Thursday, 18 July 2013

Tiap Berwisata Ke Yogyakarta, Saya Selalu Memerhatikan 10 Hal Ini

Yogyakarta, mendengar nama itu disebut, hatiku serasa hanyut oleh selaksa kenangan indah. 

Puitis sekali ya.. Yogyakarta atau secara administratif disebut sebagai Daerah Istimewa Yogyakarta memang mempunyai banyak sekali keistimewaan bagi saya. Apakah karena saya terlahir di sana? Tidak, saya tidak terlahir di Yogyakarta, ataupun besar atau juga menempuh pendidikan di sana, tidak sama sekali. Lantas apa yang membuat saya kangen dengan kota itu? 
Banyak sekali, terutama suasana kota yang terasa tradisional dimana masih banyak wanita-wanita paruh baya berkebaya dengan rambut yang digelung. Masyarakatnya yang adem ayem, seperti tidak ada rush hour disana, kontras sekali dengan suasana di Jakarta yang selalu riweh. Hanya itu? Tidak dong ya, masih banyak lagi.

Pariwisatanya, terutama pantainya. Deretan pantai selatan yang merupakan pantai dari Samudra Hindia terasa sangat cantik dan mempesona. Debur ombaknya yang garang atau landai menghempas. Pasir putihnya yang terhampar dan empuk ketika dipijak. Hewan-hewan karangnya yang cantik memikat. Serta misteri-misteri goa-goa yang berada di area pantai dengan sungai-sungai yang mengalir di dalamnya. Sungguh merupakan ciptaan Allah yang tiada bandingannya. Oh iya, deretan pantai selatan Yogyakarta tersebut memiliki kekhasannya masing-masing, seperti Pantai Krakal dan Sundak yang berkarang, tetapi ketika air surut kita bisa mendapati banyak biota laut seperti bintang laut, ikan-ikan hias, teripang, dan lainnya terjebak di cerukan karang.

Jernihnya air di Pantai Sundak
Atau pantai Baron dengan wisata kuliner seafoodnya yang fresh dan maknyus serta murah meriah, dijamin bakal ketagihan. Pantai Indrayanti merupakan salah satu pantai berpasir putih dengan laut yang biru jernih yang dikelola oleh pihak swasta. Di sana disediakan speedboat atau banana boat yang bisa kita sewa.

Bermain ombak dan pasir di Pantai Indrayanti
Itulah beberapa alasan kenapa Yogyakarta begitu teristimewa untuk saya. Sebenarnya masih banyak alasan lain yang tidak bisa saya ungkapkan, karena semua mengenai rasa hati. Sudah beberapa kali saya berwisata ke Yogyakarta. Dulu ketika saya SMA, dua kali saya diajak berkeliling Malioboro, street market yang tidak pernah sepi. Lalu ketika kuliah, saya ada studi lapangan ke Kaliurang dan Pantai Krakal. Dan tahun kemarin, sekolah tempat saya mengajar mengadakan studi wisata ke Pantai Baron, Sundak, dan Indrayanti, serta ke Keraton.
Mengenal lebih dekat tentang keraton di Museum Keraton
Saat masih SMA, saya hanya sebagai penikmat atau turis saja. Namun, ketika kuliah dan mengajar kemarin, saya juga ikut merencanakan acara. Mulai dari mencari informasi seputar tempat tujuan, mencari jasa biro, dan mencari tempat penginapan yang sesuai.

Saat masih kuliah, sebelum internet mulai merebak, kami sangat mempercayakan perjalanan kepada agen wisata. Akan tetapi sekarang, kita sudah bisa mencari sendiri semua informasi seputar perjalanan dari berbagai website wisata. Hal ini tentunya mempermudah kita untuk merencanakan perjalanan dan anggaran biaya perjalanan kita. Berikut beberapa tips hasil dari pengalaman saya :
  1. Pilihlah jenis liburan anda, mau backpackeran atau mau koperan, karena hal ini akan sangat berpengaruh terhadap budget/biaya yang akan kita keluarkan.
  2. Tentukan waktu liburan jauh-jauh hari, agar kita bisa mempersiapkan segala sesuatunya lebih matang. Mulai dari pengurusan cuti, mencari tiket yang murah, mencari voucher hotel, merencanakan urutan tempat yang akan kita kunjungi, dan bisa kroscek lagi semua rencana kita.
  3. Bertanyalah kepada orang yang sudah mengerti tentang tempat tersebut. Nah yang ini, selain bertanya langsung secara personal ke orangnya, kita juga bisa mencari informasi tersebut di internet.
  4. Saya selalu membawa 2 tas. Tas besar untuk membawa semua keperluan saya biasanya saya tinggal di hotel, dan tas kecil untuk peralatan ketika saya sedang jalan-jalan menikmati obyek wisata.
  5. Membawa botol minuman sendiri, dan akan saya isi refilnya di hotel, biasanya air putih itu gratis. Coba bayangkan bila kita membeli air putih kemasan di obyek wisata, mahal banget.
  6. Memakai sandang yang nyaman dan rapi.
  7. Membawa perlengkapan elektronik seperti HP dan chargernya, kamera dan chargernya serta memori cardnya, dan memastikan bahwa semua baterainya terisi penuh. Kan enggak enak kalau pas mau motret eh ada pemberitahuan kalau baterainya mau habis.
  8. Jika memang harus membeli oleh-oleh, saya membeli oleh-oleh yang benar-benar khas daerah tersebut, kalau yang ada di Jakarta buat apa saya beli kan. Dan jangan malu untuk menawar setengah bahkan sampai sepertiga harganya ketika di Malioboro, Pasar Bringharjo atau Sentra Gerabah Kasongan.
  9. Oh iya, kalau bertanya arah, saya selalu mencari satpam atau polisi. Tapi di Yogyakarta ini, semuanya bisa di tanyai arah, jadi tidak usah khawatir.
  10. Memastikan kalau tempat saya menginap itu bersih dan aman. Kalau sekarang, bisa kita cari dan hubungi langsung lewat website tersebut kan ya.

Oh ya tempat penginapan tentunya akan kita cari jika kita tidak mempunyai saudara di daerah yang akan kita kunjungi, atau rumah saudara kita jauh dengan obyek wisata yang akan kita kunjungi. Walaupun hanya sebagai tempat untuk beristirahat, tapi jika penginapan tersebut nyaman di badan, suasana, dan di kantong, akan membuat kita juga lebih rileks menikmati liburan kita. Seperti yang saya sebutkan di atas kalau pada zaman sekarang dimana internet sudah merebak, sangatlah mudah mencari tempat penginapan via online. Tinggal buka situsnya dari rumah atau tempat kerja anda. Namun, tidak semua situs tempat penginapan bekerjasama dengan banyak penginapan di setiap kota, dan tidak semuanya terpercaya.

Ada satu situs online tempat penginapan yang bekerjasama dengan lebih dari 120.000 hotel di seluruh wilayah Indonesia bahkan di luar negeri, yaitu www.voucherhotel.com. Di situs tersebut, selain harga dan alamat penginapan, juga dijelaskan tentang fasilitas penginapan, dan standar kamar. Kita bisa mencari penginapan dari yang populer, atau dari yang murah atau berdasarkan bintangnya. Praktis juga tinggal klik, transfer, lalu kita akan dikirimi invoice, dan invoice itu tinggal ditunjukkan ketika kita sudah mencapai tempat penginapan yang kita pesan. Untuk mengakses www.voucherhotel.com sangat mudah, bisa lewat semua gadget yang terhubung internet, jadi tidak hanya lewat PC. Lalu banyak sekali promo menarik tentang diskon harga, dan juga tips trik berwisata ke daerah tujuan anda tersebut.


Ya itulah kesepuluh tips dari saya. semoga bermafaat. Benar apa yang dinyanyikan oleh Kla-Project tentang Yogyakarta, kota yang akan membuat kita terus menerus ingin kembali. Kota yang menghadirkan setangkup rindu untuk terus diingat dalam sanubari.

Penasaran dengan Yogyakarta?? Yuk berwisata ke sana.. tidak akan menyesal kok. :D

6 comments:

  1. Jadi pinginke jogja juga nih......

    ReplyDelete
  2. jadi pengen berwisata kuliner dan belanja batik ke Jogja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sy jg pengin wiskul lg Mba.. seafood di Mbaron ueenaaakk poll Mba..

      Delete
  3. tentukan juga apakah wisata bersama anak atau bukan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaa...iya lupa, maklum Mak, saya belum punya anak :D
      iya bawa anak atau ga, karna akan mempengaruhi smua hal mulai dari waktu liburan, estimasi biaya, barang bawaan sampai pemilihan destinasi wisata.. :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...