Wednesday, 4 March 2015

Cerita Di Balik Foto Wisuda


Assalaamu'alaikum... ^_^

Hehehe... kaget ya, buka postingan ini, lalu ada muka saya nongol gede banget. Ini saya mau pamerin foto selfie saya saat wisuda bulan April 2011, sudah lama ya. Waktu itu belum booming yang namanya selfie, atau wefie, foto itu saja saya ingat adalah jepretan ke-5 yang cukup akurat menampilkan muka saya penuh. Ye lah wong HP aja kameranya masih satu di belakang trus masih VGA lagi, paling banter tahun itu kamera 1,3 MP. Tapi, HP macam itu sudah top banget, berasa paling keren sekos-kosan. Kalau sekarang kan sudah banyak HP yang punya kamera depan kayak HP Smartfren, jadinya selfie atau wefie bisa lebih oke dan akurat.

Oke, saya lanjut cerita di balik foto di atas. Wisuda, pakai toga, trus dapat ijazah adalah hal yang paling menyenangkan bagi semua mahasiswa, tak terkecuali saya. Tapi, senangnya saya itu berkali-kali lipat mungkin dibandingkan kesenangan adik kelas saya yang ikut kefoto itu. Apa pasal? Saya hampir saja di DO (drop out) karena sebentar lagi lama masa kuliah saya akan habis. Kalau dulu sebelum tahun 2004, lama kuliah itu tidak dibatasi, sehingga ada orang yang kuliah sampai 12 tahun. Nah, saat saya masuk kuliah, lama kuliah mulai dibatasi yakni hanya 7 tahun saja. "Kenapa harus saat saya masuk kuliah sih..? Di situ kadang saya merasa sedih..".

Kenapa sih saya hampir di DO? Saya sempat down. Ceritanya dimulai saat saya mulai mengajukan proposal skripsi. Pertama, ada dosbing (dosen pembimbing skripsi) yang mementahkan tema skripsi saya dan meminta saya untuk mencari pembimbing yang lain karena dia sudah full bimbingan. Lalu cerita berlanjut dengan penggantian tema skripsi, lalu diminta mengganti bab 3 yang artinya saya harus mengganti bab 1 dan 2, kemudian ganti sekolah tempat penelitian, selanjutnya karena kelamaan akhirnya saya harus ganti materi pelajaran yang jadi obyek penelitian (berarti saya harus mengganti semua instrumen penelitian), dan masih banyak lagi. Kala itu iman saya masih labil, saya pun ambruk. Pikir saya, "Saya harus ganti apalagi? Ya sudahlah... saya pause dulu proposal skripsi saya".

Cemen... kata itu mungkin yang ada di pikiran Teman ReeNgan untuk saya ya :). Enggak apa-apa, saya juga berpikiran sama saat ini jika saya teringat lagi hal itu. Sekitar dua tahun setelah saya pause, saya mulai berpikir jernih "Saya sudah melangkah sejauh ini. Dari SD sampai kuliah bukanlah waktu yang sebentar. Lagian, bukannya jurusan ini yang sudah menjadi cita-cita dan doa saya dari kecil." Akhirnya, dengan menahan rasa malu dan memplester muka saya dengan semen (biar jadi tembok karena teman-teman seangkatan sudah pada lulus), saya pun mulai datang lagi ke dosbing. Kali ini, saya berusaha dengan gigih. Akhirnya, setelah ujian proposal, lalu penelitian, lalu sidang skripsi, dan revisi, surat penetapan kelulusan pun saya dapatkan. Saya bahagia, saya gembira luar biasa. "Ya Allah, saya akhirnya lulus kuliah dan mungkin juga lulus ujian dariMu." Enggak hanya saya yang bahagia, Bapa, Mama, adik-adik saya juga ikut bahagia, calon suami saya juga bahagia (pikirnya mungkin, "Alhamdulillah akhirnya saya bakal nikah juga", hehe).

Enggak hanya bahagia karena sudah diwisuda saja, saya pun bahagia karena saya dapat mengambil hikmah dari apa yang terjadi pada diri saya itu, bahwa "Kita harus menuntaskan apa yang sudah kita mulai". Sekarang, setiap memandang foto itu, saya jadi lebih bersemangat menjalani hari. Karena pada intinya, foto selfie yang saya ambil itu adalah sebagai kenangan saya akan pahit manisnya mendapatkan ijazah itu. Semoga Teman-teman ReeNgan bisa mengambil hikmah dari cerita saya ini, bahwa kehidupan yang Teman ReeNgan jalani saat ini masih lebih baik dari kehidupan orang lain... ^_^.

Oh ya ketinggalan...Terimakasih banget untuk teman-teman satu kosan yang sudah rela tiap hari melihat muka kuyu saya, menerima tingkah polah kegilaan saya saat mengerjakan skripsi. Terimakasih juga sudah membantu saya saat mau wisuda, terimakasih buat gadis ayu asal Grobogan yang sudah mendandani muka saya dan mengantar saya ke gedung wisuda. I love you all.. :)

47 comments:

  1. perjalanan panjang menuju toga dan ijazah ya mak.. semoga makin sukses setelahnya.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, cukup panjang walo nggak seberat ujian skripsi org lain yg lebih berat dr saya... :(

      Delete
  2. Duh Maaak mukaku pas wisuda mah ancur bangeeet muahahahah
    Good luck ya Mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ancur pegimane Kakaaa... muka cantik gitu kok... :)

      Delete
  3. Eksis banget foto wisudanya... Suka duka nyelesaiin skripsi yg byk perjuangan ya. Smoga sukses terus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... ternyata saya sudah agak alay dari dulu... :) Amiin, terimakasih doanya... :)

      Delete
  4. Aku dulu lama mba nyelesein kuliahnya. Skripsinya sih cepet, kejar tayang, meng-upgrade nilai2 yg mantan nasakom nya itu loh yg bikin lamaaaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha itu juga Mbak, yang bikin aku lama. Dua tahun itu aku nyambi kerja nyambi ngulang matkul sing nilene elek2.. :)

      Delete
  5. wuaaahhh, saya niih, hampiir aja mau nyerah ngerjain tesis, hiks hiks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan menyerah Mbak Mayaaaa.... Cemungguuuudh..!!!

      Delete
  6. wisuda memang akan menjadi kenangan yg indah ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget, Mbak Santi.. indah banget, sampai berurai air mata bahagia... :)

      Delete
  7. Saya malah tidak pernah tahu rasanya wisuda mbak, karena udah kerja duluan dan malas ijin saat wisuda.
    Sekarang anak anak suka nanya photo wisuda kalau berkunjung ke rumah saudara ada photo wisuda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak apa-apakah kalau foto wisudanya sekarang? :)
      Semua orang punya cerita yang berbeda-beda... :)

      Delete
  8. Sama mbak, saia hampir putus asa ketika temen seangkatan banyak yang wisuda duluan, tapi bukan hidup namanya kalo tanpa perjuangan. Alhamdulilah ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap betul, bukan hidup namanya kalo nggak ada naik turunnya... :) Selamat yaaa... :)

      Delete
  9. Whuiihh... Jaman Kamera vga udh kenal selfie, kecee. Btw, jd malu nih aku sm diri sndiri yg memilij DO drpd berjuang utk skripsi dan lulus. :S

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya selfie itu sudah ada sejak ada kamera digital deh Mbak Noe.. Semua orang punya alasan dan latar belakang untuk setiap permasalahan Mbak, dan mungkin itu adalah yg terbaik untuk Mbak Noe... :)
      (hahaha... tiba2 saya sok bijak gini..)
      Kapan kita ketemuan lagiiiiii... kangen tau Mbak..

      Delete
  10. Wah selamat ^^

    Saya sudah pernah merasakan wisuda dan berharap bisa wisuda lagi ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih... :)
      Amiiiinn.. semoga bisa diwisuda lagi dan lagi ya... :)
      (Maksudnya diwisuda di jenjang pendidikan yang lebih tinggi..:))

      Delete
  11. selalu ada hasil dalam sebuah usaha. semoga terus semangat.
    anyway, ini kunjungan perdana. salam kenal :D

    ReplyDelete
  12. Duh..duh...
    Masa-masa disuruh ganti2 judul skripsi itu emang bikin stres banget yaaaaah :)

    Untunglah dulu aku skripsi nya barengan ama si Abah lho, karena temen kuliah jadi saling semangatin gitu...
    Udah di ancam sama si Mama, kalo gak lulus tahun ini gak boleh kawin sama si Abah...bhuahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wowww... ancamannya keren euy.. semangatnya jadi berkali lipat... hehe

      Delete
  13. Pengalamannya gak beda jauh dengan yang aku alami sekarang. Bedanya masih dalam proses, naru tahap seminar proposal yang selesai. Masih dua tahap lagi (Seminar hasil, studio akhir, dan ujian meja ) baru bisa wisuda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cemunguuddhhh Kaka...!!
      Kalau ada revisian langsung diketik aja... :)

      Delete
  14. Iya benerrr...aku inget masa2 belum ada kamera depan. .. OMG...harus ngepass banget biar bisa moto wajah...akibatnya wajah jadi lupa senyum...hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mak.. perjuangan banget ngepasin lubang kamera dengan muka.. Habis tu belum ada tongsis lagi, hehehe jadi ga bisa rame2.. Kalaupun rame2, bener2 perjuangan ekstra...

      Delete
  15. jd inget skripsiku yg ga slese sampe skrg.. hiks.. aku cemen yak.. hahaa
    eh selfienya oke loh mak.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... sama seperti komentar saya di Mak Noe, semua orang punya latar belakang dan alasannya sendiri. Yang terpenting sekarang ini, mari kita selesaikan apa yang sudah kita mulai.. tentunya dengan baik, ya kan Mak.. :)
      Mak Iprih tetep keren kok... :)

      Delete
  16. Lega yaa pas udah wisuda, tapi abis itu ada tanggungan lagi, cari kerja hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa... hahahaha...
      Tapi yang penting lega dulu... hehehe

      Delete
  17. Replies
    1. Foto ini sebenarnya enggak sengaja bisa jadi bagus gini... Itu bukan muka sedih Mbak, cuma muka ingin menegaskan kalo akhirnya saya dapat ijazah juga.. :) hehehe

      Delete
  18. wisudanya dah beberapa tahun silam dan dah ngerti namnya selfie

    ReplyDelete
  19. Itu pipinya tirus amat, Mak.

    Mak, kalo masuk 2004, berarti qta seumuran yaks, hehe *lospokus

    Setuju bgt dg kalimat ""Kita harus menuntaskan apa yang sudah kita mulai".

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... itu pipi hasil dari nggarap skripsi...
      Masa sih Mak, kita seumuran?? Perasaan dikau wajahnya mudaan deh.. :)

      Delete
  20. Mas-mas yang dibelakang mukanya kayak pengen diajak selfie tuh hihi...
    Btw, bayangkan ngerjakan skripsi yang begitu ribetnya sampai akhirnya yayy lolooos!!!

    ReplyDelete
  21. dobigift - Ahlinya kado
    Di order yuks...
    buat teman, sahabat dan orang terkasih kamu..
    langsung kontak dobi aja ya..
    dijamin :
    1. Kado Rapi
    2. Dibuat dari bahan terbaik
    3. cara pesan mudah (bisa via SMS, BBM, WA dan Email)
    ======================
    FAST RESPONE
    WA / SMS : 085691414296
    BBM : 2904D938
    ======================
    Lebih jelas Klik :
    http://dobigift.blogspot.com/…/03/dobi-flanel-collections.h…
    Follow IG @dobigift
    "Ahlinya Kado"

    ReplyDelete
  22. selfie bareng ijazahnya keren mbak,wisuda pastinya bakalan jadi momen yang tak terlupakan :)

    ReplyDelete
  23. Kalau wisuda itu sudah legahnya ga kebayang... senangnya minta anpun setelah berjuang susah payah dan lama dalam skripsi..

    ReplyDelete
  24. Wa'alaikumsalam
    hmm wisuda memang momen paling wow yang bikin kita dan orang tua bangga dan bahagia
    awalnya tadinya buat lomba Selfie mau ambil ini cuman hehe sesuatu
    salam kenal dari ku
    @guru5seni8
    main yuk ke tulisanku di
    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com atau www.kartunet.or.id

    ReplyDelete
  25. wwah... slamet ya kak ^^ keren banget...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...