Friday 7 July 2017

Ngobrolin Film Spiderman: Homecoming yang Karakternya Beda Banget dari Film Spiderman Sebelumnya

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Semua gambar dan video dalam postingan ini berasal dari http://www.spidermanhomecoming.com/

Hari Selasa (4 Juli 2017), suami saya sudah geger minta saya tanya ke petugas bioskop apakah bisa pesan tiket film Spiderman : Homecoming untuk Rabu (5 Juli 2017). Petugas di bioskop dekat rumah bilang belum bisa, baru bisa besok karena filmnya juga baru tayang perdana besok. Trus malamnya, suami minta saya membuka web bioskop tersebut buat ngelihatin Spiderman-nya tayang di mana saja. Ternyata bioskop dekat rumah tidak memutar film Spiderman : Homecoming ini. Yaaahhh... agak kecewa dia, wkwkwk. Paginya, saya berinsiatif mengecek lagi web bioskop tersebut, dan ternyata bioskop dekat rumah menayangkannya! Cihuy.. langsung saya hubungi suami biar dia saja yang beli tiketnya, hehehe.

Suami saya itu suka nonton hampir semua filmnya Marvel. Makanya pas di Civil War itu muncul sosok Spiderman yang karakternya beda jauh banget dengan Spiderman sebelumnya, dia langsung cari-cari kapan tayang film Spiderman sendiri. Biasanya kan, kalau di film Marvel ada tokoh baru berarti bakal muncul filmnya si tokoh itu sendirian, hehehe. Kata suami, kursi kesayangan yang di jam-jam sebelum jam 21.45 WIB sudah terisi, akhirnya beliau membeli tiket yang jam 21.45 karena kursi kesayangannya belum terisi. Kursi kesayangannya itu yang berada di tengah-tengah enggak deretan paling depan atau belakang atau di pojokan dan tempat kakinya luas, hehehe. Ternyata, setelah filmnya akan dimulai, semua kursi di jam itu full sampai deretan paling depan tidak bersisa, WOW!

Peter Parker dengan baju Spiderman buatan Tony Stark

Eh, preambulenya kelamaan ya, hehehe. Di postingan kali ini, saya enggak memisah-misahkan sub judul seperti postingan film yang lain ya, enggak apa kan? 

Oke, begini ceritanya. Setelah ikut dalam misinya the Avenger, dimana Peter Parker menyebutnya sebagai Magang di Stark Industry, Peter Parker diantar oleh Happy ke rumahnya dan menjalani kehidupannya seperti biasa. Namun, Peter masih terobsesi dengan pertarungan menegakkan keadilan yang memicu adrenalin, sehingga dia terus-terusan bertanya pada Happy kapan misi selanjutnya. Namun, Happy tidak menanggapinya. Untuk mengisi waktu luangnya, Peter Parker dalam sosok Spiderman berusaha menjadi teman masyarakat dan menegakkan keadilan di kotanya, seperti menangkap pencopet dan membantu orang-orang tua. Dia selalu mengabarkannya ke Happy & berharap bahwa Tony Stark menanggapinya lalu memasukkannya ke tim the Avengers.

Ned & Peter Parker

Kegiatan itu membuatnya menjadi tidak semangat belajar dan menarik diri dari pergaulan. Sampai suatu saat salah satu sahabatnya mengetahui bahwa dia adalah si Spiderman. Sahabatnya itupun lantas bilang ingin menjadi asisten superhero ke Peter, tapi Peter menolaknya dan memintanya merahasiakan jati dirinya itu. Hingga pada suatu waktu, Peter melihat ada perampokan di ATM center dan perampoknya menggunakan senjata yang tidak biasa. Kemudian, dia bertemu lagi dengan perampok tersebut saat transaksi jual beli senjata yang membuatnya berurusan dengan Vulture (tokoh antagonis di film ini). Sejak saat itulah, dia dan sahabatnya, Ned, berusaha untuk mengetahui senjata yang diperjual belikan tersebut dari kepingan senjata yang tertinggal. Intriknya dimulai dari sini.

Vulture

Sebelumnya, di film Civil War, Tony Stark kan memanggil khusus si Peter Parker buat membantu the Avengers. Nah, disitu saya sudah melihat ada yang berbeda nih dari karakter Peter Parker yang ini dengan yang sebelumnya. Yang sekarang ini lebih ceria, dan slengean khasnya anak SMA lah. Bahkan di pembukaan film Spiderman : Homecoming, si Peter Parker sempat memvideokan (istilah kerennya ngevlog) waktu duelnya The Avengers dengan timnya Captain America. Sempat gitu ya ^_^.

Adegan pembuka Spiderman : Homecoming ini masih ada kaitannya dengan salah satu atau dua adegan film Civil War. Jadi mungkin lebih baik yang belum nonton Civil War, nonton deh setelah nonton Spiderman ini, ya ya ya.. *maksa*. Yang saya suka di film Spiderman yang ini adalah tidak ada kilas balik alasan Peter Parker menjadi Spiderman, tidak seperti di film Deadpool atau Batman vs Superman. Kenapa saya suka? Ya.. buat apa coba dibikin scene penyebab Peter Parker jadi Spiderman, kan yang nonton sudah pada tahu.

Karena filmnya masih tayang, jadi saya enggak mau spoiler kebanyakan ya. Namun, ada banyak hal yang saya suka dari Spiderman : Homecoming, 
  • Tokoh-tokohnya muncul dengan pendalaman karakter yang baru. Seperti Peter Parker sendiri walaupun tetap menjadi korban bully, tapi dia masih ceria, meledak-ledak, suka mencari perhatian, cerdas, dan ramah dengan siapa saja khasnya sifat remaja SMA. Aunty May pun digambarkan dengan sangat berbeda, yakni lebih muda, humoris & enerjik walaupun masih sama sangat mengkhawatirkan Peter Parker. Yang saya kaget adalah penggambaran karakter MJ. Di sini MJ bukanlah cinta pertamanya Peter Parker (lihat sendiri deh ya).
  • Adegan humor yang tidak mengada-ada atau terkesan dipaksakan, walaupun banyak.
  • Tokoh antagonis yang keren karena memegang janji (jarang kan ada penjahat yang pegang janji?). Selain itu, karakter tokohnya dibangun sangat kuat tapi tidak sampai membuat karakter Spiderman tersingkir.
  • Pertarungan epik dengan tokoh antagonis yang tidak dibuat sepintas lalu saja, tidak seperti di Transformer yang terakhir
  • Perang batin Peter Parker ketika dihadapkan pada suatu masalah ini digambarkan sangat wajar seperti remaja pada umumnya
  • Kisah cinta yang tidak mencolok sehingga memakan porsi film. Di sini kisah cintanya ada, tapi tidak memakan posri film itu sendiri. Adegan cintanya hanya 1 kali ciuman, lainnya tidak ada. Filmnya juga PG-13 (untuk usia 13 tahun) kali ya.
  • Kostum laba-labanya yang ini dibuat oleh Tony Stark, bukan oleh dirinya sendiri. Tentu, Tony kalau membuat kostum kan dilengkapi teknologi canggih. 


Untuk pesan moralnya (eaaa kayak di webtoon saja), maksudnya nasihat yang saya dapat dari film ini adalah,
  • jangan karena dia lebih muda trus kita mengabaikan ide-idenya begitu saja
  • hubungan antara keinginan, pendidikan dan pertemanan haruslah seimbang
  • ketika muncul perasaan ingin menyerah dengan keadaan, ingatlah kembali kenapa kita memilih jalan itu


Judul : Spiderman: Homecoming
Berdasarkan : Komik dari Marvel oleh Stan Lee & Steve Ditko
Genre : Action & Adventure, Sci-fi & Fantasy, Drama
Sutradara : Jon Watts
Penulis skenario : Jonathan M. Goldstein & John Francis Daley
Studio : Sony Pictures 
Rating : PG-13 (13 tahun ke atas)
Durasi : 2 jam 13 menit
Pemeran : Tom Holland (Peter Parker), Michael Keaton (Vulture), Robert Downey Jr (Tony Stark), Jon Favreau (Happy), Marisa Tomey (Aunty May), Jacob Batalon (Ned), Zendaya (Michelle)
Penilaian dari : Rotten Tomato 93% & IMDB 8,3/10

Setelah baca artikel ini, Teman ReeNgan ada yang mau nonton Spiderman: Homecoming? ^_^ [] Riski Ringan

11 comments:

  1. aahh aku belom nonton pelem spiderman yang baru ini Mak, kemaren kbagian menunggu sama buIbu temannya Olive.Anaknya menonton emak2ny mamam2 hihhii..

    *tapi tetep ganteng yaa kang spidermannya eehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang gantian, Teh. Emak-emaknya nonton, anaknya pada mamam, hehehe.

      Delete
  2. Aku kemarin baru nonton dan aku sukaaa mba.. Paling suka film Spiderman yg ini, karakter Peter Parker jg rasanya paling pas diperanin sama Tom Holland.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, Kak Dita. Saya juga suka banget sama yang ini, walaupun yang lain punya karakteristik masing-masing. Yang ini banyak kocaknya & mengingatkan saya saat masih remaja, eaaa ^_^

      Delete
  3. Wah aku pengen nonton ini dan filkop deeeh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum nonton Filosofi Kopi 2. Moga filmnya nggak kalah bagus dengan yang pertama, aamiin.. ^_^

      Delete
  4. Entah kenapa saya nggak tertarik dengan Spiderman Homecoming :v mungkin karena aktornya yg kurang saya suka. Tapi begitu liatt ulasan dimana-mana, termasuk blog ini, jadi menggugah selera :v

    Btw, mampir juga ke blog saya yah :D Personal blog juga wkwk

    ReplyDelete
  5. Aaak ku belum nontooon mbaaak jd penasaraan. . Btw makasih sharingnyaa yak 😀

    ReplyDelete
  6. Filmnya lumayan menghibur, beda karakter pemeran Spiderman kali ini lebih abege dibanding film Spiderman sebelumnya hehe

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...