Monday 6 March 2017

Kalau Saya Beli HP Baru, 5 Fitur Ini Yang Saya Mau ^_^

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Mungkin ada sebagian Teman ReeNgan yang tanya, "Kenapa Ris sama HP yang sekarang?" Alhamdulillah dia baik-baik saja. Saya pingin ada jawaban saja kalau ada yang tanya, "Misalkan kamu beli HP baru, kamu pingin yang seperti apa?" *ngareeeeepppp* ^_^. Ya guys, maklumi saja ya, ulang tahun saya kan sebentar lagi.

Jadi, sekarang kan sudah banyak muncul HP baru yang harganya miring, tapi fitur-fiturnya banyak. Saya sebenarnya enggak ngerti-ngerti banget sih semua fitur yang njlimet-njlimet itu. Tapi, sedikit-sedikit saya belajar lah kalau saya pingin fitur ini bagus tuh mending yang kayak gimana. Enggak muluk-muluk sih fitur yang saya inginkan, yang penting bisa mendukung kegiatan saya yang cenderung membutuhkan internet yang stabil kecepatannya, RAM & kapasitas simpan internal & eksternal yang cukup untuk hobi motret saya, dan ya kalau gitu pastinya kamera yang juga mendukung. Selain itu, apalagi yang saya inginkan? Yuk cekidot ke bawah!

Sebelumnya, kalau misalnya nanti membeli HP/smartphone baru, kisaran harga yang saya bisa jangkau untuk saat ini antara 1,5-2,5 jutaan saja. Di atas itu, saat ini saya masih belum bisa karena yaaa, uangnya saya tabung untuk bisa bikin home sweet home dulu, hehehe.

JARINGAN
Jenis jaringan dalam HP katanya penting banget buat mendukung kecepatan internet. Saya enggak maulah misalnya lagi browsing-browsing atau lagi bikin status di facebook trus pas mau publish, loadingnya lamaaaa banget. Jenis jaringan yang saya pingin itu apa? Minimal yang 3G atau kalau bisa yang sampai 4G. Soalnya sekarang kan jamannya 4G ya, walaupun belum merata di semua daerah. Saya doakan semoga 4G cepat menjangkau dan merata di semua daerah di Indonesia, aamiin.

PLATFORM/OS
Teman ReeNgan mungkin kurang familiar menyebut kata platform, tapi kalau ditanya "HP kamu itu pake apa? Android, Mac atau Windows? Kalau android, android yang berapa?" mungkin bakal ngeh ya. Saya juga belum paham kok apa itu platform sampai suatu saat saya bikin tulisan tentang spesifikasi HP. Tapi emang enaknya langsung to the point tanya "Maunya android yang berapa?". Saya maunya yang Lollipop atau kalau bisa yang Marshmallow kayak HP Lenovo A6600 plus. Yap, saya masih belum familiar dengan platform selain Android. Jadi kalau misalnya dalam waktu dekat, saya ketiban rejeki bisa beli HP baru ya saya masih milih yang android dengan OS Lollipop atau Marshmallow atau yang lebih tinggi lagi kalau bisa. Kenapa sih pilihnya yang itu? Lagi-lagi balik ke kecepatan internet. Kata beberapa website HP yang saya baca, platform juga mempengaruhi kecepatan dan kestabilan internet. Saya butuh internet yang stabil untuk mendukung hobi ngeblog saya dan mencari bahan ajar Biologi yang you knowlah pasti banyak gambar dan banyak situsnya dari luar negeri.

Lenovo A6600 Plus

BATERAI
Beberapa bulan ini, HP saya hampir tidak pernah saya matikan. Saya suka memotret dimanapun dan kapanpun, sering livetweet kalau lagi ada acara atau lagi dalam perjalanan atau lagi sendirian, dan suka ditemani youtube atau radio atau musik online saat saya melakukan pekerjaan rumah tangga. Semua itu menghabiskan baterai. Yaa habis gimana lagi coba, TV kan enggak bisa dipindah-pindah. HP saya yang sekarang, kapasitas baterainya 2600 mAh, dan itu bisa saya isi ulang 2-3 kali sehari ((SEHARI)). So, HP baru saya nanti ya harus lebih banyak kapasitas baterainya, minimal yang 4000 mAh gitu, biar ngisinya bisa 2 hari sekali ajah ^_^.

MEMORI
Ini nih Teman ReeNgan yang penting juga buat saya kalau saya beli HP baru nanti *masih ngayal, Bu? Masihlah*. Memori HP itu buat apa sih? Ya biar bisa nginstall banyak apps, biar bisa nyimpen foto dan video yang banyak tapi loading HPnya masih cepat aja. Ada HP yang kayak gitu? Ada lah, jaman sekarang gitu loh! hehehehe. Nanti kalau bisa memori internalnya yang 32 GB, trus memori eksternalnya bisa sampai 256 GB. Dan jangan lupa, RAMnya nanti yang 3GB, etapi 2GB juga enggak apa-apa lah. Kemarin sih, saya baca di web HP, HP Lenovo terbaru seperti Lenovo Vibe K6 Power punya memori segitu.

Lenovo Vibe K6 Power
KAMERA
Yap, enggak bisa dipungkiri, saya suka motret walaupun enggak suka selfie. Motretnya bisa dimanapun dan kapanpun. Soalnya kadang sesuatu yang menurut saya indah atau suatu peristiwa itu bisa muncul dimanapun dan kapanpun, kan? Bila hasilnya bagus dan bening kan enak dipandang mata. Saya meyakini sih, keahlian memotret itu akan semakin terasah jika kita sering motret dan ngoprek fitur kamera. Namun, apa salahnya  kita memakai kamera yang mendukung kan ya, hehehe. Saya suka kamera yang sudah punya autofocus, karena mudah kalau mau motret obyek yang kecil atau langsing-langsing. Kamera HP yang saya inginkan itu kalau bisa sih kamera depannya 5-8 MP, dan kamera belakangnya 13-16 MP.
Salah satu hasil foto saya
Itulah guys, 5 fitur yang saya mau kalau misalnya saya beli HP baru. Dengan rentang harga yang saya sebut di atas, saya yakin banyak jenis HP yang sudah punya fitur-fitur tersebut. Teman ReeNgan ada yang sedang cari HP baru? Fitur-fitur seperti apa yang Teman ReeNgan inginkan? Ngobrol bareng yuk, biar saya jadi nambah informasi juga... ^_^. [Riski Ringan]

6 comments:

  1. pingin beli smartphone baru, dananya sih cekak tapi pinginnya fiturnya macem2 komplet hahaha. kalo aku lebih condong ke xiamoi mb ^^

    ReplyDelete
  2. Buatku kalo hp pokoknya kamera dulu, krn aku suka nulis ttg kuliner :p, jd butuh bgt yg kamera yahud mba :D. Trs baru ram nya minimal 3 deh.. Dibawah itu aku rada susah krn jd lemot, secara banyak aplikasi yg aku pasang :D. Baru kemudian batrenya yg hrs awet.. :D. Alhamdulillah udh dapet yg features nya sesuai ama yg aku mau :)

    ReplyDelete
  3. Satu lagi mungkin sebagai tambahan, kualitas spekernya, harus yang kuat, benung dan tidak kemresek

    ReplyDelete
  4. aku mah beli HP rekomendasi suami terus mba hahaha abis gaptek bingits sama yg kek ginian jd terima bersih deh ga pernah galau klo mau beli HP :P

    ReplyDelete
  5. Saya paling suka kalau hpnya punya kamera ok, supaya gak perlu tenteng2 kamera lg hehe

    ReplyDelete
  6. Hpku baru aja mati total pdhl belum ada setahun. Hp sekarang banyak yg nggak awet. Lagi baca2 review dulu sebelum beli. Thanks.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...