Thursday 11 May 2017

Menata Layar Depan Smartphone Ala ReeNgan

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Hai Teman ReeNgan! Apa kabarnya? 

Saya pernah membuat postingan tentang menata aplikasi di smartphone. Saya bikin postingan itu gara-gara smartphone saya jadi lola (lama loadingnya). Trus saya googling cari cara biar loading smartphone saya agak cepat. Ada beberapa cara sih, saya coba yang saya bisa saja trus waktu itu alhamdulillah loadingnya jadi lumayan cepat. Nah, poin terakhir di postingan itu, saya menyarankan untuk menata aplikasi tersebut berdasarkan warna. Saya senang saja kalau warna-warna aplikasi disatukan, tapi ada kekurangannya ternyata. Untuk mencari satu aplikasi, kadang saya mesti swipe layar beberapa kali. 

Postingan terkait : Menata Aplikasi di Smartphone


Ini cara lama saya

Akhirnya, atas saran Teman ReeNgan di kolom komentar postingan itu, saya mulai memasukkan aplikasi ke dalam folder-folder tertentu. Folder-folder itu saya taruh di layar depan smartphone. Sekarang, ketika membuka kunci/password smartphone, saya langsung bisa melihat semua aplikasi yang sering saya pakai di layar depan. Selain itu, dari banyak aplikasi yang sering saya pakai, hanya membutuhkan satu layar saja. Jadinya saya tidak swipe banyak-banyak untuk menemukan aplikasi yang saya cari.

Layar depan smartphone saya sekarang

Tadinya saya punya 10 folder, lantas saya kurangi menjadi 7 folder saja. Banyaknya folder itu berbeda-beda tiap orang, disesuaikan dengan kebutuhannya. Ketujuh folder yang saya buat di layar depan antara lain:

TOOLS
Berisi aplikasi playstore, period tracker, mylink M2Y, kalkulator, perekam suara, google maps, GPS tracking, clean master, BCA mobile, dan WPS office. Semua aplikasi itu adalah aplikasi yang sering saya pakai tapi kalau dimasukkan ke dalam folder masing-masing, maka akan ada banyak sekali folder. Karenanya saya beri nama foldernya dengan tools/peralatan.

Postingan yang ada Period Tracker-nya : Menstruasi / Period
 
EMAIL
Aplikasi email saya ada dua. Ada yang bawaan dari smartphonenya dan ada aplikasi dari gmail. Saya membutuhkannya ada di layar depan HP agar saya tahu bahwa ada email masuk atau belum saya baca.

AGENDA
Dalam folder agenda, ada 3 aplikasi yang saya masukkan, yakni google s planner, jam, dan memo. Google S Planner ini penting sekali untuk saya mencatat jadwal atau kegiatan saya di tanggal-tanggal tertentu. Bila ada siswa bimbel yang ingin janjian belajar tambahan, saya tinggal membuka aplikasi ini untuk mengetahui kapan waktu kosong saya. Sedang memo, saya gunakan untuk menulis ide yang lewat, atau menulis daftar belanjaan dan daftar bawaan (intinya untuk menulis lah, hehehe).

ENTERTAIMENT
Mungkin folder entertainment/hiburan adalah folder yang sering saya buka. Di dalam folder ini ada aplikasi radio, google play music, webtoon, permainan/game (saat ini sedang main dessert chain, enggak tahu besok ^_^), dan salaam. Bagi Teman ReeNgan yang tahu aplikasi salaam, mungkin bingung kenapa saya letakkan di folder hiburan. Alasannya karena pingin saja ^_^. Untuk webtoon sendiri sudah pernah saya bahas di postingan tersendiri di ReeNgan ini.


TRANSPORTATION
Adakah Teman ReeNgan yang follow saya di twitter? Hehehe ngarep banget lah beneran. Twitter saya @riskiringan, bila Teman ReeNgan ingin follow. Di profil twitter saya sebutkan bahwa saya adalah commuter line and ojek online user. Jadi enggak berlebihan kalau saya punya folder khusus untuk aplikasi transportasi online. Di folder tersebut ada 3 aplikasi, yaitu Go-Jek, Grab, dan KRL Access. Aplikasi KRL Access sendiri baru beberapa bulan ini saya pasang kembali setelah saya uninstall beberapa tahun sebelumnya. Alhamdulillah, aplikasi KRL Access yang sekarang jauh lebih ringan dan jadwal commuternya juga update.


PICTURE
Folder ini saya dedikasikan untuk kesukaan jeprat-jepret saya, hehehe. Aplikasi yang saya masukkan ke dalam folder ini adalah galeri, kamera, dan PicsArt. PicsArt sendiri saya pilih setelah saya coba beberapa aplikasi edit gambar. Walaupun sebetulnya menyedot banyak tempat sih. Alasannya sendiri sudah pernah saya bahas di postingan tentang 10 aplikasi penting yang ada di HP saya.

SOCIAL MEDIA
Wuiiihhh... zaman sekarang, yang punya smartphone kebanyakan malah hampir semuanya punya aplikasi social media, yekan?! ^_^ Aplikasi social media yang saya install di smartphone ada facebook, twitter, instagram, line, dan whatsapp. Namun, yang saya masukkan di folder layar depan hanya instagram, line, dan whatsapp. Alasannya? Bulan Maret 2017 tepatnya, saya mulai sadar bahwa saya kok hampir ketergantungan dengan facebook, twitter, dan youtube ya, sehingga beberapa pekerjaan rumah saya ada yang terbengkalai dan banyak waktu terbuang. Akhirnya saya memutuskan untuk membuang aplikasi-aplikasi tersebut dari layar depan tapi tidak saya uninstall. Alhamdulillah, sebulan ini intensitas melihat facebok dan youtube saya mulai berkurang. Saya hanya membuka aplikasi tersebut di jam-jam tertentu saja dan saya waktu.

Btw, smartphone saya adalah Samsung Galaxy Prime. Caranya untuk membuat folder di layar depan yaitu:
  1. Tekan gambar aplikasi agak lama sampai muncul layar depannya
  2. Lalu geret/tarik gambar aplikasi tersebut di pilihan "Membuat Folder" (kiri atas)
  3. Beri nama folder sesuai keinginan Teman ReeNgan
  4. Selesaaii..!! ^_^
Selama sekitar setahun lebih ini saya memakai sistem itu. Cara menata seperti itu memudahkan saya ketika akan mengakses aplikasi yang saya butuhkan. Terimakasih Teman ReeNgan yang sudah memberikan sarannya untuk saya. Teman ReeNgan sendiri, bagaimana cara menata aplikasi di layar depan smartphonenya? ^_^ [] Riski Ringan

4 comments:

  1. Tampilan layar smartphoneku masih gaya lama, meski tidak begitu banyak aplikasi sih. Aku juga mulai mengurangi ketergantungan pada sosmed nih.

    Thx sharingnya ya mbak :)

    ReplyDelete
  2. Layar smartphoneku masih terlihat beberapa aplikasi. Wah ... Kudu belajar dibuatin 'folder' nya nih :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...