Sunday, 6 March 2016

TIPS - Menghilangkan Kerak dan Bau Tak Sedap dari Botol Plastik

Assalaamu'alaikum... ^_^

Bau tak sedap yang akan dihilangkan dari botol plastik di sini, bisa bau plastik, bau buah yang dijus, atau bau-bau yang lain. 

Sebelum dicuci
Ceritanya, saya mencoba sedikit demi sedikit mengurangi sampah plastik. Sewaktu membeli jus, saya membawa botol plastik sendiri. Hehehe... Teman ReeNgan pasti bertanya, "Lha, katanya mau mengurangi sampah plastik, tapi kok masih pakai botol plastik?" Jadi itu botol plastik tempat minum satu-satunya yang saya punya dan itupun hadiah dari teman, yaa akhirnya saya harus menggunakannya sampai nanti si botol itu rusak. Oke, balik lagi ke topik. Tadi pagi saya membeli jus alpukat, hiks, saya lupa kalau jus alpukat, sirsak, dan jambu itu ninggalin kerak dan bau yang agak kurang sedap. Truussss... karena kecapaian paginya, saya lupa mau langsung mencuci botol bekas jus itu. Lengkap sudah!. Kerak jusnya mengering, ditambah baunya jadi lebih tak sedap.

Tapi..tapi..tapi, saya sudah pernah mengalami hal ini sebelumnya, bukan dengan jus, melainkan dengan minuman rempah. Dulu saya googling cara menghilangkan bau dari botol plastik. Kebanyakan menyarankan menggunakan baking soda atau cuka. Tapi dua-duanya tidak terlalu berhasil, mungkin karena baking sodanya bukan merk itu, dan bau cukanya malah kuat banget. Akhirnya saya mencoba hal berikut, dan alhamdulillah berhasil.
  1. Buang semua sisa minuman dalam botol.
  2. Masukkan air hangat sampai setengah botol dan air jeruk nipis 2-3 sendok makan ke dalam botol.
  3. Tutup botol, biarkan selama 2-3 menit lalu kocok dengan kuat.
  4. Buang air dari dalam botol, lalu cuci seperti biasa dengan sabut untuk mencuci botol.
  5. Bilas dengan air bersih (jangan dikocok!).
  6. Langsung keringkan dengan lap bersih atau tissue makan.
Mencuci botol plastik (ada beberapa tahapan yang tidak saya foto)

Setelah dicuci
Dengan cara di atas, kerak dalam botol menghilang dan bau botol jadi lebih segar. Ngomong-ngomong, kenapa saya menulisnya sabut, bukan sikat botol? Karena untuk botol plastik, sikat botol bisa menyebabkan goresan yang membuat botol plastik jadi jelek, hehehe. Awalnya saya juga memakai sikat botol, tapi ya itu, botol plastik saya jadi banyak goresan, bikin saya enggak enak sama yang ngasih. 

Sampai akhirnya waktu jalan-jalan di pasar swalayan, saya melihat ada sabut Scotch-Brite(TM) yang bentuknya memanjang. Di plastiknya tertulis sabut anti gores untuk mencuci botol minum bayi. Saya pikir, "Hmmm... pas banget ini, kan botol minum saya juga enggak terlalu panjang". Etapi saya kurang tepat, sabut itu memang untuk mencuci botol minum bayi yang pendek. Saya tahunya pas saya coba masukkan ke dalam botol, eh sabutnya malah masuk semua. Kalau untuk mencuci botol minum bayi yang pendek kayaknya pas banget nih, soalnya ada ujung yang runcing, jadi bisa menjangkau bagian yang sulit. Saya jadi berandai-andai, kalau Scotch-Brite(TM) mengeluarkan sabut cuci botol yang panjang dan bergagang, atau malah sudah ada ya?.

Padahal waktu mencuci botol, sabut panjang Scotch-Brite(TM) ini sudah enak banget dipegangnya karena bentuknya S, gampang juga ditekuk-tekuk, trus busa yang dihasilkan juga banyak. Sebenarnya sebelum punya sabut Scotch-Brite(TM) yang panjang itu, saya sudah menggunakan sabut Scotch-Brite(TM) bentuk S yang pendek. Itu, sampai 6 bulan saya pakai (3 bulan untuk mencuci piring, 3 bulan selanjutnya sampai sekarang untuk mencuci ember, bak dan lain-lain) spons kasar dengan spons halusnya masih rekat..!!. Selain itu, bentuknya masih S, maksudnya sponsnya enggak gampang dicukil-cukil.

Iya sih, mungkin bagi sebagian orang, harga sabut Scotch-Brite(TM) ini kelihatannya lebih mahal dari sabut biasa. Tapi kalau lebih awet, jadinya malah lebih murah Scotch-Brite(TM) deh. Ini, ada cara biar sabut cuci piring yang kita punya jadi lebih awet:
  1. Buang semua sisa makanan atau minuman dari piring atau gelas atau peralatan yang mau dicuci.
  2. Cuci peralatan dari yang tidak ada sisa makanan (masih bersih) trus terakhir ke peralatan yang berminyak (campur dulu dengan sabun cuci).
  3. Setelah selesai mencuci piring, cuci sabut sampai tidak ada busa yang tertinggal.
  4. Peras sabut sampai berasa tidak ada air yang tertinggal.
  5. Taruh sabut di tempat yang kering atau di wadah tempat sabun tapi wadahnya harus kering juga.
Cara mengawetkan sabut ini sudah saya buktikan. Dulu saya terlalu sayang dengan sisa sabun cuci piring, jadinya sabut cucinya saya taruh lagi bersama dengan sabun cuci, sabutnya jadi bau enggak enak, iyyuuhh. Dan setelah saya mencoba cara di atas, sabut cucinya jadi lebih bersih dan awet, baunya ya bau sabun cuci piring yang segar. Kalau Teman ReeNgan, bagaimana caranya menghilangkan bau tak sedap dari botol plastik? Bagi-bagi dong tipsnya di kolom komentar yaaaa... biar saya coba, oke?! ^_^

21 comments:

  1. Ini masalah saya banget nih Mbak ngilangin bau dari botol plastik yang saya pakai. Hehehe. :D Makasih Mbak Riski. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sering-sering diisi air hangat, trus sehabis pakai langsung dibilas dan langsung dikeringkan ya mas..
      Kalau ada sinar matahari sih, lebih bagus lagi dijemur.

      Delete
  2. Nah, ini sama persis dengan istri saya dirumah. Sabutnya selalu penuh dengan sisa sabun.. Jadi dapat ilmu baru saya, nanti saya terapkan dirumah. Thank's for sharing dan salam hangat dari Bondowoso..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mas Kopiah Putih. Coba deh sesekali cium sabut yang kerendam air sabun itu, aku pernah coba cium mas, setelah itu enggak mau merendam sabut lagi.. T_T

      Delete
  3. Wah, bisa dipraktekin nih cara cuci botolnya. Paling sebel emang kalo baunya gak mau hilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mau minum dari botol itu juga jadi enggak enak rasanya.

      Delete
  4. ternyata g boleh dkocok ya,saya seringnya di kocok hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak dikocoknya saat dibilas dan masih banyak busanya Mba. Kalau sudah bersih, boleh dikocok.

      Delete
  5. Hahaha pas nihh..botol botol yang aku pakai biasanya gitu juga..di tutupnya bagian ulir..susah bersihinya. Makasi mba tipsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau susah dihilangkan, bisa disikat dengan sikat gigi Mba. Atau sebelumnya, mulut botol berulir itu direndam air hangat dulu :).
      Kalau yang didalam tutup botolnya bisa dibersihkan dengan tusuk gigi dulu.

      Delete
  6. Eh,ternyata jeruk nipis punya manfaat utk bersihin botol ya, Mbak.

    ReplyDelete
  7. Wahh... ketauan sekarang, kenapa botol saya nggak kinclong lagi, ternyata karna pakai sikat. Thanks banget ya mbak. Saya biasa pakai kopi, tapi ada beberapa tabung bekas sabun matic yang sulit hilang baunya, saya coba pakai jeruk deh!

    ReplyDelete
  8. Nggak enak rasanya botol atau tempat lain baunya nggak enak. Apalagi jika tempat2 itu akan kita gunakan wadah makanan atau minuman.
    Terima kasih tipnya yang bermanfaat
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
  9. Wah tipsnya bermanfaat banget mbak Riski. Kebetulan saya suka bawa tumblr kemana - mana jadinya bermanfaat banget :D

    ReplyDelete
  10. Makasih tipsnya mba, o iya itu harus jeruk nipis kah? klo pake jeruk yang lain gk bisa ya?

    ReplyDelete
  11. Tipsnya sangat berguna dan bermanfaat sekali nih mbak terimakasih ya mbak :)
    Kalo saya mah mbak kadang2 di cuci sama air panas mbak ...

    ReplyDelete
  12. wahhh sering banget nih kejadian botol nyempil dan lupa dicuci, jadinya berkerak :(

    makasih ya tipsnya mbaaa...

    ReplyDelete
  13. hehe biasaya klo cuci botol pake sikat, kalo botol susu biasanya saya sikat sama di rendem air panas, makasih tipsnya bun

    ReplyDelete
  14. keren banget dah tipsnya

    maksih...

    ReplyDelete
  15. sip, memang betul sekali tu, kerak dan bau di botol bisa menimbulkan penyakit hiiii....
    jadi harus dibersihkan dengan cara yang baik,

    saya senang dengan artikel ini, soalnya sangat membantu dan bermanfaat bagi saya
    salam kenal...

    ReplyDelete
  16. Kangen sama postingan baru Riski ....

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...