Sunday, 8 July 2018

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Produk KTA Berikut Sebelum Anda Ajukan ke Bank


Produk KTA (Kredit Tanpa Agunan) online saat ini sudah semakin populer sebagai alternatif bagi mereka yang sedang membutuhkan dana cepat dan segera. Cara pengajuannya pun bahkan terbilang mudah dan sederhana. Karena prosesnya yang cepat inilah banyak pihak dari berbagai kalangan masyarakat yang kini lebih memanfaatkan keberadaan kredit ini.

Sayangnya, banyak juga yang (mungkin karena terdesak) jadi terburu-buru mengajukan KTA tanpa mengetahui risiko dan konsekuensinya. Padahal, ada beberapa faktor penting yang bisa mempengaruhi pelunasan pinjaman ini. Pasalnya, jika faktor tersebut luput dari perhatian Teman ReeNgan selaku peminjam, maka bisa-bisa keuangan Teman ReeNgan malah berantakan dibuatnya.

Jadi, apa saja yang perlu diketahui terkait produk KTA ini? Alangkah baiknya jika sebelum mengajukan aplikasi permohonannya, perhatikan dulu apa saja kekurangan dan kelebihan pinjaman KTA. Apa saja? Mari simak rinciannya di bawah ini.

Mengajukan ke Mana?

Sangat dianjurkan untuk mengajukan aplikasi permohonan KTA Teman ReeNgan HANYA ke lembaga yang palin kredibel dan terpercaya, yakni bank. Bandingkan terlebih dahulu produk KTA antar bank yang satu dengan bank yang lainnya. Jika Teman ReeNgan ingin memilih produk KTA terbaik dengan fasilitas yang paling menguntungkan, pilihlah yang suku bunganya paling rendah. Saat ini sudah hampir setiap bank menawarkan layanan KTA. Dengan demikian, akan ada banyak pilihan bagi Teman ReeNgan.
Hindari mengajukan KTA kepada pihak lain selain bank seperti perusahaan pembiayaan atau  perseorangan/individu. Mengapa? Karena pihak-pihak ini tidak mempunyai basis hukum. Masyarakat mengenalnya dengan sebutan yang lebih familiar seperti "rentenir" atau "lintah darat". Meminjam KTA dari pihak ini sangat tidak direkomendasikan karena mereka bisa saja bertindak sewenang-wenang dan membuat aturan dengan semena-mena yang pasti akan merugikan pihak peminjam.

Tidak seperti pihak bank yang patuh dan tertib di bawah pengawaasan pemerintah, pihak rentenir ini tidak mengatur ketentuan mereka berdasarkan hukum negara. Sehingga seringkali dalam banyak kasus, lintah darat mengenakan bunga yang luar biasa tinggi dan tidak segan main tangan jika pembayaran mengalami kemacetan.

Cara Mengajukan Aplikasi

berbanding kontras dengan kredit dengan jaminan, KTA ini relatif lebih mudah dicairkan. Bahkan ada beberapa bank yang menjanjikan dana bisa cair dalam waktu 60 menit saja, Pengajuan aplikasi Teman ReeNgan tentunya akan segera diproses hanya apabila Teman ReeNgan sudah memenuhi dokumen persyaratan yang lengkap. Demi kelancaran proses, periksa seluruh data yang Teman ReeNgan berikan, jangan sampai ada kekeliruan dalam formulirnya.

Berikut adalah persyaratan umum yang diperlukan dalam pengajuan KTA:
  1. KTP (Kartu Tanda Penduduk) & KK (Kartu Keluarga)
  2. NPWP/SPT
  3. Rekening 3 bulan terakhir
  4. Slip gaji karyawan/surat keterangan penghasilan
Siapkan dokumen tersebut selengkapnya dan hubungi bank yang penawaran KTAnya sesuai bagi Teman ReeNgan. Mintalah keterangan lebih lanjut dan ikuti prosedur yang berlaku.

Bila Teman ReeNgan ingin memastikan pencairan dana KTAnya dilakukan dengan sukses, berikut adalah tip guna melancarkan proses persetujuan KTA dari bank:

1. Pastikan Riwayat Kredit Tidak Bermasalah

Bank hanya akan menyetujui permohonan pinjaman Teman ReeNgan setelah melihat riwayat kredit di bank. Oleh sebab itu, pastikan riwayat kredit dan reputasi kredit Teman ReeNgan baik, bersih, dan tidak bermasalah. Sebagai contoh, jika Teman ReNgan punya kartu kredit, pastikan untuk selalu membayar tagihan hingga lunas dengan tepat waktu.

Pernah kredit kendaraan? Pastikan riwayat cicilan per bulannya selalu lancar. Hal ini akan menjadi bahan pertimbangan yang mendasar bagi pihak bank sebagai penyelenggara pinjaman. Bagaimana jika Teman ReeNgan pernah punya masalah dalam melunasi cicilan? Apabila demikian adanya, maka besar kemungkinan pihak bank akan menganggap Teman ReeNgan kurang berpotensi diberikan pinjaman karena takut nantinya bermasalah juga.

2. Sesuaikan Jumlah Pinjaman

Umumnya, peminjam diperbolehkan mengajukan KTA hingga nominal sebesar Rp 200 juta.  Batas pinjaman setiap bank memang berbeda-beda. Sebisa mungkin, jangan meminjam hingga batas maksimal. Pastikan total utang Teman ReeNgan per bulan (termasuk cicilan untuk KTA) tidak melebihi 40% dari total penghasilan Teman ReeNgan.

3. Berlaku Positif dan Tidak Memaksa

Banyak orang yang karena saking terdesak oleh kebutuhan akan dana cepat malah lantas melupakan etika dan bersikap memaksa selagi mengajukan KTA. Hindari bersikap seperti itu. Usahakan yang terbaik, tapi tidak memaksa agar bank mengabulkan permohonan Teman ReeNgan. Sebaliknya, bersikaplah santai dan tenang, hindari bersikap memaksa apalagi hendak menyogok orang dalam/petugas bank.

4. Handphone Harus Selalu Aktif

Pastikan handphone Teman ReeNgan elalu aktif agar mudah dihubungi. Setelah menerima, memeriksa dan memastikan aplikasi KTA Teman ReeNgan sudah memenuhi persyaratan, pihak bank sewaktu-waktu akan menghubungi Teman ReeNgan. Oleh karenanya, pastikan handphone selalu aktif agar bisa berbicara dengan petugas bank yang kelak menghubungi.

No comments:

Post a comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...