Monday 26 December 2016

5 Webtoon Romantis Favorit ReeNgan di Tahun 2016

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Setelah kemarin saya nulis 5 postingan ReeNgan dengan pageview terbanyak selama 2016, hari ini saya mau menulis tentang 5 webtoon romantis favorit saya di tahun 2016. Teman ReeNgan enggak usah kaget gitu deehh tahu saya suka baca webtoon, hehehe. Ya kan komik itu tidak memandang usia kan? Walaupun penggemar webtoon kebanyakan adalah remaja, tapi saya tetap suka. Sampai saya jadi tahu istilah cogan alias cowo ganteng, wkwkwk.

Dari tadi ngomongin webtoon, trus webtoon itu apa sebenarnya, Ris? Gini, webtoon itu adalah sebuah perkembangan dari komik, so webtoon itu ya komik. Cuma webtoon ini adalah komik digital. Aplikasi webtoon ini adalah bikinan dari Naver. Gambarnya mirip dengan komik, hanya gambarnya tidak dikotak-kotak seperti komik. Cara membacanya juga hanya dengan menyekrol ke bawah, kalau komik kan ada yang membacanya dari kiri ke kanan atau kanan ke kiri. Trus ada beberapa webton yang gambarnya bisa bergerak atau webtoon yang dilengkapi suara. Gambar bergerak atau suara ini bisa membuat kita jadi tambah menghayati membaca webtoon. Contohnya nih, waktu saya enggak bisa tidur malam, saya malah membaca webtoon Creep yang gambarnya bisa bergerak dan ada soundtracknya, saya pernah spontan melempar HP saya (untung jatuhnya di kasur, huft..).

Genre webtoon sendiri ada yang drama, fantasi, romance, slice of life, komedi, thriller, dan horor. Saya suka baca semua genre, tapi tetap ya saya paling suka yang genre-nya romance, atau drama dan fantasi tapi isinya banyakan romance-nya, hehehe. Di postingan ini, saya cerita soal 5 webtoon romantis yang saya baca di tahun 2016 ya, untuk genre lainnya saya tulis Januari 2017 saja apa ya? Ini nih...

1. UNTOUCHABLE


Disclaimer: Webtoon Untouchable mengandung adegan bermuatan dewasa. lebih baik dibaca oleh yang sudah berumur 18 tahun ke atas.

Author (sebutan di webtoon untuk para pembuat webtoon) Untouchable adalah wanita Korea Selatan bernama Mat Seu Ta atau lebih dikenal dengan nama Massstar. Sampai postingan ini terbit, Untouchable sudah sampai 125 episode di webtoon Indonesia. Ceritanya, di dunia ini keberadaan vampir itu sebenarnya nyata, hanya saja mereka sudah tidak menghisap darah manusia lagi. Sebagai gantinya, mereka mendapatkan energi untuk hidup dari bersentuhan dengan manusia (kayak transfer energi gitu). Dunia vampir dan dunia manusia sudah membaur. Tapi, manusia tidak bisa membedakan penampakan vampir karena mereka mirip dengan manusia. 

Salah satu vampir yang menjadi tokoh utama di sini adalah Sia Lee, seorang vampir perempuan cantik yang berprofesi sebagai model. Dia bisa dengan mudah mendapatkan energi karena seringnya bersentuhan dengan banyak orang. Namun, suatu hari tanpa disengaja dia bersentuhan dengan seorang manusia pria bernama Jiho. Sia merasakan energi yang berbeda dan "enak", tetapi Jiho malah histeris. Ternyata mereka malah jadi tetangga. Sia berusaha mendekati Jiho, namun Jiho selalu menghindar. Setelah sekian lama berusaha, Sia baru tahu kalau Jiho itu menderita OCD kebersihan karena peristiwa tragis masa kecil yang dialaminya. 

Sia tetap berusaha dengan gigih untuk bisa dekat dengan Jiho. Dari mengembalikan buku Jiho halaman per halaman, sampai akhirnya membawa Jiho ke kakaknya yang seorang psikiater biar OCD Jiho sembuh. Selama perjuangannya itu Sia akhirnya sadar kalau dia mencintai Jiho, dan Jiho pun luluh dengan Sia. Mereka berdua akhirnya jadian. Namun, intriknya enggak sampai di sini. Sia ternyata sudah dicintai oleh sahabat vampirnya sedari kecil, namanya Baryu yang seorang vokalis band. Baryu menyatakan perasaannya ke Sia, tapi ditolak karena Sia sudah terlanjur mencintai Jiho. Lalu Baryu sikapnya jadi berubah. 

Trus tantangan selanjutnya datang dari Kakak dan Orangtua Sia, mereka akhirnya dengan terpaksa menjelaskan alasan Sia tidak boleh menjalin hubungan sangat dekat dengan manusia. Ternyata karena peristiwa masa kecil Sia. Nah, beberapa episode minggu ini bercerita tentang Sia yang sangat terpukul karena dia baru menyadari bahwa kehadirannya bisa sangat membahayakan Jiho, padahal dia sangat mencintai Jiho. Sedangkan Jiho menjadi ketakutan karena Sia dengan tiba-tiba bilang putus. Dia sudah memutuskan siapapun Sia, dia bisa menerimanya. Hanya saja Jiho sudah tidak tahu lagi keberadaan Sia dimana. Ceritanya masih bersambung nih, saya saja penasaran bagaimana akhirnya mereka nanti. Aaaaakkkk.... menunggu webtoon itu rasanya kayak naik roller coaster paling tinggi trus digelitikin pakai bulu ayam waktu turunnya *bisa dibayangkan? ^_^*.

2. MY PRE WEDDING


Author My Pre Wedding ini adalah komikus Indonesia lho! ^_^. Dia adalah Annisa Nisfihani. Latarnya My Pre Wedding adalah kota Kutai di Kalimantan. Webtoon My Pre Wedding sendiri sudah tamat di episode ke-26. Tapi tenang, ada sekuelnya yang masih bersambung sampai sekarang, yaitu "Pasutri Gaje". Hmmm... jujur nih ya, saya suka keduanya baik My Pre Wedding dan Pasutri Gaje, tapi dari segi cerita saya lebih suka dengan My Pre Wedding. 

Gimana enggak suka dan gemes coba, wong di episode pertama saja tokoh utama perempuannya sudah ditembak langsung buat nikah sama tokoh utama laki-lakinya. Padahal kedua tokoh utama ini enggak pacaran atau saling kenal lebih dalam sebelumnya. Ceritanya begini, kedua tokoh utama ini adalah PNS di kecamatan. Nama tokohnya siapa, Ris? Eh iya akika lupita, hehehe. Nama tokoh utama laki-lakinya adalah Adimas, biasa dipanggil Mas. Dan nama tokoh utama perempuannya adalah Adelia, dipanggilnya Ade.

Ceritanya di prolog (ini baru prolog lhooooo, belum episode 1), Adimas datang ke kantornya Adelia trus bilang kalau dia sudah memerhatikan dan diam-diam cari tahu tentang Adelia, trus Adimas bilang ke Adelia "Aku akan datang bersama orang tuaku dan meminangmu. Menikahlah denganku." PADAHAL mereka baru tidak begitu dekat dan tidak pernah ngobrol apapun selain pekerjan yang mana juga jarang ketemu bahas pekerjaan, JEDDER!! Reaksi Adelia bagaimana? Masih manusiawi kok, enggak webtooni, kaget banget lah. Adelia juga enggak langsung bilang iya kok, wong Adimasnya langsung ngeloyor pergi setelah ngelamar gitu. Mau tahu enggak alasan Adimas jatuh cinta dengan Adelia? Di episode 3 dijelaskan alasannya, hanya karena Adelia berhasil mengusir kecoa yang akan menyerangnya. Tenang, ini masih webtoon kok, hehehe. Akhirnya mereka PDKT, tapi ya gitu PDKTnya malu-malu. 

Sehari sebelum Adimas dan orang tuanya datang ke rumah Adelia, Adelia bilang ke orang tuanya kalau dia akan dilamar besok, dan cerita semuanya. Esoknya, ternyata Adimas dan keluarganya enggak datang. Adelia? Terpuruk sampai HPnya dibanting dan rusak. Besoknya baru Adimas datang, ternyata mereka berdua miskomunikasi. Tapi disini justru ayah Adelia yang enggak setuju. Dimulailah trik mengambil hati ayah beberapa episode. Setelah ayah Adelia setuju dan mereka sedang mempersiapkan pernikahan, datanglah cobaan ketiga yaitu mantan Adelia (ini juga beberapa episode). Tapi saya agak kurang sreg dengan ending si mantan ini akhirnya enggak mengganggu pernikahan Adelia dan Adimas. Ya masa karena dia menganggap Adelia adalah aset untuk usaha kecantikannya saja. Dan masih banyak lagi intrik dan peristiwa super seru yang bikin perut pegal karena tertawa berlebihan hingga akhirnya mereka berdua menikah.

3. TERLAMBAT JATUH CINTA



Webtoon Terlambat Jatuh Cinta ini dibuat oleh Xzbonbon. Kayaknya saya baca webtoon ini waktu sudah rilis beberapa episode deh. Saya dibikin penasaran waktu baca prolog. Di situ diperlihatkan adegan tokoh utama pria sedang bermain dinosaurus dan bintang di depan pemakaman, lalu alurnya seperti mundur. Saya bilang seperti karena webtoon ini belum tamat, jadi saya belum tahu twist apa yang nanti ditampilkan oleh author.

Terlambat jatuh cinta menceritakan tentang seorang mahasiswi bernama Elvira yang ngefans berat dengan seniornya yang bernama Barney. Kebetulan Barney itu populer di kampusnya dan ndilalah-nya diberi tugas untuk membimbing Elvira saat proses magang. Barney ini orang tuanya diceritakan terlalu memaksanya untuk menjadi yang terbaik dimana itu membuatnya tertekan. Di sisi lain, Elvira sangat senang karena pujaan hatinya bersedia membimbingnya. Dia berusaha memanfaatkan momen itu dengan sebaik-baiknya karena dia tahu bahwa waktunya sudah sedikit. Nah, di sini saya berpikir kalau nantinya Elvira bakal meninggal, tapi pikiran itu saya tepis karena biasanya cerita itu ada twist di akhir bagian.

Sebenarnya Terlambat jatuh cinta ini menurut saya intriknya kurang, malah hampir terkesan biasa-biasa saja. Ada sih beberapa cerita miskomunikasi, dan beberapa orang misterius yang hadir. Tapi ya hanya sekedar itu saja, bahkan ada di episode berapa gitu, ada laki-laki lain yang hadir dan menyimpan suatu rahasia, tapi trus menghilang begitu saja. Tapi entah mengapa, saya kok senang saja bacanya ya?

4. SIRENT LAMENT


Author Sirent Lament ini nama penanya adalah Instantmiso (sumpah ya, nama pena para author webtoon banyak lho yang imoet ^_^). Sirent Lament adalah salah satu webtoon yang diiringi soundtrack instrumental. Jadi kalau lagi baca webtoon ini di keramaian, usahakan pakai headset atau earphone yaaahh ^_^.

Ceritanya si tokoh utama yang bernama Lyra (perempuan) punya rasa cinta terpendam yang susah untuk diungkapkan kepada sahabat sedari kecilnya yang bernama Shon. Shon pun sebenarnya demikian, tapi karena banyak pertimbangan akhirnya dia juga belum bisa mengatakannya ke Lyra (ya ampun, ribet banget ya hidup para tokoh webtoon inih). Sampai akhirnya tanpa sengaja, Lyra terjebak pada kutukan Poseidon karena berciuman dengan seorang Sirent (putri/putra duyung) sehingga Lyra berubah juga menjadi seorang Sirent. Namun, yang terjadi bukan seperti itu, sang duyung bisa berubah menjadi manusia dan menjadi Sirent, Lyra pun demikian. Padahal harusnya, sang duyung bisa berubah menjadi manusia seutuhnya, walau kena air, dia tidak akan berubah lagi jadi Sirent. Yang harusnya berubah jadi Sirent total itu ya Lyra.

Ian, nama yang secara paksa diberikan kepada sang duyung, kaget mengapa hal itu bisa terjadi. Mengapa kutukan Poseidon itu tidak mempan di Lyra. Ian jadi penasaran sehingga dia terus menerus menempel pada Lyra. Nah, Lyra karena enggak mau ketahuan oleh siapa-siapa akhirnya bilang pada Shon kalau Ian adalah sepupunya yang akan ikut bantu-bantu di toko bunga miliknya. Intrik-intrik pun terjadi antara Lyra, Ian dan Shon. Di episode paling baru dalam webtoon Indonesia (episode 38), Ian dan Lyra sedang berusaha mencari Poseidon agar dia dan Ian bisa menjadi manusia seutuhnya tanpa harus ada manusia lain yang dikorbankan.

5. IN A DREAM


"In a dream" sebetulnya masuk ke genre fantasi, tapi saya lihat kok banyak romance-nya ya, jadi saya secara subyektif bilang webtoon ini adalah webtoon romantis, hehehe. Author "In A Dream" ada dua, yaitu Chwa dan Angelina. Terus terang saya baru bulan Desember ini membaca "In A Dream", tapi saya tertarik dengan ceritanya.

Ceritanya si tokoh utama perempuan ini mengalami mimpi yang bersambung. Jadi tiap kali dia tidur, dia akan berada di tempat yang sama dan masih nyambung dengan mimpi sebelumnya. Pada awalnya dia merasa tidak nyaman dengan mimpinya itu, apalagi dalam mimpinya, dia bertemu dengan seorang laki-laki bernama Kent. Dan hanya ada dia dan Kent dalam mimpinya tersebut. Si tokoh utama perempuan itu bernama Valerie.

Dalam dunia nyata, Valerie ini adalah siswa yang cantik dan populer di sekolahnya. Hampir semua siswa laki-laki jatuh hati dengannya. Valerie diceritakan sudah punya banyak pacar, tapi hubungannya itu hanya bertahan sebentar saja (paling lama 3 minggu). Penyebabnya adalah karena Valerie masih merasa kososng walaupun ada orang yang memerhatikannya. Namun, Valerie ini punya sahabat  yang bernama Nala. Mereka care  satu sama lain. Nala menyukai seorang laki-laki bernama Noel. Awalnya Nala dan Noel ini masing-masing hanya menganggap dirinya sebagai teman. Hingga akhirnya Nala bilang ke Noel kalau lebih baik dia menjalin hubungan saja dengan Valerie. Sebelumnya Valerie bercerita ke Nala tentang betapa depresinya dia dengan mimpinya itu. Dia lama-lama menjadi suka dengan Kent, tapi Valerie tahu kalau Kent itu hanya ada dalam mimpi. Jadi Valerie ingin membuat hubungan yang nyata dengan manusia di alam nyata. Namun ternyata Noel menolak Valerie. Noel menyadari kalau dia lebih menyukai Nala.

Selain karena ditolak oleh Noel, Valerie juga ternyata mempunyai masalah yang pelik dengan ayah ibunya. Disitu diceritakan kalau ayah dan ibunya selalu sibuk bekerja di luar negeri dan selalu meninggalkan Valerie sendirian di rumah hanya dengan pembantu pagi sorenya saja. Saat Valerie merasa membutuhkan orang tuanya, tapi orang tuanya tidak bisa itu adalah saat terendah dalam hidupnya. Valerie akhirnya memutuskan untuk tinggal selamanya dalam mimpinya. Yap Valerie koma. Dalam mimpinya, Valerie dan Kent akhirnya pacaran. Namun, Kent mengalami keanehan dimana tubuhnya tiba-tiba menjadi tembus pandang. Webtoon "In A Dream" ini masih bersambung juga lho. Para pembaca ada yang bilang, apa jangan-jangan Kent sebenarnya juga sedang koma dan saat itu sedang mau sadar dari komanya? Saya jadi tambah penasaran nih, hehehe.

Dari kelima webtoon itu, ceritanya ringan semua, menurut saya ^_^. Memang sebetulnya saya suka cerita komik yang ringan. Masih banyak lagi komik webtoon yang jadi favorit saya. Ada juga yang dulu jadi favorit, tapi karena episodenya kepanjangan, saya jadi enggak terlalu suka, hehehe. Namun, itu kembali pada selera pembaca ya, mau webtoon yang pendek atau yang panjang. Dan oh iya, saya paling sebal kalau authornya telat upload. Walaupun disertai permintaan maaf sih biasanya di akhir episode. Tapi menurut saya, bila dia sudah berkomitmen membuat webtoon dan berkomitmen dengan jadwal tayang daaan sudah punya pembaca setia (yang klik favorit), maka sebisa mungkin dia jangan telat upload. Misalnya telat juga telat jam saja, jangan hari. Lagi-lagi ini pendapat subyektif saya saja ya.

Buat Teman ReeNgan yang belum pernah coba baca webtoon, boleh lho coba baca, hehehe. Saya download apps-nya di playstore. Apps-nya dibuat oleh Naver. Di situ ada webtoon English, Korea dan Indonesia. Dalam webtoon juga ada satu bagian webtoon challenge yang isinya komik-komik dari author dalam negeri. Kadang, webtoon yang dari webtoon challenge ini nantinya akan diambil menjadi webtoon resmi. Saya juga sering membaca yang di webtoon challenge, karena ada yang bagus-bagus juga ceritanya, hehehe. Teman ReeNgan mau coba? ^_^ [] Riski Ringan

Seri 5 hal selama tahun 2016:

1. 5 Postingan ReeNgan dengan Pageview Terbanyak Selama 2016
2. 5 Webtoon Romantis Favorit ReeNgan di Tahun 2016

4 comments:

  1. Kayanya seru juga ikutin ceritanya.... mungkin menggantikan peran naruto yang sering ku baca

    ReplyDelete
  2. Jarang baca webtoon. Cape klo lama2 liat layar hp

    ReplyDelete
  3. Favorit aku yaitu SIRENT LAMENT. Keen banget ceritanya. Mengusung dari yunani kuno. CUman yang bikin sebel di tengah ceritanya itu loh kak. Lyra suka sama Shon, tapi Shon malah udah punya kekasih. :D

    ReplyDelete
  4. List favoritnya samaan, mbak, kecuali Terlambat Jatuh Cinta. Lebih suka Spirit Fingers. Kayak kocak, tapi romantis gitu, mbak :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...