Wednesday, 20 November 2013

Telur Ceplok Bumbu Kecap


Haii... sudah lama ya saya tidak posting tentang kuliner. Kebetulan awal bulan November ini saya pindah ke kontrakan yang baru, dan di kontrakan yang baru ini akhirnya saya punya dapur sendiri. Ahhh.. terharu. Jadi saya bisa mencoba berbagai resep yang sudah saya simpan. 

Ceritanya, kemarin suami ingin dibuatkan telur ceplok yang dikecapi, karena saya belum ahli masak, jadi saya lihat resep yang ada di internet. Terimakasih www.sajiansedap.com untuk resepnya. Memang betul ya, masak itu sebetulnya adalah masalah kebiasaan, resep yang ada hanya membantu untuk mengetahui bahan dan cara masaknya, selebihnya ya harus praktik ya.

Oke, saya bagi resepnya ya.

Telur Ceplok Bumbu Kecap

Bahan :
3 butir telur ayam
1 sdm kecap manis
1/2 buah tomat besar, iris serong atau dadu (terserah anda mau pakai atau tidak)
1/2 gelas belimbing air putih
seibu jari lengkuas, geprek (terserah anda mau pakai atau tidak)
1 daun salam (terserah anda mau pakai atau tidak)
minyak goreng secukupnya

Bumbu halus :
1 siung bawang putih besar
3 siung bawang merah sedang
5 butir merica/lada putih (terserah anda mau pakai atau tidak)
garam secukupnya
gula pasir secukupnya

Cara membuat:
  1. Goreng telur satu persatu, saya beri sedikit garam.
  2. Haluskan bumbu halus
  3. Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu halus sampai harum, masukkan tomat,  lengkuas dan daun salam
  4. Masukkan telur yang sudah digoreng, aduk rata
  5. Tambahkan kecap manis, aduk rata
  6. Masukkan air putih, aduk sebentar lalu diamkan sampai air menyusut (disini kita bisa mencicipi rasa masakan kita)
  7. Jika airnya sudah menyusut, matikan api
  8. Letakkan masakan di piring atau mangkuk, sajikan
Ini adalah percobaan pertama saya, dan tentunyah masih banyak kesalahan ya.
  • Untuk masakan dengan kadar air yang sedikit, dan bahan yang sedikit pula, lebih baik kita menghaluskan bumbunya dengan garam yang sedikit juga,untuk masakan ini saya menggunakan seperempat sendok teh garam halus. Nah ketika proses icip-icip itulah kita bisa menentukan apakah masakan kita kekurangan garam atau malah kelebihan.
  • Untuk menggoreng telur, lebih baik apinya sedang atau kecil dulu saja agar pinggiran telur tidak hitam.
  • Menggoreng telur juga diusahakan hanya menggunakan sedikit minyak goreng saja, kira-kira satu sendok teh, lalu minyaknya diratakan di penggorengannya.
  • Ini yang saya dapatkan tadi ya, sebetulnya saya memasukkan kecapnya tidak 1 sdm, tapi 3 sdm, dan ya ampuuun ternyata itu kebanyakan. Kecap yang saya pakai adalah kecap manis kental sekali. Mungkin untuk kecap manis yang encer bisa ya pakai 2 sdm. Ternyata kecap manis yang kebanyakan bisa membuat rasa masakan menjadi asin.
  • Dulu sampai sekarang, setelah membeli bumbu seperti garam, kecap, gula pasir, gula merah, lada bubuk, dan lainnya yang bubuk-bubuk, saya selalu mencicipinya. Itu gunanya untuk mengetahui tingkat rasa dari bumbu tersebut. Karena kalau sudah dibuat bubuk, biasanya tingkat rasanya berbeda.
Hehehe... ya inilah resep sederhana dari chef wannabe.. :) Selamat mencoba, semoga bermanfaat ya.

14 comments:

  1. kalau buat telor cepolok adang di kecapi kadang dibuat balado kalau aku mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah... saya juga pengin bikin balado telur Mak.. tinggal kecapnya diilangin kan, sama cabai merahnya ditambahin.. :) Trimakasih sarannya...

      Delete
  2. wua, resep sederhana bisa jadimakanan yang istimewa ya mak, saya juga suka makan itu, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan, selamat mencoba resepnya ya Mak.... :)

      Delete
  3. aku sering bikin telur ceplok kecap mak,,tp cuma ditumis biasa aja,,bawang merah putih, cabe, kecap,,garam gula,,udh,,ntr nyobain yg ini deh,,tengkyu ya mak,,

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. enak dong Mba.. hehe.. tapi dulu pertama kali masak, masih keasinan, lama2 sudah bisa nakar garam sendiri.. :) prinsip saya, jangan takut salah ya Mba.. nanti kalau salah, pas masak berikutnya diperbaiki lagi.. :)

      Delete
  5. betul banget, Mak. ala biasa karena terbiasa *halah*

    saya aja lagi males ke dapur gegara lebaran kemarin gagal nyoba resep kue :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk... yuk nyoba lagi Mak.. saya lg mau nyoba kue yg dikukus dulu.. belum punya oven dan mixer.. :)
      saya gabung2 di beberapa grup ttg masakan dan biasanya disana banyak tips2 nya.. :)

      Delete
  6. bener tuh mbak, kemaren saya beli ketumbar bubuk, hampir 2 ons kali yah saya pake tetep aja rasa dan aromanya kalah jauh sama ketumbar butiran yang harga sebungkusnya 500 perak :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang mba, kalau sudah bubuk biasanya ketajaman rasanya berkurang, mungkin karena kadar air dan minyak atsirinya sudah berkurang jauh ya. Kan kalau bubuk itu mesti kering dulu.. :)

      Delete
  7. Klo mau eksperimen, putih telurnya dikocok sampe kaku trus dicampur dengan keju bubuk.....
    adonannya ditaruh diatas loyang trus kuning telurnya ditaruh diatasnya, dioven 200 C 15 menit..
    br dikasih sambal plus kecap....

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke... nanti kalau saya sudah punya oven ya, saya coba... :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...