Monday, 9 November 2015

Menata Aplikasi di Smartphone

Assalaamu'alaikum... ^_^

Apa kabar Teman ReeNgan? Saya masih dalam masa pemulihan pasca operasi usus buntu tanggal 31 Oktober 2015, nanti Insyaa Allah ceritanya saya bagikan di sini. Karena di rumah terus dan saya musti istirahat sebenarnya, jadinya sekarang saya lebih sering membuka HP. Ketemulah vlog di youtube, dia membicarakan tentang menata aplikasi di smartphone. Hmm.. iya juga ya, aplikasi di smartphone juga perlu ditata biar smartphone-nya enggak lemot.

Akhirnya, saya tertarik menata aplikasi di smartphone saya, hehe. Ini langkah-langkah yang saya lakukan, mungkin kalau Teman ReeNgan ada cara lain, bisa dibagikan di kolom komentar :). Oh iya, smartphone saya adalah Samsung Galaxy Prime (masih satu marga dengan Optimus Prime kayaknya, hehe).

  1. Menghapus aplikasi yang sudah lamaaaaa sekali tidak dipakai. Caranya: buka Setting/Setelan -> buka Manager Aplikasi -> pilih aplikasi yang akan dihapus -> hapus aplikasi. Setelah aplikasi-aplikasi itu saya hapus, HP saya restart.
  2. Menghapus aplikasi yang memberatkan dan mempunyai alternatif lain. Kemarin saya menghapus aplikasi game dan pinterest. Aplikasi itu memang tidak terlalu berat, tapi kalau sudah membukanya jadi keasyikan trus paket internetnya cepat habis. Saya masih bisa membuka pinterest di komputer. Sayangnya, saya masih berat menghapus aplikasi Youtube, hiks. Caranya sama seperti nomor 1.
  3. Menentukan aplikasi mana yang akan diletakkan di layar depan. Saya memilih aplikasi yang selalu saya gunakan seperti twitter, facebook, jojonomics, dan yang lain bisa dilihat di gambar nanti ya. Ada juga beberapa contact yang saya letakkan di layar depan. Saya menatanya berdasarkan warna aplikasi, tapi terserah Teman ReeNgan mau menatanya berdasar alphabet, warna atau frekuensi penggunaan.
  4. Menghapus riwayat atau pesan. Saya mulai dari pesan-pesan di WA, kemudian LINE, lalu Message/Kotak Pesan. Untuk pesan-pesan yang di FB atau Email, saran saya lebih baik ditata di komputer saja.
  5. Menghapus foto-foto, video dan musik yang sudah tidak dipakai. Sebelum menghapus, lebih baik memindahkan file-file tersebut di komputer terlebih dulu. Dari sekian banyak foto yang ada di smartphone, misalkan selfie dari berbagai angel, pilih satu maksimal dua yang terbaik, dan yang lain dihapus saja.

Itu tahapan-tahapan yang saya lakukan. Tidak cukup memang waktu satu hari, karena sejak membeli smartphone ini, saya belum pernah menatanya sama sekali. Sekarang pun saya masih menata beberapa file. Niat saya nanti setelah proses menata ini, saya akan rutin menatanya mungkin setiap hari atau seminggu sekali atau sebulan sekali. Kita lihat, apakah dengan ini saya akan lebih mudah menggunakan smartphone saya?

Semoga bermanfaat ya. Bagaimana dengan smartphone yang Teman ReeNgan punya, apakah juga ditata aplikasinya?

10 comments:

  1. Saya belum pernah menata aplikasi juga nih, Mbak. Menata sesuai warna. Kalau uninstall aplikasi udah sering sih. Kalau dirasa ga terpakai langsung saya uninstall. Atauu... Abis install ternyata tidak sesuai harapan saya langsung uninstall juga :-)

    ReplyDelete
  2. Saya malah sering ngutak-ngatik mak. Dan bukan tipe org yg suka nyimpen chat/message krg penting hehe. Kcuali dr grup WA yang krn kbanyakan jd males ngapusnya :p kalo aplikasi bisa dihitung pake jari yg ada d hp sy hihi. Paling yg agak kewalahan file foto" sih. Kadang masih males buat mindahin k laptop hiks

    ReplyDelete
  3. Kalau saya biasanya dikelompokkan berdasarkan tema. Kalau untuk chatting misalnya, mulai dari line bbm wa dikelompokkan jadi satu. Begitu juga social media lainnya. Hehe

    ReplyDelete
  4. paling sebel kalo pake epon.. soalnya ga bisa nambah kapasitas.. padahal banyak aplikasi dan foto yang sayang kalo dihapus :(

    ReplyDelete
  5. baru tahu saya kalo habis operasi,semoga cepet pulih ya mbak dan sehat kembali,aamiin...
    kapan hari baru diinstal ulang hp saya,dan nginstal aplikasi yang penting2 aja,biar g terlalu berat^^

    ReplyDelete
  6. gak pernah donlot aplikasi yg gak diperlukan, tapi klo coba2 mah sering. habis itu langsung uninstall. Uninstall sama delete sama gak yak?

    ReplyDelete
  7. Kadang saya suka males ngehapus pesan. :)

    ReplyDelete
  8. Problem utamaku itu kayaknya foto dan file. Sering lupa buat ngapus kalo udah ga perlu. Tfs, Ris. :)

    ReplyDelete
  9. saatnay bebersih nih sama foto2, kalau aplikasi sih aku terbatas mbak bahkan gak ada games

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...