Saturday 27 August 2016

Foto-foto Pernikahan Antimainstream, Bolehkah?

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Minggu ini saya lagi senang banget menulis tentang pernikahan, padahal ulang tahun pernikahan saya dan suami masih lama, hehehe. Setelah minggu lalu posting tentang kado pernikahan dan beberapa tahun yang lalu saya posting tips agar momen pernikahan bisa terfoto semua, sekarang saya ingin posting tentang momen apa saja sih di pernikahan yang kayaknya ciamik kalau diabadikan. Aslinya nih, hari Minggu (21/8) kemarin, saya habis baca-baca buku tentang teknik memotret untuk pernikahan. Di situ saya melihat ada beberapa momen yang bikin saya tersenyum bahkan sampai tertawa dan beberapa kali terharu, selebihnya ya manggut-manggut. Dari kesemua foto yang dihadirkan di buku itu dan berdasarkan pengalaman saya sendiri, saya jembrengkan momen-momen pernikahan yang patut diabadikan lensa kamera.

Pada dasarnya, pengantin sebenarnya bisa meminta kepada fotografer pernikahan untuk memotret momen-momen yang ingin diabadikan. Ada baiknya juga mengajak si fotografer melihat lokasi dan rencana dekorasi saat acara pernikahan, agar dia bisa memilih posisi-posisi terkeren untuk memotret. Psst... di akhir postingan ini, saya perlihatkan 5 orang yang punya usaha bidang fotografi, terutama untuk foto pernikahan. Tenang, ada contoh foto dan contact person-nya juga, untuk Teman ReeNgan yang memang sedang mencari wedding photographer.
Momen-momen itu, antara lain :

1. Menjelang Akad Nikah
Banyak sekali yang bisa dipotret saat persiapan si pengantin dan keluarganya menjelang akad nikah. Contohnya:
  • Foto baju pengantin, sepatu, buket bunga, cincin kawin, mobil, seserahan, dekorasi ruangan, pernak-pernik dekorasi
  • Foto pengantin ketika didandani
  • Ekspresi wajah pengantin wanita dan pria ketika sudah rapi didandani
  • Ekspresi keluarga atau teman pengantin saat menunggu atau saat melihat pengantin setelah selesai didandani
  • Persiapan keluarga
  • Saat penyambutan kedatangan pengantin laki-laki
Saya pernah melihat foto-foto tersebut yang membuat saya bilang "Wow, kok dulu saya enggak kepikiran motret itu ya".

2. Saat Akad Nikah
Ini dia sebetulnya acara utama pernikahan ya. Ini saya tulis beberapa, nanti kalau ada yang kurang tolong dikoreksi. Terimakasih.. ^_^
  • Foto meja atau altar akad nikah
  • Surat-surat KUA yang ada di meja
  • Ekspresi pengantin laki-laki dan wanita
  • Ekspresi orang tua pengantin
  • Ekspresi saksi, keluarga pengantin dan penghulu
  • Ketika mengucapkan akad nikah
  • Ketika menandatangani surat nikah
  • Ketika berdoa selesai akad nikah
  • Foto bersama keluarga setelah selesai akad nikah

3. Saat Resepsi Pernikahan
Foto pernikahan saya didominasi oleh foto berdua saya dan suami. Itu menurut saya kurang bagus, karena jadi berkurang foto-foto bersama keluarga dan teman-temannya. Untuk foto berdua dengan pasangan, dibanyakin saat foto pre-wedding atau foto post-wedding.
  • Ekspresi orang tua pengantin
  • Interaksi orang tua dengan pengantin
  • Interaksi adik-adik atau kakak-kakak dengan pengantin
  • Foto hidangan (walau enggak terlalu perlu sih, tapi enggak apa kan?)
  • Foto kue pernikahan
  • Foto bersama dengan anak-anak dulu atau keluarga dekat yang punya anak kecil, karena anak kecil itu tidak mau menunggu
  • Foto dengan orang tua masing-masing lalu dua-duanya
  • Foto dengan bridesmide
  • Foto dengan saudara kandung bersama-sama
  • Foto dengan keluarga saudara kandung
  • Foto dengan keluarga dekat yang sudah dibuat daftarnya
  • Foto dengan teman-teman
  • Foto dengan tamu undangan 
  • Foto si pengantin berdua
  • Detail ekspresi atau kegiatan-kegiatan kecil yang dilakukan oleh pengantin
  • Foto kehebohan di dapur
  • Detail dekorasi ruangan resepsi
Wah, panjang juga ya ternyata daftarnya. Semua momen yang ada didaftar ini bisa diwujudkan kok kalau dibicarakan dengan fotografernya. Kan zaman sekarang ini, foto pernikahan sudah enggak sekaku dan sesaklek zamannya Kakek Nenek kita, toh. Oke, ini dia lima fotografer yang siap mengabadikan momen-momen seru, lucu, mengharukan, dan sakral saat pernikahan Teman ReeNgan atau saudaranya Teman ReeNgan, cekidot!

Disclaimer : Foto-foto yang ditampilkan di artikel ini sudah mendapatkan izin dari pemiliknya. Namun saya compress agar loading artikel ini tidak terlalu lama yang mungkin akan memengaruhi kualitas foto yang ditampilkan di artikel ini.

1. THESU Photography
Selain menerima jasa foto pernikahan, THESU Photography juga menerima jasa video pernikahan. Momen pernikahan yang bakal diabadikannya mulai dari saat pernikahan sampai post-wedding. Jadi misalnya Teman ReeNgan enggak mau ada pre-wedding, tapi pingin punya foto seperti foto-foto pre-wedding, bisa langsung menghubungi Dyah Raysa Laksitoresmi di nomor 085211154820 (telepon/sms/WA) atau email ke dyahraysa@gmail.com. Berikut contoh foto-fotonya:







2. Foto Wedding Bandung
Adakah Teman ReeNgan di sini yang berdomisili atau berkeinginan melangsungkan pernikahannya di Bandung atau daerah sekitarnya? Bisa menghubungi Foto Wedding Bandung yang menyediakan jasa foto dan video pernikahan. Contact person-nya ke Yasinta Astuti di nomor 081214920812 & 085956554665 (telepon atau WA), BBM 5287D6EF & 5395BE64, atau email ke office@fotoweddingbandung.com. Jika ingin melihat-lihat koleksi lengkap fotonya bisa cus ke www.fotoweddingbandung.com. Di sini saya tampilkan lima contoh fotonya ya.






3.Angela Studio Semarang
Teman ReeNgan atau saudara atau sahabatnya yang akan melangsungkan pernikahan di daerah Semarang dan sekitarnya, Angela Studio ini menyediakan jasa fotografi pernikahan. Mulai dari pre-wedding, sampai saat acara pernikahannya. Jika berminat, Teman ReeNgan bisa menghubungi Anton di nomor 0857408855573 atau bisa datang ke alamat ini: Jl. Sedayu Sawo, Gang Sawo Barokah II/7 Bangetayu, Semarang.
Berikut contoh fotonya:




4. AK Studio
Buat Teman ReeNgan yang tinggal di Bogor dan sekitarnya bisa lho mencoba menghubungi AK Studio untuk foto pernikahannya. Mulai dari pre-wedding, saat pernikahan sampai post wedding. Contact person-nya ke Kristianto Afrianti di nomor 087885461864 atau 08111114552, WA/Line 0811976752, BBM 7E591310, atau email ke chris_photowork@yahoo.com. Misalnya mau datang langsung ke studionya, bisa ke Villa Ciomas Indah Blok G5 No. 4 Ciomas Rahayu, Ciomas, Bogor.
Berikut contoh foto-fotonya:






5. Gazan Photoworks
Masih ada satu lagi nih, Gazan Photowork yang mempunyai slogan "Ready travel around the world". Teman ReeNgan bisa menghubungi Galih Pramuwidya Artzan di 083177772411, BBM 57FD3C98. Berikut lima contoh fotonya:






Yap... akhirnya selesai juga artikel ini, semoga bisa membantu Teman ReeNgan semuanya ya. Btw, artikel ini bukan sponsored post, walaupun mencantumkan nama jasa foto pernikahan ^_^. [] Riski Ringan

11 comments:

  1. Konsep foto prewednya cakep-cakep. Kalau aku nikah, kayaknya lucu juga ya pake foto prewed, tentu saja tetap memperhatikan aturan, kan belum sah jadi muhrim :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa juga foto post wedding, Teh Efi. Tinggal minta sama fotografernya ^_^.

      Delete
  2. kalau baca artikel ini jadi sedih. Karena saya waktu nikah ga pake fotografer, namanya juga nikah dadakan, hehe.

    Thanks infonya, Mak. tapi bisa dipake juga infonya buat foto tema lain, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangankan dikau Mba, aku juga sedih karena fotografernya kebanyakan motret saya dan suami sampai foto keluarganya cuma sedikit.

      Delete
  3. Aq mah pasrah sama fotografer pas nikah mau difoto kaya apa aja. Haha

    ReplyDelete
  4. Huhu, baca ini kok jadi ngrasa banyak moment di pernikahan saya yg kelewatan di foto ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah kami menikah, jadi bisa foto sebanyak-banyaknya dengan berbagai gaya, hehehe.

      Delete
  5. ok fix tinggal nunggu cari calon nya aja buat nikah 😂

    ReplyDelete
  6. Hmmmm postingan buk fitri bikin pengen cepet2 punya calon dan nikah
    fix... tahun baru cari jodoh :-d

    ReplyDelete
  7. Jd inget pas mau nikah dulu :p. Kmrn sih pas acara utamanya di medan, itu aku ga terlibat lgs, krn smua diatur WO dan ortuku. Krn aku tinggal di jkt. Tp pas ngunduh mantu, krn dilakuin di jkt, jd fotographer aku pilih temenku sndiri yg memang profesinya itu. Jd enak lah ngobrolin apa yg kita mau :) ..

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...