Wednesday 3 August 2016

Channel Youtube yang Sering Saya Tonton (Part 1) : Home Organizing, House Cleaning, Parenting, Lifestyle

Selamat pagi...!! ^_^


Youtube, nama itu sudah enggak asing lagi bagi kita, para netizen *uhuk*. Youtube menyajikan beragam informasi dalam bentuk video layaknya televisi. Namun, pilihan saluran (channel)-nya bisa kita pilih sendiri. Kita bebas untuk men-subscribe atau berlangganan saluran tertentu yang kita inginkan sesuai dengan tema saluran tersebut. Kalau blogger kan sebutan untuk orang yang menulis di blog, untuk yang mengupload video di youtube disebut sebai youtuber.

Saya mulai tertarik dengan youtube belum lama ini, kira-kira baru 3 tahunan lah. Awal-awal kenal youtube itu untuk mencari video tutorial membuat pouch. Eh.. lama-lama kok keasyikan ya mencari jenis video lain. Apalagi saat saya bekerja full 8 to 8, saya kerepotan mengurus dan menata rumah. Lalu saya mulai mencari video dengan kata kunci home organizing, house cleaning tips & trick, household hack dan lainnya. Saat ini, saya sudah berlangganan lebih dari 10 saluran youtube. Oleh karenanya, blogpost ini saya bagi menjadi beberapa bagian ya. Di part 1 ini, saya pilih 4 tema dulu, yaitu Home organizing, House cleaning, Parenting, & Lifestyle. Berikut beberapa saluran youtube yang sesuai dengan 4 tema tadi, yang sering saya tonton & akan langsung saya tonton ketika mereka upload video terbarunya. Yuk! ^_^

Home Organizing (Merapikan Rumah)


1. Home Organizing by Alejandra.tv
Saluran ini adalah saluran langganan saya untuk penataan rumah. Semua videonya membahas penataan rumah ala dia yang memang bule Amrik. Mulai dari menata file, home office,dapur, kamar tidur, kamar mandi, linen closet, dan lain-lain. Banyak tip dari dia. Jumlah subscriber-nya sekarang ada 720.530-an. Ini akun youtube si Alejandra kalau Teman ReeNgan kepo pingin lihat bagaimana rapihnya rumah dia yang dinobatkan sebagai "Most Organized Home in America" : https://www.youtube.com/user/HomeOrganizing. Btw, doi baru beberapa bulan ini menikah dengan tunangannya.


2. Do It On A Dime
Do it on a dime artinya bisa diselesaikan dalam sekejap mata, asal cring cring cring trus rumah langsung beres, hehehe. Nama pemilik saluran ini adalah Catherine (I am sorry if I miss spell), doi ini istri dan ibu dari 2 cowok ganteng (Carson & baby Owen), serta pengajar di sebuah sekolah. We o we..!! Maksudnya, dia bisaan gitu membagi waktu antara bikin video, edit trus upload, ngurus anak & suami dengan mengajar (please thumbs up if you like it! ^_^). Sebagian besar video di sini adalah seputar merapikan rumah, tip dan trik merapikan rumah serta cara merapikan rumah sesuai isi kantong (tentu kantongnya orang Amrik sono ya). Oh iya! Jumlah subscriber-nya berapa? Jumlahnya 321.630 lebih! Ini alamatnya : https://www.youtube.com/user/DoItOnaDime.

House Cleaning (Membersihkan Rumah & Isinya)

1. Clean My Space
Saluran ini dikelola oleh pasangan suami istri, Chad & Melisa Maker. Semua isi saluran ini adalah tentang cara membersihkan apapun yang ada di rumah. Saya suka sekali waktu mereka membuat video tentang cara membersihkan alat-alat kebersihan, *eh*. Mereka enggak hanya membuat video tentang membersihkan rumah yang kotor, tapi juga "membersihkan" bau dari mana saja, dan tip yang lain. Jumlah subscribernya sudah mencapai 500.760 lebih. Berikut alamat salurannya : https://www.youtube.com/user/cleanmyspace.

 2. How Jen Does It
Saya memasukkan saluran ini di house cleaning, sebab saya menemukannya ketika saya mencari dengan kata kunci "Morning Cleaning Routine". Padahal isinya ya campur-campur. Tapi kebanyakan tentang beberes & bebersih rumah. Si Mba-nya ini rajin banget lho, beneran. Saya kalau lihat dia lagi bebersih rumah, jadi semangat juga ikut bebersih rumah. Jumlah subscriber doi ada 113.700-an. Kalau Teman ReeNgan pingin tahu alamatnya, ini dia : https://www.youtube.com/user/HowJenDoesIt.

Parenting (Pola Asuh Anak)

1. Whats Up Mom
Hayoo..! Teman ReeNgan mungkin sudah banyak yang nonton saluran yang satu ini ^_^. Saluran ini berisi keseharian & kerempongan para Mamah muda mengurus anak & kadang suaminya. Yang saya tahu, dulu pas tahun-tahun pertama, saluran ini digawangi oleh 4 Mamah cantik. Namun, salah satu dari mereka meninggal beberapa minggu setelah melahirkan anaknya (saya ikut nangis waktu Elle mengenang temannya ini). Saat ini ketiga Mamah cantik yang lain masih terus kreatif membuat video baru yang dekat dengan keseharian Mamah & tentunya bermanfaat. Tiga Mamah cantik itu adalah Elle (kebanyakan videonya tentang DITL, merapikan & membersihkan rumah), Brooke (bagian D.I.Y/prakarya yang berhubungan dengan parenting) & Meg (yang ini jago masak & bikin camilan mudah untuk anak, kadang masaknya bareng anaknya). Ada jenis video yang saya suka di saluran ini, yaitu parodi video klip lagu tertentu menjadi video klip parenting. Dulu mereka memparodikan Gangnam Style juga. Tulisan saya panjang ya di sini, hehehe. Iyalah soalnya subscriber mereka juga enggak tanggung-tanggung (saya yakin banyak Mamah yang merasakan seperti apa yang mereka videokan)) 1.278.300 lebih! Teman ReeNgan penasaran? Ini alamatnya: https://www.youtube.com/user/WhatsUpMOMS.

2. I Love Being A Mommy
Kebanyakan video yang di upload di sini adalah DITL (Day In The Life/Satu Hari Bersama). Tapi, tetap materi parenting, kerempongan seorang Mommy & tip merawat rumah tetap banyak juga. Mommy yang satu ini cantik menurut saya (kok semuanya cantik ya?), dia seorang Mommy dari 2 anak (laki-laki & perempuan). Yang saya salut adalah, dalam video DITL-nya itu dia bisa membuat dunia parenting yang heboh menjadi terlihat menyenangkan ^_^. Jumlah subscriber-nya yaitu 56.580-an. Alamatnya di sini : https://www.youtube.com/channel/UCiup8cqgyB5CUEZdzb8H8Zg.

Lifestyle (Gaya Hidup)

Saya memasukkan beberapa youtuber ke dalam kategori lifestyle karena video mereka berisi macam-macam tema. Ada D.I.Y (prakarya), make up, perawatan tubuh, resep makanan, cara mengatur keuangan, VLog, bahkan kadang curhatan mereka. Beberapa diantaranya :

1. Living With Leah
Leah ini dulunya menggarap youtube bertema interior design bersama temannya. Namun, karena Leah diminta menjadi salah satu pengisi acara di televisi, jadi dia terpaksa berhenti kerjasama dengan temannya itu. Sekarang dia mempunyai saluran sendiri yang berisi aneka tema, terutama tentang wanita. Dia juga baru melahirkan, dan berbagi tentang program pengembalian bentuk badannya. Jumlah subscribernya masih lebih sedikit dari youtuber yang saya sebutkan sebelumnya, karena salurannya itu masih tergolong baru, yakni 8.950-an. Kalau Teman ReeNgan ingin coba ngintip-ngintip saluran youtube-nya, ini dia https://www.youtube.com/channel/UCN-WB1HPFj0E38DwIbyUakA.

2. Miss Remi Ashten
Remi ini anak kuliahan yang ngekos (istilahnya ya). Youtube-nya sering membahas soal fashion, make up, kadang resep, lifehack, dan juga curhat. Saya suka caranya menyampaikan sesuatu, dia selalu tersenyum dan percaya diri dengan tubuhnya. Dia pernah curhat, dua kali punya tetangga kos yang agak aneh (dia menyebutnya psycho). Jumlah subscriber-nya banyak lho, 1.343.140-an! Wow, kan? Teman ReeNgan mau ikut merasakan perasaan bahagia, coba lihat deh youtubenya di sini https://www.youtube.com/user/MissRemiAshten. Eh iya, disclaimer ya, untuk ukuran Indonesia, baju-baju yang dia pakai kebanyakan yang pundaknya terlihat dan yukensi gitu.

3. Christine Kobzeff
Mbak Christine ini lagi menjalani gaya hidup sebagai seorang vegan (vegan lifestyle). Saya jadi tahu, kalau vegan dengan vegetarian itu sedikit berbeda. Kalau vegetarian itu lebih ke makanan saja (enggak makan yang punya nyawa), sedang vegan itu lebih banyak dari makanan, semua barang-barang yang dipunyanya tidak boleh ada yang mengandung unsur nyawa. Maaf kalau saya salah mengartikan. Namun, enggak cuma gaya hidup vegannya ssaja kok yang dibahas, dia juga bahas tentang make up, olahraga, VLog, tip-tip keuangan, dan lainnya. Jumlah subscriber-nya sebanyak 640.130 lebih. Alamat saluran youtube-nya: https://www.youtube.com/channel/UCg9f9knI31hrUYBN8ey0m6Q.

4. Vasseur Beauty
Judulnya ada beauty-nya berarti dia khusus beauty youtuber, ya? Ternyata enggak, dia membahas banyak hal selain kecantikan, ada cara membersihkan dan menata rumah, tip berhemat, dan lainnya. Yang saya suka dari videonya adalah di akhir video biasanya suaminya muncul dan memberikan candaan-candaan lucu. Dia sekarang lagi hamil (selamat ya, Mba Britney! ^_^). Jumlah subscriber-nya banyak juga lho, 409.540 lebih. Ini dia alamat salurannya Mba Britney: https://www.youtube.com/user/vasseurbeauty.

Yap itu dia, pas 10 youtuber ya untuk part 1 ini. Please jangan tanya kenapa bule semua. Saya juga enggak tahu, kenapa bisa bule semua untuk empat tema ini. Saya juga jadi subscribernya youtuber Indonesia kok, tapi memang cuma beberapa. Teman ReeNgan punya rekomendasi saluran youtube punya orang Indonesia untuk empat tema di atas? Tapi yang isinya enggak melulu VLog atau DITL. Saya enggak terlalu suka yang seperti itu, makanya saya enggak men-subscribe saluran punya RD atau AK. Pertanyaan terakhir, apa saluran youtube favoritnya Teman ReeNgan? [] Riski Ringan

13 comments:

  1. Channel youtubeku juga dong kak dimasukin hehehe

    ReplyDelete
  2. Waduh,
    Ternyata banyak juga yah tontonan yutub-mu...
    *sendirinya mah kurang gaul cuma nge-yutub-in ost drakor doang hahaha...*

    Cobak ntar aku kepo-in satu-satu deh biar agak kekinian hidupku :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. ini baru part 1 lho, Kakak..!! Pun cuma 4 tema, masih ada 10 tema lagi yang lain.. hihihi.

      Delete
  3. Aku suka jg liat Alejandra tv. Tapi gak satu pun aku praktekin. Parah deh. Pdhl tips2nya sederhana aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahh.. Aku sampe langganan newsletternya Mba Alejandra, lho Mba. Postingan blognya banyak memotivasi saya merapikan rumah, hehe.

      Delete
  4. Banyak banget yang ditonton mbak, saya malah tidak pernah nonton youtube kecuali nyari lagu buat anak-anak :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba. Aku keasyikan nonton saluran-saluran youtube. Banyak yg bisa dicari. Cuma ya itu, kuotanya jadi cepet habis.. :)

      Delete
  5. waahh ternyata banyak juga ya mbak list vidio yutub yang sering mbak fitri tonton :D

    ReplyDelete
  6. Aku mah ga ada apa apanya dibanding ini. Masih liatinya tutorial foto

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iya, aku malah terinspirasi dari komentarmu ini lho, Mba. Coba nanti aku cari channel youtube tentang fotografi deh.. hehehe.
      Terimakasih banyak, Mba Innayah.. ^_^

      Delete
  7. Wawww banyak banget list yutub channelnya kakaa, itu belum satu pun aku tonton, TFS yah! Bentar lagi aku kepoin soalnya ku juga lagi suka banget beres-beres rumah biar rumahnya cling cling! Hahhaa, cucok nih temanya. Q cuma lagi kepoin si embak Konmarie ajah

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...