Monday 27 October 2014

Hari Blogger Nasional : Saya Ngeblog

Selamat hari blogger nasional :).

Header-header ReeNgan
Saya mengenal blog ketika saya masuk kuliah tahun 2004, bertepatan pula dengan saya mengenal internet dan facebook. Telat banget ya.. :). Ya itulah, karena pada tahun itu, smartphone belum ada, warnet belum menjamur, dan modem kecil belum dibuat, serta saya sebelumnya tinggal di desa kecil. Waktu itu saya masih menggunakan blog sebagai sumber informasi yang saya cari, saya masih menjadi pembaca. Blog yang saya baca pun hanya seputar blog-blog universitas lain dan blog yang berisi jurnal nasional dan internasional tentang Biologi. Saya tidak begitu tertarik mengulik tentang blog, apalagi menulis di blog. Saat itu saya berfikir, saya mau nulis apa kalau saya bikin blog, hehehe.

Saya baru berani mendaftar di blogspot bulan Februari 2013. Setahun lebih setelah saya merantau ke Jakarta dan baru punya laptop serta modem. Alasan saya membuat blog itu sederhana, saya kesepian, saya harus mencari hobi agar otak saya tidak tumpul. Saya termotivasi oleh craft blogger luar negeri, blog mereka bagus-bagus dan mereka itu kreatif serta produktif sekali. Selain posting tentang craft dan tutorialnya, kadang mereka juga posting tentang pengalaman mereka. Saat itu saya berfikir, kenapa saya nggak ngeblog juga ya?

Dengan berani, saya mendaftar di blogspot lalu menulis postingan. Postingan-postingan pertama masih agak norak-norak bergembira gitu, hahaha (jadi malu sendiri). Pertama, kedua, ketiga postingan saya tidak ada yang berkomentar. It's okay, karena saya kan masih baru ya. Kemudian, saya ikut giveaway dari Superio's Mom, kalah, tapi akhirnya ada yang komentar di postingan tersebut. Komentator pertamanya adalah Riesta Bacil (blognya sekarang jarang update). Senang tiada terkira, akhirnya postingan saya ada yang berkomentar :). Terus saya didaftarkan oleh Ila Rizky ke sebuah komunitas blogger perempuan, Kumpulan Emak-Emak Blogger (KEB). Anggotanya aktif sekali ngeblog, setiap hari ada saja postingan terbaru yang nongol di timeline grup. Saya termotivasi dong.

Bersama MakMin KEB & MakPan SB 2014 (sumber fotonya dari siapa ya?)

Saya pun mulai belajar dari blog-blog lain, ikut masuk ke beberapa komunitas blogger seperti Warung Blogger, Dari Perempuan dan Blogger Reporter Indonesia. Banyak pelajaran ngeblog yang bisa saya ambil. Bebenah blog, mempercantik blog, menyederhanakan tampilan, dan berusaha konsisten dengan jati diri saya dalam menulis apapun yang menjadi kenangan baik untuk saya. Ikut lomba, membuat jalinan silaturahmi, mengenal banyak orang dari ngeblog. Tak lupa, pelajaran beretika dalam ngeblog, menghargai hasil karya orang lain, bahkan pelajaran tentang Undang-undang ITE pun saya dapatkan dari ngeblog ini :).

Berkesempatan meliput Peluncuran Sony PS4 di hotel Ritz Carlton Jakarta
Ketika saya jatuh, sedang galau atau sedang ada masalah dengan diri saya sendiri, eh ndilalahnya ada teman blog yang posting tentang jawaban dari masalah saya (walaupun saya tahu, itu postingan bukan untuk saya, hehehe). Saat saya bahagia, saya akan menuangkannya dalam bentuk tulisan di blog ini :).
Mbak Tri Sapta, saya, Mbak Nunik Utami, Mak Elisa, Mbak Hani di #SundaySharing 9
(sumber gambar: https://www.facebook.com/blogdetik)
Alhamdulillah, sudah setahun lebih ini saya ngeblog. Walaupun masih sangat baru, saya banyak mendapatkan manfaat dari ngeblog. Saya jadi punya banyak teman baru sehingga saya tidak merasa kesepian di Jakarta ini, mendapatkan pengalaman-pengalaman berharga, bisa berbagi, pergi ke tempat-tempat dan bertemu dengan orang-orang yang dulunya hanya bisa saya temui lewat mimpi.


Yuk ah, para blogger.. terus ngeblog ya. Boleh ngeblog apa saja asal jangan menyinggung SARA dan SARU, karena blog kita sebenarnya merupakan cerminan kepribadian kita yang bisa dibaca oleh jutaan orang :).

28 comments:

  1. berarti aku kenal mbak riski dari header yang kedua ya :D

    selamat hari blogger nasional ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, berarti sudah lama juga ya, Mbak Sari kenal dg blog saya, terimakasih sdh sering berkunjung ke sini Mbak.. :)

      Delete
  2. Replies
    1. Yuhuuuu.... Neng Tante juga kereeeennn... dan gokil abeess...

      Delete
  3. Ngeblog emang asyiiiik bangett ya mak...
    Bisa bikin nyandu, hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget udah kecanduan akut :)

      Delete
    2. Yang kecanduan siapa ya???
      *tunjuk hidung sendiri* hehehehe

      Delete
    3. Aku juga ikutan kecanduaaaaan :)
      *nyamber aja sih*

      Delete
    4. Bibiiii nyamber boleh kok, asal isi kulkasnya dibawa ke sini juga :D

      Delete
  4. Selamat hari raya blogger nasional ya...

    ReplyDelete
  5. Riski ini konsisten pokoknya aku sukaaa :D
    Tulisannya juga ringan enak dibaca dan sesuai judul blog nya ya Riskiringan hehehe
    Wah udah dari 2004 ngeblog ya? mantappp oh ya, dulu kita berasumsi bahwa yg punya blog itu cuma perusahaan atau artis saja ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... jadi malu lah...
      Tahun 2004 itu hanya sekedar mengenal saja Teh...
      Baru terjun langsung bikin blog itu tahun 2013... :)

      Delete
  6. Baru tahu kalau kemarin ternyata Hari Blogger Nasional :-(
    Mungkin karena saya yang kuper :-)
    Tahunya hari ini "Soempah Pemoeda"

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kemarin hari blogger nasional, sekarang hari sumpah pemuda.. komplit lah pokoknya... :) bulan ini banyak hari nasionalnya :)

      Delete
  7. Mak Riski, aku suka headernya yang pertama lho! lucu *lospokus*

    ealah, aku aja kenal blog 2008, Mak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... yg itu unyu banget, aku juga suka. mencerminkan kepridaian saya yg unyu, ceria, rajin menabung, suka menolong, dan tidak ngompol lagi kalo bobok.. hahahaha
      Sayangnya ga saya simpan di file .psd Mbak... hiks

      Delete
  8. Dari ngeblog aku kenal emak2 hebat, termasuk dirimu..... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mak Lies juga hebat, ceria, enak diajak ngobrol. Andai dikau di Jakarta, InsyaAllah saya sering mampir buat numpang makan sama curhat, hehehe... :)

      Delete
  9. Mbak, header yang pertam lucuu, ya. Hehehe
    Masuk komunitas makin banyak teman ya, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya Dah, lucu..imut. Itu bener-bener aku banged deh.. hahahaha
      *diguyur pake dawet segerobak*

      Delete
  10. belum lama ngeblog tapi dah malang melintang nih si emak hehehe..mak riski keren banget deh
    maaf baru bewe,,dirapel heheeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... belum malang melintang juga sih Mbak Hanna, saya masih harus banyak belajar. :)

      Delete
  11. yeay… sekarang yang komen udah lebih ramai ya, mak. Maaf kalau aku nggak selalu mampir ke sini. Selalu ta usahakan pokoknya. Terus berbagi inspirasi mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Mak, dengan berkomunitas, trus sering BW meinggalkan komentar, trus berteman dengan teman2 blogger, saya jadi tambah senang ngeblog :)

      Delete
  12. hmmm hari blogger nasional bisa rame banget ya kak kyk gtu :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...