Friday, 22 November 2013

Mencegah Baju Hilang di Laundry

"Yah Mas.. kok kerudung saya yang warna putih enggak ada ya?", saya kaget. 
"Mungkin belum dicuci kali" jawab suami saya.
"Sudah saya cari di ember cucian kok, enggak ada juga. Kemarin itu seingat saya kerudung itu ikut dilaundry deh. Tapi kemarin enggak ada bareng pakaian yang lainnya. Ah.. ya sudahlah.. ikhlasin saja."

Itulah salah satu kejadian yang pernah saya alami sekali ketika mencuci di laundry. Hanya sekali, dari berpuluh-puluh kali saya mencuci di laundry. Tetapi hal itu menjadikan saya kemudian memilih-milih laundry kiloan. Saya akan tanya, apakah setiap baju yang dicuci akan dilabeli? Atau akan saya lihat apakah mereka menuliskan jenis baju dengan karakteristiknya di belakang nota.

Namun, tidak setiap kali ketika melaundry pakaian itu saya yang membawanya sendiri ke tempat laundry, terkadang suami saya yang notabenenya tidak mau repot mengurusi hal itu. Hmmm... akhirnya setelah berlama-lama saya berfikir, tercetuslah sebuah ide yang agak rumit dan memakan waktu sebetulnya. Tetapi bagi saya itu cukup efektif dilakukan sambil memilah pakaian yang akan dilaundry. Yakniii.... MENGGUNAKAN APLIKASI KAMERA HP.

Ya.. HP saya mempunyai kamera, dan saya akan memotret satu persatu pakaian yang akan saya laundy. Tidak foto keseluruhan pakaian, tetapi hanya bagian tertentu yang menjadi ciri khasnya, seperti label, gambar/sablonan, pita, motif dan lainnya. Contohnya seperti ini.

Anda tidak perlu memberikan disclaimer seperti foto di atas, disclaimer tersebut hanya untuk kepentingan posting blog.

Setelah menerima hasil laundry, lalu saya memeriksa lagi satu persatu. Jika pakaiannya ada, saya delete / hapus foto dalam HP saya. Selain akurat, kita juga bisa menunjukkan foto tersebut kepada pemilik laundry jika pakaian kita tersebut tertinggal atau keselip dengan pakaian pelanggan laundry lainnya.

Ribet ya.. tapi menurut saya asyik saja, melatih keterampilan fotografi juga hehehe ^_^. Terimakasih sudah membaca...

12 comments:

  1. selama ini ngelaundry alhamdulillah ga ilang. emang lebih gampang kalo difoto ya, mba. jadi tau mana yang ilang, kalo cuma bilang sarung warna merah kan ga keliatan seperti apanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, terkadang jg mlh dicurigai karna ga ada bukti, tips ini bisa diterapkan utk pengusaha laundrinya juga lho, kan mereka jadi hemat label tuh.. :)

      Delete
  2. bener juga ya mbak, kok nggak kepikiran...saya pernah lho laundry, ilang semua...:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. haa..!!!! wah itu mah parah.. kok bisa ya..

      Delete
  3. Mungkin di-video lebih gampang. Wkwkw.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul juga.. tapi batre HP cepet lola kalau buat video.. :D

      Delete
  4. tapi klo banyak, biar praktis foto rame2 aja kali ya mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia... boleh2, asal tiap2 bajunya kelihatan Mak.. :) mungkin bisa 5 baju sekaligus satu foto ya.. :)

      Delete
  5. ide bagus mbak..., aku selama ini cuma nyatet aja berapa baju yg masuk laundry,
    pernah kehilangan 1 kemeja rupanya tertinggal di pusat laundrynya sana, pernah juga hilang kemeja lain sampai nggak ketemu dan diganti uang tunai

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu dia Mak, kalau ada gambarnya kan lumayan tuh bisa sedikit membantu :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...