Saturday, 5 September 2015

Tip Hemat Belanja : Keranjang atau Troli Dorong

Assalaamu'alaikum... ^_^

Saya enggak tahu nama benda di gambar itu, hehe. Biasanya saya dan suami menyebutnya troli untuk kereta belanja yang didorong.

Banyak sekali tip untuk hemat ketika berbelanja. Saya sajikan "the series"nya ya. Enggak tahu sih bisa sampai berapa seri. Dari semua tip belanja hemat yang pernah saya baca, hanya ada beberapa yang menyebutkan tentang wadah belanjaan ketika berbelanja. Bagaimana caranya, wadah belanjaan menjadi salah satu cara untuk menghemat belanja?

Oke, jadi begini, biasanya di supermaket akan disediakan 2 macam wadah belanjaan, ada keranjang kecil dan keranjang besar yang didorong (troli belanjaan). Dulu, sebelum keranjang kecil ini punya roda, dia adalah wadah yang kurang diminati karena akan menjadi berat jika terisi belanjaan. Akhirnya, orang-orang beralih ke troli belanjaan dengan alasan praktis dan hemat energi. Namun, tahukah Teman ReeNgan, ketika Teman memutuskan untuk menggunakan troli belanjaan, maka Teman juga akan terbuai untuk mengisi ruang kosong yang ada di troli karena belanjaan kita saat itu sedikit? Eh apa iya? Ah.. enggak ah.. Alhamdulillah kalau kita bisa menahan godaan tersebut.

Jadi begini ceritanya, ketika kita hanya berbelanja sedikit, maka saat kita menggunakan keranjang belanja, keranjang akan terlihat penuh. Sehingga kita malas untuk mengambil keranjang selanjutnya dan akan mengakhiri belanjaan kita segera setelah semua kebutuhan kita dapatkan. Beda halnya saat menggunakan troli belanja ketika kita hanya belanja sedikit saja, maka troli akan terlihat sangat kosong. Sehingga secara tidak sadar, kita akan mengisinya dengan sesuatu yang sebetulnya belum kita butuhkan.

Tip dari saya yang sesuai dengan pengalaman saya :
  1. Pilih wadah belanjaan teman sesuai dengan jumlah barang yang akan teman beli. Kalau banyak banget ya pakai troli, kalau cuma sedikit ya pakai keranjang saja.
  2. Sebaiknya sih pilih keranjang belanja saja saat mau belanja di supermarket. Kalau kiranya kurang, kita bisa minta di kasir.
  3. Memasukkan keranjang belanja ke troli belanjaan. Yang ini enggak praktis dan boros wadah, tapi bisa menyugesti kita agar segera selesai belanjanya karena keranjang belanja sudah penuh. Biasanya sih, satu troli hanya muat 2 keranjang belanja.
Hmm... hal yang kecil, kadang bisa membuat perubahan yang besar lho.. Kalau Teman ReeNgan, lebih suka pakai keranjang belanja atau troli belanja saat berbelanja di supermarket?

Selamat mencoba tip dari saya ini.. !! ^_^

13 comments:

  1. kalau saya lebih suka pakai keranjang mbak Riski dan bawa daftar belanja supaya tidak belanja sembarangan... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Kaka.. :) saya juga suka bawa daftar belanja.. buat catet harga jg karna kadang suka beda antara di keranjang dg di kasir.

      Delete
  2. Kalau saya kadang malah ngawur.. dari rumah mau beli A sampai tempat perbelanjaan belinya B C D E. Haha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu saya jg begitu.. kalo sekarang wah thats a big no no.. bisa2 uang sebulan habis ludes seminggu kalo kyk gitu.. :)

      Delete
  3. Replies
    1. Sama.. hehe.. apalagi yg keranjang beroda

      Delete
  4. Wahhh, keranjang dan troli memang membawa efek psikologis ya. Kalo pake troli biasaya kita emag terdorong untuk belanja lebih banyak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata iya.. dulu jg saya ga sadar sama efek itu.. tapi setelah beberapa kali belanja saya sadar jg.. :)

      Delete
  5. Waaah barutau. Biasanya sy pake trolley karena praktis ada, nggak capek ngangkat heheee.... Tapi biasanya ke supermarket besar memang niatnya belanja banyak. Kalau cuma dikit beli di warung atau swalayan terdekat biar praktis parkirnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo belanjanya banyak memang praktis pake troli, jadi ga capek.. :)

      Delete
  6. Kalau saya tergantung dengan siapa saya belanja. Kalau sama pacar, dia lebih suka pakai keranjang karena pacar saya termasuk orang yang hemat. Kalau sama Nenek, dia bakalan pake troli dan ngambil ini itu semaunya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eaaa... nenek itu dimana2 emang sayang bangets sama cucunya... :)

      Delete
  7. tipnya keren boleh di coba ini :3

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...