Friday, 13 October 2017

5 Materi IPA atau Biologi yang Menarik Perhatian Siswa

Assalaamu'alaikum...!! ^_^

Sedang try out UN
Alhamdulillah sudah 6 tahun saya mengajar. Selang-seling sih, antara mengajar di sekolah formal maupun di bimbel. Saya hanya mengajar di sekolah formal selama 2 tahun digabung pengalaman waktu praktik mengajar dan menggantikan guru di SD yang sedang cuti hamil, jadinya 3 tahun mengajar sekolah formal. Sedangkan saya mengajar di bimbel sudah 6 tahun. Di bimbel ini, saya mengajar IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) untuk SD dan Biologi dari kelas 7 SMP sampai persiapan ujian SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Ada lah yang bilang "Wiii... keren!" 😅😅. Tapi, saya akui saya masih kurang keren dibanding yang lebih keren dari saya. Yang lebih keren dari saya itu banyak, mulai dari yang senior sampai bahkan yang masih muda juga sudah keren!

Selama 6 tahun mengajar itu (belum lama ya ukurannya jika dibandingkan dengan Mama saya yang sudah 25 tahunan mengajar, hehehe), saya juga memerhatikan materi-materi apa yang disukai oleh anak-anak dan yang tidak. Kalau di artikel ini, judulnya memang materi-materi IPA dan Biologi yang menarik perhatian siswa. Menarik perhatian di sini berarti banyak yang memerhatikan waktu saya menjelaskan materi ini, daan banyak yang bertanya. Namun, menarik perhatian di sini bukan berarti mereka suka lho ya. Ada sih yang suka, penasaran, atau karena menurut sebagian besar siswa, materi itu susah.

Ini nih materi-materi IPA dan Biologi yang paling menarik perhatian siswa yang saya rangkum menjadi 5 materi saja, hehehe.

1. TATA SURYA


Tata surya ini adalah materi IPA bab terakhir di kelas 6 SD. Padahal, kelas 6 SD ini sudah diberikan materi Sistem Reproduksi Manusia lho, tapi entah kenapa mereka tidak seantusias bila sedang diajarkan materi Tata Surya. Mungkin karena psikologi mereka belum sampe remaja tengah kali ya, atau mereka malu mau bertanya-tanya, hehehe. 

Di materi Tata Surya, yang paaaliiing sering mereka tanyakan adalah Black Hole. "Kak, black hole atau lubang hitam itu apa sih? Beneran ada ya? Trus katanya alien keluar dari situ ya?" Selain black hole masih banyak sih yang mereka tanyakan, seperti "Tata Surya kita katanya bukan satu-satunya ya Kak?" atau "Alien itu sebenarnya ada enggak sih Kak?" atau "Kalau matahari enggak bersinar lagi, trus kita masih bisa hidup sebentar enggak Kak?" dan lagi dan lagi daaan lagi. Tapi saya senang banget kalau mereka bertanya dengan antusias seperti itu. Biasanya sumber pertanyaan mereka, selain dari buku adalah dari tayangan TV berjudul "On The Spot", dan dari youtube juga. Saya suka sebal kalau ada yang bersifat opini atau belum dibuktikan secara ilmiah dari tayangan TV tersebut, tapi anak-anak percaya penuh 😠😠.

2. SISTEM REPRODUKSI MANUSIA

Ahh... yang ini mah enggak usah ditulis sebenarnya juga Teman ReeNgan sudah tahu, kan? Ada teman saya di kantor yang bilang, "Mba, saya dulu cuma melek waktu guru Biologi nerangin Sistem Reproduksi Manusia. Bab lainnya saya tidur." Wkwkwkwk....😈😈. Tapi, seperti yang sudah saya bilang bahwa siswa kelas 6 SD kurang tertarik dengan materi ini. Materi sistem reproduksi manusia baru menarik untuk anak kelas 9 SMP dan 11 SMA IPA. Mungkin karena mereka sudah remaja tengah dan dewasa awal kali ya. Dimana mereka sudah mulai tertarik dengan lawan jenis.

Namun, jangan salah, di materi ini mereka bisa terpancing bertanya super banyak hal lho. Dan saya harus menjawabnya dengan hati-hati serta tidak vulgar. Di akhir jawaban atau akhir penjelasan materi biasanya saya selipkan masihat tentang dampak negatif dari seks bebas, menonton video/film porno, dan onani.  Oh iya, saya belum bilang pertanyaan apa saja yang biasa diajukan oleh siswa di materi ini. Anehnya, selama saya mengajar enggak ada pertanyaan yang jorok. Paling banyak bertanya soal penyakit kelamin, hamil di luar kandungan, mending melahirkan secara sesar atau normal, bayi kembar, dan yang berhubungan dengan materi. Mungkin juga karena banyak teman beda jenis kelamin jadinya pada sungkan ya. Tapi asyik kok menjawab pertanyaan-pertanyaan dari mereka. Sayanya jadi harus terus menerus update berita dan informasi terbaru.

3. PERKAWINAN SILANG (GENETIKA)


Materi perkawinan silang diajarkan di kelas 9 SMP dan 12 SMA IPA. Materi ini erat kaitannya dengan percobaan yang dilakukan oleh Bapak Mendel hingga menghasilkan Hukum Mendel I dan Hukum Mendel II. Kebanyakan guru (berarti enggak semuanya) langsung mengajarkan seperti ini "Jika tanaman bergenotipe AA disilangkan dengan tanaman bergenotip aa, maka akan menghasilkan tanaman bergenotip Aa," tanpa menjelaskan kenapa huruf A-nya harus ditulis 2 kali. Kenapa pula bisa berpasangan dengan a. Atau kenapa gamet itu ditulisnya A bukan AA atau Aa, dan a bukan aa. Siswa sering kesulitan di sini. Apalagi, dengan stereotipe tentang Biologi adalah pelajaran HAPALAN (BUKAN pemahaman), siswa cenderung menghapal, pun di materi ini.

Contohnya: Pokoknya kalau ada kata-kata intermediet berarti nanti hasilnya 1:2:1. Atau semua soal yang dihibrid, pasti hasilnya 9:3:3:1. Padahal kan tergantung yang disilangkan genotipenya apa. Tapi enggak sepenuhnya salah mereka sih, saya sering melihat soal UN (Ujian Nasional) untuk materi ini memang kurang variatif. Dan entah kenapa, banyak pengajar yang terlalu menekankan materi ini ke siswa, sehingga siswa secara enggak langsung merasa tertekan dan menganggap bahwa materi ini susah. Padahal enggak gitu 😥😥. Sehingga konsekuensinya, banyak dari siswa bimbel yang akhirnya memerhatikan ketika saya menjelaskan materi ini.

Sekarang-sekarang ini, saya mencoba menjelaskan materi ini dari dasar sekali, mulai dari pengertian perkawinan dan perkawinan silang. Mengapa harus ada parental. Mengapa harus membuat gamet, dan mengapa gamet itu harus seperti itu. Trus pengertian dari "kemungkinan keturunan yang dihasilkan" itu sebenarnya maksudnya apa. Ya kan buat apa orang tua mereka memasukkan mereka ke bimbel kalau bukan agar mereka paham materi pelajaran, kan? hehehe. Kalau kelas 12 SMA IPA biasanya ditambah dengan mengapa ada penyimpangan semu hukum Mendel?

4. METABOLISME SEL


Dulu, waktu saya kuliah, materi metabolisme sel sendiri masuk di 2 mata kuliah, yaitu Biologi Sel dan Biokimia.Di bimbel, khususnya kelas 12 SMA IPA, kebanyakan dari mereka akan sangat fokus ketika saya menjelaskan materi metabolisme sel. Bahkan sebagian dari mereka sampai minta jam tambahan beberapa kali hanya agar paham dengan metabolisme sel. Untungnya, materi metabolisme sel di SMA masih sedikit, seperti respirasi sel (glukosa, asam amino, asam lemak & gliserol) dan fotosintesis. Saya tidak bisa membayangkan jika materinya ditambah lagi.

Kenapa ya, siswa bisa sangat memerhatikan materi ini? Apa karena materi metabolisme sel ini adalah materi gabungan antara Biologi dengan Kimia? Tapi banyak kok materi Biologi yang berhubungan dengan pelajaran lain, contohnya sistem pernapasan yang berhubungan dengan Fisika & Kimia. Karena di bimbel saya harus menjelaskan materi metabolisme sel ini pelan-pelan, jadi biasanya membutuhkan sampai 3 kali pertemuan. 😎😎😎

5. EVOLUSI


Yang diajarkan di materi evolusi sebetulnya tidak banyak, tetapi saya perhatikan banyak siswa yang memerhatikan. Kebanyakan mereka bertanya tentang "Apa betul Kak, kalau manusia itu asalnya dari monyet?" atau "Sebetulnya evolusi itu ada enggak sih?". Tapi entahlah, ketika menjelaskan materi evolusi kok saya seperti sedang bercerita ya.

Okeeeee..... itulah 5 dari banyaaaak sekali materi IPA dan Biologi yang menarik perhatian siswa. Saya ingat, dulu saya suka sekali IPA di SD dan Biologi SMP karena banyak gambarnya. Iya, gurunya meminta kami untuk menggambar, misalnya sedang materi sistem peredaran darah manusia, maka kami diminta menggambar jantung. Bagi sebagian siswa ini sangat menyusahkan, tapi bagi saya itu menyenangkan. Gimana tidak menyenangkan, kan tinggal ditimpa saja kertasnya, setelah selesai baru gambarnya diperbaiki, wkwkwkwk. Selain itu, waktu SD guru IPA saya banyak sekali melakukan percobaan. Kadang sepele lho, seperti membandingkan suhu air di dalam kelas dengan di lapangan (padahal sih intinya mengajarkan siswa untuk menggunakan dan membaca termometer dengan benar).

Teman ReeNgan sendiri, adakah kenangan manis yang berhubungan dengan pelajaran IPA atau Biologi saat masih sekolah dulu? Tulis-tulis yuk di kolom komentar, biar Teman ReeNgan yang lain bisa ikut nostalgia melodi memori 😅😅😅 [] Riski Ringan

6 comments:

  1. Kalo aku yang no 1 dan 2. Black hole,ya ampunnnnn...kok jadi inget masa sekolah dulu ya >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... kebanyakan siswa memang menyukai kedua materi itu, Mba Hanna.. ^_^

      Delete
  2. Hmm.. Yang jelas menarik itu memang sistem reproduksi manusia, sama tata surya kayanya ya :)

    ReplyDelete
  3. Guru Biologi SMAku ganteng banget Kakak, jadi aku suka pelajaran Biologi. Heheee, itu bonus sih, yang aku suka tuh Tata Surya, tapi ngapalin planet-planet aja susyahnya minta ampun

    ReplyDelete
  4. Jadi inget...dulu suka banget pas materi tata surya. Yang dibayangin aneh2. Sampai kaget ternyata pluto bukan planet. Lah...padahal udah bertaon2 tercetak dan diajarkan dalam buku. Hihihi

    ReplyDelete
  5. Suka semuanya... Tapi paling favorit sih sistem reproduksi mbak, soalnya suka sama istilah-istilahnya :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...