Thursday, 29 August 2013

Chocomory, Where Happiness Comes Alive


Hari Senin 19 Agustus kemarin, saya dan beberapa orang berbahagia karena diundang oleh @yukmakan pergi ke Puncak. Kalau acara bareng @yukmakan pastinya kita mau wisata kuliner dong ya. Wisata kuliner kali ini kami tidak hanya merasakan kelezatan makanan saja, tapi juga melihat secara langsung bagaimana proses pembuatan makanan itu. Makanan apa sih? Makanan yang digemari oleh hampir seluruh penduduk bumi, yang katanya bisa mengendurkan syaraf kita yang tegang. Yepss… tak lain dan tak bukan adalah cokelat. Hloo.. ke puncak mau makan cokelat? Serius?

Belum tau ya… 

Di daerah Puncak Bogor, tepatnya di Cimory Riverside, Jalan Raya Puncak 415 Cisarua, Puncak Bogor ada satu brand cokelat yang tidak hanya menjual cokelat, tapi mereka ingin yang menikmati cokelatnya bisa merasakan kebahagiaan dalam jiwanya menjadi hidup, nama tempatnya yaitu Chocomory. Chocomory adalah salah satu brand cokelat di bawah naungan dari Cimory Factory. Sudah tau lah ya kalau susu dan yogurt dari Cimory itu enak, seger, dan kualitasnya sudah tidak diragukan lagi. Pastinya mereka juga akan menggarap Chocomory dengan kesungguhan hati juga. Seperti yang saya sebutkan tadi, Chocomory bukan hanya menjual cokelat, tapi para pengunjung juga akan dimanjakan dan dibahagiakan, karena pengunjung juga bisa mencetak cokelat secara langsung di pabriknya yang terletak di lantai 2, tepat di atas toko cokelatnya. Baru ada kan.. toko cokelat yang pabriknya mau dibuka untuk umum.

Bagian depan pabrik coklat Chocomory
Bagian dalam pabrik yang bersih, saya foto dari luar karena dindingnya dari kaca
Begitu melihat bagian luar dari Chocomory factory ini, kesan pertama yang saya rasakan adalah bersih, nyaman, artistik, dan lhoo.. kok kaca semua, ternyata karena Chocomory ingin semua proses pembuatan cokelat dapat dilihat. Ada satu spot bagian luar pabrik yang didesain semirip mungkin dengan negeri dongeng, yaitu seperti pintu masuk ke sebuah negeri cokelat. Tidak bisa berhenti kamera ini membidik spot tersebut, sungguh cantik. Masuk ke dalamnya, kita diwajibkan membuka alas kaki, agar kuman yang dibawa alas kaki kita tidak ikut masuk. Nah ketika masuk ke dalam pabriknya, saya sarankan untuk memejamkan mata dan hirup nafas dalam dan pelan, karena harumnya cokelat begitu semerbak di sini. Harum cokelat itu langsung mengendurkan urat syaraf saya yang tegang karena dikejar deadline, ahh.. betapa menenangkan. Pada kesempatan itu, kebetulan the owner of Chocomory yang sangat enerjik, cerah, dan tau banget tentang cokelat, Bapak Alex Sutantio, menemani kami untuk memberikan gambaran tentang Chocomory (Saya yakin beliau super energik karena pengaruh cokelat dan susu dari Cimory). Di pabrik itu kami diterangkan bagaimana tahapan proses pembuatan cokelat dan diberitahu darimana bahan dasar cokelat Chocomory ini berasal.


Bahan dasar Milk chocolate dari Belgia
Bahan dasar cokelat Chocomory berasal dari cokelat Belgia, dimana 36% nya ternyata adalah biji kakao dari Jawa. Jadi cokelatnya dipilih yang kualitas premium. Bentuk bahan baku cokelat premium itu seperti pallete, yang akan langsung meleleh jika dimasukkan ke dalam mulut, mmmm… so yummy. Puas diajak berkeliling pabrik Chocomory yang bersih dan menenangkan itu, akhirnya saat yang dinanti tiba, kami mencetak cokelat. Dipandu oleh chocolatier (orang yang membuat cokelat, chefnya cokelat) yang ramah, kami memulai aksi kami… Ah kacau, tapi exited karena belum pernah seumur hidup saya mencetak cokelat. Pas sudah jadi senengnyaaaa bukan main, ya Allah saya bisa bikin cokelat yang kayak di supermarket itu. Tuh, saya saja seneng, apalagi anak-anak ya… seneng banget pastinya.


Yuk cetak cokelat kalian sendiri ^_^
Tidak hanya itu kebahagiaan yang didapat, cokelat yang sudah jadi itu boleh dibungkus lalu dibawa pulang.. yeayyy. Hanya saja ketika saya cari di pembungkusnya kolom putih untuk menulis made by Riski belum ada, tidak apalah. Lalu masih ada lagi kebahagiaan selanjutnya, kita boleh mencicipi cokelat tester yang disediakan di situ… uuu surga banget. Terussss masih ada lagi (banyak banget kan happy nya.. ^_^), kali ini ketika turun lantai satu kita langsung bisa masuk ke tokonya Chocomory.


Ini dia tester nya, dari seri Chocolate Cover
Toko ini didesain dengan kesan hommy karena banyak komponen kayu di sini, sehingga pengunjung akan merasakan seperti berada di rumah sendiri. Selain itu, kemasan cokelat juga dibuat semenarik mungkin, dan ditata dengan sangat rapi. Sumpah kalau kamu kesini siap-siap kalap, soalnya bener-bener bikin tangan itu tidak berhenti untuk memindahkan cokelat dari rak ke keranjang belanja.

Chocomory Shop

Nah soal jenis cokelat yang dijual, ada banyak sekali tapi dibagi menjadi 4 jenis utama yaitu ada chocolate bar, chocolate cover, chocolate rocher & lollypop, pralines, dan product cokelat yang lain.


Chocolate Bar
Chocolate bar yang diproduksi ada 4 jenis yaitu White chocolate, Milk Chocolate, Dark Chocolate 55%, dan Dark Chocolate 70%. Dimana dari keempat jenis tersebut masing-masing mempunyai rasa original, dan diberi campuran almond, atau cashew. Dari rasa, manisnya pas, untuk milk chocolate rasanya tidak eneg, kemudian untuk dark chocolate kita akan dapat mencicipi sensasi manis pahit cokelat yang enak sekali.


Packaging cantik untuk Chocolate bar
Chocolate Cover
Chocolate cover adalah makanan yang diselimuti oleh cokelat. Jenisnya ada bermacam-macam, yaitu Almond Crunchies, Chocoreo, Cookie Coin, Wafer Finger, dan Cornflakes. Almond crunchies berisi bahan campuran dari almond halus yang berpadu dengan caramel yang renyah kemudian dibalut dengan cokelat, sehingga menghasilkan sensasi cokelat pertama kali dimakan kemudian kriuk dan manisnya caramel dipadu dengan gurihnya almond, sungguh menciptakan harmoni rasa cokelat yang unik. Hanya saja saat itu tester almond crunchies kami terlalu manis di caramel, kalau manis caramel dikurangi sedikit pasti saya akan bawa semua tester itu pulang. Lalu cornflakes, cornflakes biasa yang gurih dan crunchy lalu dibalut dengan cokelat, paduan rasanya sangat membuat ketagihan. Untuk chocoreo, cookie coin, dan wafer finger rasanya sangat menggoda mulut untuh terus mengunyah. Silahkan anda coba sendiri ya.


Varian Chocolate cover : Cornflakes & Chocoreo ^_^
Chocolate Rocher & Lollypop
Dibentuk seperti permen lollypop dan diberi karakter atau hiasan yang menarik. Ada beberapa jenis  yang dibuat, yaitu almond rocher, cashew rocher, cornflakes rocher, riceball rocher, milky marrie, lollypop duo, dan lollypop oreo. Rocher & lollypop ini bisa dibeli satuan, jadi kita bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh untuk keponakan di rumah.


Riceball Rocher Mood Booster!! IDR 10.000
Pralines
Pralines adalah cokelat yang punya isian. Isiannya ada yang berasal dari hazelnut, peanut butter, nutella, cerry, green tea, ada juga dari caramel, noughat, coffee, atau strawberry. Pralines juga bisa dibeli satuan dibentuk dengan sangat menarik, dan dibungkus dengan wadah yang sangat elegan. Kado yang pantas nih untuk acara sweet February kamu bareng orang terkasih.

Product lain
Selain produk cokelat diatas, Chocomory juga menjual saus cokelat, iced chocolate yang sangat menyegarkan, dan hot chocolate dalam bentuk pallete. Jadi minuman hot chocolate yang biasanya kita beli itu dalam bentuk bubuk yang sebenernya adalah ampas dari cokelat, minyak cokelat yang enak itu sudah tidak ada. Nah kalau di chocomory, hot chocolatenya dijual dalam bentuk pallete aslinya, jadi minyak cokelat yang enak itu masih ada. Cukup dituang air panas, tunggu sebentar, aduk, lalu cokelat panas yang nikmat dan menenangkan itu bisa melewati kerongkongan kita dengan anggunnya. Ahhhh…..

Yang terakhir ini adalah masalahnya ibu-ibu, HARGA… Untuk seukuran Chocomory yang bahan-bahannya berkualitas premium dan selalu fresh, harga antara IDR 2000 – 40.000 adalah harga yang sangat terjangkau menurut saya. Saya saja yang pelit beli-beli oleh-oleh tidak segan untuk beli banyak kemarin, karena kapan lagi coba, cokelat seistimewa itu range harganya terjangkau banget.

Nah itulah yang bisa saya ceritakan tentang pengalaman saya di Chocomory, bikin ketagihan. Seperti yang saya tulis di awal kalau Chocomory ini berada di kawasan Cimory Riverside, jadi setelah anda berbahagia di Chocomory, anda masih bisa bersantai-santai dulu menikmati makan siang di Cimory Resto sambil melihat aliran air bening beriak yang menyelinap diantara bebatuan alami yang tertata sedemikian apiknya. Setelah itu bisa juga berbelanja di swalayan oleh-oleh Cimory, snack, dan cinderamata. Fasilitas toilet dan musholanya juga nyaman dan bersih.

Salah satu sudut di dalam Cimory Resto

Ini dia view aliran sungai Ciliwung yang masih bersih & eksotis di Cimory Resto
Pokoknya sungguh, Cimory Riverside and Chocomory are places where happiness come alive. Ke Puncak nggak ke Cimory Riverside dan Chocomory, anda rugi, coba deh sekali dulu, selanjutnya terserah anda. 


Bersama teman-teman dari @yukmakan, maaf untuk para prianya ternyata tidak ada foto bersama di kamera saya

Selamat berlibur.... ^_^



Chocomory  
Cimory Riverside
Jalan Raya Puncak 415
Cisarua, Puncak
Bogor

BBM               : 25C4B419
Telp                 : +6281212407500  
FB Fan Page  : Chocomory
Twitter            : @ChocomoryChoco

8 comments:

  1. heummm,,cokelattttttttttttttttttttttttt..nyummiiii

    ReplyDelete
  2. ckckckck....#ngelap iler liat coklatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe... untung saya bawa duitnya dikit waktu kesitu, kalo ngga kalap saya...

      Delete
  3. kl kita dtg ke sana tanpa undangan bole gak, ya, liat pabriknya. Kyknya asik bgt ngajak anak2 ke sana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh, justru itu konsepnya Mak.. jadi kita ga sekedar beli cokelatnya tapi juga bisa mencetak cokelat di Chocomory..

      Delete
  4. Maaak mupeng deeech...apalagi sajian cokelatnyaaaah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk.. yuk.. deket kok dari Jakarta, bisa delivery lg, tinggal hubungi CP yg paling bawah postingan itu.. :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...