Wednesday, 26 March 2014

Cara Jitu Mencegah Rambut Rontok

Sumber gambar : www.infobelgaum.com

Aaaaaarrrrrggggghhhhh....!!!! *lantas gempa bumi*

Mungkin itu yang sering diucapkan baik dari mulut atau dalam hati setelah menjalani ritual keramas, banyak helaian rambut tersayang nyangkut di tangan. Hehehe... rambut rontok memang masalah ya, apalagi kalau rontoknya banyak dan terus menerus setiap hari.

Banyak ahli yang sudah memberikan jurus jitu bahkan resep dan obat untuk mencegah kerontokan rambut. A, B, C sampai Z sampai-sampai bingung mau milih yang mana. Dulu saya suka berganti-ganti merek shampoo karena masalah rambut rontok itu. Bukannya sembuh malah tambah rontok, hadehhh... Akhirnya setelah mempelajari ilmu anatomi fisiologi manusia dan ilmu gizi manusia di bangku kampus, *eit dah bahasa apa itu* saya punya cara tersendiri untuk mencegah kerontokan rambut. Cara ini gampang sekali, enak, dan murah, ciyyuss deh murah banget. Yuk, cekidot... 

Hindari Stress Berlebihan

Sudah dibuktikan kalau stress itu adalah faktor utama setelah genetik, sebagai penyebab rambut rontok. Kalau sedang stress, manusia akan mengeluarkan hormon kortisol yang menyebabkan peredaran darah terganggu. Nah, kalau peredaran darah terganggu, nutrisi dan oksigen untuk rambut juga terganggu kan ya, jadinya rambut kelaparan dan merontokkan dirinya, hiks. Nah, kalau ada tekanan dari sana sini, lebih baik dibuat selow tapi pasti saja, jangan hanya dipikir tapi dikerjakan satu persatu, bettull??. 
Sumber gambar : www.oneononehypnosis.com
Selain itu, bentuk nyata dari mengurangi stress adalah dengan selalu berfikir dan berkata positif. Dengan berfikir positif, kita akan selalu menemukan celah atau jalan keluar dari suatu masalah. Serta dengan berkata yang positif, kita bisa menjalin hubungan yang baik dengan banyak orang. Kalau hati gembira, maka si kortisol itu juga tidak akan menemui kita lagi, jadi peredaran darah kita jadi lancar, :).

Perbanyak Makan Sayur dan atau Buah 

Banyak murid saya yang berkata dengan bangganya kalau dia tidak suka makan sayur, hmmm... padahal sayur itu adalah sumber mineral dan vitamin penting bagi tubuh yang tidak kita dapatkan dari produk hewani. Mineral yang penting untuk menjaga rambut agar tetap kuat adalah zat besi, lalu vitamin yang penting untuk rambut adalah vitamin E, B, dan C. Selain itu, sayuran yang mengandung protein juga bagus untuk menjaga kekuatan dan kesuburan rambut.

Tauge/kecambah
Kismis/Raisin
Berikut sayuran dan buah yang bagus untuk menjaga kekuatan rambut : kacang-kacangan dan makanan turunannya, biji-bijian seperti gandum dan beras, kecambah, rebung, kismis, cerry, kurma, strawberry, kiwi, lemon, jeruk, jambu biji, dan sayuran berwarna hijau.

Olahraga Teratur

Olahraga setiap hari selama 30 menit bisa membantu melancarkan peredaran darah. Seperti yang sudah saya tulis di atas adalah kalau darahnya lancar beredar ke seluruh tubuh, maka nutrisi dan oksigen untuk rambut juga lancar dan banyak, sehingga rambut tidak mudah rontok. Olahraganya tidak usah yang berat seperti angkat beban atau lari maraton, cukup jalan kaki atau senam pagi selama setengah jam sajaaaaa.... *kemudian nyanyi*.

Pilih Produk Perawatan Rambut yang Tepat 

Nah, ini nih yang penting, produk perawatan rambut yang tepat. Sekarang produk perawatan rambut itu macam-macam jenisnya, mulai dari shampoo, conditioner, sampai hair mask. Tadi pagi saya mendengar obrolan ibu-ibu di commuter line perihal perawatan rambut mereka. Ada yang berkata bahwa kemarinnya dia mencoba keramas, creambath, dan hair mask di salon Fulan habis sekitar seratus lebih (lebih dari Rp 100.000,-), temannya bilang dia lebih murah hanya lima puluh saja (Rp 50.000,-). Whaattzzz...!! Bagi saya itu masih mahal untuk ukuran sekali perawatan rambut. Sebetulnya kalau kita bisa memilih perawatan rambut yang tepat, uang Rp 100.000,- bisa kita gunakan untuk berkali-kali perawatan rambut.

Ada beberapa kriteria yang saya pakai ketika memilih produk perawatan rambut, yaitu mengandung banyak bahan aktif alami, no animal testing, tidak mengandung merkuri, tidak beraroma atau beraroma lembut, dan yang penting halal. Dan ternyata semua kriteria itu sekarang sudah ada dalam satu rangkaian produk perawatan rambut Sariayu Hijab Care dari Martha Tilaar. 
Sariayu Hijab Hair Care
Produk ini akan saya review di postingan selanjutnya ya, beserta tips sebelum, saat, dan setelah keramas agar rambut tetap sehat, lembut, kuat, dan wangi :).

Oke.. sekian dulu tips dari saya, semoga bermanfaat ya.. :D

8 comments:

  1. kalo aku rambut gak begitu rontok kecuali dijambak hehehee... masalahku adalah rambut susah banget panjangnya, dibandingin sama temen2ku, padahal potongnya bareng ya... mereka cepet bgt panjanggnya.. aku msh segini aja.... hukzzz sediihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau itu bukan karena genetik, mungkin bisa diperbanyak mengonsumsi sayuran hijau, kecambah, biji2an dan buah... :) juga olahraga teratur.
      Untuk perawatan rambutnya bisa mencoba hair tonik... :)

      Delete
  2. Tiap habis melahirkan dan menyusui, rambut saya banyak rontok, apalagi sekarang memakai hijab, pasti banyak rontoknya :(
    Mau cobain shampoo itu ah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh Mak.. shampoonya segerr... :) trus memang rontoknya banyak berkurang.. :)

      Delete
  3. rambutku rontok mbak kalau kepanjangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rambut masing-masing orang itu punya panjang maksimal Mak dan punya umur juga, sebetulnya mereka pasti akan merontokkan diri jika sudah waktunya rontok. Hanya saja rontoknya itu tidak lebay, paling satu dua helai. Tapi ada cara untuk lebih menguatkan rambut Mba.. coba jangan hanya memakai shampoo saja, coba pakai hair tonic dan cem-ceman agar akar rambutnya lebih kuat

      Delete
  4. Aku mau dong samphonya..secara rontokku berlebihan kalau habis melahirkan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari Kaka, Beli Kaka... :D #berasa jadi SPG Tanah Abang# :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...