Wednesday 15 March 2017

10 Aplikasi Penting Yang Ada di Smartphone Saya

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Saya datang ke Jakarta tahun 2011, saat itu HP yang saya punya adalah HP poliphonik dengan layar kecil monochrome, tanpa internet. HP-nya sekarang masih ada saya simpan, hehehe. Teman-teman dulu HP pertamanya apa? Alhamdulillah sekarang saya sudah punya smartphone hasil cicilan ke kakak (pinjam duitnya kakak trus saya bayarnya cicil ke beliau tanpa bunga). Awal punya smatphone, saya kalap mengunduh (download), banyak sekali aplikasi yang menurut saya menarik, terutama aplikasi permainan. Alhasil, smartphone saya jadi lemot banget, karena kapasitas internal dan eksternalnya memang sedikit untuk membantu pekerjaan saya (masing-masing 8 GB). Saya beli smartphone tersebut sekitar tahun 2014. Beda ya dengan smartphone keluaran sekarang yang memori internal dan eksternalnya muat banyak, yang harganya enggak beda jauh dengan smartphone saya saja memori internalnya sampai 32 GB dan memori eksternalnya bisa sampai 256 GB. Puas tuh mau pepotoan gaya apa saja, hehehe.

Berhubung tabungan saya belum cukup untuk beli HP baru, jadi solusinya adalah memilih aplikasi yang betul-betul saya butuhken (sebagai pengajar, bloger, dan penyuka game) dan menonaktifkan aplikasi yang tidak terlalu saya butuhkan tapi menguras isi kantong memori HP. Solusi lainnya yaitu, saya harus rajin memindahkan foto-foto dan video-video dari HP ke komputer. Aplikasi yang ada di HP saya ini saya lihat adalah aplikasi yang ada di hampir semua HP teman saya di Jakarta. Tadinya aplikasi-aplikasi tersebut saya taruh di layar depan HP dan saya atur berdasarkan warnanya, tapi sekarang saya membaginya ke dalam beberapa folder. Jadi saya hanya punya satu layar saja, sehingga enggak capek dan ribet harus swipe-swipe layar.

Aplikasi-aplikasi berikut ada di HP saya dan sebagian besar orang ibu kota, hehehe:

1. GMAIL
Sebenarnya ada aplikasi email bawaan android, tapi saya lebih memilih aplikasinya gmail (yang juga bawaan android sih sebenarnya). Alasannya adalah karena tampilannya lebih ramah untuk mata, mudah ketika menulis email, dan jenis emailnya bisa dibagi-bagi ke dalam kelompok tertentu. Ikon aplikasi ini adalah amplop dengan tepi merah.

2. WHATSAPP
Aplikasi pengirim pesan dan sekarang bisa melakukan panggilan suara dan panggilan video ini saya butuhkan untuk berkomunikasi dengan keluarga dan teman-teman. Pesan yang dikirim bisa dalam bentuk pesan biasa, foto, video, dokumen, suara, lokasi dan kontak. Kita juga bisa membuat grup/kelompok ngobrol di whatsapp. Hanya saja untuk saya pribadi, saya tidak mau punya banyak grup whatsapp (selain karena saya belum punya anak yang sekolah sih, hehehe). Tampilan Whatsapp ini menurut saya simpel dan enak dipandang.

3. FACEBOOK
Sebagai pengguna facebook yang aktif, dan juga karena sebagian besar kerjaan saya dapat lewat facebook, jadi saya install aplikasi facebook di HP saya. Saya jarang sih memperbarui aplikasi ini, biasanya 6 bulan sekali. Ya kita tahu lah kalau aplikasi ini nyedot isi memori banget. Ada beberapa teman saya yang berjualan online tidak menginstal aplikasi facebook di HPnya. Mereka membuka facebook lewat browser.

4. INSTAGRAM
Saya lagi gandrung banget sama aplikasi ini. Instagram adalah aplikasi semacam media sosial tapi khusus tentang foto. Sekarang banyak kemudahan yang ditawarkan oleh instagram, seperti satu email bisa punya banyak akun instagram, dan bisa milih mau profil pribadi atau bisnis. Saya pakai profil bisnis, karena yaa jujur ada beberapa kali saya pasang iklan di akun instagram saya. Enaknya instagram bisnis untuk yang jualan atau endorser adalah kita langsung bisa tahu analisis statistik foto atau video iklan yang kita upload tanpa menggunakan aplikasi lain. Selain itu, sekarang kita bisa live juga dari instagram dan ada instagram story yang mirip dengan snapchat. Acik-acik... ^_^

5. TWITTER
Twitter ini saya instal untuk livetweet, kultwit, cari trending topik sekarang apa, dan buat sebar-sebar link blog. Yang saya suka dari twitter ini adalah informasinya cepat sekali update. Apalagi di Indonesia yang katanya punya twitland yang super cerewet.

6. PICSART
Yups, ini aplikasi yang butuh kapasitas memori yang gede sebenarnya. Tapi saya kadung jatuh cinta dengan aplikasi ini. Kalau mau ngoprek/edit foto atau bikin gambar, saya lebih sreg dengan picsart ini. Kalau Teman ReeNgan ingin aplikasi yang mirip picsart tapi lebih ringan, Teman bisa coba install Snapseed. Lumayan lah, habis edit-edit foto di picsart, trus upload deh ke instagram, hehehe.

7. GOOGLE MAPS
Google maps sekarang sudah dilengkapi dengan informasi kepadatan lalu lintas, jadi enak gitu enggak perlu install aplikasi maps yang lain. Biasanya saya buka google maps kalau mau pergi-pergi, apalagi kalau saya belum tahu arah menuju tempat tujuan. Aplikasi ini membantu saya untuk tidak tersesat dan tak tahu arah jalan pulang.... *lanjut nyanyi* ^_^.

8. GOJEK dan GRAB
Yaps, sebagai masyarakat kekinian *pengawak* di Jakarta, sudah umum kalau di smartphone-nya ada salah satu aplikasi transportasi online seperti GoJek, Grab, atau Uber. Saya bahkan punya salah duanya. Kenapa punya dua? Karena harganya kadang beda walau jaraknya sama. Jadi saya milih mana yang lebih murah. Maaf, saya memilih untuk realistis... T_T. Aplikasi ini saya padu padankan dengan google maps biar enggak kejebak macetnya Jakarta yang kadang bikin Hayati lelah, Bang.

9. MOBILE BANKING
Untuk memudahkan kita dalam bertransaksi perbankan, aplikasi mobile banking ini perlu ada di smartphone kita... *baca dengan intonasi iklan bank di TV*. Yang ada dalam pikiran saya waktu saya menginstall aplikasi mobile banking salah satu bank ini adalah kemudahan yang ditawarkan. Saya bisa transfer, bayar listrik, PAM, beli pulsa dan isi go-pay lewat aplikasi  ini. Khusus untuk aplikasi mobile banking, kita tidak bisa asal install trus langsung cus pakai. Kita harus datang ke bank yang sama dengan nama bank di kartu ATM kita, bawa KTP asli, kartu ATM asli dan smartphone kita (ingat paket datanya harus diisi dulu!). Antri di CSnya trus bilang, "Kakak, saya mau daftar mobile banking". Nanti diajari deh sama CSnya ^_^.

10. CLEAN MASTER
Saya orangnya enggak telaten ya menghapus satu persatu chache dari setting-> manajer aplikasi -> buka aplikasinya -> klik clear chache, enggak Teman, saya enggak setelaten ituh. Akhirnya, saya install deh aplikasi clean master ini untuk membersihkan semua sampah yang ada di smartphone. Tinggal klik aplikasinya -> klik berkas sampah -> klik bersihkan sampah, selesaaaiii. Ada banyak aplikasi serupa, seperti CC Cleaner. Tapi saran saya cukup install satu aplikasi pembersih saja ya Teman.

Itulah 10 aplikasi penting yang saya pertahankan ada di HP saya dan mungkin sebagian besar masyarakat Jakarta yang punya smartphone (disclaimer: data ini tidak bisa dijadikan rujukan karena belum pernah ada penelitian resmi tentang ini ^_^). Untuk browsernya sendiri saat ingin berselancar ria di dunia internet, saya menggunakan browser bawaan android dan chrome yang teinstall otomatis saat mengaktifkan smartphone saya dulu. Sebetulnya masih ada beberapa aplikasi yang ada di HP saya, nih saya kasih bonus ya, aplikasi lain yang sama pentingnya tapi ya gitu, teman-teman kantor saya jarang ada yang punya.

LINE
Tadinya saya enggak install Line, tapi karena permintaan dari anak-anak murid di bimbel, saya jadi install Line juga. Yaps, Line ini saya install karena sebagian besar anak muda ((ANAK MUDA)) di bimbel tempat saya ngajar dan di Jakarta pada umumnya lebih menyukai Line daripada whatsapp. Alhasil, hampir semua kontak di Line saya adalah ID Line-nya anak-anak bimbel. Kenapa? Karena di Line itu stikernya lutju-lutju Kakak... ^_^. Stikernya itu buanyaak banget. Ada yang cuma emoji biasa, ada yang bisa bergerak, ada juga yang bisa bersuara. Trus kalau kita ngetik kata tertentu, misalnya kereta, maka otomatis akan muncul stiker /gambar kereta. Kita bisa milih mau pakai tulisan saja atau pakai stiker kereta dengan mengklik stiker yang muncul tadi. Oh iya, sama ini, waktu itu baru Line yang bisa melakukan panggilan video. Sampai sekarang, saya seringnya memang melakukan panggilan video dengan keluarga saya via Line.

WPS OFFICE + PDF
Saya butuh ini karena saya sering mendownload file dalam bentuk pdf, seperti file-file soal UN atau SBMPTN tahun lalu. Mengapa installnya WPS office + pdf? Ya karena praktis, satu aplikasi sudah bisa baca dan edit file-file office seperti word, excel & power point, serta file bentuk pdf. Ada aplikasi gratis lain kalau Teman ReeNgan mau coba, dari microsoft office, tapi ya siap-siap install beberapa aplikasi karena memang terpisah antara file office dan pdfnya.

PERIOD TRACKER
Aplikasi ini saya gunakan untuk mencatat tanggal-tanggal menstruasi saya tiap bulan. Selain mencatat tanggal menstruasi, disini kita (yang perempuan khususnya) bisa melihat kapan kita dalam masa subur atau kapan perkiraan terjadinya menstruasi di bulan selanjutnya. Ya memang sih kurang akurat, karena masa subur itu kan sebenarnya ditandai dengan peningkatan panas tubuh walau 0,5-1 derajat Celcius. Namun, keuntungan yang saya dapatkan dari menginstall aplikasi ini adalah adanya backup data otomatis yang tersambung ke email kita. Jadi semisal enggak sengaja terunsinstall, data kita masih ada dan otomatis muncul saat install ulang menggunakan email yang sama.

Itulah aplikasi-aplikasi yang ada di HP smartphone saya, selain aplikasi bawaan dari android itu sendiri. Kayaknya sepi ya enggak ada aplikasi game. Percayalah, saya sebetulnya penyuka game, tapi karena keterbatasan memori, jadi saya harus berhemat. Saya hanya punya satu aplikasi game, yaitu hayday, dan mungkin nanti kalau sudah lambat loadingnya, hayday tersebut bakal saya uninstall. Teman ReeNgan sendiri, pakai aplikasi apa saja di smartphonenya? Oh iya, sama tahun berapa sih sudah punya smartphone? ^_^. [Riski Ringan]

1 comment:

  1. Kalo aplikasi bawaan dr hp biasanya ttp aku pertahanin kyk gmail dll nya. Palingan aku tambah aplikasi onlineshop kyk zalora, shoppe dan tokopedia, secara aku hobi bgt belanja online mba :D. Trs game yg aku suka aja palingan cm 5. Trs aplikasi zomato supaya g bingung mau makan di mana :D. Itu yg wajib sih.. Kalo medsos aku cm Fb, IG dan path. Yg lainnya udh aku apus krn g menarik :p

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...