Thursday, 21 November 2013

Bobor Daun Singkong & Teri


Sebetulnya kemarin, sayur ini sudah saya buat bersamaan dengan telur ceplok bumbu kecap, tapi agar setiap hari ada postingan di blog saya, jadi saya baru posting hari ini ^_^. 

Sayur bobor adalah masakan berkuah santan encer. Bahan dasar yang sering dipakai adalah daun bayam, daun singkong, daun talas, atau daun kacang panjang (lembayung). Biasanya sayur bobor ini dihidangkan ketika makan siang, karena berkuah sehingga akan terasa menyegarkan jika disantap siang hari. Makan siang dengan sayur bobor bisa didampingi dengan kerupuk, gorengan, bacem atau hanya dengan sayur bobornya saja. Pokoknya mantab deh.. 

Kali ini saya memadukan daun singkong dengan teri untuk bahan utama sayur bobor ini. Seperti kita ketahui kalau daun singkong atau ketela pohon (Manihot utilisima) sangat mudah dijumpai di Indonesia dan harganyapun sangat terjangkau. Saya beli satu ikat besar seharga Rp 2.000,00. Selain mengandung serat yang bagus untuk melancarkan pencernaan, daun singkong ini juga mempunyai kandungan zat besi yang tinggi untuk mencegah anemia, fosfor agar tulang kuat, dan vitamin A, vitamin B serta vitamin C. Bagus kan ternyata daun singkong itu. ^_^

Oke daripada panjang kata, sekarang saya bagi resepnya ya.

Bobor Daun Singkong & Teri

Bahan :
1 ikat daun singkong, pilih daunnya saja
1 bungkus kecil teri (terinya yang panjang ya)
1 gelas santan (saya paka kara, trus diencerin)
1 buah tomat besar, iris serong atau dadu
lengkuas seibu jari, geprek
3 lbr daun salam kecil
1 sdm minyak goreng untuk menunis
air putih secukupnya

Bumbu Halus :
1 siung bawang putih besar
5 siung sedang bawang merah
3 bh cabai merah besar/keriting
3 bh cabai rawit pedas (terserah anda mau dipakai atau tidak)
garam secukupnya
gula pasir secukupnya

Cara Membuat :
  1. Rebus daun singkong sampai setengah matang (tunggu airnya mendidih baru daunnya dimasukkan), angkat tiriskan, setelah dingin, diiris-iris (jangan tipis2 ya)
  2. Ulek semua bumbu halus
  3. Panaskan minyak goreng, masukkan bumbu halus, lengkuas, daun salam, tumis sampai harum
  4. Masukkan irisan tomat, tumis sebentar
  5. Masukkan teri, tumis sebentar
  6. Tuangkan santan, aduk sebentar
  7. Masukkan daun singkongnya, aduk-aduk, bila santan kurang, tambahkan air, aduk rata (cicipi rasanya)
  8. Jika daun singkong sudah layu dan rasa masakan sudah mantap, matikan api, angkat, sajikan
Oke.. itu resep dari saya "chef wannabe". 

Buatlah masakan anda menjadi legenda yang berkesan bagi suami dan anak anda ^_^ 
(mengutip dari Para Pencari Tuhan)

8 comments:

  1. terima kasih resepnya ya mbak, menu andalan aku apa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua yang dimasak sm Mak Lidya adalah legenda utk anak dan suami.. :)

      Delete
  2. maknyusssss...saya juga suka bobor loh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener... seger banget tuh kalau dimakan siang-siang.. :)

      Delete
  3. Kliatannya enak mbak, klo org batak biasanya daun ubinya ditumbuk kasar...
    slain ika teri, pairingnya bisa ikan asap atau ikan salle/salai juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. oo.. bisa ya.. nyoba ah.. Terimakasih ya.. :)

      Delete
  4. Saya suka sekali bobor daun singkong, Mba. Pada dasarnya suka Daun Singkong sih. Mau diapa2in suka. Dicoel dengan sambel terasi juga nikmat. Nyaammmmmmmmmm. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama, sebetulnya saya lebih suka daun lompong dan daun ubi Mba, lebih lembut.. sy belum nyoba daun cabai.. coba nanti saya tanam dulu cabainya.. :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...