlah seribu kali ketika memutuskan untuk membeli mobil. Jangan sampai hanya karena panas dengan teman atau tetangga yang sudah punya mobil, trus ikutan beli mobil padahal finansialnya belum mampu. Yang harus diingat dan diperhatikan adalah kredit mobil itu ada bunga dan besar pinalti yang dibayarkan kalau  menunggak pembayaran. Misalnya pun terpaksa untuk kredit mobil karena kebutuhan, kalau bisa memilih yang tidak berbunga (jika ada) atau yang benar-benar sesuai dengan kemampuan finansial selama tahun angsuran. Jika belum mampu, mending nabung saja dulu yang rajin, seperti seorang penjual gudeg di Yogyakarta yang membeli mobil pick up dengan tunai dari hasil menabungnya. Sama dengan saya, Pak Indra juga memilih membeli tunai daripada kredit. So, be patient ya Guys! ^_^ [Riski Ringan]

5 comments:

  1. ternyata kredit mobil lewat mpm finance gak ribet ya mba Riski, jadi pengen ambil kredit mobil buat usaha juga jadinya :)

    ReplyDelete
  2. Dua bulan telat bayar udah dagdigdug tiga bulan ditarik leasing. Kadang kalau tanpa perencanaan matang itulah yang terjadi. Bair untung bagaimana? Ya ikutin tips ditulisan ini ya mak?

    ReplyDelete
  3. Mobil123 emang keren banget kok :D bermanfaat banget

    ReplyDelete
  4. Wah bener juga ya, kendaraan utk investasi, kl digunakan utk usaha jg ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi investassi jangka panjang ya tanah atau properti itu, mantap banget

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...