Friday, 12 September 2014

Teka-Teki Silang Sebagai Cara Menambah Kosa Kata

Selain bermain sudoku, saya juga suka mengisi Teka-Teki Silang (TTS) untuk mengisi waktu luang saya. TTS adalah permainan kata yang juga digunakan sebagai asah otak. Kita hanya perlu mengisi kotak-kotak itu dengan jawaban yang benar dan saling berhubungan.

Dulu saya suka membeli buletin TTS yang harganya masih Rp 500, hehehe. Tapi terkadang gambar di sampul buletin itu terlalu seronok, jadi saya coret-coret saja. Kadang saya tambahi kumis atau jambang, kadang saya tambahi bajunya :D. Selain gambar yang terlalu seronok, terkadang jawaban di TTS itu tidak berkaitan dengan jawaban di kotak yang bersilangan. Bosan. Saya hanya mengisi TTS majalah di perpustakaan saja. Saya pindahkan kotak-kotak TTS itu berikut pertanyaannya ke buku tulis.

Contoh TTS di surat kabar (dok. pribadi)
Masih dulu juga, saya berfikiran kalau mengisi TTS itu tidak boleh melihat ke kamus, maklum lah pikiran anak kecil. Namun sekarang saya tidak peduli, saya buka saja kamus online dan situs pencarian. Dengn sering mengisi TTS mingguan tersebut saya jadi semakin menyadari bahwa kosakata saya belum seberapa banyak. Masih banyak sekali kata-kata yang asing di telinga saya, tapi ternyata ada dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jadi selain melatih konsentrasi, menambah wawasan umum dan untuk menyenangkan diri, mengisi TTS ini juga bisa menambah perbendaharaan kosakata Bahasa Indonesia saya. Bahasa yang menyatukan seluruh bahasa daerah yang ada di Indonesia.

Saya jadi berfikir, bagaimana kalau saya membuat TTS untuk menambah kosakata bahasa ilmiah pelajaran Biologi. Kan hafalan kata-kata ilmiah itu menjadi momok untuk siswa. Sepertinya itu ide bagus.

Berikut situs yang sering saya gunakan sebagai sumber kosakata untuk mengisi TTS :

5 comments:

  1. Saya juga suka TTS..asyik bgt kalau sudah ngisi TTS:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama... :) Nyontek ke sumber2 di atas ga Mbak?

      Delete
  2. setiap hari minggu ada TTS di koran, eh tapi ngisi TTS enggak pakai sumber di atas, tapi pakai sumber mulut aja, tanya - tanya ortu atau saudara :))

    ReplyDelete
  3. Saya baru tahu situs sinonimkata.com setelah baca tulisan di atas. Terima kasih atas informasinya.

    ReplyDelete
  4. Kalo sekarang sih udah hampir gak pernah lagi ngisi tts :(

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...