Tuesday 11 April 2017

Mengecek Jadwal dan Rute Commuter Line Lewat Aplikasi KRL Access

Assalaamu'alaikum..!! ^_^


Berawal dari mata indahnya senyuman dua hari selalu enggak dapat driver ojek online dari 2 aplikasi yang saya punya. Akhirnya pas dapat ojek pangkalan yang mengantar saya ke stasiun, beliau bilang kalau mau menganta saya lewat perempatan Pancoran sekarang itu macet berat. Sebabnya karena sedang ada pembangunan jalan layang di situ. Saya lihat sih memang banyak alat berat di sekitaran situ. Pingin motoin, tapi terkendala timing yang sering enggak cocok.


Akhirnya, dengan sejuta perasaan "aku tuh enggak bisa diginiin", pindah jugalah saya ke moda transportasi lama yaitu Commuter Line. Dulu, ketika saya harus sudah sampai di kantor jam 09.00 am, jadi sekitar jam 8, saya sudah harus ada di stasiun yang artinya jam 07.30 saya sudah harus keluar dari rumah. Sejak pakai ojek online, saya baru keluar dari rumah jam 08.30. Menghemat 1 jam, Sis. Lama, kan? Dulu itu, kesalahan saya adalah tidak melihat dan mencatat serta menghafalkan dan mengamalkan jadwal kereta tujuan, hiks. Waktu itu saya pikir karena kereta juga datangnya tidak menentu dan sering PHP *kayak siapa yaaa?? hehehe*.

Cerita KRL lainnya : Cara Masuk Stasiun KRL di Jakarta

Sekarang, saya enggak mau seperti dulu lagi yang menghabiskan waktu 1 1/2 jam di jalan. Saya inginnya hanya menghabiskan waktu maksimal 1 jam di jalan. Akhirnya saya download lagilah itu aplikasi KRL Access. Sebenarnya dulu saya pernah download sih, hanya saya waktu itu aplikasi KRL masih berat ketika dibuka. Bapernya (red: buffer) lama. Tapi, saya enggak boleh negative thinking terus kan dengan aplikasi. Saya yakin, jika stasiunnya saja banyak perubahan yang bagus, aplikasinya juga bisa jadi diperbaiki.

Alasan saya download lagi adalah agar saya bisa memperkirakan jam berapa saya harus keluar rumah, dan kapan saya harus sudah berada di stasiun. Cara cari tahunya adalah dengan melihat jadwal kereta tujuan saya. Misalnya saya harus sudah ada di kantor jam 9, berarti saya cari jadwal kereta antara jam 07.30-08.30.

Cerita KRL yang lain : Menunggu Commuter Line

Sementara ini, saya baru memakai fitur jadwalnya. Untuk fitur yang lainnya bakal saya coba deh. Habisnya saya excited banget waktu kereta tujuan saya datangnya enggak terlalu banyak meleset dari jadwal di KRL Access. Di KRL Access, keretanya bakal datang jam 14.04, kemudian keretanya datang jam 14.02. Kereen kan?! Nanti saya coba cek lagi ya ketepatan waktu si kereta. Yaaa... saat ini mungkin belum tepat waktu banget seperti di Jepang, tapi kita harapkan dan doakan semoga bisa minimal sama dengan Jepang atau bahkan lebih baik lagi, aamiin ^_^.


Ketika mengklik "SHOW", maka akan muncul jadwal seperti gambar sebelah kanan. Di situ bisa terlihat nomor kereta (di bawah gambar kereta), jam datang/sampai di stasiun yang kita ketik, dan tujuan akhir kereta tersebut. Jika kita mengklik tanda panah ke kanan di kolom jadwal kereta tersebut. Misalnya mengklik kolom kereta yang menuju JAKARTAKOTA jam 10.32, maka akan terlihat jadwal kereta tersebut dari stasiun keberangkatan sampai stasiun akhir. Contohnya seperti ini:

Eh iya, KRL Access yang sekarang loadingnya enggak lama. Saya klik langsung ngebuka. Mungkin beda HP & banyaknya aplikasi di HP juga memengaruhi ya? Teman ReeNgan kalau ke Jakarta, cobain Commuter Line ya! ^_^ Ada banyak jalur, silakan coba yang mana saja. Saya sendiri paling suka jalur yang ke Tangerang karena stasiunnya masih sederhana dan punya kesamaan yaitu ada dekorasi batu bata merahnya. [] Riski Ringan

2 comments:

  1. Aaach semakin mudah ngecek jadwal KRL ya, jadi enggak habis di jalan. Tante Riski Fira sama Faiz seneng banget didatengin sampai ke Tangerang. Kapan-kapan main ke sini lagi ya, ummi udah bikin oleh-leh tulisannya loh di sini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba. Tinggal menunggu komitmen dari PT KAI atau Commuter Line supaya tepat waktu sesuai jadwal... ^_^
      Insyaa Allah main lagi ke rumah..

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...