Tuesday, 7 April 2015

Review Buku : Maya Maia

Assalaamu'alaikum... ^_^

Judul buku : Maya Maia
Penulis : Devania Annesya
Penyunting : Donna Widjajanto
Penerbit : Plot Point Publishing
Cetakan ke : 1, Juli 2013

Yang pertama kali membuat saya tertarik dengan buku ini adalah judulnya, Maya Maia. Hmm.. pasti kisah tentang dua orang atau mungkin kisah satu orang dengan dua kepribadian. Lantas saya membaca sinopsis di sampul belakang buku, berikut saya tulis kembali :

Maya sengaja berlama-lama kuliah di London. Tapi kini ia terpaksa pulang ke Jakarta, kembali ketemu panas, macet, dan orangtuanya yang sudah menyiapkan perjodohan untuknya.
Sebaliknya, Maia seumur hidup tinggal di Tulungagung. Ini kali pertamanya ke Jakarta demi mencari kerja. ia gugup setengah mati di kereta menuju Stasiun Senen, dan sampai di sana malah bertemu Jonathan, bukan Joni.
 .............
 Ini adalah cerita soal hidup, cinta, dan kebetulan. Dan pertanyaannya: percayakah kamu dengan kebetulan?


Oke fix, berarti tebakan saya betul, ini adalah cerita tentang 2 orang bernama mirip. Namun, setelah dibaca lagi, cerita ini bukan mengenai 2 orang saja, melainkan 4 orang dengan nama yang mirip (Ooo ya Allah, saya sudah bisa membayangkan bagaimana peningnya kepala penulis dan penyunting naskah, biar enggak salah nama). Semuanya berawal dari perjodohan dan stasiun kereta. Maya yang kuliah di London terpaksa harus pulang ke Indonesia karena menerima tawaran perjodohan dari Mamanya. Ya lah mau, karena semua aset keuangannya dibekukan. Tapi dia tidak pulang ke rumah, melainkan ke Tulungagung di rumah temannya, Annisa. Tapi Annisa tidak mau temannya itu berlama-lama di rumahnya karena perilaku Maya yang egois dan sok tuan putri. Maya pun akhirnya pulang juga naik kereta dan sengaja memakai pakaian yang biasa padahal dia di London berpenampilan bak model. Di stasiun dia langsung bertemu Joni, bukan Jonathan. 

Bersamaan dengan Maya, Maia juga naik kereta dari Tulungagung ke Jakarta untuk ikut kerja dengan cucu teman neneknya. Di stasiun, dia dirampok karena membeli air mineral botol dari seorang bapak tua. Dia dijemput juga oleh Jonathan, bukan Joni. Nah lho.. tertukar kan? Kenapa? Karena Jonathan dan Joni punya nama panggilan yang sama, yakni Jojo. Bedanya, kalau Jonathan ini adalah direktur sebuah toserba terkenal di Jakarta, sedangkan Joni adalah tukang reparasi komputer.

Berbagai kejanggalan pun ditemukan oleh Maya, hingga akhirnya dia pergi ke apartemennya sendiri dan bertemu Maia di sana. Maia yang polos tentunya terkejut setelah menyadari bahwa mereka tertukar. Namun, Maya justru menginginkan pertukaran itu tetap dilakukan selama sebulan, lantaran dia tidak mau dijadikan orang kedua di hati Jonathan. Jonthan masih belum bisa move on dari mantan pacarnya, Denisha, yang meninggalkan dia.

Mereka berdua mengalami perasaan dan pengalaman yang tidak mereka temukan di keluarga masing-masing. Hingga akhirnya mereka berdua sama-sama membuka diri untuk orang yang sekarang dihadapinya. Maia jatuh cinta dengan Jonathan begitu pula sebaliknya. Dan Maya juga mulai merasakan debaran cinta ke Joni, tapi apakah Joni juga merasakannya karena Joni tipikal orang yang cuek, urakan, dan ternyata seorang GAY..?!! Apa yang terjadi saat "pacar GAY"nya Joni pulang ke Indonesia? Lantas, bagaimana reaksi Jonathan dan Joni saat tahu kalau Maya bukanlah Maia dan Maia bukanlah Maya?  (kontrak mereka bertukar tempat hanya sebulan, kan?).

Seperti kata penulis di sinopsis novel ini, bahwa novel ini mengisahkan tentang kebetulan. Kita akan menemukan banyak sekali kebetulan yang ternyata tersambung dalam satu benang merah. Penulis dengan apik membuat plot yang teratur dan menarik sehingga kebetulan-kebetulan yang dihadirkan membuat saya bergumam.. "Oooo... jadi gitu..!". Tenang, walaupun namanya membingungkan ketika kita pertama embaca novelnya, tapi nantinya akan terbiasa. Saya tidak menemukan typo penulisan nama di novel ini. Cerita macam ini memang banyak sekali beredar, tapi karena penulis menceritakannya dengan gaya yang semi kocak dan ada beberapa twist yang menarik, maka cerita ini terasa lain. Cocok lah kalau Teman ReeNgan membaca novel ini sambil ngopi atau ngeteh sore hari di teras. 

DAAAANNNN.... seperti yang sudah saya tulis di review buku 123 Anti Kere bahwa buku yang sudah saya baca akan saya berikan kepada Teman ReeNgan yang beruntung. Maka, untuk Teman ReeNgan yang ingin membaca novel Maya Maia ini syaratnya yaitu:
  1. Menuliskan "Mau", "Boleh dong buat saya" atau kalimat yang menyatakan kalau Teman ReeNgan menginginkan novel ini di kolom komentar ya. 
  2. Menuliskan juga nama Twitter atau Facebook
  3. Alamat pengirimannya harus di Indonesia. 
Saya tunggu komentarnya selama 5 hari, dan setelah itu yang berhak mendapatkan novel ini akan saya undi. Pengumuman pemenangnya saya tulis di twitter dan facebook saya, jika 2 hari orang tersebut tidak merespon, maka saya undi lagi.

Terimakasih... ^_^

25 comments:

  1. Mauuuu bangeeet mbak :D
    Sini lah buat aku aja..hihi

    Maia dan Maya jadi penasaran endingnya gmna..

    @melfeyadin

    ReplyDelete
  2. maaauuu bangeeet, colek di @fennyferawati ya kalau dapet :D asli Klaten yang belum move on koq, hihi

    ReplyDelete
  3. Mau banget kak, buat aku aja ya :)
    Twitter : @Cici_stia
    Fb : Cici Wulan Ramadhani

    ReplyDelete
  4. Mauuu...Bunda juga mauuu donk. Siapa tahu Bunda juga ketiban KEBETULAN yang menyenangkan, hehe... Tapi membaca bahwa peserta yang komen di sini akan diimdi, yaaah...pastilah tertahan nama Bunda dari tempat kocokan, karena biasanya kalo dikocok itu, gak pernah beruntung, huhuuu.... Tapi siapa tahu yang KEBETULAN berpihak ke Bunda. Iya, kan, Riski?

    ReplyDelete
  5. Mauuu
    Twitter: @kanianingsih
    FB: Kania NIngsih

    ReplyDelete
  6. Saya mauuuu baca novel ini, Mbak :)
    Penasaran sama reviewnya jg karena editornya adl Mbak Donna, pastilah nggak mengecewakan :)

    Twitter : @KendengPanali

    ReplyDelete
  7. Aku termasuk orang yang hobi baca. MAU banget kalo misalnya buku itu dikasih ke aku :))))
    Twitter: @PutriKPM

    ReplyDelete
  8. Riskiii...jangan lupa:Bunda mauuu pake bingitz buku ini. Twitter: @yatirachmat Facebook: www.facebook.com/yati.rachmat. Siapa tau KEBETULAN juga jadi surprise buat Bunda, hehe...

    ReplyDelete
  9. mba, reviewnya kereen, jadi serasa ceritanya misterius begituh, hehe
    aku tentu sangat mau dunk, sangat berharap
    Btw, blogmu baguus, aku yang berumur ini bisa belajar dari yang muda
    Facebook www.facebook.com.Nefertite Fatriyanti, Twitter: @nefertitefitriy

    ReplyDelete
  10. Replies
    1. oke.. terimakasih ya Mimin Serbakuis yg baik hati... :)

      Delete
  11. mau, boleh dong buat saya, saya soviy
    Twitter saya : @SoviyatulM
    dan Fb saya : Soviya lan Viezza

    ReplyDelete
  12. Mauuuu banget bukunya mbak, buat memperbanyak review buku di blog aku :)
    twitter @fitrian

    ReplyDelete
  13. mau cin.....
    twet : @normatwet
    fb : norma dwi purwaningsih

    jakarta barat

    ReplyDelete
  14. Twitter: @QueenPinkii
    FB: Yanti Pinkipinki

    Aaaaaah ... MAAAUUU BAAANGEEEETTTT , ntah kenapa Jd mulai suka baca Novel :)
    Jd Novel apapun aku nya Jd pengen Bgt buat Punya

    ReplyDelete
  15. Mauu dooong bukunyaa mba...
    Sengaja nih reviewnya bikin penasaran je :D
    @DewiSulistiawty

    ReplyDelete
  16. Gimana kalau bukunya buat saya saja ?
    Twitter @Okta_s3233pm | Fb : Aquh Arum

    ReplyDelete
  17. Mau, bukunya buat saya @rifatulminaliya on twitter II Fb : Rifatul Minaliya yang di Bojonegoro jawa timur :)

    ReplyDelete
  18. Boleh dong buat saya ^^
    Twitter : @Pramanda_MarSa

    ReplyDelete
  19. Bolehh dan mau dong novel Maya Maia by Devania Annesya nya ;)
    Cerita dalam sinopsisnya membuat penasaran dan sedinkit membingungkan dengan nama tokoh yang dinovel namun dengan nama yang hampir serupa tersebut membuat para pembaca semakin penasaran bagaimana alur cerita selanjutnya. Apalagi Maya dari kota tulungagung dekat dengan kota ku.
    *Twitter: @ais_annis
    *fb: Aniezz Aiisyah
    *Alamat: Jl. Raya Plemahan Kab. Kediri JATIM
    Semoga bisa dapat novenya gratis :)

    ReplyDelete
  20. Mauu mauu banget Mba :)
    Setelah baca review novelnya, duh jadi penasaran seperti apa endingnya, mau baca, mau punya dan mudah-mudahan dikasih :D. Semoga ada "kebetulan" yang indah sehingga bisa dapet novel ini :)
    Fb: Delis Saniatil Hayat
    Twitter: @delissania
    Alamat: Tenang, masih di Indonesia :D Asli Tasikmalaya nih Mba :)

    ReplyDelete
  21. "Sudah saatnya anak muda meningkatkan hobi membaca, jadi bolehyah bukunya? haha :D.. "

    FB: Anggi Budiman Ibrahim
    Twitter: @anggimore

    ReplyDelete
  22. Mauuu

    Fb : Ila Rizky Nidiana
    Twitter : @ila_rizky

    ReplyDelete
  23. Waaah kirain Maia mantannya Ahmad Dhani hihihihiii

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...