Monday, 1 February 2016

Mengetahui dan Mengembangkan Bakat Minat Anak di Sunlife Edufair 2016

Assalaamu'alaikum.. ^_^

Sunlife Edufair 2016

"Mengetahui bakat minat anak adalah proses yang panjang" - Prameshwari Sugiri.

Topik tentang minat dan bakat merupakan topik yang sangat digemari ketika orang tua membicarakan tentang parenting. Dengan menumbuh kembangkan bakat dan minat anak diharapkan bisa menjamin masa depan si anak. Topik tentang bakat minat anak ini juga disuguhkan dalam talkshow di Sunlife Edufair 2016 pada hari Minggu, 31 Januari 2016 di Main Atrium Senayan City Jakarta Pusat. Talkshow tentang minat bakat anak tersebut menghadirkan 3 narasumber, yakni Prameshwari Sugiri (Chief Community Officer Majalah Parenting), Anna Surti Ariana (Psikolog Anak dan Keluarga) dan Wirasto Koesdiantoro (Chief Agency Officer PT Sunlife Financial Indonesia).


Talkshow "Ketahui Bakat Minat Anak"
Seperti yang dikatakan oleh Ibu Prameshwari tadi, bahwa menumbuhkan bakat dan minat anak merupakan sebuah proses yang panjang, maka kita sebagai orang tua harus bersabar dan terus mengobservasi kecenderungan minat anak. Cara pertama yang bisa orang tua lakukan adalah "let the children lead" membiarkan anak melakukan semua aktivitas yang disukainya. Di saat anak sedang dalam proses tersebut, orang tua bisa mengobservasi, melihat dan mendengarkan keinginan anak. Namun, jika si anak belum menunjukkan minat dan bakat yang menonjol, orang tua bisa memberi kesempatan sebanyak mungkin pada anak untuk mengalami berbagai pengalaman. Seperti, apakah si anak pernah kalah, pernah ikut dalam kegiatan kelompok belum, pernah berkotor-kotor atau belum. Pada intinya semua pelajaran dan pengalaman dalam hidup bisa orang tua berikan ke anak.

Delapan kecerdasan majemuk
Menurut penelitian, dalam diri anak sudah ada 8 kecerdasan majemuk, yakni kecerdasan musik, gambar, logika matematika, kata, tubuh, interaksi, diri sendiri, dan kecerdasan alam, hal ini dipaparkan oleh Ibu Anna. Dari kedelapan kecerdasan tersebut, menurut Ibu Anna, ada 3 kecerdasan yang sering diabaikan oleh orang tua, yakni kecerdasan interaksi, diri sendiri, dan alam. Maka tepat kiranya kalau orang tua memang harus jeli melihat perkembangan anak. Nah, kalau si anak sudah mulai menunjukkan kebisaan pada satu bidang, orang tua bisa memujinya dengan spesifik. Bagaimana cara mengetahui kalau anak sudah mulai menunjukkan kecerdasannya? Selain dengan mengobservasi, orang tua juga bisa berkomunikasi atau ngobrol dengan anak. Namun, jangan berputus asa jika anak sama sekali belum menunjukkan orientasi kecerdasannya. Karena untuk setiap tahap pertumbuhan anak, ada kondisi psikologis yang berbeda. Ada yang salah satu kecerdasannya baru menonjol ketika anak sudah bersekolah, ada yang dari sebelum usia sekolah. Bahkan ada pula anak yang menonjolkan lebih dari satu jenis kecerdasan. 

Sekolah & lembaga kursus yang berpartisipasi
Pada acara Sunlife Edufair 2016, tidak hanya talkshow yang diadakan, melainkan mengundang beberapa sekolah dan lembaga kursus untuk membuka booth di situ, juga disediakan arena bermain dengan berbagai jenis permainan. Di arena bermain ini, orang tua bisa lho sekaligus melihat kecenderungan minat anaknya kemana. Juga bisa observasi serta wawancara ke booth-booth sekolah tersebut, kira-kira program-program sekolah yang mana nih yang tepat untuk si anak. Iya, tepat bukan bagus ya, karena sekolah yang menurut orang lain bagus belum tentu tepat untuk anak kita.

Setelah mengetahui minat dan bakat anaknya, pastinya orang tua ingin mengembangkan dan mengarahkannya agar si anak fokus. Namun, seringnya keinginan tersebut terbentur soal biaya. Dari situlah PT Sunlife Financial Indonesia sudah menyediakan produk finansial berupa asuransi pendidikan dan kesehatan. Lantas, bagaimana untuk keluarga seperti saya yang belum punya anak atau sudah punya anak tapi belum masuk usia sekolah? Dalam hal ini, Sun Life bekerjasama dengan salah satu bank terpercaya menyediakan Junior Study Plan yang membantu kita sebagai orang tua merencanakan pendidikan untuk anak kita nanti. Program Sun Life ini sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Bapak Wirasto bahwa Sun Life ingin membuat Indonesia menjadi lebih baik. Lebih baik dalam perencanaan kehidupan agar kehidupan kita jadi lebih baik. 

Dari talkshow tersebut, saya mengambil beberapa kesimpulan tentang cara mengetahui dan mengembangkan minat dan bakat anak, yakni:
  • Let the children lead tapi tetap terarah sesuai keinginan anak, biarkan anak mengeskplor minat bakatnya sendiri sesuai usia mereka.
  • Sebagai orang tua, berikan semua pengalaman pada anak agar mereka mengalami sendiri.
  • Pilih sekolah atau lembaga kursus yang tepat sesuai dengan minat bakat dan perkembangan anak.
  • Berkomunikasi (dua arah) dengan anak, dengarkan dia.
  • Persiapkan dana pendidikan (baik formal maupun nonformal) untuk anak sedini mungkin.

Sebagian arena bermain di Sunlife Edufair 2016
Sunlife Edufair 2016 ini sebenarnya diadakan selama 4 hari dari hari Kamis, 28 Januari 2016, gratis dan terbuka untuk umum. Tiap harinya ada talkshow yang keren seputar anak dan pendidikannya. Seperti yang sudah saya tulis di atas, ada beberapa sekolah dan lembaga kursus yang ikut berpartisipasi, yaitu Dream Dress (kursus fashion untuk anak usia 6-16 tahun), Sekolah Al Fath, Ichthus School, Kinderland Pre School, SD Kupu-kupu, SMP Garuda Cendekia, Binus School, Highscope Indonesia, Yayasan Pondok Indah Don Bosco, JMS, Sekolah Pembangunan Jaya, Capoeira Bantus, YPAC Jakarta, dan Sekolah Master. Selain sekolah juga ada penampilan dari masing-masing sekolah partisipan, serta area bermain.

Semoga Sunlife Edufair bisa diadakan lagi secara rutin ya, karena manfaatnya banyak sekali dalam satu area. Si anak bisa bermain dan mengeskplor bakatnya, orang tua mendapatkan ilmu yang bermanfaat lewat materi talkshow yang narasumbernya berkompeten, juga bisa sekaligus merencanakan dana pendidikan anak di boothnya Sun Life Financial. Sepulang acara, saya ngobrol dengan suami mengenai dana pendidikan anak ini, Insyaa Allah kami sudah merencanakan dan menyisihkan dana pendidikan untuk anak. Teman ReeNgan bagaimana, sudah mulai menyisihkan dana pendidikan juga? Boleh dong berbagi pengalaman dan tipsnya dengan saya yang baru mulai ini di komentar ya.. Terimakasih ^_^

6 comments:

  1. Dana pendidikan untuk anak memang perlu sekali ya, Mbak untuk dipersiapkan sedini mungkin. Kemarin acaranya seru sekali, dua F asyik bermain dan mendengarkan serta menikmati pertunjukan dari murid murid sekolah yang pentas.

    ReplyDelete
  2. sebagai orang tua harus bisa menstimulasi keerdasan anak ya mbak

    ReplyDelete
  3. senangnya ikut acara ini banyak ilmu utk oragntua ya:)

    ReplyDelete
  4. Sebelum mengembangkan bakat anak, orang tua perlu mencari tahu dulu, apa sebenarnya bakat anaknya. Nah..untuk urusan yang satu ini, memang butuh kesabaran orang tua ya? Harus telaten memperhatikan apa yang disukai oleh anak.
    TFS ya.. :)

    ReplyDelete
  5. Let the children lead.. suka sama kalimat ini :)

    ReplyDelete
  6. wah kayaknya asyik banget ini acaranya..
    senangnya pasti anak2.. hehe

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...