Tuesday, 1 October 2013

Berbelanja di Alfamart Bendungan Hilir, Jakarta Pusat

Posting kali ini, saya hanya ingin bercerita tentang pengalaman saya kemarin berbelanja pulsa di Alfamart Bendungan Hilir, (entah Bendungan Hilir atau sudah masuk Pejompongan), dan tidak terkait dengan kontroversi tentang minimarket ini.

Kemarin siang sekitar jam setengah satu an, saya hendak membeli pulsa, karena tidak ada abang penjual pulsa terdekat dengan tempat kerja, maka saya langsung ke Alfamart yang terdekat, yaitu Alfamart Bendungan Hilir yang letaknya di perempatan yang mau ke arah Pejompongan, di sebelah warung bebek Slamet Bendungan Hilir. Saya langsung dilayani oleh mbak kasirnya, lalu dibawa ke booth khusus (bukan di komputer kasir) untuk melakukan transaksi. Saat itu saya juga membeli susu UHT. Transaksi selesai dan saya langsung pulang, saya lupa untuk meminta struk pembelian, dan si kasir tampaknya tidak ada niat untuk memberikan struk tersebut. Padahal biasanya saya selalu meminta struk pembelian, apalagi pembelian pulsa.

Saya pun kembali ke rutinitas kerja saya sampai jam 7 malam. Saya cek HP saya, memastikan kalau pulsanya sudah bertambah atau belum, eh ternyata belum. Kemudian sekalian pulang kerja, saya menuju ke Alfamart itu lagi untuk menanyakan perihal pulsa yang belum masuk. Waktu itu saya dilayani oleh Mas dan Mbak kasir yang lain. 

Saya bilang : "Mas maaf, tadi siang saya beli pulsa disini sebesar .... kok sampai sekarang belum masuk ya mas? Saya tadi siang tidak diberi struknya oleh kasir" 
Si Masnya menjawab, "Oh.. begitu Bu, maafkan kami, kalau boleh tahu kasirnya itu perempuan atau laki-laki, tinggi atau kecil?" 
Saya jawab lagi " Kasirnya perempuan, kecil, saya dilayani di komputer itu, saya belinya dengan susu UHT, silahkan dicek saja, atau bisa lihat rekaman dari kamera CCTV yang dipasang."
Si Masnya dengan tersenyum menjawab "Sebentar ya Bu, saya kroscek dulu"
Saya : "Oke"

Tidak berapa lama kemudian, si Mas kasirnya berkata "Ibu, HPnya dibawa kan? bisa minta tolong dicek, karena pulsanya sudah masuk sekarang Bu. Maafkan atas kelalaian kami"
Saya : "oke Mas, terimakasih ya"

Pelayanan yang ramah membuat betah (kredit)
Hmmm... bagus kan pelayanan seperti itu., ramah dan cepat.. Walau pelayanan dari Mbak Kasir yang siang itu kurang bagus, tetapi kru yang lain tidak lantas mencurigai saya karena tidak membawa struk pembelian. Mereka tetap melayani saya dengan sabar, walaupun tetap melakukan kroscek, ya karena itu prosedur dan saya memakluminya.

Jadi saya mengambil hikmah dari pelajaran berbelanja kemarin siang :
  1. Selalu meminta struk pembelian (maaf bukannya tidak menghargai program Go Green :( )
  2. Jika berbelanja di toko besar, selalu lihatlah ketika kasirnya menghitung belanjaan kita (kalau-kalau ada orang lain iseng memasukkan barang yang bukan belanjaan kita :) )
  3. Mengkonfirmasikan segala sesuatunya dengan pihak toko jika terjadi kekeliruan (tentunya dengan tetap ramah dan tersenyum ya)
  4. Selalu mengucapkan terimakasih bila masalah kita sudah diselesaikan
Contoh struk
Terimakasih Alfamart Bendungan Hilir atau Pejompongan atas dilayani dengan baik komplain saya kemarin. Semoga kalian selalu bisa memuaskan pelanggan kalian. :)

Ya... terkadang kita juga harus menulis tentang pelayanan baik dari suatu toko, restoran, atau pemberi jasa lain kan? Bukan hanya pengalaman buruk saja yang dituliskan. :)

10 comments:

  1. Pelayanan ok bikin kita balik lagi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mak.. tapi tumben juga sih malam itu pelayanan mereka OK.. biasanya.. :)

      Delete
  2. Kepuasan kita berbelanja bisa jadi masukan yang baik untuk orang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, kepuasan pelanggan itu nomor wahid kan.. :)

      Delete
  3. Struk pembelian memang wajib diminta, mbak. Sekalian utk crosscheck harga yang lebih murah *halah* *emat2 irit*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.. saat itu saya lupa minta.. :) Saya sebenernya koleksi struk dari dept store tempat sy biasa blanja bulanan.. :) ada 2 dept store, ya buat mbandingin harga.. *kita sama*

      Delete
  4. service oke bikin pelanggan puas, ya :)

    ReplyDelete
  5. Pelayannya merasa ikut memiliki perusahaan Alfamart. memang seharusnya begitu kalau berkerja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. agar perusahaannya bertahan lama.. :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...