Monday, 2 October 2017

Review Airy Syariah CSB Garuda Raya 20 Cirebon yang Nyaman dan Tenang

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Hahaha... Entah mendapat ilham darimana, hari Senin (25 September 2017) saya terpikir ingin liburan berdua suami ke Cirebon. Saya langsung melihat tiket kereta di webnya PT KAI, dan taraaaaa! Ada tiket kereta ekonomi seharga Rp 49.000,- (Tegal Express)! Oh, saya kemudian langsung melihat tiket baliknya, dan sepertinya Allah meridhoi kami liburan berdua, tiket baliknya masih banyak! ^_^ Saya senang... saya senang. Eh tapi saya mengecek tiket berangkat untuk hari Sabtu dan tiket balik untuk hari Minggu, berarti saya harus menginap nih. Lalu saya mencari budget hotel di internet. Saya pernah memesan hotel di Traveloka dan Zenrooms, kali ini saya tertarik memesan hotel di websitenya Airy Rooms (www.airyrooms.com). Saya kadang sok-sokan melihat-lihat harga hotel di website Airy Rooms ini, seringnya banyak diskonan macam kalau kita membeli voucher hotel di agen gitu.


Karena budget liburan saya mepet, saya pun mencoba mencari hotel dengan harga Rp 200.000,- ke bawah. Semisal Teman ReeNgan mau mencari hotel dengan harga lebih dari itu juga tersedia banyak sekali ^_^. Setelah saya membuka websitenya Airy Rooms, saya lalu menentukan tanggal check in dan check out-nya, dan menentukan batasan harga yang saya mau. Lalu, jreng...jreng! Pilihannya banyak banget ternyata! ^_^

Fasilitas yang didapat di semua hotel yang bekerja sama dengan Airy Rooms

Saya mengklik satu persatu hotelnya, walapun harganya Rp 200.000 ke bawah tapi hampir semuanya menyediakan wifi, AC, TV, perlengkapan mandi, air minum gratis dan tempat tidur yang bersih. Namun, saya tahu kebiasaan suami saya yang suka sekali mandi air hangat di hotel, jadi saya mencari hotel yang juga menyediakan air hangat dan jaraknya tidak terlalu jauh dari tempat kuliner, hehehe.

Baca ini juga: Wisata Kuliner di Cirebon Hari Pertama
                       Wisata Kuliner di Cirebon Hari Kedua

Sebenarnya, sejak pertama kali website Airy Rooms terbuka, saya sudah tertarik dengan foto dari Airy Syariah CSB Garuda Raya 20 Cirebon karena spreinya berwarna oranyeeee! Hahahaha... hal sederhana seperti itu sudah membuat saya bahagia. Apalagi setelah mengklik hotelnya, ternyata hotel itu menyediakan air panas, dan potongan harga yang menggiurkan (waktu saya memesan harganya menjadi Rp 168.000 dari Rp 213.000). Lengkap sudah! 

Tempat tidur yang bersih dan nyaman

Selanjutnya saya tinggal klik-klik pesanannya, kemudian memilih pembayaran melalui Indomaret (bisa juga dengan transfer lewat bank, m-banking atau i-banking). Saya bayar lalu mendapatkan konfirmasi lewat email. Selesai! Tinggal berangkat saja dan saya sebenarnya sudah tidak sabar untuk berangkat.

Hari Sabtu (30 September 2017), kami berangkat dari stasiun Pasar Senen Jakarta jam 07.30 pagi dan sampai di stasiun Cirebon Prujakan jam 11.30 siang. Saat itu belum waktunya check in di hotel, sehingga kami memutuskan jalan kaki dulu ke daerah Kanoman buat melihat-lihat pasar Kanoman, keraton Kanoman, dan Masjid Kanoman. Hari itu, sebab saking panasnya cuaca, kami akhirnya hanya duduk-duduk dan sholat di masjid Kanoman serta sempat membeli celana di pasar Kanoman sampai jam 13.45 siang. Tadinya saya mau jalan kaki ke hotel, tapi suami melihat-lihat aplikasi Grab, ternyata sudah ada Grab di Cirebon. Akhirnya kami memesan Grab Car hanya Rp 11.000 dari Masjid Kanoman ke Airy CSB Garuda Raya 20 Cirebon.

Kampung Kuliner Gunung Sari Dalam

Saya kaget, ternyata hotel kami tidak jauh dari stasiun Cirebon Prujakan, beneran enggak jauh. Misalnya pun ingin jalan kaki santai, hanya 20 menit dari stasiun Cirebon Prujakan. Trus yang saya suka adalah kami tinggal keluar dari hotel belok kanan trus belok kiri dan jalan kaki 10 meter kemudian kami sudah ada di kampung kuliner Gunung Sari Dalem, aaakkk suka banget!

Tidak sulit kok menemukan hotel Airy Syariah CSB Garuda Raya 20 ini karena di depan hotelnya sudah ada plang Airy warna biru yang sangat terlihat dari jalan raya. Begitu sampai di depan hotel, suasana langsung menjadi tenang. Kami disambut oleh resepsionis hotel yang sangat ramah dan kooperatif. Ketika kami menyebutkan sudah memesan lewat Airy Rooms, proses selanjutnya pun berjalan dengan cepat. Karena hotel tersebut adalah hotel syariah, maka kami diminta menunjukkan bukti bahwa kami sudah menikah (bisa surat nikah asli atau fotokopiannya atau fotokopi kartu keluarga dan KTP). Saat itu karena sudah diberitahukan lewat email dari Airy Rooms, maka saya sudah mempersiapkan dan membawa surat nikah. Deposit uangnya yang ketika check out bisa diambil lagi hanya sebesar Rp 50.000,-. 

Kami mendapatkan kamar B5 di lantai 2. Saya memesan kamar tipe Standart Double - Room Only, jadi tidak dengan sarapan. Kamar kami hanya memiliki satu jendela yang menghadap ke bagian dalam hotel, jadi memang betul-betul kamar untuk beristirahat. Isi kamarnya juga standar hotel seperti lemari pakaian (di sini lemarinya lebar jadi bisa muat banyak pakaian), meja berhias, meja kecil, cermin panjang, kasur queen size dengan 2 bantal dan bedcover, TV, AC, tempat sampah, shower air dingin dan panas, toilet duduk dengan semprotan, wastafel, bermacam snack, air minum, 2 gelas untuk minum, perlengkapan mandi, 2 handuk mandi, dan keset kamar mandi.


Kamarnya bersih dan lebar walaupun penataan kasur dengan lemarinya membuat kamar terkesan sempit. Ada yang saya suka di Airy Syariah CSB Garuda Raya 20 Cirebon ini, yaitu colokan listriknya ada banyaaak (ada 3 buah ^_^), jadi saya bisa isi ulang baterai 2 HP dan 1 powerbank sekaligus tanpa harus membawa kabel tambahan lagi atau bergantian.

Snack dan minuman yang di boks biru itu GRATIS dari Airy Rooms

Karena kami memesan hotel melalui Airy Rooms, kami mendapatkan 2 botol air mineral, beberapa macam snack, dan sepaket peralatan mandi yang semuanya bisa dibawa pulang. Di hotelnya sendiri sebetulnya sudah disediakan sabun dan shampoo, tapi saya lebih menyukai aroma sabun dan shampoo dari Airy. Sabunnya beraroma fresh dan shampoonya beraroma seperti teh melati yang harum. Oh iya, paket perlengkapan mandi dari Airy isinya ada 2 sikat gigi, 2 pasta gigi, satu botol shampoo, 1 botol sabun cair, dan sisir kecil. Namun, di sini tidak disediakan sandal hotel ya ^_^.


Airy Syariah CSB Garuda Raya 20 Cirebon ini juga menyediakan wi-fi yang username dan password-nya bisa ditemukan menempel di TV. Kecepatannya lumayan kencang. Suami saya memanfaatkannya untuk nonton streaming drama detektif sebanyak 6 episode 😔😔😔.

Untuk makan malam, seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, hotel ini dekat sekali dengan kampung kuliner yang semarak di malam hari. Sedangkan untuk sarapan, sebetulnya di depan hotel ini ada semacam kantin, tapi kami ingin jalan-jalan pagi dan baru menemukan warteg di depan kampung kuliner. Obyek wisata yang terdekat selain kampung kuliner adalah kompleks keraton yang berjarak terjauh sekitar 2 km, mulai dari keraton Kanoman, keraton Kasepuhan dan keraton Kacirebonan. Di depan keraton Kanoman terdapat pasar Kanoman yang ramai sekali sampai sore. Misalnya Teman ReeNgan ingin ke obyek wisata lain juga ada yaitu Gua Sunyaragi dan Taman Nasional Gunung Ceremai, tapi kesananya harus menggunakan kendaraan ^_^. Misalnya Teman ReeNgan ingin membeli oleh-oleh, tidak jauh dari hotel (sekitar 100 meter) ada produsen manisan buah khas Cirebon dan bisa juga membeli oleh-oleh di pasar pagi atau pasar Kanoman yang tidak jauh juga dari hotel.

Terus terang saya dan suami baru pertama kali ini menginap di hotel syariah. Kami merasakan kenyamanan di sini. Saya lihat, banyak juga keluarga dan rombongan yang menginap di sini. Selain kamar standar double, saya melihat ada juga yang standar twin, dan kamar deluxe yang sangat luas (bisa muat sampai 6 orang, tentunya dengan meminta tambahan kasur). Parkirnya juga lumayan luas. Ada parkir di dalam hotel dan di luar hotel.

Halaman depan hotel

Btw, air panasnya bagaimana? Wuih jangan tanya lah, suami saya senang sekali begitu tahu bahwa shower air panasnya berfungsi dengan baik. Biar lah sesekali beliau treatment air panas selama mungkin. Dengan harga saat itu Rp 168.000,- (weekend) dari harga normal Rp 213.000,-, menurut saya fasilitas hotel ini sudah cukup memuaskan.

Bagaimana cerita kami yang lain selama libur dadakan di Cirebon? Insyaa Allah saya tulis di postingan selanjutnya ya. Teman ReeNgan juga ingin liburan? Yuk rencanakan berlibur ke tempat yang dekat dulu. Trus misalnya mau menginap, bisa pesan di website atau aplikasi Airy Rooms yang banyak diskonannya, hehehe. [] Riski Ringan

Airy Syariah CSB Garuda Raya 20 Cirebon
Jl. Garuda Raya No. 20 Pekiringan
Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat
Telp. (0231) 8300769

6 comments:

  1. Cerita liburannya seru banget. Jadi pingin bisa liburan kayak mbak Riski. Oiya. Harga roommatenya lumayan murah, syar'i pula. Well ... Beneran mupeng nih hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang murah, Mba. Apalagi kalau deket Jl Toha, bisa sarapan di bubur Mang Toha dulu...

      Delete
  2. Kapan2 pgn nginep juga di cirebon. Biasanya tiap ksana kita cm transit sebentar sblm lanjut ke solo mba :D. Makanya blm prnh rasain nginep di cirebon

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nginep sekaligus wisata kuliner Mba.. ^_^

      Delete
  3. Saya suka dengan ini nih, "Tidur Nyaman Harga Aman." Bayangkan, kalau tidur nyaman tetapi terganggu dengan kedipan-kedipan dompet yang memberi kode kalau si-dompet sedang kritis. hehehe...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...