Saturday, 6 September 2014

Menabung

Terlebih dulu saya sampaikan, postingan ini bukan job review atau blog contest, hehehe.

Sedari kecil, kira-kira mulai TK, saya sudah sering diberi wejangan oleh orang tua dan guru kalau menabung itu pangkal kaya. Jadi kalau ingin sesuatu lalu belum ada uangnya, saya diharuskan menabung dulu oleh orang tua. Dulu, saya hanya beranggapan kalau menabung itu ya menabung uang, dan uangnya dari uang sisa kita jajan. Tapi sekarang, lingkungan saya banyak memberikan jenis-jenis menabung dan tempatnya pada saya. Lagipula, sekarang ini uang yang dipakai untuk menabung itu bukanlah uang sisa, melainkan uang bukan sisa, eeerrrr...

Menabung Uang
Ini nih yang paling klasik. Tapi menabung uang sekarang ini bukan hanya menabung uang recehan atau rupiah saja, melainkan menabung uang dollar, deposito, dan uang lainnya.

Menabung Emas
Kalau ini sering dilakukan oleh ibu-ibu ya, jadi setiap bulan menyisihkan uang untuk membeli emas. Nah, kalau sedang butuh uang untuk keperluan besar, maka emasnya akan dijual. Hanya saja, menabung emas ini untung-untungan, kalau harga emas sedang naik, ya untung, kalau sedang turun trus bagaimana? Selain itu, banyaknya permata pada emas juga bisa mengurangi nilai jual emas lho, kata kakak ipar saya.

(Sumber gambar)
Menabung Tanah
Nah, kalau ini tingkatannya sudah agak tinggi nih. Jadi beli tanah di lokasi yang sekiranya bakal strategis. Kalau sedang butuh uang dalam jumlah besar, tanah ini akan dijual. Kalau kata Bapa, semisal ingin beli tanah, dilihat dulu struktur tanahnya, lebih baik jangan beli tanah di pinggir sungai, karena mudah longsor dan kemungkinan terjadi perubahan aliran sungai. Selain itu, kalau ingin beli tanah, tanya dulu, pohon-pohon di atasnya ikut menjadi hak milik atau tidak.

Menabung Saham
Wah yang ini kelas berat nih ya. Saya sendiri kurang paham dengan saham persahaman. Jadi hanya menyebutkan saja :).

Arisan
Menurut saya, arisan ini adalah salah satu jenis dari menabung. Bermodal kepercayaan sesama anggotanya. Arisan ada macam-macam sekarang ini. Saran saya, pilihlah arisan yang benar-benar bermanfaat untuk anda, dan pikirkan lagi untuk ikut arisan. Jangan sampai kebanyakan ikut arisan tapi uang arisannya tidak ada :).

Tabungan Berjangka
Tabungan berjangka, macam tabungan pendidikan, tabungan berencana, deposito, tabungan pensiun, tabungan haji, dan lainnya, menurut saya adalah salah satu dari jenis menabung. Setiap bulan, kita "dipaksa" untuk menabung dalam jumlah tertentu selama jangka waktu tertentu, yang telah kita sepakati. Silahkan datang ke bank, dan pilihlah bank yang sreg di peraturan, kemudahan, biaya administrasi, bunga, pelayanan, dan hati anda. Biasanya ada harus punya tabungan biasa dulu sebelum membuka tabungan berjangka ini.

Itulah beberapa jenis menabung/tabungan yang saya tahu. Untuk tempat menabung bisa dimana saja, yang penting aman dan simpanan kita tidak rusak. Tapi ingat ya, menabung JANGAN menjadikan kita PELIT, melainkan menjadikan kita semakin banyak bersedekah untuk kaum dhuafa. Karena sedekah itu juga merupakan tabungan, yakni tabungan kita untuk akhirat :).

Mari Menabung... :).

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...