Thursday 8 September 2016

Beberapa Tempat Wisata Alam di Lampung, Bonus Tip Persiapan Wisata Alam dan Hotel dengan Pelayanan Spa

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Sekitar bulan Juni 2014, saya berkesempatan jalan-jalan ke gunung Anak Krakatau dan beberapa pulau di sekitarnya. Pemandangan alamnya indah banget. Pasir pantainya ada yang putih, ada yang penuh dengan remahan karang tapi tidak tajam, ada yang berbatu, dan di pantai pulau Anak Krakatau bahkan pasir pantainya berwarna hitam, keren kan? ^_^. Selain itu, keindahan bawah lautnya we-o-we lah. Namun, ternyata beberapa tempat wisata di lampung masih termasuk yang belum ngeboom sehingga jarang menjadi pilihaan utama untuk berlibur, baik sendiri ataupun bersama keluarga. Padahal, Lampung merupakan daerah Sumatera bagian selatan yang memiliki wisata alam yang wajib dikunjungi, apalagi jika kita berlibur bersama anak-anak. Dijamin mereka akan sangat suka diajak berlibur ke Lampung. Memangnya di Lampung ada wisata alam apa saja? Trus penginapannya nyaman dan dekat lokasi wisata kah?

Berikut ini beberapa tempat wisata alam di lampung yang tentunya tidak begitu jauh jaraknya dari tempat penginapan, seperti Novotel Lampung yang terletak di Jalan Gatot Subroto, Bandar Lampung.

Taman Nasional Way Kambas

Taman nasional Way Kambas (sumber : id.wikipedia.org)

Kalau di kota kita melihat gajah hanya di kebun binatang, di dalam kandang sedang makan atau asyik bermain dengan sesama gajah. Bisa melihat dan memegang pun kalau di kebun binatang itu menyediakan fasilitas keliling kebun binatang menunggangi gajah. Itu pun kita harus naik bersama dengan pawangnya dan jaraknya pendek saja. Maka, di Taman Nasional yang merupakan taman konservasi dan pelatihan gajah ini, kita bisa melihat aktivitas keseharian gajah di habitatnya langsung.

Seru banget kayaknya bisa melihat aktivitas gajah mengangkut kayu, membajak sawah, bermain bola. Dan kalau kita datang pukul 14.00 WIB, kita bisa melihat gajah sedang dimandikan sebelum masuk ke dalam kandang. Boleh juga ikut memandikan, memberi makan, dan foto bersama gajah. Selain gajah, ternyata ada juga Badak Sumatera di Way Kambas ini, karena Way Kambas juga merupakan tempat penangkaran Badak Sumatera. Suasana alam Way Kambas masih berupa hutan dengan banyak sungai bisa menjadi petualangan wisata alam yang asyik.

Taman Nasional Bukit Barisan

Taman Nasional yang merupakan hutan hujan tropis ini banyak terdapat flora dan fauna yang hidup dengan aman. Kondisi alamnya masih benar-benar asri. Bahkan UNESCO sampai menjadikan Taman Nasional Bukit Barisan sebagai hutan warisan dunia. Selama di perjalanan menuju Taman Nasional Bukit Barisan, kita akan melalui rumah-rumah asli Lampung yang berbentuk panggung dan terbuat dari kayu beratap seng. Pemandangan sepanjang jalannya pun luar biasa, akan terlihat gunung, tebing, dan jurang.

Pantai Pasir Putih

Jika ke Lampung tidak mengunjungi Pantai Pasir Putih, rasanya kurang sempurna karena wisata Pantai Pasir Putih di Lampung ini sangat terkenal hingga ke mancanegara. Pantai yang memiliki air laut yang hijau kebiruan ini memang sangat indah. Selain berenang, kita bisa juga mencoba menaiki kano menyusuri pantai. Yang menarik kalau berkunjung ke Pantai Pasir Putih adalah kita bisa sekaligus ke pulau kecil di sekitar pantai, seperti Pulau Condong. Di situ kita bisa melihat keramba-keramba yang di pasang nelayan untuk menangkap ikan, atau kita bisa juga bersnorkling. Ada lagi pulau lainnya, yaitu Pulau Tangkil. Di pulau ini kita bisa main parasailing, yang hanya satu-satunya di Lampung.

Main Entrance Novotel Lampung
Setelah berpetualang ke berbagai tempat di Lampung, jika ingin mencari hotel di Lampung bisa menginap di Novotel Lampung yang punya pelayanan spa di hotel. Bisa dibayangkan kan, badan yang letih dan berdebu kemudian melakukan spa, dijamin tidur langsung nyenyak.

Dalam berwisata alam, kita juga perlu memerhatikan kondisi fisik dan bekal peralatan yang sesuai medan.

Untuk kodisi fisik :
  • Rajin olahraga seperti lari pagi, berenang, ataupun jalan cepat bermanfaat agar kita tidak kaget saat berwisata alam. Karena biasanya wisata alam memerlukan tenaga ekstra untuk berjalan jauh.
  • Jaga kesehatan dengan asupan makanan yang bergizi dan cukup istirahat. Karena kita akan mudah drop saat melakukan perjalanan bila kondisi tubuhnya tidak fit.

Persiapan peralatan yang perlu dibawa untuk berwisata alam
  • Tas ransel yang nyaman di bahu
  • Sepatu yang pas di kaki dan sesuai untuk medan terjal maupun becek
  • Pakaian yang nyaman dan menyerap keringat
  • Jaket, topi, kacamata hitam
  • Obat-obatan pribadi dan P3K
  • Peralatan dalam air jika ingin berenang
  • Makanan, snack dan air mineral yang cukup
Sudah siap berwisata alam ke Lampung? Kalau sudah siap, tinggal hubungi traveloka.com untuk mengurus akomodasinya. 


"Artikel ini adalah Replacement Post dan termasuk ke dalam Sponsored Post"

12 comments:

  1. Wiih Lampuung....
    Deket tapi belum pernah

    ReplyDelete
  2. pantai pahawang itu di lampung juga bukan sih?
    seru yaaaa, aku penasaran deh sama aktifitas gajah angkat kayu itu :(

    ReplyDelete
  3. Pernah sekali ke Lampung. Pantainya emang bagus, tapi yang ga terlalu ramai sukanya.

    ReplyDelete
  4. Yaaah di Lampung aku cuma lewat2 aja dari & ke Riau, belum pernah piknik disana.

    ReplyDelete
  5. Belum pernah ke Lampung mbak :( tapi tertarik banget sama Way Kambas. Nah sekarang udah tau lagi tempat wisata lainnya, semoga satu hari nanti bisa traveling ke sana ^^

    ReplyDelete
  6. aku pernah ke Lampung tapi 10 tahun lalu hehehe, pengen deh jalan2 ke sana lagi..

    ReplyDelete
  7. Aq ke lampung kaya gak sempet ke tmpat wisatanya srlalu pas acara keluarga hehe. Pengen meluangkan waktu buat jalan2 khusus deh kalo ke sana.

    ReplyDelete
  8. kalau ke lampung mampir ya mbak rumah saya di cilegon :)

    ReplyDelete
  9. Bila mengajak anak balita, dari daftar di artikel ini,
    kira-kira mana yang cocok untuk balita ya Mbak?
    salam kenal dan terima kasih Mbak

    ReplyDelete
  10. Mau banget ke Way Kambas tapi belum jadi wae hihi
    Obat-obatan di P3K harus selalu di bawa apalagi kalau bawa io
    Hehhee

    ReplyDelete
  11. Duh Lampung aku belum jadi-jadi nih kesini. Pengen ke Kiluan sih sebenarnya, pengen lihat lumba-lumba katanya bagus.

    ReplyDelete
  12. Dilema ya kalau tempat wisata belum atau sudah dikenal. Giliran ramennya, keindahan dan kebersihannya bisa terancam karena kesadaran pengunjung masih belum tinggi. Aku pengen maen ke Taman Bukit Barisan niiiih. Semoga kesampaian.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...