Friday, 20 November 2015

Makan Yang Amis-Amis Setelah Operasi, Bolehkah?

Assalaamu'alaikum ... ^_^


Sudah lama saya tidak posting yang berhubungan dengan biologi, hehe. Kebetulan saya habis operasi dan di postingan kemarin, saya menulis "dokter memberikan saran pasca operasi yakni memperbanyak makan makanan yang mengandung protein seperti daging, ikan, ayam, telur, tahu dan tempe". Padahal ada teman dan tetangga saya yang menyarankan bahwa setelah operasi lebih baik tidak makan ikan dan telur dulu, agar lukanya cepat kering. Lha, mana yang harus saya ikuti?

Saya sempat menelusuri google, mencari tahu tentang hal itu. Lalu saya tersadar, hmm.. oh iya bahan dasar pembentuk protein itu kan asam amino. Nah, asam amino ini adalah bahan dasar pembuatan hormon, enzim, bahkan antibodi. Tidak hanya 3 itu saja, asam amino yang jenisnya ada 20 itu juga membentuk hampir sebagian besar tubuh makhluk hidup. Jadi, setelah operasi, protein pada dasarnya sangat teramat dibutuhkan. Kenapa?

Antibodi
Operasi pasti menghasilkan luka sayatan dimana bakteri, jamur dan kuman lainnya dengan senang hati menempel di luka itu. Selain antibodi yang diberikan saat operasi, tubuh juga menghasilkan antibodi sendiri sebagai prajurit untuk melawan kuman-kuman tersebut. Unsur pembentuk antibodi adalah rantai gula dan asam amino.
"Antibodies are heavy (~150 kDa) globular plasma proteins. They have sugar chains (glycans) added to conserved amino acid residues. In other words, antibodies are glycoproteins."
(https://en.wikipedia.org/wiki/Antibody#Structure)

Enzim
Luka sayatan operasi otomatis butuh menempel erat lagi. Agar bisa menempel, sel-sel di daerah sayatan akan membelah diri. Sepanjang proses membelah diri ini, sel-sel tersebut butuh enzim untuk membantu mempercepat prosesnya. Salah satu penyusun enzim adalah protein.
"Enzymes are generally globular proteins, acting alone or in larger complexes."
 (https://en.wikipedia.org/wiki/Enzyme#Structure)

Saya sebutkan dua saja fungsi protein untuk luka operasi, padahal sebetulnya banyak sekali fungsinya.

Trus protein itu didapat darimana? Tentunya dari makanan yang kita makan. Jenis makannanya adalah daging (unggas, kambing, sapi, kerbau, pokoknya semua daging), ikan (baik ikan air tawar atau ikan air laut), putih telur, seafood, aneka macam kacang, dan kedelai serta susu (tapi saya tidak minum susu sapi, saya hanya minum susu kedelai).

Jadi dari sisi ilmu kesehatan, justru harus banyak makan makanan yang mengandung protein agar luka operasinya cepat lekat. Di daerah Teman ReeNgan, ada enggak yang bilang orang habis operasi tidak boleh makan telur dan yang amis-amis?

Sumber tulisan :
http://biology.about.com/od/molecularbiology/a/aa101904a.htm
https://www.health.arizona.edu/health_topics/nutrition/sports/protein.pdf

26 comments:

  1. aku ikutin kata hatiku, sama ibu mertua gak boleh telur gak boleh ikan, makan saja tuh. Mau cepat kering atau lama lukanya, yang penting kebutuhan protein dalam tubuh tercukupi yes

    ReplyDelete
  2. waktu saya abis caesar, ibu yang satu ruangan sama saya yang juga caesar dilarang makan telur dan daging-dagingan sama orang tuanya. Kemudian dikasih tau sama dokter kalau telur dan daging justru bagus untuk merekatkan luka. Begitu dokternya keluar ruangan, ibunya bilan kalau urutnya pas di rumah sakit aja. Yaelah -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang masih banyak yg seperti itu. Kadang pingin bilangin, tapi takut mereka tersinggung.

      Delete
  3. Bersyukur di lingkungan terdekat saya tidak ada yang menganjurkan hal seperti itu, jadinya pasca operasi kecil waktu itu n operasi caesar ya jadinya banyak makan makanan berprotein, hehehe

    ReplyDelete
  4. boleh banget malah ya mbak itu penting. Memang mitos di luaran begitu kalau habis operasi gak boleh makan macem2

    ReplyDelete
  5. Tiga kali Operasi Karecesar dan saat ditanya pantangan selalu dijawab gak ada... makanan yang kayak gini malah disuruh banyakin...
    Hmm jadi ternyata yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. karena daging, ikan, kedelai itu mengandung banyak protein.. :)

      Delete
  6. Kalau saya dulu ndak dilarang sama emak, cuma kalau makan ayam dan sejenisnya lukanya nanti gatel. Yang boleh telur putihnya Aja, ikan kuthuk di steam jangan di goreng sama daging kambing. Waktu itu saya manut aja Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya luka gatel itu hampir semuanya bakal ngalamin ya Mbak.. :)

      Delete
  7. iya mbak, aku dlu jg dibilangin begitu tp aku manut dokter donk yak, la wong dokter malah nyuruh makan ikan, tertutama ikan kutuk, apa ya nama bekennya, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah aku juga enggak tahu nama beken ikan kutuk, hehe. Itu ikannya susah enggak dapatnya, Mba Inda?

      Delete
  8. Waktu setelah operasi sesar disuguhin makan yang enak2, Mak.
    Hihihi...
    Kecuali gorengan takut batuk aja sih, kalau batuk kan jahitannya berasa nyeri banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya Mba Citra, kalau batuk kan yang kontraksi otot perut sama rahim ya. Waktu saya habis operasi juga batuknya pelan-pelan, hehe. Tapi memang berusaha sebisa mungkin menghindari makan pedas, asam, makanan yang menimbulkan gas, dan yang menyebabkan batuk macam gorengan itu ^_^

      Delete
  9. akupun abis operasi malah dianjurin utk makan protein jg mba... daging2an dll... dr awal toh aku lbih percaya ama dokterlah, drpd ama org2 awam yg bilang ga boleh ini itu ;p..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada ibu-ibu barengan hari operasinya dengan saya dan dia betul-betul menghindari telur dan daging-dagingan, lukanya di minggu pertama masih sangat basah malah. Semoga sekarang beliau sudah sembuh, aamiin.

      Delete
  10. Itu termasuk mitos sebenernya ya, Mbak. Pas aku ikit kumoulan Ibu Hamil juga dijelaskan gitu. Abis ngelahirin jgn makan amis2, ntar tali pusar Dede ngga kering2. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kah Mba Idah? Di kumpulan itu apa enggak ada tenaga kesehatannya?

      Delete
  11. Mitos bahwa pasca operasi nggak boleh makan yang amis, banyak dieprcaya sebagian masyarakat ya, hehehe.
    aku dulu, pasca operasi juga langsung makan protein hewani, dan alhamdulillah sehat-sehat dan tak terjadi akibat yang tak diharapkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Nah, pengalaman dari Bu Yanti ini bisa dilihat oleh Teman ReeNgan yang lain ^_^

      Delete
  12. Ternyata gak boleh makan amis-amis pasca operasi itu mitos ya mba. Malah disarankan dokter buat dimakan. Thank you for sharing mba.

    ReplyDelete
  13. Tau Ikan Gabus Gak mbak?
    Nah ikan ini bagus sekali untuk penyembuhan luka bekas operasi kecil ataupun besar loh..
    Bagus nya ikan ini di tumis,tp sayang gak kuat dengan bau amis nya,kalau gak kuat,boleh juga gldi goreng,konsumsi terus menerus sampai luka nya mengering,dijamin deh..

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...