Friday 12 August 2016

Rahasia ReeNgan Bisa Menonton Banyak Video di Youtube Tanpa Takut Kuota Internet Habis ^_^

Assalaamu'alaikum...!! ^_^

Teman ReeNgan sudah membaca channel di youtube yang sering saya tonton? Alhamdulillah semua video dari channel itu saya tonton tanpa menghabiskan kuota dan gratis. Padahal sekali nonton, bisa sampai 30 an lebih video (tergantung durasinya). Karena saya nontonnya untuk menemani aktivitas beberes rumah. Apalagi pas lagi nyeterika, jadi enggak bosan kalau disambil nonton video di youtube (saya belum punya televisi). 
Rahasianya kenapa saya bisa menonton video sebanyak itu tanpa menghabiskan kuota adalah karena youtube baik hati banget. Sudah dari tahun 2015 kayaknya ya, youtube mengeluarkan opsi baru di videonya, yaitu simpan offline. Yang mana, jika video yang sudah kita simpan ke "simpan offline", akan tetap bisa kita tonton walaupun data seluler di smartphone dimatikan atau belum aktivasi paket data lagi. Bagaimana sih caranya, kok saya bisa nonton offline? Begini ceritanya:
(Disclaimer: nonton video yotube tanpa kuota/offline hanya bisa dilakukan di smarthphone).

1. Download aplikasi youtube di playstore atau appstore yang ada di smartphone

2. Buat akun youtube
Buka situs youtube-nya, lalu sign up terlebih dulu. Bagi yang emailnya sudah gmail bisa langsung log in menggunakan gmail-nya itu tanpa harus sign up.

3. Mengatur penyimpanan
Mengapa harus mengatur penyimpanan? Video yang tersimpan itu tetap menyedot kapasitas ruang simpan. Lebih baik mengatur kualitas video ke yang small atau sedang, dan mengubah media simpannya ke micro SD/SD card. Caranya:

4. Cari Wi-Fi gratis
Hahahaha... iya betul banget, sebenarnya ini trik yang paling utama. Tapi kalau ternyata di dekat Teman ReeNgan enggak ada yang menyediakan Wi-Fi gratis, ya enggak apa kalau pake paket data sendiri. Kuota yang kesedot enggak sebanyak jika kita nonton langsung kok. Berhubung di kantor ada Wi-Fi gratis, jadi tiap selesai ngajar, saya sempatkan 30 menit untuk menyimpan video secara offline. Jangan lupa, kalau ada Wi-Fi gratis, data selulernya dimatikan dulu ya!

5. Simpan offline video yang disukai
Sebetulnya ada dua cara menyimpan video secara offline. Yang pertama kita tonton dulu videonya sebentar atau langsung tanpa harus menonton/membuka video.

Menyimpan video offline dengan melihat videonya dulu (klik tanda panah ke bawah yg ditunjuk di screenshot ini)
Menyimpan video offline tanpa melihat videonya dulu (klik tanda titik 3 di samping video lalu klik simpan ke offline)

Sudah, itu saja cara menyimpan videonya. Kalau kecepatan simpannya kencang, kita bisa menyimpan beberapa video secara bersamaan. Trus cara nontonnya bagaimana?
1. Buka aplikasi youtube di smartphone
2. Pilih yang sketsa manusia setengah badan, hehehe.
3. Pilih "Video Offline"
4. Klik saja video yang sudah disimpan


Nah, misalnya sudah selesai ditonton, trus ingin dihapus, caranya bagaimana? Iya, penting juga untuk menghapus video-video offline secara berkala. Biar memori kartu SD kita enggak kepenuhan. Saya biasanya akan menghapus video-video yang sudah saya tonton saat saya mau menyimpan video offline yang baru. Caranya:
1. Buka aplikasi youtube di smartphone
2. Pilih sketsa manusia setengah badan
3. Pilih "Video Offline"
4. Klik titik tiga yang terletak di samping video yang mau kita hapus
5. Klik "hapus dari offline"


Itu dia rahasia saya bisa menonton banyak video dari youtube ^_^. Eh iya, untungnya Teman ReeNgan mengingatkan saya, file video yang sudah disimpan secara offline ini akan ada di tempat penyimpanan (memori internal atau eksternal), tapi sama sekali tidak bisa dicopy-paste. Jatuhnya jadi agak berbeda dengan mendownload file ya. Teman ReeNgan mau mencoba caranya ReeNgan ini? Atau malah sudah sering mencoba?[] Riski Ringan

9 comments:

  1. Setelah baca jadi penasaran pengen coba :D, tapi simpan video secara offline ini hampir sama seperti di download bukan? *penasaran
    Nice post, makasih udah share ^-^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya, belum saya tulis ya, hehe. Mirip sih Mba, sama-sama kesimpen di memori. Tapi kalau nonton offline itu filenya enggak bisa dipindahin ke device manapun. Nontonnya mesti di smartphone atau smartphonenya disambung ke TV.

      Delete
  2. Hooo iya aku juga gitu lho wkwk

    ReplyDelete
  3. kalau yang durasi nya nyampe 2 jam bisa gak ? mau nyimpan drama korea ah kalau begitu mh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Terutama kalau kecepatan internet/Wi-Fi-nya kenceng. Saya sendiri pernah nyimpen yg durasinya 1 jam 45 menit. Tipnya pas nyimpen video itu jangan disambil nyimpen video lain, biar cepet kelar.

      Delete
  4. Kemarin sempet mau simpen dulu, nonton nanti, tapi karena nggak sabar saya langsung nonton tanpa nyimpen, mbak. Tapi makasih sharingnya :) Gratis kalo dapat free hotspot :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gratis banget, hehehe. Makanya tiap jumat aku kosongin file video offline-nya. Trus pas selesai ngajar di bimbel, aku isi banyak-banyak buat bekal Sabtu-Minggu, hehehe.

      Delete
  5. Wah patut dicoba nih. Mayan ada teman kalau lagi suntuk.. hehe.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...