Sunday 23 June 2013

Bagi Saya, Musik Yang Asyik Itu ...


Tanggal 22 Juni 2013, murid-murid kelas XII mengadakan acara wisuda dan pelepasan, setelah mereka berjuang di UN. Akhirnya mereka semua lulus juga, Alhamdulillah. Pemberian sertifikat kelulusan diiringi dengan lagu Hymne Guru. Tanpa saya sadari, tiba-tiba ada yang hangat di pelupuk mata saya, air mata saya pun akhirnya menetes. Saya melihat beberapa murid dan teman-teman sesama pengajar juga demikian. Ahh... kenapa situasinya mendadak berubah seperti ini. Setelah selesai pemberian sertifikat dilanjutkan dengan kesan pesan wisudawan lalu acara ringan persembahan lagu. Suasana pun berubah menjadi bahagia dan akrab.
Wisuda dan Pelapasan Murid kelas XII MA RPI Jakarta
Mengapa suasana saat itu berubah-ubah ya..? Apakah karena musik yang kami bawakan? Ahh.. iya, musik itu, saat Hymne Guru, musiknya pelan dengan alunan biola yang menyayat serta lirik yang sedemikian dahsyat itu. Sedangkan ketika acara persembahan, musiknya mempunyai beat dengan tempo cepat dan memang musik-musik yang kami kenal. Ternyata musik pun bisa mempengaruhi suasana hati, dan saya yakin suasana hati juga bisa mempengaruhi selera musik kita saat itu.

Dulu, ketika saya sedang mengerjakan skripsi selalu diiringi dengan musik, entah itu yang berlirik atau hanya instrumental saja. Musik yang saya pilih saat itu adalah musik yang mempunyai beat dengan tempo yang cepat. Mengapa? agar mata saya tetap terbuka, dan ide-ide menulis bisa mengalir deras. Memang jika saya sedang berfikir, saya membutuhkan musik jenis itu, bukan jenis musik yang mempunyai tempo lambat. Musik dengan tempo lambat akan muncul di player saya jika saya sedang dalam situasi yang melankolis, kangen dengan keluarga dan pacar waktu itu, ingat mantan pacar, sedang dalam perjalanan, atau ketika saya tidak bisa tidur.

Berarti selera musik saya berubah-ubah dong? Tidak, selera musik saya tidak berubah, saya menyukai hampir semua jenis musik, mulai dari musik pop untuk anak-anak, pop berbagai jenis, dangdut, RnB, rege, keroncong, tarling, musik instrumental, rock, dan masih banyak lagi. Namun, ada kriteria jenis musik yang saya sukai dan akan ada di playlist saya, yaitu lagu dan musik yang terdengar enak dan asyik di telinga saya. Lantas musik yang asyik menurut saya itu seperti apa sih? hehe... sok penting ya saya. Musik yang asyik menurut saya adalah musik yang sesuai dengan suasana di hati dan sekitar saya, didendangkan dengan nada yang pas, musik yang bisa membuat jiwa saya tenang serta urat syaraf saya mengendur.

Gamelan pengiring pertunjukkan wayang kulit

Musik yang diperoleh secara legal pun bisa menjadi salah satu syarat musik yang asyik bagi saya. Karena apa? karena saya akan tenang ketika menikmatinya. Saya tidak khawatir akan masuknya virus-virus berbahaya bagi musik player atau komputer saya, dan saya pun yakin akan kualitas suara yang dihasilkan. Saya juga merasa ikut menghargai hak cipta dan kerja keras para musisi.

Legal bukan berarti mahal. Jika kita melihat perjalanan sebuah musik dan lagu dari pertama dibuat sampai bisa kita nikmati, kita akan tahu bahwa harga di bawah Rp 100.000 adalah harga yang murah. Bahkan sekarang sudah ada musik-musik legal yang bisa kita download secara gratis, walaupun hanya untuk jenis gadget tertentu. Atau jika tidak mempunyai jenis gadget tersebut, ada juga layanan download sebanyak 800.000 jenis lagu hanya dengan membayar Rp 11.000 saja. Benar kan? Legal bukan berarti mahal. Jadi jenis musik yang sesuai dengan suasana dan diperoleh secara legal merupakan musik yang sangat asyik untuk dinikmati.


Ayo... biasakan mencari musik yang legal dan sesuai dengan selera kita. Dengan mendapatkan musik secara legal sama dengan kita ikut melestarikan musik tersebut, karena para musisi akan terpacu untuk terus berkarya lebih baik lagi di bidang musik.


STOP PIRACY
IT'S NOT JUST A COPY

IT'S CRIME



6 comments:

  1. wah ada kontes lagi ya. Aku biasnaya mendengarkan musik bagaimana mood

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sama Mak lidya.. tergantung suasana hati.. ada Mak, cek di KEB saja di http://emak2blogger.web.id/2013/06/16/lomba-menulis-blog-musik-yang-asyik/

      Delete
  2. Yeee, keren banget nih artikelnya...pengin ikutan cuman waktunya belum ketemu2 juga. Siip untuk mb Riski :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Mbak bikin artikelnya.. sambil dengerin musik favorit, mungkin bisa dapet ide dari situ.. :)

      Delete
  3. Semua jenis musik emang asik ya mak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, asal telinga kita bersahabat dan pas dengan suasana hati.. :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...