Friday, 24 November 2017

Water Run 2017, Salah Satu Kampanye Le Minerale dalam Mendukung Gerakan Indonesia Sehat

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Sebelumnya, saya mau cerita, hehehe. Ada teman suami saya yang pernah meminta dicarikan obat herbal karena pinggan bagian belakangnya sakit. Saya tanya ke suami, kenapa kok bisa sakit, apakah terlalu banyak makan jengkol, suka menaham buang air kecil, atau kurang minum. Suami menjawab, beliau tidak terlalu suka minum air putih/air bening. Hmmm... pikir saya "ooo pantas saja, pinggangnya sakit". 

Sudah banyak penelitian yang membuktikan manfaat mengonsumsi air bening untuk kesehatan tubuh. Tubuh kita saja 70%-nya adalah air. Sayangnya, masih ada saja yang kurang suka mengonsumsi air bening. Salah satu hal inilah yang melatarbelakangi Le Minerale menggandeng Ikatan Dokter Indonesia (IDI) melanjutkan kembali kampanye "Gerakan Indonesia Sehat".

3 Pilar Gerakan Indonesia Sehat

Dalam Gerakan Indonesia Sehat ini, Le Minerale mengajak masyarakat Indonesia untuk melakukan 3 pilar utama ini, yaitu Move Right, Eat Right & Drink Right.  


Move Right artinya berolahraga secara teratur atau memperbanyak aktivitas fisik. Ada banyak manfaat berolahraga secara teratur, seperti membantu pertumbuhan dan perkembangan di usia dini, menjaga daya tahan tubuh (apalagi sekarang sedang pancaroba ya), menunjang konsentrasi, menghambat penyakit degenerasi, dan melancarkan kerja sel-sel tubuh. dr. Ulul Albab, SpOG dari IDI pun mengamini hal tersebut. Menurut dr. Ulul, saat ini hanya 40% pekerja yang bekerjanya melibatkan banyak aktivitas fisik, sisanya tidak terlalu banyak melibatkan aktivitas fisik. Akibatnya, kebutuhan tubuh akan air juga berkurang, padahal seperti yang tadi ditulis, bahwa tubuh itu 70%-nya adalah air.

Dampaknya apa? Banyak sekali, contohnya sudah saya sebutkan satu tadi di awal postingan. Trus kulit juga cepar kering dan berkerut (hiks), sulit berkonsentrasi, dan lainnya. Brand Ambassador Le Minerale, Reisa Broto Asmoro pun mempunyai pendapat yang sama. Beliau bilang bahwa walaupun saat ini sedang hamil, beliau masih tetap melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki. Hal itu guna menjaga metabolisme tubuhnya tetap lancar.


Eat Right sendiri yaitu mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang. Dalam satu piring makan, idealnya itu terdiri dari 30% makanan pokok (nasi/kentang/singkong/jagung/sagu), 20% lauk pauk (telur/daging/ikan/tahu/tempe), 30% sayuran dan 20% buah-buahan (sumber: Kementerian Kesehatan RI). Kalau dilihat, sayuran dan buah mendapatkan porsi yang sama besar dengan makanan pokok dan lauk pauk. Sebabnya, sayuran dan buah-buahan mengandung banyak sekali vitamin, mineral, dan serat. Di materi Biologi SMA, vitamin dan mineral itu digunakan untuk mempercepat kerja enzim. Enzim sendiri adalah katalisator (membantu) semua proses metabolisme dalam tubuh. Jadi kalau kita banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan, kerja enzim akan lebih cepat.

Balita dianjurkan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan sebanyak 300-400 gram per hari. Sedangkan remaja dan dewasa lebih banyak lagi, yakni 400-600 gram per hari. Apalagi untuk ibu hamil seperti Kak Reisa, kebutuhan akan mineralnya lebih banyak lagi untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan janinnya. Lantas, apakah di dalam lauk pauk itu tidak ada vitamin dan mineralnya? Ada, tapi lebih sedikit daripada sayuran dan buah-buahan. 


Pilar yang ketiga dari Gerakan Indonesia Sehat adalah Drink Right. Seperti yang tadi saya tulis, bahwa air bening itu sangat dibutuhkan tubuh. Bahkan saya pernah membaca, bahwa tubuh hanya bisa bertahan selama 3-4 hari tanpa asupan air apapun, sedangkan tubuh bisa bertahan sampai 7 hari tanpa asupan makanan.

Mengonsumsi air bening ini bisa membantu memaksimalkan penyerapan vitamin dan mineral oleh tubuh. Jadi masih berkait ya antara Eat Right yang menganjurkan mengonsumsi sayuran dan buah dalam jumlah yang cukup dengan Drink Right. Menurut dr. Ulul, konsumsi mineral juga bisa diperbanyak dengan meminum air yang mempunyai kandungan mineral (air mineral). Kak Reisa juga bilang bahwa untuk membantu tubuhnya tetap sehat dan tidak rentan penyakit, beliau memastikan bahwa air minum yang dikonsumsinya mengandung mineral yang cukup memenuhi kebutuhan mineral harian.

Saya selalu tergoda kalau ada air mineral berjajar seperti ini. Pingin ambil satu trus diminum.

Lalu, air mineral seperti apa yang berkualitas? Menurut Bapak Febri Satria Hutama (Marketing Manager RTD Coffee & Water PT Mayora Indah, Tbk, air mineral yang berkualitas adalah yang mengandung mineral alami, tidak berwarna, tidak berbau, dan steril dalam proses pengemasannya. Menurut Bapak Febri, rasa manis yang ada dalam air mineral, seperti Le Minerale, itu tidak berasal dari gula, melainkan dari mineral yang terkandung di dalamnya. Maka dari itu, dalam kemasan Le Minerale selalu dipampang nyata komposisi mineral yang dikandungnya ^_^.
**Ahh... lebih manis lagi kalau minumnya sambil bercermin, dan bisa jadi kandungan mineralnya bakal overload ^_^**

Kandungan mineral dalam Le Minerale

Water Run 2017

Sebagai wujud nyata Le Minerale untuk mendukung Gerakan Indonesia Sehat dan 3 pilarnya itulah, maka pada hari Minggu, 26 November 2017 nanti, Le Minerale akan mengadakan Water Run 2017. Nanti, sepanjang acara Water Run 2017 ini, peserta tidak hanya mengikuti lomba lari saja, melainkan juga berpartisipasi dalam kampanye Gerakan Indonesia Sehat. Nantinya akan ada beberapa booth yang menyajikan permainan menarik seperti Water Spinner & Water Curtain, serta ada juga booth yang menyediakan cek kesehatan gratis oleh IDI. Adanya permainan di sepanjang rute lari ini untuk memberikan pengalaman lomba lari yang menyenangkan dan berbeda bagi peserta nantinya.

Water Run 2017 ini dimulai dari f(x) Sudirman dan berakhir juga di f(x) Sudirman. Lomba larinya ada 2 kategori, yakni 5K dan 2K (family run). Untuk informasi lebih lengkap dan pendaftaran Water Run 2017, Teman ReeNgan bisa mengunjungi alamat website http://gerakanindonesiasehat.id/ atau http://www.lemineralewaterrun.com/

Kebetulan lagi haus, trus banyak Le Minerale di sini, ya udah minum deh glek glek glek (dipotret oleh Nurul Noe)

Saya sendiri sangat suka minum air bening. Bagi saya, air bening dan air mineral itu sangat menyegarkan dan tanpa kandungan gula. Beneran deh, serius pakai banget ^_^. Yuk mari ikutan Water Run 2017, dan yang lebih penting lagi, selalu konsumsi makanan dengan gizi yang seimbang dan air bening ya (minimal 2 liter per hari atau sesuai kebutuhan tubuh). [] Riski Ringan

1 comment:

  1. Wah, harus banyak air putih ya? Makasih infonya mbak Riski....

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...