Tuesday, 1 September 2015

Mengurangi Bau Badan dengan Baking Soda

Assalaamu'alaikum... ^_^

Diantara Teman ReeNgan ada enggak yang temannya punya bau badan menyengat? Berani memberitahukannya? Kalau berani saya salut pakai banget. Iya, memberitahu masalah bau badan kepada si empunya bau itu serba salah, karena bau badan termasuk salah satu masalah yang sensitif ya. (Kalau yang berani memberitahu, tolong saya minta tips trik nya, please.. ^_^).

Saya pun tidak memungkiri pasti suatu saat akan keluar bau agak menyengat dari badan saya. Ya karena berat badan saya naik dan saat aktivitas saya lebih banyak. Hubungannya bau dengan berat badan itu apa? Saya merasakan semakin bertambah berat, saya semakin mudah keringetan. Nah, katanya bagian tubuh yang paling banyak mengeluarkan keringat itu adalah bagian lipatan terutama ketiak. Selain itu, keberadaan kuman dan rambut ketiak semakin memperburuk aroma ketiak kita. Ceritanya begini, saat berkeringat, otomatis kelembaban tubuh meningkat terutama di daerah lipatan (termasuk ketiak), sedangkan kuman itu seneng banget dengan lingkungan lembab. Berkembanglah kuman-kuman itu, lalu mereka akan melakukan metabolisme, yang hasilnya (berupa zat bersifat asam) dibuang juga di ketiak. Bau enggak wangi itu berasal dari sisa metabolisme kuman.
Parahnya, seringkali si empunya bau tidak mencium bau badannya sendiri. Bete..?? Saya enggak kok, hanya berusaha mengatur nafas saja, hehe.

Karena sifat "kotoran" kuman itu asam, maka agar jadi netral mesti dicampur dengan zat basa (kalau salah mohon koreksi, terimakasih). Saya pernah melihat tayangan di youtube tentang mengatasi bau badan, salah satunya dengan menggunakan baking soda. Hmmm... saya lalu berpikir, "Eh iya.. baking soda katanya bersifat basa ya. Coba ah.."

Pertama kali saya coba ke suami (dia sukarela lho.. hehe). Saya beli baking soda yang merek kupu-kupu, karena butirannya lebih lembut saja. Kalau Teman ReeNgan tahu ada yang lebih lembut dari merek kupu-kupu, minta tolong saya diberi tahu, yaaa :). 
Cara pakainya :
  • Selesai mandi, usap bagian ketiak sampai kering (agak ditekan ya, biar dakinya luntur)
  • Tuang 1/4 sdt (satu kecrutan) baking soda ke tangan
  • Usap baking soda itu ke ketiak
Selain memakai baking soda, pola hidup juga harus dijaga agar bau badan tidak menyengat, diantaranya :
  • makan buah dan atau sayur tiap hari; 
  • olahraga teratur: 
  • hilangkan rambut ketiak dengan teratur (seminggu sekali)
  • mandi teratur dan bersih
  • memakai baju yang bersih dan rapi
Hasilnya bagaimana? Memang berkurang lho baunya, soalnya saya cium-cium ketiak suami pas dia baru pulang kerja, baunya berkurang banyak.

Itu lah pengalaman saya (dan suami) tentang bau badan dan baking soda. Mungkin diantara Teman ReeNgan masih bingung, "Kok makanan dipakai buat obat ketek?" Tenangg... kalau yang sudah biasa, memakai baking soda hampir mirip dengan memakai talk, tapi tidak wangi.

Teman ReeNgan punya tips untuk mengatasi bau badan atau bau yang lainnya? Boleh banget ditulis di kolom komentar, agar kami (saya dan suami) bisa mencobanya.. Terimakasih sudah membaca... ^_^

5 comments:

  1. loh..pake baking soda ternyata bisa ya mbak...

    ReplyDelete
  2. Heu jadi teringat kasus orang dibunuh gara-gara nyinggung bau badan nih mba,
    Kalau untuk mengatasi bau badan menurut saya jangan suka makan bawang daun atau makanan yang bisa berlebih yang bisa menyebabkan bau pada badan kita dan jangan lupa MANDI ,heuheu VISSS :)

    ReplyDelete
  3. Terima kasih mbak tipsnya...
    akan saya simpan siapa tahu suatu hari bisa dipakai... :)

    ReplyDelete
  4. Saya seringnya pake baking soda untuk scrub muka, sangat membantu, soalnya kalo pake sabun yang ada scrubnya kadang malah jerawatan. Hihihi, tapi baking soda ini banyak banget manfaatnya ya ^^

    ReplyDelete
  5. waah... cara ini kayak nya efek tif nih buat temenku yang bau badan...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...