Saturday, 14 October 2017

Sekarang, Investasi Saham Semudah Mengusap Layar Smartphone

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Ngomongin duit lagi yuk! Sekarang ngomongnya tentang investasi. Investasi dunia dulu ya 😉. Kenapa orang-orang selalu ngomongin investasi? Ya, kalau saya bilang itu sebagai persiapan jangka menengah dan jangka panjang. Misalnya kita tua nanti dan tidak bisa lagi bekerja, kita bisa menikmati hasil investasi ini. Alhamdulillah, saya dan suami mulai berinvestasi. Investasi yang risikonya rendah dulu seperti emas dan tanah. Memangnya ada investasi yang risikonya tinggi? Ada, yaitu saham. Takut kan ya? Saya juga. Tapi faktor risiko itu tidak bisa, kan menghalangi kita untuk berkenalan lebih jauh dengan saham dong ya 😌.

Dari beberapa bulan yang lalu, saya tertarik mendengarkan orang-orang membicarakan tentang saham. Entah apa sih alasannya, kelihatannya menarik saja gitu diperhatikan. Saya melihat banyak sekali wajah optimis ketika saya lewat di depan kantor Bursa Efek Indonesia (BEI). Namun, masih banyak orang Indonesia, termasuk saya, yang takut menanamkan modal dalam bentuk saham. Hal ini juga disampaikan oleh Bapak Alpino Kianjaya (Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa) saat peluncuran Aplikasi RHB TradeSmart with ARO di Loby BEI Selasa, 10 Oktober 2017. Beliau mengatakan bahwa saat ini investor pasar modal yang aktif di Indonesia hanya sekitar 600.000 SID, dimana angka ini masih sangat kecil bila dibandingkan dengan penduduk Indonesia.

Friday, 13 October 2017

5 Materi IPA atau Biologi yang Menarik Perhatian Siswa

Assalaamu'alaikum...!! ^_^

Sedang try out UN
Alhamdulillah sudah 6 tahun saya mengajar. Selang-seling sih, antara mengajar di sekolah formal maupun di bimbel. Saya hanya mengajar di sekolah formal selama 2 tahun digabung pengalaman waktu praktik mengajar dan menggantikan guru di SD yang sedang cuti hamil, jadinya 3 tahun mengajar sekolah formal. Sedangkan saya mengajar di bimbel sudah 6 tahun. Di bimbel ini, saya mengajar IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) untuk SD dan Biologi dari kelas 7 SMP sampai persiapan ujian SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Ada lah yang bilang "Wiii... keren!" 😅😅. Tapi, saya akui saya masih kurang keren dibanding yang lebih keren dari saya. Yang lebih keren dari saya itu banyak, mulai dari yang senior sampai bahkan yang masih muda juga sudah keren!

Selama 6 tahun mengajar itu (belum lama ya ukurannya jika dibandingkan dengan Mama saya yang sudah 25 tahunan mengajar, hehehe), saya juga memerhatikan materi-materi apa yang disukai oleh anak-anak dan yang tidak. Kalau di artikel ini, judulnya memang materi-materi IPA dan Biologi yang menarik perhatian siswa. Menarik perhatian di sini berarti banyak yang memerhatikan waktu saya menjelaskan materi ini, daan banyak yang bertanya. Namun, menarik perhatian di sini bukan berarti mereka suka lho ya. Ada sih yang suka, penasaran, atau karena menurut sebagian besar siswa, materi itu susah.

Tuesday, 10 October 2017

Belajar Membuat Anggaran Rumah Tangga dari Kebijakan Fiskal Indonesia

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Belajar membuat anggaran rumah tangga dari kebijakan fiskal Indonesia? Wih, kok kayaknya berat banget ya? Memangnya uang yang kita punya itu sebanyak uang negara? Enggak sih memang, tapi saya mendapat banyak sekali ilmu baru tentang membuat anggaran. Tentang bagaimana kita harus mempunyai tujuan finansial, pengelolaan penghasilan yang kita peroleh, dan bagaimana mengelola utang. Teman ReeNgan mau tahu enggak, pendapatan negara itu darimana trus dipakai untuk apa saja? Dan mengapa saya bisa belajar membuat anggaran rumah tangga dari kebijakan fiskal negara? Yuk cuss..! ^_^

Tanggal 5-6 Oktober 2017 yang lalu, di gedung Notohamiprojo, Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu RI mengadakan acara Fiscal Day 2017. Hari kedua (6 Oktober 2017) acaranya adalah bincang fiskal dengan blogger. Saya datang karena penasaran. Ternyata badan negara yang berkaitan dengan keuangan negara itu banyak sekali ya. Salah satunya adalah BKF ini. Tadinya saya tahunya yang membuat Anggaran Belanja Negara ini adalah Presiden dengan Kementerian Keuangan, kemudian dibicarakan dengan DPR. Ternyata di Kementerian Keuangan sendiri ada badan khusus yang merumuskan dan merekomendasikan kebijakan fiskal (anggaran pendapatan dan belanja) sesuai perundang-undangan, yaitu BKF.

Sunday, 8 October 2017

4 Aplikasi Favorit ReeNgan yang Membuat Perjalanan di Jakarta menjadi Nyaman

Assalaamu'alaikum...!! ^_^

Jalan Dr. Satrio & Flyover Prof. Dr. Hamka di hari Minggu
Pertama kali saya ke Jakarta adalah pas study tour SMP. Kesan pertama saya, Jakarta itu panas, mahal dan macet. Kesan macet ini akhirnya saya rasakan ketika saya bekerja di Jakarta. Tempat kerja pertama saya di Tanjung Priok (Jakarta Utara) dan alamat kos saya waktu itu di Benhil (Jakarta Pusat). Waktu yang ditempuh dari kos ke tempat kerja bisa sekitar 1,5 jam jika jalanan lancar. Untungnya, saya hanya bekerja 2 hari dalam seminggu di Tanjung Priok. Waktu itu bahkan sampai sekarang, saya takut naik Kopaja (bis umum kecil di Jakarta) karena kadang kalau hanya satu orang yang turun, maka sopir hanya melambatkan kendaraan, bukan berhenti. Hiii... kan takut kakinya ketheklik (apa sih bahasa Indonesianya?). Akhirnya saya selalu naik bus Transjakarta pulang pergi ke tempat kerja. Saya kira karena bus Transjakarta ini punya jalur sendiri yakni busway maka kemungkinan perjalanannya akan lancar. Pada kenyataannya sama saja bila kondisi macet ya kena macet juga, apalagi bila melewati daerah Kelapa Gading, beuh macet! Bahkan pernah pada satu waktu, saya mesti berdiri selama sekitar 30 menit dalam kondisi bus berhenti dan penuh sesak. 😴😴😴 Rute itu saya lewati selama 1 tahun, dari 2011-2012. Bagaimana ya kabar bus Transjakarta sekarang ini?

Thursday, 5 October 2017

Saya & Suami : Wisata Kuliner di Cirebon Hari Kedua

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Bagaimana rasanya setelah membaca postingan wisata kuliner di Cirebon hari pertama? Makanannya kelihatan lezat-lezat semua ya, hehehe. 

Silakan baca ini dulu : Wisata Kuliner di Cirebon Hari Pertama.

Saya dan suami berlibur selama 2 hari di Cirebon. Kebetulan kami check out dari hotelnya jam 12.00 WIB. Selama sisa itu, kami manfaatkan untuk berjalan-jalan ke pasar Kanoman. Sebenarnya karena kemarin itu saya melihat ada yang jualan bawang goreng yang sudah dibungkus dalam botol plastik. Saya berniat membelinya untuk oleh-oleh. Jadilah pagi itu sekitar jam 06.30 pagi, kami berdua menyusuri jalanan menuju ke pasar Kanoman.

Tuesday, 3 October 2017

Saya & Suami : Wisata Kuliner di Cirebon Hari Pertama

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Di postingan sebelum ini (review hotel syariah My Residence), saya cerita bahwa tiba-tiba di hari Senin (25 September 2017) yang sangat indah, saya mempunyai sebuah ide gila jenius yaitu LIBURAN bareng SUAMI ke CIREBON!! 😆😆😆 Ide dadakan ini langsung saya eksekusi dengan cara mencari tiket kereta ekonomi paling murah yang berangkat dari Pasar Senen ke Cirebon Prujakan hari Sabtu (30 September 2017), alhamdulillah ada yang paling murah yaitu Tegal Ekspress seharga Rp 49.000,-/orang/kursi. Yang paling menyenangkan adalah, kursinya masih banyaaakkk. Enggak butuh waktu lama, saya lalu mengecek tiket baliknya dari Cirebon Prujakan ke Pasar Senen buat Minggu (1 Oktober 2017). Alhamdulillah terimakasih ya Allah, tiket kereta yang sama dengan harga yang sama juga masih ada. Hiyaaa! Saya senang... saya senang!! 😍😍😍

Pencarian enggak sampai disitu saja, saya lalu mencari penginapan super murah yang dekat dengan tujuan wisata kuliner. Alhamdulillah dapat yang murah seharga Rp 168.000,-/kamar/malam dan dekat dengan stasiun Cirebon Prujakan serta kampung kuliner. Yaaaassss!! Beneran deh saya senang sekaleee.

Monday, 2 October 2017

Review Airy Syariah CSB Garuda Raya 20 Cirebon yang Nyaman dan Tenang

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Hahaha... Entah mendapat ilham darimana, hari Senin (25 September 2017) saya terpikir ingin liburan berdua suami ke Cirebon. Saya langsung melihat tiket kereta di webnya PT KAI, dan taraaaaa! Ada tiket kereta ekonomi seharga Rp 49.000,- (Tegal Express)! Oh, saya kemudian langsung melihat tiket baliknya, dan sepertinya Allah meridhoi kami liburan berdua, tiket baliknya masih banyak! ^_^ Saya senang... saya senang. Eh tapi saya mengecek tiket berangkat untuk hari Sabtu dan tiket balik untuk hari Minggu, berarti saya harus menginap nih. Lalu saya mencari budget hotel di internet. Saya pernah memesan hotel di Traveloka dan Zenrooms, kali ini saya tertarik memesan hotel di websitenya Airy Rooms (www.airyrooms.com). Saya kadang sok-sokan melihat-lihat harga hotel di website Airy Rooms ini, seringnya banyak diskonan macam kalau kita membeli voucher hotel di agen gitu.

Thursday, 28 September 2017

Melunasi Utang Kecil atau Utang Besar Dulu?

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Saya pernah menulis di ReeNgan tentang bagaimana prinsip suami saya tentang utang. Beliau berprinsip bahwa semisal belum mempunyai uang untuk membeli barang, ya kita menabung dulu sampai uangnya cukup untuk membeli barang tersebut. Tapi, tidak selamanya hidup itu berjalan dengan mulus, kami pun pernah beberapa kali memutuskan untuk meminjam uang ke saudara dan teman dekat. Hal itu kami lakukan karena kebutuhan yang sangat mendesak dan kami yakin insyaa Allah kami bisa mengembalikannya.

Saya flash back dulu ke jaman sebelum saya menikah. Saya lupa tepatnya kapan pertama kali saya meminjam uang. Yang saya ingat, saya jadi semacam ketagihan meminjam uang, apalagi saat kuliah. Jumlahnya memang tidak banyak. Awalnya saya menganggap enteng karena toh saya catat juga. Sampai akhirnya saya menikah, lalu mengetahui bahwa suami punya prinsip seperti yang saya sebutkan di atas dan saya membaca postingan dari mas Saptuari tentang utang dan riba. Saya memutuskan untuk berhenti meminjam uang.

Wednesday, 27 September 2017

Saya Balik Lagi ke Sistem Amplop dan Membuat Anggaran Bulanan yang Sederhana (Free Printable Simple Home Budgeting)

Assalamu'alaikum...!! ^_^


Hai Teman ReeNgan, di blog ReeNgan ini ada juga lho label tentang KEUANGAN yang semuanya saya buat berdasarkan pengalaman pribadi. Yuk kalau Teman ReeNgan mau lihat-lihat, bisa klik link berikut ini Label KEUANGAN

Dulu, saya adalah orang yang tidak terlalu peduli dengan mengatur keuangan. Namun, setelah mengalami sedikit masalah keuangan, saya jadi peduli menulis semua pemasukkan dan pengeluaran rumah tangga. Iya ya, kadang orang harus kena masalah dulu baru peduli. Saya mulai cari-cari cara mengatur keuangan rumah tangga yang sederhana alias enggak ribet. Dari semua cara pengaturan keuangan, mereka selalu bilang budgeting budgeting budgeting (bikin lah anggaran). Kenapa bikin anggaran itu penting? Ternyata setelah saya lakukan, bikin anggaran itu mempermudah kita untuk mengelola keuangan. Kita jadi tahu jumlah pemasukan kita kira-kira berapa banyak dan jumlah pengeluarannya juga berapa banyak. Sehingga meminimalisir besar pasak daripada tiangnya. Jikalau sudah terlanjur besar pasak daripada tiang (besar pengeluaran daripada pemasukan), kita bisa mencari cara untuk menambah pemasukan dan memprioritaskan apa saja yang harus dibayar dulu.

Tuesday, 26 September 2017

Cerita Ojek : Tips Menghindar dari Masuk Angin ala Abang Ojek Berinisial NSAF

Assalaamu'alaikum...!! ^_^

Foto ini adalah ilustrasi bahwa ada ojek online yang bekerja dari shubuh

Teman ReeNgan sudah tahu belum, bahwa di blog ReeNgan ini ada segmen khusus namanya Cerita Ojek? Belum tahu? Coba diklik saja itu yang di bawah foto saya sebelah kanan kan ada tuh kotaknya, hehehe. Bagi yang sudah tahu, saya ucapkan terimakasih banyak. Insyaa Allah akan saya isi lebih banyak lagi ceritanya.

Cerita kali ini terjadi Senin kemarin (25 September 2017) waktu saya mau berangkat kerja. Entah apa awalnya, tiba-tiba kami membicarakan soal masuk angin dan cara pencegahannya. Sebenarnya bukan kami sih, tapi si abang ojeknya yang semangat sekali memberitahukan resep manjurnya biar terhindar dari masuk angin.

Monday, 25 September 2017

Cara Agar Status di Beranda Facebook Urut dari Status Terbaru

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Jadi nih, saya sering bertanya-tanya, kenapa status yang saya lihat di beranda facebook saya itu seringnya dari orang itu-itu saja. Padahal saya punya teman di facebook lebih dari 1.000 orang. Trus yang 1.000 orang itu kemana saja? Apakah mereka hanya membuat akun facebook trus ditinggalin begitu saja? Ternyata enggak lho. Pas saya sedang menjauh dari sosial media, alias tidak membuat status atau komentar apapun di sosial media, saya mencoba mengklik-klik fitur facebook di HP android yang jarang saya klik, hehehe. 

Sunday, 24 September 2017

Misi Menyapa Teman dan Keluarga yang Ada di Kontak Whatsapp

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Apa kabar? Semoga sehat selalu ya. ^_^

Kira-kira seperti itulah saya menyapa teman-teman saya di whatsapp (WA). Di postingan sebelum ini, saya bilang bahwa saya mulai memberanikan diri menyapa kembali teman-teman saya yang nomor kontaknya ada di HP saya, terutama yang mempunyai WA. Apa pasal? Sebetulnya enggak ada sesuatu yang spesial, saya hanya ingin menyapa dan memberikan sedikit kebahagiaan untuk hati saya. Emang bisa? Ternyata bisa.

Ada kalimat bijak lama yang mengatakan bahwa menyambung tali silaturahim itu bisa mendatangkan rejeki. Ternyata memang betul, tapi jika kita memandang bahwa rejeki itu bukan melulu soal uang dan materi. Kebahagiaan seperti yang saya contohnya, atau kabar berita dari teman-teman dan keluarga yang membuat kita bersemangat lagi, itu bisa juga disebut rejeki, kan?

Saturday, 23 September 2017

Saya Menjauh Dari Sosial Media, Mengapa?

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Disclaimer: postingan ini murni curhatan saya tentang diri saya sendiri, saya tidak bermaksud menyindir orang lain. Karena apa yang terjadi di hidup kita berbeda ^_^.

Sudah sebulan lebih ini saya tidak menulis status apapun di halaman facebook saya, dan tidak mengunggah satu pun foto di instagram saya. Kenapa? Ada banyak penyebab yang akhirnya baru saya ikhlaskan menjadi penyebab setelah sebulan saya menyepi dari sosial media. Mengapa saya bilang ikhlaskan? Karena saya sadar bahwa penyebab sebenarnya dari beberapa peristiwa sebulan belakang ini adalah itu, tapi waktu itu saya tidak mau mengakuinya.

Friday, 22 September 2017

Saya Mulai Suka Memakai Gamis ^_^

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Sejak kecil, saya tidak mempunyai banyak pilihan pakaian. Kebanyakan kaos, celana pendek, dan rok. Iya sepertinya itu yang saya ingat. Bahkan Mama pernah membelikan saya gaun lengan pendek yang dilengkapi bolero lengan panjang terpisah, tapi saya tidak pernah memakainya karena saya risih, hehehe. Maaf ya Ma. Jangan salah menduga dulu guys, tidak tumbuh menjadi anak perempuan yang tomboy lho, hanya saja saya lebih nyaman memakai kaos dengan celana. Sampai bekerja pun, saya masih nyaman dengan kedua sandang itu.

Tuesday, 29 August 2017

Dari Mengisi Ulang KMT Felica di Loket Stasiun Sampai Menahan Kentut di KRL

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Kemarin (28 Agustus 2017), saya hanya naik KRL waktu pulang kerja. Berangkat kerjanya naik ojek online karena waktunya sudah mepet, hehehe. Saat itu seingat saya KMT yang saya punya, saldonya sudah mau habis, sekitar Rp15.000,00. Dimana bila ditap keluar di stasiun tujuan, maka saya akan dikenai denda, karena ongkos perjalanan saya dari stasiun keberangkatan sampai stasiun tujuan sebesar Rp3.000,00, sedangkan saldo minimal KMT harus Rp13.000,00. 

Monday, 28 August 2017

Saya & Suami Masih Suka Nonton Film Bareng di Bioskop

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Disclaimer: postingan ini murni curhatan saya, sudah dengan seizin suami, dan paragrafnya kurang urut, maaf ya Teman ReeNgan semua.

Sejak belum menikah, kami memang sama-sama suka menonton film. Hanya saja saat itu, kami nontonnya di kos masing-masing. Suami di Jakarta, saya di Semarang, hehehe. Setelah menikah, kadang kami nonton di bioskop dekat kontrakan. Alhamdulillah di Jakarta ini banyak sekali bioskop. Di kampung saya enggak ada soalnya, dulu sih ada satu bioskop di kota kecamatan (namanya biskop Sena), tapi tutup trus bangunannya terbengkalai begitu saja.

Friday, 25 August 2017

Main HP Waktu Dibonceng Motor, Saya Sudah Tobat Kak

Assalaamu'alaikum...!! ^_^

Kejadian unik semacam inilah yang dulu sering saya potret saat saya dibonceng motor

Iya Kakak, saya sudah enggak mau lagi main HP waktu dibonceng motor. Sampai awal 2017, saya masih suka melihat WA, email, google map, bahkan memotret kejadian yang menarik menurut saya, saat saya dibonceng di motor. Ya kan pikir saya, daripada waktu perjalanan terbuang percuma, lebih baik saya manfaatkan.

Wednesday, 23 August 2017

Putar Balik, Tidak Hanya Biar Dapat Tempat Duduk

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Saya jatuh cinta dengan KRL, bahkan saya sampai bikin thread khusus tentang cerita-cerita di KRL 😍.

Link khusus cerita-cerita di KRL: CERITA KRL

Ada kalanya, pas pulang kerja atau pulang dari suatu acara, saya merasa sangat kelelahan. Seperti lemah, letih, lesu dan tiada tenaga untuk bertarung di "medan perang gerbong wanita saat jam sibuk". Kadang juga, saya tiba-tiba merasa galau dan ingin merenung atau melihat muka-muka orang lain yang lebih letih atau lebih bersemangat dari saya. Buat apa? Agar saya jadi lebih bersemangat menjalani kehidupan saya. Berat ya kayaknya? Hehehehe.

Monday, 21 August 2017

Mengurangi dan Menata Pakaian yang ReeNgan Punya dengan Metode Konmari

Assalaamu'alaikum...!! ^_^




Sudah lama sekali ya saya tidak update blog. Soalan itu disebabkan karena saya merasa bahwa pekerjaan saya sedang kacau dan tidak terjadwal dengan baik. 😢

Suatu hari, saya membuka lemari pakaian yang isinya adalah pakaian saya dan suami. Lalu saya mendapati diri saya kelelahan demi melihat tumpukan pakaian tersebut. Saya kok ya merasa kasihan dengan pakaian yang berada paling bawah ya. Pakaian itu seperti sedang menjerit meminta pertolongan karena tidak berdaya menahan beban yang sangat berat dari pakaian-pakaian di atasnya. Akhirnya saya berpikir, mencoba mencari cara bagaimana biar pakaian itu tidak bertumpuk. Selain karena saya kasihan dengan pakaian itu, saya dan suami juga kepayahan ketika harus mengambil pakaian yang paling bawah saat ingin memakainya. Jadilah biasanya pakaian yang paling bawah itu jadi tidak terpakai dalam waktu yang super lama atau bahkan tidak dipakai lagi.

Sunday, 30 July 2017

5 Tip Memilih Kaca Film Berkualitas

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Saya pernah kaget ketika ada mobil yang kacanya gelap banget sampai enggak kelihatan apa yang ada di dalamnya. "Itu mobil yang buat nganter uang ke atm", kata suami saya. "Oh kok sampai gelap banget gitu ya?" "Iya kan dia pakai kaca film yang gelap". Lain waktu saya melihat ada mobil keluarga yang terang benderang kacanya, bening banget. Trus suami saya bilang kalau mobil itu belum pakai kaca film, dan dia yakin orang-orang di dalamnya bakal kepanasan saat siang hari. Saya lihat sih waktu itu memang ada yang kipas-kipas dan nutupin kacanya dengan handuk. Sebenarnya apa sih kaca film dan apa kegunaannya?

Thursday, 27 July 2017

Penampilan Orkestra dengan Alat Musik dari Sayuran di LG Linear Challenge

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Di rumah, saya hanya tinggal berdua saja dengan suami. Dulu, kami harus berpikir keras ketika ingin memasak, karena biasanya sayuran, ikan, atau daging yang kami beli jumlahnya melebihi kebutuhan kami. Ya, kadang kan kalau belanja di pasar kita enggak bisa beli sayuran seperempat ikat. Jadilah, mesti ada saja sayuran yang layu dan kami buang, hiks.. 😢😢😢. Kemudian, suami mendapatkan lungsuran lemari es dari sahabatnya, alhamdulillah! 😃 Saya senang sekali karena kelebihan sayur dan buah yang kami beli bisa awet beberapa hari. Di lemari es yang sekarang pun sebenarnya sayuran hanya tahan selama 2-3 hari sebelum akhirnya layu atau membusuk. Tadinya saya enggak percaya lho kalau di lemari es juga bisa terjadi pembusukan, hehehe. Ternyata yang mengalami hal ini bukan hanya saya saja, karena menurut data dari PBB (perserikatan Bangsa-Bangsa) jumlah makanan yang membusuk sebelum dikonsumsi kira-kira sebesar 1,3 juta ton per tahun. Misalnya diuangkan itu sejumlah USD310 juta, kalau kita rupiahkan dengan kurs hari ini berarti sekitar Rp4,1 trilyun. APAAA!! Itu uang semua yang dibuang?

Sunday, 16 July 2017

Perjalanan Feed Instagram Punya riskiringan Alias Saya Sendiri ^_^

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Lagi ramai bahasan tentang telegram ya akhir-akhir ini, tapi sayangnya saya enggak punya akun telegram, hehehe. Di postingan ini saya sedang ingin kilas balik perjalanan akun instagram saya.

Akun instagram saya adalah @riskiringan, hehehe sekalian promo ya.

Oh iya, tulisan ini saya buat setelah saya melihat beberapa akun instagram yang dibagikan oleh instagram di akunnya. Foto-foto mereka itu outstanding! Sebagian besar mereka menggunakan akun instagramnya ya untuk menyalurkan hobi dan bakat yang mereka punyai. Hampir semuanya sudah membranding akun instagramnya dengan kuat. Bisa lah dilihat dari foto-foto yang mereka bagikan. Setelah itu, saya melihat lagi foto-foto di akun instagram yang saya punya yaitu riskiringan tadi. Hmmmm.... krik... krik... krik. Bukan karena foto yang saya bagikan tidak bagus, semuanya bagus-bagus kok, kalau enggak percaya coba deh Teman ReeNgan lihat sendiri, hehehe. Tapi saya merasa bahwa saya masih kebingungan dengan apa yang mau saya bagikan lewat riskiringan.

Friday, 14 July 2017

Anyang-anyangan Itu Berbahaya Tidak Ya? Apa Penyebab & Cara Mencegahnya?

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


"Kak, Kakak tahu anyang-anyangan kan? Itu penyebabnya apa ya Kak?"

"Kak Riski, anyang-anyangan itu berbahaya enggak sih?"

"Kalau kita anyang-anyangan, bisa diobati enggak Kak?"

Wuuiiiihhh... banyak kali pertanyaannya! Hehehe. Pertanyaan-pertanyaan seperti itu sering muncul saat saya mengajar materi sistem ekskresi pada manusia, entah itu yang kelas 8 SMP atau XI IPA SMA. Kok munculnya di sistem ekskresi? Ya karena anyang-anyangan berhubungan dengan buang air kecil, dan buang air kecil itu mekanisme alami pengeluaran racun dari dalam tubuh atau ekskresi.

Dulu waktu SD sampai SMP kalau enggak salah nih ya, saya juga pernah anyang-anyangan. Rasanya enggak enak banget. Berasa pingin banget nget nget buang air kecil, trus pas sudah di toilet eh urin yang keluar sedikit banget. Selain urinnya sedikit, saluran buang urinnya juga sakit dan kadang panas. Yang lebih nyebelinnya lagi adalah kalau sudah sekali berasa anyang-anyangan, pasti bakal sering bolak-balik kamar mandi deh seharian itu. Kan enggak asyik ya misalnya lagi testing alias ujian trus anyang-anyangan.

Thursday, 13 July 2017

Akhirnya Saya Menemukan Pembalut yang Pas Di Hati - Review Singkat Softex Daun Sirih 3 in 1

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Disclaimer dulu ya, postingan ini bukan postingan berbayar, saya menulisnya karena saya senang akhirnya saya menemukannya (lalu terdengar alunan lagu, "A.khir.nya ku menemukanmu...", hehehe).

Ceritanya setahun yang lalu, asyik sudah lama banget ya, saya mendapatkan goodiebag beberapa bungkus pembalut dari sebuah acara. Maksud hati waktu itu pingin saya review tapi enggak jadi. Sebabnya, saya masih punya stok pembalut merk lain. Trus, sekitar 6 bulan yang lalu, waktu saya berpikir untuk jangan dulu membeli lagi barang yang masih ada stoknya di rumah termasuk pembalut ini, saya pakai deh dengan segala konsekuensinya. Eh.. kok ya akhirnya saya jadi jatuh cinta ^_^. Gila ya saya, dimana-mana bloger atau vloger itu mereview kosmetik, restoran, hotel, endesbre endesbre, eh saya malah mereview pembalut, hahahaha. Tapi beneran lho, untuk wanita yang sudah menstruasi, memilih pembalut yang cocok itu susah banget. Ada yang berdiri lama banget di depan rak pembalut di supermarket buat memilih jenis pembalut yang tepat menurutnya. Saya pun setelah pencarian yang cukup lama, akhirnya menemukan 2 merk pembalut yang saya suka, salah satunya merk ini.

Monday, 10 July 2017

Langit Bumiayu Saat Idul Fitri 1438 H

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Ada yang menarik perhatian saya waktu lebaran Idul Fitri kemarin, yaitu langitnya. Awalnya saya enggak ngeh, sampai saya melihat ke arah langit saat menunggu pelaksanaan sholat Idul Fitri 1438 H di kampung suami saya di Bumiayu.

Saat itu langitnya benar-benar biru cerah dengan beberapa awan putih. Warna hijaunya dedaunan dari pohon-pohon membuat pemandangan di depan saya itu saat itu benar-benar indah, sangat indah. Keindahan tersebut bertambah dengan beberapa burung kecil yang terbang kesana-kemari dari satu dahan ke dahan lainnya seolah-olah ikut merasakan kebahagiaan di hari kemenangan itu. Lalu, saya mengamati lebih teliti lagi, dan subhanallaah.. daun-daun pepohonan itu tidak ada yang bergerak sama sekali. Pada saat itu baru saya sadari bahwa angin tidak bertiup tapi udara pagi itu terasa sangat segar dan bersih, subhanallaah! Lalu setelah itu, tiap ada kesempatan saya selalu memandang ke langit, masih indah. 

Sunday, 9 July 2017

Tip Agar Beras Tidak Kutuan

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Aaaaakkkk...! Saya lagi seneng banget ^_^! Seperti yang sudah saya bagikan di halaman Facebook saya bahwa saya sudah menemukan cara yang mudah agar beras tidak kutuan.

Ceritanya saya melihat status facebook atau artikel gitu, tepatnya saya lupa sih hehe, bahwa agar beras tidak kutuan, cukup diberi cabai kering utuh saja di tempat penyimpanan berasnya. Kebetulan saya punya cabai kering (lebih akuratnya mengering, wkwkwk), lalu saya coba meletakkan 4 buah cabai kering utuh di dalam tempat penyimpanan beras saya.

Saya mulai meletakkan cabai kering itu tanggal 4 Juni 2017, masih bulan Ramadhan. Kenapa saya ingat? Karena setelah saya meletakkan cabai kering itu, saya langsung memotretnya. Rajin kan? Waktu itu beras dalam penyimpanan beras saya tinggal tiga perempatnya (mungkin sekitar 6-7 kg). Sekali menanak nasi, saya hanya membutuhkan 3-4 gelas takar. Itu pun habisnya bisa 3-4 hari. Apalagi waktu itu kan bulan Ramadhan, jadi kami hanya makan nasi 2 kali saja, saat sahur dan berbuka puasa. Akhirnya, beras yang itu pun masih bersisa saat kami akan mudik tanggal 21 Juni 2017.

Saturday, 8 July 2017

Halal Bihalal PT MRT Jakarta dengan Media & Bloger: Progress Pembangunan MRT Jakarta Fase I

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Sekitar tanggal 3 Juli 2017, ada undangan di grup Blogger Reporter Indonesia bahwa akan ada acara Halal Bihalal bareng PT MRT Jakarta tanggal 5 Juli 2017. Sebagai pengguna Commuter Line Jakarta (which is menurut saya sama-sama kereta ya), saya langsung mendaftarkan diri. Secara saya penasaran sekali dengan progress MRT (Mass Rapid Transit) yang mana ketika saya harus berangkat kerja naik ojek mesti melihatnya dari atas flyover Karet. Iya, saya melihat Jalan Jendral Sudirman dari yang belum digali, lalu digali, sampai sekarang sudah ditutup lagi.

Proyek MRT Jakarta ini digadang-gadang bisa mengurangi tingkat kemacetan Jakarta. Selain itu, adanya MRT menurut Dirut PT MRT Jakarta, Bapak William Sabandar, bisa menjadi kebanggaan dan salah satu penggerak perekonomian warga Jakarta. Acara halal bihalal yang mengundang media, baik dari media cetak dan online, serta bloger ini diselenggarakan di lantai 2 Bakoel Koffie, Jakarta Pusat. Pada halal bihalal kali ini, dewan direksi PT MRT Jakarta hadir semua, mulai dari Direktur Utama (Bapak William Sabandar), Direktur Operasional dan Pemeliharaan (Bapak Agung Wicaksono), Direktur Konstruksi (Ibu Silvia Halim), dan Direktur Keuangan & Administrasi (Bapak Tuhiyat).

Friday, 7 July 2017

Ngobrolin Film Spiderman: Homecoming yang Karakternya Beda Banget dari Film Spiderman Sebelumnya

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Semua gambar dan video dalam postingan ini berasal dari http://www.spidermanhomecoming.com/

Hari Selasa (4 Juli 2017), suami saya sudah geger minta saya tanya ke petugas bioskop apakah bisa pesan tiket film Spiderman : Homecoming untuk Rabu (5 Juli 2017). Petugas di bioskop dekat rumah bilang belum bisa, baru bisa besok karena filmnya juga baru tayang perdana besok. Trus malamnya, suami minta saya membuka web bioskop tersebut buat ngelihatin Spiderman-nya tayang di mana saja. Ternyata bioskop dekat rumah tidak memutar film Spiderman : Homecoming ini. Yaaahhh... agak kecewa dia, wkwkwk. Paginya, saya berinsiatif mengecek lagi web bioskop tersebut, dan ternyata bioskop dekat rumah menayangkannya! Cihuy.. langsung saya hubungi suami biar dia saja yang beli tiketnya, hehehe.

Suami saya itu suka nonton hampir semua filmnya Marvel. Makanya pas di Civil War itu muncul sosok Spiderman yang karakternya beda jauh banget dengan Spiderman sebelumnya, dia langsung cari-cari kapan tayang film Spiderman sendiri. Biasanya kan, kalau di film Marvel ada tokoh baru berarti bakal muncul filmnya si tokoh itu sendirian, hehehe. Kata suami, kursi kesayangan yang di jam-jam sebelum jam 21.45 WIB sudah terisi, akhirnya beliau membeli tiket yang jam 21.45 karena kursi kesayangannya belum terisi. Kursi kesayangannya itu yang berada di tengah-tengah enggak deretan paling depan atau belakang atau di pojokan dan tempat kakinya luas, hehehe. Ternyata, setelah filmnya akan dimulai, semua kursi di jam itu full sampai deretan paling depan tidak bersisa, WOW!

Cara Menukar KMT Reguler Menjadi KMT Felica

Assalaamu'alaikum...!! ^_^

KMT Reguler (tidak ada tulisan Felica-nya)

Akhirnya setelah maju mundur, jadi juga menukar Kartu Multi Trip (KMT) Reguler dengan KMT Sony Felica ^_^. Awalnya saya penasaran dengan tulisan KMT Felica di loket pembelian & isi ulang tiket. Saya kira itu sama dengan loket KMT Reguler, ternyata setelah saya mengantre, saya diarahkan ke loket KMT Reguler karena tidak bisa isi ulang di situ. Lalu, saya cari tahu perihal KMT Felica ini di akun twitternya @CommuterLine.Yang saya tangkap di twitnya Commuter Line adalah chip yang dipakai di KMT Felica ini berbeda sehingga nantinya bisa dipakai di tempat lain juga. Bahkan katanya sudah bisa isi ulang di alfamart dekat stasiun. Jadi enggak terlalu antre ya di loket atau vending machine tiket.

Saya pikir kenapa enggak ya saya tukar saja KMT Reguler saya menjadi KMT Felica. Namun, waktu itu saya masih bingung cara menukarnya sehingga saya mencari-cari artikel pengalaman pribadi dari pengguna Commuter Line yang lain. Alhamdulillah nemu satu, trus saya mantap ingin menukar KMT Reguler yang saya punya.

Thursday, 6 July 2017

Persiapan VS Pelaksanaan Mudik Naik Kereta 1438 H (Juni 2017)

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Tahun ini tahun yang spesial untuk saya karena, akhirnya suami mau mudik naik kereta bareng saya! Yeay! Iya, biasanya beliau mudik mengendarai motor sendiri. Tahun lalu malah beliau basah kuyup di perjalanan karena sepanjang jalan kehujanan. Hadeehh... bikin was-was saja.

Cerita-cerita mudik ala ReeNgan : Mudik

Dikarenakan mudiknya naik kereta semua, jadi persiapan mudiknya sedikit berbeda dengan tahun lalu. Walaupun ada beberapa yang sama sih, hehehe. Teman ReeNgan mau tahu apa mau tahu banget?

Monday, 5 June 2017

Jenis-jenis Tiket Commuter Line yang ReeNgan Tahu

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Alhamdulillah ketika pertama kali rutin menggunakan commuter line sebagai angkutan umum pergi dan pulang kerja, saya sudah tidak mengalami penggunaan tiket kertas. Dulu sih sempat diajak naik KRL waktu masih ada KRL ekonomi, tapi yang beli tiket bukan saya, jadi saya tinggal naik saja dan penuhnyaaaaaah 😱😱.  Saat ini, untuk bisa masuk ke dalam stasiun KRL di Jakarta, kita diwajibkan mempunyai tiket kereta elektronik karena gerbang masuknya juga elektronik. Nantinya tiket kereta ini harus kita tempelkan di pintu masuk elektronik yang ada di stasiun berangkat dan stasiun tujuan, jadi jangan sampai hilang tiketnya. Ada 3 jenis tiket kereta yang saat ini banyak digunakan, yakni Tiket Harian Berjaminan (THB), Kartu Multi Trip (KMT), dan uang elektronik dari bank.

Postingan menarik lainnya : Cara Masuk Ke Stasiun KRL

Thursday, 11 May 2017

Menata Layar Depan Smartphone Ala ReeNgan

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Hai Teman ReeNgan! Apa kabarnya? 

Saya pernah membuat postingan tentang menata aplikasi di smartphone. Saya bikin postingan itu gara-gara smartphone saya jadi lola (lama loadingnya). Trus saya googling cari cara biar loading smartphone saya agak cepat. Ada beberapa cara sih, saya coba yang saya bisa saja trus waktu itu alhamdulillah loadingnya jadi lumayan cepat. Nah, poin terakhir di postingan itu, saya menyarankan untuk menata aplikasi tersebut berdasarkan warna. Saya senang saja kalau warna-warna aplikasi disatukan, tapi ada kekurangannya ternyata. Untuk mencari satu aplikasi, kadang saya mesti swipe layar beberapa kali. 

Postingan terkait : Menata Aplikasi di Smartphone

Thursday, 4 May 2017

D.I.M.L #5 : Petualangan Menukar Uang Cetakan Baru

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Masyaa Allah! Sudah lama sekali ternyata saya enggak update postingan Day In My Life (red-sehari bersama Riski ^_^). Terakhir update itu November 2016, sungguh terlaluh! Hari ini saya mau menceritakan pengalaman saya yang terjadi kemarin, Rabu (3 Mei 2017). 

Seminggu ini, jadwal mengajar di bimbel lumayan padat, bisa dari pagi sampai malam. Biasanya, tanggal 28 itu suami saya sudah punya stok uang pecahan 2000 IDR untuk ongkos angkot saya. Namun, hari itu, belum ada uang pecahan tersebut. Lalu saya berinisiatif, bagaimana bila saya sekalian menukar uang untuk ongkos dan untuk persiapan Idul Fitri di Bank Indonesia. Nah, kebetulan kemarin itu saya masuk sore di bimbel, saya langsung dapat ide, bagaimana kalau menukar uangnya hari itu saja, hehehe.

Monday, 1 May 2017

Balada Mengejar Commuter Line ^_^

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Jika Teman ReeNgan datang ke stasiun Commuter Line pada saat jam berangkat atau pulang kerja (ya sekitar jam 06.00-08.00 dan 15.00-18.00), hati-hati ya. Selalu waspada lihat ke depan dan jangan jalan zig-zag. Mungkin saja nanti Teman ReeNgan bakal melihat beberapa orang dengan muka tegang dan mengeluarkan genjutsu mirip Flash alias larinya kencang luar biasa. Lengan saya pernah tersenggol, hanya itu saja sakitnya bertahan sampai 10 menit. Yap, jujur saya sendiri pernah menjadi pelaku yang berlari secepat Flash, hehehe.

Alasan saya waktu itu adalah takut telat sampai kantor, karena yaaa waktu itu sekitar 2014- pertengahan 2016 jumlah kereta Commuter Line masih sedikit. Jadi untuk menunggu kereta selanjutnya dengan tujuan yang sama agak lama, bisa 10-30 menit tergantung banyak hal. Di tahun-tahun itu berat badan saya turun sampai 5 kg dan alhamdulillah bertahan di posisi itu, yuhuuu...!! ^_^

Monday, 24 April 2017

Memanfaatkan Promo JSM Alfamart dan Indomaret di LINE

Assalaamu'alaikum...!! ^_^
Apa kabarnya nih setelah libur panjang 3 hari? Insyaa Allah tambah sehat ya, aamiin. 

Iya, beberapa minggu ini saya memanfaatkan promo-promo yang diberikan oleh dua toserba itu. Enggak tahu kenapa sekarang dua toserba ini lagi gencar banget ngadain promo lewat LINE. Awal saya tahu adalah waktu main Zuma di HP suami, eh muncul notifikasi dari Line Event tentang promo JSM Alfamart yang kalau enggak salah sih So Klin cair deh waktu itu. Trus muncul lagi seminggu kemudian dengan promo yang berbeda yaitu Gulaku sekilo harganya 12.500 IDR. Waaahhh... murce (untuk ukuran Gulaku ya ^_^)!

Saturday, 22 April 2017

Curhat : Memulai Percakapan dengan Orang Asing

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Saya harus mulai darimana ya? Oke, saya tahu. Saya ini termasuk orang yang doyan ngomong, ngomongin apa saja asal masih dalam batas wajar. Maksudnya, enggak nyerempet sampai ke membuka atau membicarakan aib orang lain, sebisa mungkin ^_^. Di rumah, teman ngobrol saya yang paling setia adalah suami, pastinya, hehehe. Semakin bertambah umur, waktu untuk ngobrol dengan orang lain semakin berkurang. Banyak hal yang harus saya perhatikan, misalnya waktu atau situasi.

Apalagi sekarang ini sudah zamannya gawai/gadget dimana-mana. Orang lebih memilih ngobrol dengan gawainya daripada langsung dengan orangnya, mungkin ya. Saya pun dulu begitu, masuk kereta saya langsung buka HP trus melakukan bermacam aktivitas dengan HP itu. Selalu ada waktu untuk bercengkerama dengan HP. Lantas, saya kangen ngobrol.

Thursday, 20 April 2017

Garis Kuning dan Jalur Kuning di Stasiun KRL

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Baru beberapa bulan ini, di setiap stasiun KRL di Jakarta, saya lihat mulai ada 2 jalur berwarna kuning. Yang satunya memakai cat warna kuning, dan yang lain memakai tegel warna kuning berpola. Saya mau ngomongin dua-duanya, hehehe.

Wednesday, 19 April 2017

Cara Menggunakan Fasilitas Transfer Go-Pay dari Go-Jek

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Disclaimer : Postingan ini bukan endorse atau sponsored post ^_^

Sekitar tanggal 17 April 2017 saya menerima pesan LINE dari official account-nya Go-Jek, isinya promosi salah satu layanan terbaru dari Go-Jek. Di situ ditulis kalau saat ini sesama akun Go-Jek bisa saling transfer saldo Go-Pay, what the...! ^_^. Ya ampuun, makin banyak saja nih layanan dari Go-Jek. Inovasinya itu bikin geleng-geleng kepala.

Tuesday, 18 April 2017

Ketika Pintu Ruang Masinis Jadi Transparan ^_^

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Ya Allah, beneran deh saya lagi senang banget! ^_^. Ceritanya kemarin itu saya berangkat pagi (sekitar jam 09.30 WIB) karena jadwal bimbingan untuk persiapan masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) di bimbel sudah dimulai. Di KRL Access sih ada kereta tujuan saya jam 09.39 WIB, dan ternyata benar! Sesampainya saya di stasiun jam 09.35-an, tidak lama kemudian kereta tujuan saya datang ^_^. 

Saturday, 15 April 2017

Cara Pengemudi Ojek Online Menyiasati Pulsa Telepon Agar Hemat

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Sudah beberapa tahun ini, tepatnya sejak adanya ojek online, saya sering kemana-mana naik ojek. Biasanya saya naik ojek saat saya sudah mau telat masuk ke kantor, atau saat warna jalan di google map sudah merah, dan jika saya tidak tahu arah ke lokasi tujuan. Terkadang di sepanjang jalan, Abang Ojeknya mengajak saya ngobrol, kadang juga enggak. Topik obrolannya macam-macam, ada yang hanya basa-basi, ada yang curhat soal rumah tangganya, ada yang bicara soal kesehatan, dan lainnya.

Tuesday, 11 April 2017

Mengecek Jadwal dan Rute Commuter Line Lewat Aplikasi KRL Access

Assalaamu'alaikum..!! ^_^


Berawal dari mata indahnya senyuman dua hari selalu enggak dapat driver ojek online dari 2 aplikasi yang saya punya. Akhirnya pas dapat ojek pangkalan yang mengantar saya ke stasiun, beliau bilang kalau mau menganta saya lewat perempatan Pancoran sekarang itu macet berat. Sebabnya karena sedang ada pembangunan jalan layang di situ. Saya lihat sih memang banyak alat berat di sekitaran situ. Pingin motoin, tapi terkendala timing yang sering enggak cocok.

Friday, 31 March 2017

Tentor Bimbel : Kalau Siswa Cuma Cari Satu Jawaban, Kami ...

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Setelah blog ini lama banget saya anggurin karena saya sedang cari wangsit tentang apa saja sih yang pingin saya bahas di blog, tapi yang enggak berat-berat. Pinginnya yang ringan saja seperti nama blognya, RiskiRingan. Katanya kalau enggak mau berat-berat ya yang dibahas adalah kehidupan sehari-hari. Saya sering mikir bahwa kehidupan saya sehari-hari itu biasa saja, datar, tidak ada keistimewaan, tidak wah. Hmmm... padahal kata Lucie B Fink, kita enggak boleh menganggap diri dan kehidupan kita ini biasa saja, karena kita hanya ada satu di dunia ini pastinya kita punya kehidupan yang berbeda dan luar biasa dari orang lain. Oke, akhirnya saya cari apa saja kehidupan saya yang berbeda dari orang lain? Ternyata ya yang saya anggap biasa tadi itulah yang berbeda. Diantaranya, saya salah satu tentor bimbel (bimbingan belajar), hampir tiap hari saya naik ojek online, angkot & commuter line (KRL), dan saya suka dengan urusan rumah tangga (suka menyederhanakan, hehehe).

Di postingan ini, saya pingin cerita saja tentang salah satu kegiatan saya di bimbel. Sebelum ini, saya pernah nulis postingan tentang jam tambahan yang bisa diminta siswa di luar jam wajib kelas.

Tuesday, 28 March 2017

Resep : Ondoolll Dibuat Dari Apa..?? ^_^ (Indonesian Traditional Snack That Made of Cassava Tubers)

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Selasa kemarin kan hari libur nasional memeringati Hari Raya Nyepi, saya dan suami nyantai di rumah, hehehe. Siangnya, jam 11-an, saya tiba-tiba keingetan lagu yang dulu suka saya nyanyikan pas waktu latihan pramuka di SD. Lagunya tentang membuat ondol (lebih dikenal dengan misro). Kalau tidak lupa, seperti ini liriknya:
Ondooooollllll....!!
Dibuat dari apa?
Sing..sing..kong... Sing..sing..kong
Bagaimana membuatnya?
Singkong diparut di dalamnya diberi gula
Singkong diparut di dalamnya diberi gula

Thursday, 23 March 2017

Inovasi Terbaru Kertas Fotokopi SiDU

Assalaamu'alaikum...! ^_^

Konferensi Pers Progres Di Atas Kertas. Dari kiri ke kanan: Okky Madasari, Sovan K. Ganguly, Martin Jimi, Pembawa Acara

Hari Selasa (21 Maret 2017) saya ke Gedung Arsip Nasional di Jakarta Barat. Saya baru pertama kali ke Gedung Arsip Nasional, dan langsung jatuh cinta dengan arsitektur bangunannya. Masyaa Allah, cantik dan tenang banget di situ. Ngomongin soal arsip, ternyata arsip itu bisa berbentuk apa saja ya. Ada arsip dalam bentuk barang, prasasti, dan yang paling banyak adalah arsip dalam bentuk kertas. Karena yang ada dalam gedung itu adalah arsip negara, jadi jumlahnya banyaak sekali. Etaapi, kita juga punya arsip lho. Dari pas kita masih di kandungan, ada catatan kesehatan kita di KMS (Kartu Menuju Sehat). Lalu kita dibuatkan surat kelahiran dan akta kelahiran saat kita sudah lahir. Kemudian waktu sekolah kita akan mendapatkan raport da ijazah. Kemudian sekarang, ada KTP, buku nikah, dan surat-surat berharga lainnya. Hampir semua arsip yang kita punya itu ditulis di atas kertas.

Tuesday, 21 March 2017

Ngobrolin Film Dear Zindagi, Kehidupan Tidak Seberat yang Kita Kira

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Sudah lama kita enggak ngobrolin film ya. Beberapa bulan ini, tepatnya setelah Dangal main di bioskop, saya suka nonton film-film India. Kali ini saya tertarik ngobrol soal film Dear Zindagi. Yang jadi pemeran utamanya adalah Alia Bhatt, artis pendatang baru. Debut pertamanya tahun 2014 di film Student of the Year. Terus saya lihat perkembangan aktingnya lumayan pesat.

SINOPSIS + SPOILER

Ngobrolin soal Dear Zindagi, Zindagi itu artinya hidup atau kehidupan, jadi Dear Zindagi mungkin bisa diartikan Hai Hidup! ^_^. Adalah kisah Alia Bhatt, seorang sinematografer handal yang karirnya sedang menanjak. Namun, entah apa yang ada dalam hati dan pikirannya sehingga dia selalu terlihat gelisah. Contohnya, sudah benar-benar rumahnya dirapikan oleh pembantunya, tapi dia sengaja memberantakinya.

Wednesday, 15 March 2017

10 Aplikasi Penting Yang Ada di Smartphone Saya

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Saya datang ke Jakarta tahun 2011, saat itu HP yang saya punya adalah HP poliphonik dengan layar kecil monochrome, tanpa internet. HP-nya sekarang masih ada saya simpan, hehehe. Teman-teman dulu HP pertamanya apa? Alhamdulillah sekarang saya sudah punya smartphone hasil cicilan ke kakak (pinjam duitnya kakak trus saya bayarnya cicil ke beliau tanpa bunga). Awal punya smatphone, saya kalap mengunduh (download), banyak sekali aplikasi yang menurut saya menarik, terutama aplikasi permainan. Alhasil, smartphone saya jadi lemot banget, karena kapasitas internal dan eksternalnya memang sedikit untuk membantu pekerjaan saya (masing-masing 8 GB). Saya beli smartphone tersebut sekitar tahun 2014. Beda ya dengan smartphone keluaran sekarang yang memori internal dan eksternalnya muat banyak, yang harganya enggak beda jauh dengan smartphone saya saja memori internalnya sampai 32 GB dan memori eksternalnya bisa sampai 256 GB. Puas tuh mau pepotoan gaya apa saja, hehehe.

Berhubung tabungan saya belum cukup untuk beli HP baru, jadi solusinya adalah memilih aplikasi yang betul-betul saya butuhken (sebagai pengajar, bloger, dan penyuka game) dan menonaktifkan aplikasi yang tidak terlalu saya butuhkan tapi menguras isi kantong memori HP. Solusi lainnya yaitu, saya harus rajin memindahkan foto-foto dan video-video dari HP ke komputer. Aplikasi yang ada di HP saya ini saya lihat adalah aplikasi yang ada di hampir semua HP teman saya di Jakarta. Tadinya aplikasi-aplikasi tersebut saya taruh di layar depan HP dan saya atur berdasarkan warnanya, tapi sekarang saya membaginya ke dalam beberapa folder. Jadi saya hanya punya satu layar saja, sehingga enggak capek dan ribet harus swipe-swipe layar.

Monday, 6 March 2017

Kalau Saya Beli HP Baru, 5 Fitur Ini Yang Saya Mau ^_^

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Mungkin ada sebagian Teman ReeNgan yang tanya, "Kenapa Ris sama HP yang sekarang?" Alhamdulillah dia baik-baik saja. Saya pingin ada jawaban saja kalau ada yang tanya, "Misalkan kamu beli HP baru, kamu pingin yang seperti apa?" *ngareeeeepppp* ^_^. Ya guys, maklumi saja ya, ulang tahun saya kan sebentar lagi.

Jadi, sekarang kan sudah banyak muncul HP baru yang harganya miring, tapi fitur-fiturnya banyak. Saya sebenarnya enggak ngerti-ngerti banget sih semua fitur yang njlimet-njlimet itu. Tapi, sedikit-sedikit saya belajar lah kalau saya pingin fitur ini bagus tuh mending yang kayak gimana. Enggak muluk-muluk sih fitur yang saya inginkan, yang penting bisa mendukung kegiatan saya yang cenderung membutuhkan internet yang stabil kecepatannya, RAM & kapasitas simpan internal & eksternal yang cukup untuk hobi motret saya, dan ya kalau gitu pastinya kamera yang juga mendukung. Selain itu, apalagi yang saya inginkan? Yuk cekidot ke bawah!

Friday, 3 March 2017

Cara Cerdas Kredit Mobil yang Menguntungkan

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Suatu hari di tempat kerja saya, teman saya curhat: "Saya pingin beli mobil, nanti saya daftarin ke *** (merk transportasi online). Saya pernah ngobrol-ngobrol dengan drivernya, katanya lumayan penghasilan mereka seharinya".

Curhatan teman saya ini ternyata sesuai dengan salah satu alasan meningkatnya permintaan mobil di Indonesia, yang dijabarkan oleh Bapak Indra Prabowo (Managing Director of Mobil123.com & Otospirit.com). Ada beberapa alasan sebenarnya, yaitu investasi (seperti yang akan dilakukan oleh teman saya itu), kebutuhan (seperti adik saya yang anaknya sudah 3, jadi tidak nyaman jika memakai motor), lifestyle & masyarakat masih ada yang merasakan kurang nyaman dengan transportasi umum. Ada dua cara membeli mobil, bisa tunai atau dengan kredit. Banyak keuntungan membeli mobil dengan tunai, yaitu harganya lebih murah, lebih mudah dijual kembali karena suratnya sudah lengkap, dan tidak memikirkan angsuran tiap bulannya. Beda dengan membeli mobil dengan cara kredit yang sudah pasti harganya akan lebih mahal, dan kita tiap bulan harus membayar angsuran beserta bunganya. Saya pribadi memilih membeli dengan cara tunai.

Wednesday, 1 February 2017

Mencegah Masakan Rumah Menjadi Pembunuh Diam-diam (The Silent Killer)

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Tanggal 25 Januari 2017, bertepatan dengan Hari Gizi Nasional, SunCo mengadakan simposium bertema "Masakan Rumah, The Silent Killer". Simposium tersebut diadakan di Auditorium Rumah Sakit Pusat Pertamina, Jakarta. Tema yang disajikan itu cukup mengerikan untuk saya, mengingat saya dapat dengar cerita dari teman-teman saya tentang keluarga atau teman dekat mereka yang meninggal mendadak karena jantung koroner. Pun, kakak ipar saya juga meninggal karena serangan jantung. Meninggal memang sudah menjadi takdir. Namun, penyebab meninggalnya itu bisa dijadikan pelajaran untuk kita agar lebih berhati-hati lagi dalam menjalani kehidupan yang diberikan Tuhan.

Seperti penjelasan dari narasumber kedua dalam simposium ini, yaitu Ibu Theresia Irawati, SKM, M.Kes dari Kemenkes RI, bahwa dewasa ini ada perubahan penyebab kematian di Indonesia. Dari yang tadinya (tahun 1990-an) kebanyakan disebabkan oleh penyakit menular, menjadi kebanyakan disebabkan oleh penyakit tidak menular seperti jantung koroner, hipertensi, stroke, dan diabetes melitus (mulai tahun 2010). Perubahan ini, menurutnya disebabkan karena gaya hidup yang berubah pula. Saat ini, semakin banyak orang yang dilenakan oleh kemajuan teknologi, sehingga banyak yang mulai berkurang melakukan aktivitas fisik. Harusnya, kemajuan teknologi tidak menjadikan alasan seseorang untuk mengurangi melakukan aktivitas fisiknya. Selain itu, faktor lain seperti banyak anak usia  lebih dari 15 tahun yang sudah merokok, banyak yang tidak suka mengonsumsi sayuran dan buah, ada 4,6% penduduk Indonesia usia lebih dari 10 tahun yang sudah mulai mengonsumsi alkohol, serta masih banyak penduduk Indonesia (sekitar 63 juta) yang buang air besar tidak di jamban menjadi faktor resiko timbulnya penyakit tidak menular.

Tuesday, 17 January 2017

Ngobrolin Film Demi Cinta, Beneran Demi Cinta atau Demi Apa?

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Tanggal 13 Januari 2017, saya mendapat kesempatan oleh Blogger Reporter Indonesia untuk melihat Screening Film Demi Cinta produksi MNC Pictures di CGV Grand Indonesia. Film Demi Cinta ini bakal tayang di bioskop-bioskop Indonesia tanggal 19 Januari 2017 (KAMIS ini). Pengalaman hari itu memberikan pelajaran berharga untuk saya, yaitu saya harus tetap membuat reportasenya, bagus atau enggaknya film itu menurut saya, hehehe. Yuk kalau yang penasaran kenapa saya nulis seperti itu, terusin baca artikel ini! ^_^

Tahun ini, saya enggak menggunakan kata review untuk film yang saya tonton lalu saya tulis di ReeNgan. Menurut saya lebih enak kalau saya ngobrolin film itu saja dari pandangan subyektif saya sebagai penonton atau lebih tepatnya saya sebut penikmat film, cieeee. 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...