Saturday, 2 March 2013

Cerita tentang Film English Vinglish

Sumber gambar http://en.wikipedia.org/wiki/English_Vinglish
Hari ini, suami pergi donor darah di PMI Kramat. Sebelumnya kami beli dvd dulu di Senen (maafkan saya karena masih belum bisa jadi warga negara yang baik). Suami langsung bilang ke abangnya "Ada film India ga? Kalo ada liatin ke istri saya tuh." Dan alhasil setumpuk film India ada di tangan. Hmmmm....milih sekian banyak, langsung tertarik ketika ada wajah Sridevi di cover dvd (kayaknya film baru, soalnya covernya beda dengan film jadul). Trus seperti biasa, Sa baca sinopsisnya, dan langsung jatuh hati (langsung dibeli).

Malamnya, Sa langsung tonton filmnya, judulnya "English Vinglish". Mungkin dari teman-teman, atau emak-emak semua sudah ada yang nonton. Film ini dibintangi oleh Sridevi, dimana ini adalah film perdananya setelah 15 tahun vakum di jagad perfilman India. I and my husband said that she is still beautiful, very beautiful, she has exotic face and becoming more beautiful altough she is not a young lady anymore.

Film ini berkisah tentang seorang ibu rumah tangga (Sridevi as Sashi) yang sangat suka memasak. Dia sangat pintar membuat laddoo (manisan ala India) dan menjadikannya sebagai bisnis homemade, ceritanya laddoo buatannya enak sekali. Dia punya 2 orang anak, perempuan dan laki-laki. Anak perempuannya (Sapna) adalah bintang kelas di sekolahnya dan sangat jago bahasa Inggris. Sashi tidak bisa bicara bahasa Inggris dengan benar, dia selalu jadi bahan ejekan anak dan suaminya. bahkan sampai anaknya malu jika ibunya datang ke sekolahannya.

Suatu saat datang kabar dari saudaranya di New York bahwa anaknya (keponakan perempuan Sashi) akan menikah dan meminta Sashi untuk membantu persiapan pernikahannya, terutama membuatkan laddoo (karena disetiap pernikahan India selalu ada manisan tersebut). Maka berangkatlah Sashi sendirian ke New York dengan berbagai kemelut di hatinya. Di New York dia mengalami kejadian yang memalukan ketika memesan kopi di cafe (berkaitan dengan bahasa). Lalu tak sengaja dia melihat ada iklan kursus bahasa Inggris (lancar berbahasa Inggris dalam 4 minggu), dan dia tertarik untuk mengikuti kursus tersebut.

Cerita dimulai di sini, dimana ada drama antara dia dan teman sekelasnya yang seorang chef dari Perancis yang menyukai dia. Lalu ketika suami dan anak-anaknya datang dari India, ketika dia dihadapkan pada 3 pilihan, ikut test, pernikahan keponakannya, atau keluarganya.

Menurut saya kisah ini menarik, karena secara tidak langsung mengajarkan pada kita bahwa mencari ilmu itu tidak memandang usia. Selama hayat masih dikandung badan, ilmu tetaplah harus kita cari, apapun jenis ilmunya (tapi harus ilmu yang baik-baik ya). Selain pesan utama tersebut, banyak pesan yang terkandung pada film ini, seperti ketika Sashi mengutarakan kegundahannya pada chef Perancis itu dengan menggunakan bahasa Hindi, namun chef itu sepertinya mengerti perasaan Sashi saat itu. Bahwa bahasa sebenarnya bukan menjadi penghalang untuk berkomunikasi.

Lalu ada pesan lainnya, bahwa terkadang sebuah pernikahan akan berada pada posisi terbawah, namun itu bukan menjadi alasan kita untuk berpaling pada yang lain. Justru menjadi penguat untuk saling mencintai. Dan untuk para "entrepreneur", ada pesan untuk anda bahwa ketekunan, kegigihan, semangat, serta rasa cinta pada apa yang kita lakukan, InsyaAllah (pasti) akan membuahkan hasil yang baik.

Untuk para emak sekalian, saya merekomendasikan film "English Vinglish" ini untuk ditonton. Jangan melihat dari negara mana film ini berasal, karena ternyata film yang dirilis di Toronto International Film Festival pada tanggal 14 September 2012 ini adalah most watched film yang direkomendasikan oleh banyak kritikus film. Selamat menikmati dan menghayati ya para emak.... :)

Judul : "English Vinglish"
Sutradara : Gauri Shinde, Sunil Lulla, R. Balki 
Produser : Rakesh Jhunjhunwala, R. K. Damani
Pengarah cerita : Gauri Shinde 
Ide cerita : Gauri Shinde 
Starring :
Sridevi sebagai Shashi Godbole 
Mehdi Nebbou sebagai Laurent, chef Perancis 
Priya Anand sebagai Radha 
Adil Hussain sebagai Satish Godbole (suami Sashi)

Penata music : Amit Trivedi 
Cinematography : Laxman Utekar
Editor : Hemanti Sarkar
Studio : Hope Productions
Distributor : Eros International 
Tanggal pertama kali tayang (release) :
5 October 2012 (India )
14 September 2012 (Toronto International Film Festival)

Durasi : 133 minutes (2 jam 13 menit)
Negara : India
Bahasa : Hindi, Tamil, Telugu (dubbed) 
Subtittle : Bahasa Indonesia, English, French, Spanish, Dutch
Dana pembuatan : 15 crore Rupee (US$2.73 juta) 
Pendapatan : 85.00 crore Rupee (US$15.47 juta)


salam....
 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...