Monday, 4 November 2013

Cerita ABG : Pramuka

Regu Pramuka Penggalang, masih ABG kan :)
(sumber gambar: www.lensadarbi.blogspot.com)
Kemarin ketika mengajar les di bimbel, ada seorang anak yang datang terlambat. Dia mengetuk pintu, kemudian ketika saya sudah membuka pintu, dia langsung berkata "Maaf Kak, saya terlambat" "Oke, silahkan masuk" kata saya. Saya duduk, lalu dia masuk dengan gerakan maju tegap kemudian balik badan dan menutup pintu. Semua gerakannya saat itu saya perhatikan, saya lalu teringat masa saya seusianya, saya ikut PRAMUKA. Ya, gerakan-gerakan jalan dan ucapannya mirip dengan apa yang saya peroleh ketika ikut latihan pramuka dulu.

Dulu, ketika saya masih SMP, hari Jum'at adalah hari yang paling membuat saya bersemangat, karena hari itu seusai sekolah, saya selalu mengikuti latihan Pramuka. Saat itu saya masuk ke tingkat penggalang. Dalam pramuka, ada 4 tingkatan untuk peserta latihan, yaitu Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega. Saya masih berumur 13 tahun, jadi saya masuk ke dalam tingkatan penggalang, dimana dalam tingkatan itu, peserta Pramuka lebih banyak menggunakan psikomotoriknya dalam memecahkan permasalahan.

Saat itu, pembina kami tidak hanya mengajarkan tepuk atau nyanyian, tetapi juga mengajarkan tentang sopan santun, cinta tanah air, cinta alam dan sesama, hemat, disiplin, serta kemandirian. Saya merasakan sendiri manfaatnya. Ya, kita kan tahu kalau usia 13 tahun adalah usia remaja yang keinginan untuk mencari tahu dan mencoba-cobanya masih sangat tinggi, dan labil. Kata orang, ABG memang begitu, maklumlah ABG kan Anak Baru Gede, karena masih baru, ya masih sering penasaran, hehehe...

Dharma ke-8
(sumber gambar: www.mint2balai.com)
Pramuka, walaupun sekarang banyak anak ABG yang malas mengikutinya, tapi dari ikut latihan Pramuka itulah saya terhindar dari pergaulan yang negatif, dari hal-hal negatif. Bahkan dari ikut latihan Pramuka itulah akhirnya saya bisa keliling Jawa Tengah, mempunyai banyak teman baru, melihat banyak kebudayaan. Dari ikut latihan Pramuka itu juga, saya berani untuk bersaing secara sehat dengan orang-orang di Jakarta (yang katanya ibukota itu lebih kejam daripada ibu tiri), berani untuk menyampaikan dan menerima pendapat, berani berbicara di depan orang banyak.

Jadi, nanti kalau saya punya anak ABG, saya ingin anak saya juga mengecap indahnya ikut latihan Pramuka :) .


 

46 comments:

  1. dulu di tmpat q sekolah,pramuka itu wajib mbk...banyak hal yg bisa kita pelajari dari pramuka....seru juga,dasa dharma 3 bahasa harus hafal,simpul2,sampe2 perjuangan jadi pembinapun harus saya ikuti hehehe....seru ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaa... keren dah bisa jadi pembina, sebetulnya Pramuka itu menyenangkan sekali, saya heran, sekarang banyak anak2 yang kurang menyukai latihan pramuka.. :(

      Delete
  2. terima kasih sudah turut mendukung gerakan PKK

    Artikel sudah tercatat sebagai peserta..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih kembali, karna ini saya jadi ada ide untuk memosting ide yang bermanfaat

      Delete
  3. Jadi Ingat masa-masa SMP, yang paling aku suka itu kalo udah haking,,, coret moret dech......hehee....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coret moret muka ya Mba.. hehehehe... hikingnya ke gunung trus bikin tenda, MASAK sendiri... aaaaaa.. pernah masak sop, eh bawang putihnya kebanyakan. tapi akhirnya habis juga itu sop.. ahhhh.. kangen

      Delete
  4. Mampir dan Komen Balik Ya...

    http://www.tian.web.id/2013/11/cerita-abg-berdua-dengan-tante-reni.html

    ReplyDelete
  5. wah dengan banyaknya artikel yang beginian, maka artikel yang begituan akan terdepak dari peredaran. Aku dukung kak

    ReplyDelete
  6. Memang terbukti kalau kita yang sering ikut kegiatan ekstrakulikuler pasti lebih terarah perkembangan semasa ABG nya.. :-)
    Mudah-mudahan masih banyak ABG sekarang yang peduli dan aktif dalam kegiatan positif! Iyaa seperti pramuka ini contohnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul itu, asal ikut ekskul nya jg yg bersungguh-sungguh.. :D

      Delete
  7. Pramuka jadi ekstra wajib di kampusku mbak, terutama bagi calon pendidik :)
    Tulisannya syarat dengan makna, terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meskipun wajib, tapi jangan jadi beban ya Mba, dibikin happy aja.. banyak manfaatnya kok.. :)

      Delete
  8. Replies
    1. Apa itu BAG Mak??? #bingung
      ABG kali Mak...

      Delete
  9. Wahh,,, jadi inget masa2 pramuka dulu....hehehe ABG Pramuka yang tangguh...
    Salam...

    ReplyDelete
  10. Hahahaha...postingan tentang pramuka mengingatkan saya waktu SD. ikut pramuka, jadi anggota terpayah...
    ikut kemah, malamnya tidur di rumah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwkwk.... itu pake ilmu menghilang ya... :)

      Delete
  11. hidup Lord Baden Powell... turut berjasa nih dia berarti dalam membentuk abg yang berkepribadian :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hidup.. *walaupun beliau sudah wafat sekarang..
      Kita juga Mba, membentuk ABG-ABG kita agar lebih berkarakter.. :)

      Delete
  12. Ikut pramuka waktu SD doang, pas SMP malah terlalu asik main game, jadi lupa mulu sama jadwal latian pramuka hehehehe
    Udah besar gini jadi kangen pramuka, boleh gak ya gabung pramuka lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh... kok. tapi jadi pembina.. dan kesenangannya beda.. :( smoga aja ada pramuka blogger.. :)

      Delete
  13. Sekarang saya baru sadar kalau ikut Pramuka banyak manfaatnya. Dulu suruh latihan Pramuka males, tapi sukanya ikut kemah saja hehe

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... tapi memang bener sih, kemah itu paling asyik.. lain itu hiking/jelajah alam :)

      Delete
  14. yang saya suka dari kegiatan pramuka itu ya kalau ada acara berkemah di luar.. hehe :D

    ReplyDelete
  15. Aku ikut Pramuka cuma pas SD he he, tapi sedikit-sedikit masih mengingat funnya ikut Pramuka, kakak Pembinanya lucu-lucu. Sayang untuk kegiatan seperti ini kadang di SD Negeri sering terbentur dana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, dulu SD Negeri sering terbentur dana, sekarang alhamdulillah sudah ada BOS, semoga kegiatan seperti ini lebih sering diadakan...

      Delete
  16. Maaf artikel Cerita ABG anda bermasalah, mohon segera diverifikasi.. ! Terima kasih... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya verifikasi... kembali kasih.. :)

      Delete
  17. Setujuu, nanti anakku ikut pramuka juga ah :)

    ReplyDelete
  18. p-ergaulan pramuka menjadikan remaja lebih positive..
    artikelnya menarik... (sakam kenal ya)

    ReplyDelete
  19. suka sekali dengan kegiatan pramuka, dulu kakak saya sangat aktif ikut pramuka, selain bisa bayak teman juga menambah pengalaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul itu, Mak Lisa ikut juga enggak? :)

      Delete
  20. saya juga mau ikutkan anak saya besok pramuka. ada banyak manfaat di sana. sip!

    ReplyDelete
  21. Pengumuman. "Pramuka" itu penting
    apalagi buat membangun karakter anak bangsa.

    ReplyDelete
  22. Sekarang Pramuka itu wajib ya? Baru ngeh coz udah lama seh jd sdkt dwsa. he he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, tapi tetep banyak jg yg ga ikut.. hmmm..

      Delete
  23. Pramuka salah satu wadah positif buat para ABG, mari kita bombardir rame2 dunia maya dengan keyword cerita ABG yang bermakna positif ...
    btw- maaf, numpang promo , aku lagi buat GA loh.... siapa tahu berkenan untuk ikutan...
    http://hariyantowijoyo.blogspot.com/2013/10/masuk-neraka-siapa-takut.html
    salam :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betull...
      hmmm.. belum bisa dulu Kang Har, soale keywordnya saya kurang suka utk mejeng di blog saya, padahal isinya bagus.. T_T

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...