Sunday, 3 December 2017

Aplikasi MUVON, Satu Aplikasi All In

Assalaamu'alaikum...!! ^_^

Biasanya kalau saya berangkat atau pulang kerja naik kereta, pengennya mengisi waktu menunggu dengan menonton film atau mendengarkan musik. Trus kalau ada sesuatu yang menarik di dalam kereta, pingin banget cekrek trus upload di sosial media. Kadang-kadang di dalam kereta juga sering buka-buka aplikasi belanja online atau aplikasi m-banking buat beli pulsa. Tapi itu semua berbeda-beda aplikasinya. Jadi misalnya pas nonton film trus kepikiran belum beli pulsa atau bayar listrik, aplikasi nontonnya mesti ditutup trus buka aplikasi m-banking. Pinginnya sih cukup satu aplikasi saja untuk semua keperluan, hehehe. Biar praktis gitu, ya kan.. kan?

Hari Kamis, 30 November 2017, saya hadir di acara perayaan milad TV Muhammadiyah (TVMu) yang ke-4 sekaligus launching aplikasi bernama MUVON. Setelah dijelaskan oleh Direktur Program MUVON, Bapak Khairullah, ternyata MUVON ini memiliki makna Muhammadiyah Vision. Dimana pembuatan aplikasi ini dilandasi oleh visi untuk mengembangkan ekosistem gaya hidup halal dengan dukungan teknologi over the top, meningkatkan taraf hidup dengan berlandaskan ekonomi syariah, dan memberikan manfaat serta kebaikan untuk masyarakat.

Teknologi over the top (OTT) itu apa? Teknologi OTT adalah layanan konten berupa data yang datanya bisa berbentuk informasi atau multimedia yang berjalan menggunakan jaringan internet. Pak Khairullah mengklaim bahwa aplikasi MUVON bisa berjalan di smartphone jenis apapun, mulai dari smartphone keluaran lama maupun terbaru asal tersambung jaringan internet. 

Setelah saya download aplikasinya di play store (karena saya menggunakan android, jika yang memakai i-phone bisa mendownload di apple store), saya melihat beberapa fitur dalam banyak kategori. Awalnya saya bingung, ini aplikasi arahnya mau kemana sih, hehehe. Pertanyaan saya enggak cukup sampai situ siih, ada lagi gini, kan katanya mengusung tema gaya hidup halal, tapi kok isi aplikasinya enggak melulu soal makanan. Setelah mendengar penjelasan dari beberapa narasumber di acara Launching Aplikasi MUVON hari Kamis itu saya baru ngeh (red-mengerti). "Oh... ternyata maunya MUVON seperti ini toh, hehehe". Gini saya jabarin dulu beberapa fitur unggulan dan fitur-fitur lain yang ada di dalam aplikasi MUVON:

TVMu
Fitur ini sudah menggunakan teknologi OTT, dimana kita bisa nonton TV dari smartphone kita di mana saja dan kapan saja asal terhubung dengan jaringan internet. Misalnya seperti saya saat sedang menunggu kereta pun bisa menonton TV menggunakan fitur TVMu dalam aplikasi MUVON.

CJMu
CJMu ini singkatan dari Citizen Journalism Muhammadiyah (Jurnalisme Warga). Dengan fitur ini, saat ada sesuatu yang kita anggap menarik atau baik bila dibagikan kepada orang lain, kita bisa langsung buka fitur CJMu. Lalu melaporkan apa yang kita lihat. Fitur ini masih berjalan satu arah, jadi belum ada interaksi seperti saat kita live instagram atau live youtube. Saat launching diadakan uji coba fitur CJMu dimana reporter TVMU melaporkan situasi terkini dari Taiwan dan dari Jakarta. Belum cukup lancar sekali sih, mungkin karena gangguan jaringan ya, tapi suara terdengar lancar dan jelas. Kalau delay, pasti ada delaynya lah, mungkin sekitar 2-3 detik.

VideoMu
Fitur ini dambaan saya banget nih, hehehe. Fitur VideoMu menyajikan film-film dalam dan luar negeri yang sudah melalui sensor dari pihak MUVON. Film-film ini bisa diunduh untuk ditonton secara offline. Fitu ini mirip dengan aplikasi seperti Iflix, Netflix, Hooq, dan sejenisnya.

Layanan Transaksi
Ada beberapa fitur dalam layanan transaksi, seperti BillMu (kita bisa membayar tagihan listrik, air, dan lainnya lewat fitur ini), PasarMu (pedagang online bisa menggelar lapak di fitur ini secara gratis, dan pembeli juga bisa membeli lewat fitur ini), dan JobsMu (yang sedang mencari kerja, di fitur ini tersedia lowongan kerja yang dijamin halal).

Social Media
Saat launching kemarin tidak terlalu dijelaskan tentang fitur social media ini, tapi waktu saya buka fiturnya disitu sepertinya ada 2 fitur social media. Yang satu namanya TemanMu (diperlihatkan peta dan simbol teman), dan yang lain bernama KeluargaMu (yang muncul adalah beberapa anak cabang organisasi Muhammadiyah).
Layanan Pencarian
Sebenarnya namanya bukan layanan pencarian sih, hehehe. Namun, ada 3 fitur yang menyajikan data-data tempat. Ketiga fitur itu adalah SekolahMu (untuk mencari sekolah-sekolah, terutama sekolah berbasis Islam), MasjidMu (memberikan peta letak masjid, kalau-kalau kita ingin mencari masjid terdekat), dan HospitalMu (untuk mencari letak/alamat rumah sakit).

Hmmm.... banyak juga ya fiturnya dalam satu aplikasi. Nanti makan kapasitas yang besar tidak ya? Semoga saja sih tidak bila dibandingkan kita harus mengunduh banyak aplikasi yang sama dengan fitur dalam aplikasi MUVON. Saat ini aplikasi MUVON masih dalam tahap beta (belum rampung), nanti baru akan launching yang benar-benar sudah siap pakai itu bulan Februari 2018 (yang mana itu 2 bulan lagi ya). 

Ide penggagas aplikasi ini saya acungi jempol, karena sudah menjawab keinginan dari orang-orang yang sepemikiran dengan saya. Pemikiran saya itu ya yang saya tulis di paragraf pertama itu lho di atas, hehehe. Semoga nantinya, aplikasi MUVON ini bisa betul-betul memberikan manfaat yang baik untuk masyarakat dan banyak yang memakainya, aamiin.

Mari kita tunggu launching aplikasi MUVON bulan Februari 2018! Terus terang saya punya banyak sekali pertanyaan, khususnya tentang PasarMu (semacam online shop gitu). [] Riski Ringan

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...