Tuesday 19 November 2013

Sunday Sharing #1 : Cara Mendapat Penghasilan Dari Blog

Jumat yang lalu saya mendapatkan informasi dari Ani Berta bahwa pada hari Minggunya (17/11) ada semacam sharing tentang cara bagaimana menjadi buzzer. Acara tersebut diselenggarakan di kantornya blogdetik, Gedung Aldevco, Warung Buncit. Hmm.. buzzer, mengapa tidak ya. Sepengetahuan saya, saat ini menjadi buzzer memang sedang sangat diminati. Buzzer itu apa? Itu lho orang yang mempromosikan produk atau jasa dari brand tertentu yang mengajaknya bekerjasama, tapi promosinya lewat media online seperti Twitter, Facebook, dan Blog.. maaf kalau salah mengartikan :)

Acara yang ternyata bertajuk #SundaySharing ini sebetulnya dimulai jam 11.00 WIB, tapi saya datang terlambat :( jangan ditiru ya. Jadi saya datang saat ada mas-mas dari detikinet yang sedang berbagi pengalamannya tentang cara mereview produk yang baik dan benar. Sempat bingung juga, karena katanya yang jadi pembicara adalah Ani Berta, namun saya berusaha kalem karena saya melihat ada Ani Berta disitu. Saya lalu menyimak penjelasan dari Mas itu (yang kemudian saya tahu namanya adalah Ardhi Suryadi). 

Ardhi Suryadi
Sumber gambar: https://www.facebook.com/blogdetik
Berikut saya berikan beberapa penjelasan dari Mas Ardhi, tentang tips mereview produk atau jasa yang baik dan benar :
  1. Jangan pernah menulis review hanya berdasarkan press release tentang produk atau jasa yang dibuat oleh perusahaan yang bersangkutan. Karena biasanya kata-kata di dalam press release sudah dibuat sedemikian rupa sehingga hanya menampilkan keunggulan dari produk atau jasa tersebut.
  2. Jangan terlalu kaku dalam menggunakan kata-kata, kita telusuri dulu target pasar dari produk atau jasa yang akan kita review, baru kita bisa menentukan gaya bahasa dan sesuatu yang harus ditonjolkan dari produk atau jasa tersebut. Tentunya tanpa mengubah keunikan bahasa kita.
  3. Jangan pernah membandingkan brand/merk, karena biasanya si pemegang brand/merk akan sangat tidak suka hal itu. Bisa-bisa kita tidak akan ditawari job review lagi, kan sayang.
  4. Kita bisa melihat review dari blogger lain, jika memang kita belum pernah memegang produknya. Asalkan tidak kopi paste dan selalu mencantumkan sumbernya.

Saat sesi ini, banyak sekali yang bertanya dan langsung dijawab oleh mas Ardhi. Saya ikut menyimak dulu karena masih ingin menggali ilmunya, sampai-sampai saya tidak tahu kalau ada livetweet :).

Narasumber sesi berikutnya adalah Ani Berta, beliau menjelaskan tentang syarat-syarat dan cara-cara mendapatkan penghasilan dari blog dengan sangat terperinci. Sebelum masuk ke point utama, beliau memperlihatkan penghasilan yang sudah didapatkan dari blog. Katanya itu baru sebagian kecil, trus yang semuanya berapa kalau satu job review bayarannya ada 7 digit angka?? Berapa teh Aniii.. berapa??

Ani Berta
Sumber gambar: https://www.facebook.com/blogdetik
Menurutnya, ada tiga media online yang bisa dijadikan sarana untuk menjadi job reviewer, yaitu blog, twitter, dan facebook. Yuk, saya bagi syaratnya dan caranya.

1. Blog
Syaratnya:
  • Usia blog minimal 3 bulan
  • Sudah mempunyai 20 postingan atau lebih, kalau kita rajin update postingan minimal sehari satu postingan, pasti dalam 3 bulan, sudah ada lebih dari 20 postingan.
  • Terindex di Google (artinya jika kita mengetik alamat blog kita di Google, akan langsung muncul alamat tersebut)
  • Kontennya menarik, bisa dilihat dari interaksi antara pemilik blog dengan pengunjung blog
  • Baik isi postingan maupun tampilan blog tidak mengandung pornografi
  • Sering-sering melihat Google Analytic untuk melihat seberapa banyak pengunjung yang mengunjungi blog kita, dan postingan mana yang paling diminati. Silahkan sign up di www.google.com/analytics/‎ untuk memeriksanya.
  • Rajin berkunjung ke blog lain dan meninggalkan komentar baik di sana.
  • Personal branding, usahakan gaya bahasa yang dipakai konsisten, nama blog atau profil tidak susah dihafal.

Nah, kalau semisal semua sudah kita lakukan, tinggal bergabung dengan komunitas dan aktif di situ, ikut event-event offline lalu jangan malu untuk memperkenalkan blog kita, ikut lomba blog. Hal-hal tersebut, menurut Ani Berta, menjadikan blog kita lebih dikenal. Hmm... jadi benar-benar ingin mencetak kartu nama nih :).

2. Twitter
Kalau untuk twitter, ini nih syaratnya:
  • Minimal mempunyai 500 follower, tapi tidak harus 500 follower, tergantung dari tingkat mempengaruhinya twit kita pada follower kita
  • Selalu update timeline setiap hari
  • Aktif berinteraksi dengan follower dan following
  • Sesekali mengadakan kultwit yang bermanfaat
  • Usahakan nama akun kita tidak terlalu susah untuk diketik dan diingat, dan jangan sering-sering mengubah nama twitter 

3. Facebook
Media yang satu ini terus menerus berkembang ya. Berikut syaratnya:
  • Aktif update status bermutu, yang pasti bukan melulu keluhan dan amarah
  • Interaksi dua arah dengan  membalas komentar
  • Adakan  diskusi suatu topik  menarik berhadiah untuk memancing banyak komentar
Ada beberapa tawaran mereview yang bisa kita dapatkan dari media online, diantaranya:
  • Review Produk dan Jasa
  • Promosi Produk atau Jasa yang baru diluncurkan
  • Penyelenggara Give Away suatu Brand
  • Kampanye Untuk Elektabilitas Tokoh
  • Ghost Writer
  • Banner Affiliation
Cara mereviewnya biasanya dibicarakan terlebih dahulu dengan pemilik produk atau jasa. Bisa dengan menulis di blog, twitter atau facebook, mengadakan lomba, dan lainnya. Jenis-jenis promosinya juga berbeda, ada yang hardselling, softselling, dan gabungan hard-soft selling.

Teh Ani juga memberikan contoh beberapa advertiser yang bisa dicoba :

  • Idblognetwork.com
  • Sitti.co.id
  • Freelancer.co.id
  • Dariperempuan.com
  • Blogvertise.com
  • Sponsoredreviews.com
  • Buyblogreviews.com
  • Payperpost.com

Ini nih hal-hal PENTING untuk diperhatikan jika kita menerima job review, yaitu :
  • Pilih advertiser dan agency yang dapat dipercaya, karena kalau tidak terpercaya siap-siap blog kita dipenuhi iklan yang aneh dan tidak bermutu, atau malah disisipi dengan malware atau virus
  • Harus ada MoU/perjanjian kedua  belah  pihak dengan tanda tangan diatas materai / pengesahan secara digital. Tetapi teh Ani lebih merekomendasikan pengesahan dengan materai daripada pengesahan secara digital.
  • Advertiser dan Blogger dipastikan memahami hak dan kewajibannya
  • Job yang diterima dipastikan sesuai dengan konten blog
  • Perhatikan kode etik dalam berbahasa.
Setelah penjelasan dari Ani Berta, Karel Anderson juga berbagi pengalamannya ketika mendapatkan job review dan buzzing suatu produk.

Karel Anderson 
Sumber gambar: https://www.facebook.com/blogdetik
Oke itu dulu laporan dari saya. Sebetulnya masih ada cara-cara mendaftarkan blog kita di Google Adsense, agar ada iklan terpasang di blog kita. Mungkin besok atau lusa ya :) 

Eh kelupaan, biasanya nih, kalau blogger bertemu, tidak afdol kalau tidak ada kuis. Teh Ani memberikan banyak sekali hadiah untuk yang menang kuis, nah di akhir acara, MC Karel Anderson memberikan game ngawur dengan hadiah ngawur patungan, gamenya adalah menirukan gaya teh Ani ketika sharing tadi. Ngakak koprol kita dibuatnya, teh Ani sendiri sampai tertangis-tangis karena saking lucunya. Pemenangnya adalah Hanum yang selamaaat anda mendapatkan dua kilo mangga, uang tunai 52.000, pulsa 15.000, pashmina, dan jam tangan. :)

Pemenang games ngawur dengan hadiah ngawur 
Sumber gambar: https://www.facebook.com/blogdetik
Saya berharap, acara seperti ini akan terus rutin dilaksanakan untuk memperluas wawasan dari para blogger, contohnya seperti editing kata, fotografi dan lainnya yang berhubungan dengan blogging. :)

#SundaySharing 17/11/2013 
Sumber gambar: https://www.facebook.com/blogdetik

19 comments:

  1. Masih bingung pakai gugel analytic :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Google analytic itu hanya untuk mengawasi blog kita Mba, trafficnya, posting apa yang diminati, jadi kita tahu nih, bahwa pembaca blog kita lebih menyukai apa.. :) Selanjutnya ya terserah kita, blog kita mau diapain lagi... :)

      Delete
  2. Ternyata dampak blogger bisa sampai segitunya ya mbak, makasih infonya

    ReplyDelete
  3. Makasih Info nya, bermanfaat banget, keren :D

    ReplyDelete
  4. Makasi infonya Mak
    Btw saya ngakak deh liat hadiahnya, 2 kg mangga wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya lho beneran mangga itu.. :) saya juga syok pas denger hadiahnya... :D

      Delete
  5. seneeng dapat postingan ini. makasih mak.sipp sukses selalu ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2.. langsung praktik yuk... kita ngreview produk atau jasa temen kita dulu... bagaimana?

      Delete
  6. wuih... jadi semngat berapi-api ngeblog, padahal marin2 cuma pengen curhat, ternyata bisa jadi duit #mataijo

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dong.. makanya curhat di blog, facebook, twitter & jangan lupa share di beberapa komunitas lebih sering lagi ya Mak... ;)

      Delete
  7. Baru mudeng kalo Freelancer ada pos review hehehe, selama ini fokusnya nyari buat entry data. Cobain cari aaah. Makasih infonya. Btw soal banding-bandingin brand, iya ya, coba punya kita yg digituin, rasanya kayak diadu domba, padahal kan jualan produk, bukan dombe hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... betull, lebih baik membahas spesifikasi produk itu saja daripada membandingkan, mungkin untuk perusahaan tertentu atau majalah/tabloid tertentu, pokoknya sesuai dg MoUnya saja lah.. :)

      Delete
  8. Menarik juga..intinya harus rajin menulis suapaya terbiasa dengan job2 review

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul itu.. makanya sekarang saya jadi rajin menulis...

      Delete
  9. hihihihi lucu yah lomba ngawur dan hadiah ngawur ^^ makasiy mak riski, daku jadi banyak dapet ilmu ini tentang dapet duit dari ngeblog. jadi semangat deh walaupun masih bingung buat bikin revies-2an yang joss gandos ^^ #akhirnya bisa ninggalin jejak karena sinyal lagi ramah. kemaren postingan prediksi hidanga kondangan ga bisa ke publish yeuh ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaa terimakasih nih sdh bertamu.. :) saling menyampaikan informasi saja.. :)

      Delete
  10. makasih infonyaaa^^ baru tahu iih ..

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...