Thursday, 20 August 2015

One In, One Out Role Agar Hidup Lebih Teratur

Assalaamu'alaikum.. ^_^


Apakah Teman ReeNgan ada yang sudah tahu apa itu satu masuk satu keluar (one in one out)? One in one out ini semacam cara untuk membatasi keinginan membeli sesuatu yang selalu muncul, hehe. Saya mulai menggunakan cara ini sejak awal 2015, lalu diperkuat ketika saya mengikuti meditasi bareng teman-teman Fun Blogging dan Adjie Silarus. Adjie bilang bahwa konsep ini adalah salah satu cara untuk menyeimbangkan pikiran dan hati kita.
Pertama kali saya menerapkan one in one out adalah pada buku dan alat tulis yang saya punya. Jadi, kalau saya membeli satu buku baru, maka harus ada satu buku yang keluar. Buku yang keluar itu entah diberikan ke saudara atau disumbangkan ke taman baca atau diloakkan, yang penting keluar dari rumah. Selanjutnya saya terapkan pada pakaian saya dan pakaian suami. Kalau di pakaian, kami mengubahnya menjadi one out one in or no, artinya kalau ada pakaian yang sudah tidak layak pakai karena kekecilan atau karena sebab lain, baru kami akan membeli pakaian yang baru atau bahkan tidak membelinya. Pakaian yang sudah tidak layak kami pakai itu kalau masih pantas pakai ya kami berikan ke orang lain, kalau tidak pantas pakai ya kami buang saja. Saya tidak merecyclenya menjadi bentuk lain, karena belum ada waktu, jadi daripada numpuk di rumah, mending dibuang saja.

Selanjutnya sepatu, sekarang saya hanya mencari model sepatu yang nyaman dan cocok untuk segala situasi, kemudian akan saya pakai terus sampai rusak. Saat hampir rusak, baru saya akan membeli sepatu yang baru. Begitupun dengan sandal. Setelah itu, saya menerapkan one in one out untuk semua barang-barang yang saya punya.

Saat memulai cara ini, saya mengumpulkan dulu satu jenis benda di satu ruangan, misalnya alas kaki (mulai dari sandal sampai sepatu). Lalu saya pilih berdasarkan fungsinya, seperti sandal japit, sandal gunung, sandal bagus, sepatu kerja, sepatu lari. Itu hanya boleh ada 1 pasang saja tiap jenis alas kaki per orang. Sisanya saya keluarkan dari rumah. Begitu juga dengan pakaian, saya keluarkan semua pakaian yang saya punya, lalu saya kumpulkan di satu ruangan. Saya pilih pakaian itu dan membaginya menjadi 3 bagian, yaitu "Saya Pakai", "Kenangan", dan "Tidak Saya Pakai". Yang "Tidak Saya Pakai" akan saya keluarkan dari rumah. Begitu pun dengan barang-barang lain.

Setelah proses memilih itu, saya hanya akan membeli barang yang baru kalau barang yang lama ada yang sudah pantas dikeluarkan dari rumah. Atau saya hanya akan membeli barang yang baru jika saya betul-betul sangat-sangat membutuhkan barang itu. 

Melalui cara ini saya belajar menahan diri, belajar merelakan, belajar memilih dan berkomitmen. Penjabaran kenapa saya bisa belajar itu semua, silahkan Teman ReeNgan maknai sendiri ya ^_^. Teman ReeNgan ada yang mau belajar cara one in one out seperti saya? Yuk.. atau mau saya bantu membereskannya?

Namun, sampai sekarang, ada jenis barang yang membuat saya kebingungan untuk mengeluarkannya dari rumah, yaitu gelas mug. Saat ini mug yang saya punyai terlalu banyak, tapi saya bingung siapa kira-kira yang mau menerima mug? Teman ReeNgan ada yang tahu? Tolong saya diberitahu ya.. Terimakasih.. ^_^

7 comments:

  1. aku mau sekali mbak kalo dikasih hehehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh.. boleh.. bisa inbox alamatnya di sapa@riskiringan.com ^_^

      Delete
  2. saya mau mug mak kalo dikasih hehe....
    kalo saya kebetulan dari dulu sudah menerapkan ini,apalagi masalah baju,sampe bener2 rusak baru beli,makannya baju yang dipake ya yang itu2 aja hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh... inbox alamatnya di sapa@riskiringan.com ya ^_^
      Kadang saya masih suka pingin banget beli baju.. :)

      Delete
  3. waah... belajar hemat yg menarik nih... tfs

    ReplyDelete
  4. Ilmunya bagus banget nih Mbak. Tapi bisa nggak ya saya menerapkannya?
    Mug? Ih sini mbak saya tampung.

    ReplyDelete
  5. Cuma mug doang mak? Hehhee... sini mak jangan ragu2.. #angkatdaster

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...