Wednesday, 3 September 2014

Masak Makanan Sehat Nggak Ribet Bareng Modena

Sejak beberapa minggu yang lalu, secara kebetulan saya membaca postingan Mak Arin-Murtiyarini tentang undangan cooking clinic. Wiii.. langsung komen dong ya, secara saya kan "suka" masak dan makan. Alhamdulillah akhirnya diikutkan oleh Mak Arin untuk ikut acara Cooking Clinic with Modena Chef: Yuda Bustara hari Sabtu (30/8) jam 14.00 WIB di Rumah Inspirasi, Gandaria City. Kebetulan tempatnya dekat dengan kantor dan saya bulan ini belum pernah minta izin, jadi saya izin pulang cepat untuk ikut acara ini.

Foto bareng duo penulis Mommylicious (dok. Arin Murtiyarini)

Diantar suami ke tempat acara, saya sampai sebelum acara dimulai, di situ sdh ada ibu-ibu yang menunggu acara, hehe.. Sambil menunggu acara dimulai, saya memotret bagian-bagian dari rumah inspirasi by Martha Stewart, jadi di mall ada satu ruangan yang dijadikan sebagai rumah, ada kamar tidur (kasurnya empuk), dapur, ruang keluarga, meja kursi makan dan sudut baca.

Desain interior sudut baca Rumah Inspirasi
Acara dimulai, sebelum mulai masak (kami sudah dibagikan celemek satu-satu), Mak Arin membuka acara dengan menceritakan kisah pembuatan buku terbarunya yang ditulis bersama Rina Susanti, yakni Mommylicious. Buku yang isinya cerita dua penulis tentang menjalani kehidupan sebagai Mommy. 
Chef Yuda Bastara
Lalu mulai deh acara masak-masaknya. Chef Yuda Bastara ini masih muda trus lulusan sekolah chef di luar negeri. Tema masakan kali ini adalah Memasak Makanan Sehat dengan menu yaitu Healthy Chicken Cordon Bleu dan Peach Cobbler. Karena "healthy" jadi semuanya dimatangkan menggunakan oven. Ovennya pakai oven dari Modena dong, yang tinggal cethak-cethek. Sambil masak, ibu-ibu boleh langsung bertanya dan langsung dijawab oleh Chef Yuda. Saya suka..saya suka interaktif sekali.

Ovennya Modena nih, keren..
Memasak menggunakan oven itu menghindarkan kita dari penggunaan minyak yang terlalu banyak, jadi secara tidak langsung juga mengurangi asupan kolesterol berlebih. Kata chef Yuda, makanan sehat itu nggak harus raw, atau tanpa gluten, tapi disesuaikan dengan kondisi kesehatan dan kebutuhan kalori dari masing-masing individu. Yang penting, kebutuhan akan semua nutrisinya tercukupi.

Peach Cobbler
Contohnya chicken cordon bleu ini, berisi ayam dan daging asap sebagai saupan protein, keju untuk lemak dan mikronutrien, dilengkapi dengan salad untuk serat dan vitaminnya. Begitu juga dengan dessert berupa peach cobbler, jadi semacam buah ditutupi biskuit, ada vitamin dan mineral dari buah, serta karbohidrat dari biskuit. Buah peachnya juga bisa diganti lho dengan buah pisang atau mangga. 

Ini nih resepnya CHICKEN CORDON BLEU
Bahan:
1/2 cangkir tepung panko/tepung roti kasar
minyak zaitun
1 sdm mustard/saus tomat/saus sambal
8 dada ayam (sesuai kebutuhan saja, yang penting genap)
8 iris smoked beef
4 slice keju
garam & merica bubuk secukupnya

Salad:
selada secukupnya, cuci bersih, iris
3 sdm air lemon
1 sdm mustard
sejumput gula
sejuput garam

Cara membuat:
  1. Nyalakan oven api atas 180 derajat. Dalam mangkuk kecil aduk tepung panko dengan 1 sdt minyak zaitun, sisihkan
  2. Pipihkan dada ayam, lalu lumuri dengan garam dan merica, beri keju, lalu smoked beef, lalu keju lagi, kemudian tutup dengan dada ayam pipih lumuri minyak zaitun, garam dan merica lagi.
  3. Masukkan dalam oven selama 7 menit (sampai setengah matang), keluarkan
  4. Lumuri dengan mustard/saus lainnya, tutup dengan tepung panko, oven lagi sekitar 2-3 menit/sampai matang
  5. Buat dressing salad, campur semua bahan salad kecuali selada, aduk hingga menyatu.
  6. Keluarkan ayam dari oven, sajikan dengan salad
Healthy Chicken Cordon Bleu
Itu dia pengalaman saya memasak bareng Modena di Modena Cooking Clinic. Modena memang sudah diketahui sebagai produk peralatan dapur yang berkualitas, jadi masak berasa semakin mudah :). Terimakasih Mak Arin, semoga bukunya laris manis. Terimakasih juga Modena, nanti saya diundang lagi ya.. hehehe...

Foto bareng dulu dong ya.. (dok. Arin Murtiyarini)

12 comments:

  1. Makasih resepnya..anak anak pasti suka nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mudah banget ternyata, saya kira susah bikin chicken cordon bleu ini (dulu saking belibetnya saya bilangnya ciken odong2, hehehe)

      Delete
  2. Yak, siap coba resepnya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh silahkan Mak.. daun seladanya bisa dih\ganti daun2 yg lain kok mak, yg penting bisa dimakan mentah.

      Delete
  3. wah asiknya ... pengen ikutan kayak begini.. hihi... chicken aku juga suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikutan Mak, bisa difollow twitternya @ModenaIndonesia

      Delete
  4. Chef Yuda diantara para emak2 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh iya, aku baru ngeh lho Mbak.. hehehe.. paling tsakep sendiri dia jadinya... :)

      Delete
  5. nanti kalau luang aku coba resepnya ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh Mak, aslinya sih dada ayamnya dilubangi Mak di bagian yg tebal, tapi biar lebih mudah & cepat akhirnya dibikin kayak sandwich aja, trus di oven.. :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...